MNC Sekuritas, Salah Satu Perusahaan Sekuritas Ternama untuk Memulai Investasi Saham

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang populer dilakukan oleh para investor. Tak hanya di Indonesia, bermain saham banyak dijadikan sebagai metode untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja di seluruh dunia. Pasalnya, hanya dengan membaca pergerakan kursnya di pasar modal, investor saham dapat meraup untung yang cukup besar.

Namun, sebelum bisa bermain di pasar modal dan menjadi investor saham, Anda harus memiliki rekening efek terlebih dahulu. Tanpa memiliki rekening tersebut, tidak mungkin seseorang bisa membeli saham dan menikmati untungnya dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan.  

Rekening efek yang bisa dibuat melalui perusahaan sekuritas. Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan sekuritas dengan keunggulannya masing-masing.

Salah satu yang paling populer adalah MNC Sekuritas. Memiliki pengalaman di pasar modal yang tak perlu ditanya lagi dan terdaftar di OJK, MNC Sekuritas banyak dipilih oleh investor saham di Indonesia. Nah, bagi Anda yang tertarik, pahami keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tersebut berikut ini.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Sekilas Tentang MNC Sekuritas

  loader

Sumber: mncupdate.com

PT MNC Sekuritas adalah sebuah perusahaan efek yang telah beroperasi sejak tahun 1989. MNC Sekuritas berada di bawah naungan MNC Kapital Indonesia yang telah berevolusi menjadi perusahaan sekuritas domestik dengan komitmen membantu kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pada awal berdiri, perusahaan sekuritas tersebut bernama PT Bhakti Investama. Barulah saat perusahaan sekuritas ini diakuisisi oleh MNC Investama namanya berubah menjadi MNC Sekuritas yang luas dikenal hingga sekarang ini. 

Memiliki pengalaman di dunia saham sejak 30 tahun silam, kemampuan MNC Sekuritas di bidang tersebut tidak bisa diremehkan. Hal ini terbukti dengan banyaknya nasabah yang mempercayakan kegiatan trading saham mereka pada platform ini. Tercatat di tahun 2018, jumlah nasabahnya meningkat sebanyak lebih dari 62 persen di angka 47.770 nasabah.

Terlebih dengan terdaftarnya perusahaan sekuritas ini di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, MNC Sekuritas memiliki kinerja yang terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, bagi Anda yang berencana untuk mencoba bermain saham, platform ini cocok untuk dijadikan sebagai metode praktis untuk belajar investasi.

Baca Juga: Lakukan ini Saat Gagal Investasi

Keunggulan MNC Sekuritas Dibanding Perusahaan Sekuritas Lain

MNC Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang menawarkan layanan berupa investasi dan perdagangan saham berbasis online. Sama halnya dengan perusahaan serupa, MNC Sekuritas memudahkan nasabah yang ingin melakukan trading saham secara fleksibel. Bisa dilakukan di mana dan kapan saja, para nasabah tidak perlu repot menyediakan waktu serta tenaga yang banyak untuk bermain saham.

1. Hadirnya MNC Trade

Nasabah MNC Sekuritas dapat dengan mudah bertransaksi saham dengan menggunakan fitur bernama MNC Trade. Fitur tersebut menjadi daya tarik utama MNC Sekuritas dalam menggaet calon nasabahnya karena memiliki beragam keunggulan dibanding perusahaan sekuritas saingannya. 

Salah satu keunggulan yang dimiliki MNC Trade adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Tak hanya stabil dan aman, para nasabah pun dapat melakukan trading saham dengan cepat dan tidak ribet.

MNC Trade juga memiliki banyak fitur canggih yang dapat membantu nasabah membaca pergerakan kurs saham yang dimiliki. Transaksi yang telah dilakukan oleh pengguna layanan MNC Sekuritas pun dapat dengan mudah diawasi dalam bentuk grafik serta data fundamental secara lengkap dan up to date. 

2. Super Order

Memiliki fitur Super Order, para investor di platform MNC Sekuritas mampu memaksimalkan keuntungan serta memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian. Dengan begitu, nasabah mampu menjaga nilai modal investasi saham untuk tidak minus.

Informasi riset terpadu mengenai kondisi pasar modal yang tersedia setiap hari dengan lengkap dan mendetail. Penyampaian notifikasi penting pun dilakukan dengan kilat melalui desktop dan smartphone pribadi nasabah. Jadi, tidak ada alasan ketinggalan informasi penting mengenai dunia saham saat menjadi nasabah MNC Sekuritas.

Cara Daftar Rekening Efek yang Mudah 

Mendaftar rekening efek dan menjadi nasabah MNC Sekuritas sangat mudah untuk dilakukan. Dengan persyaratan yang simpel dan dapat dipenuhi oleh hampir semua orang, baik mahasiswa dan orang berprofesi mapan dapat menjadi investor saham dengan menggunakan platform tersebut. 

Untuk bisa mendaftar di MNC Sekuritas, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas umum saja. Berkas-berkas tersebut meliputi KTP, buku tabungan, dan juga NPWP. Kesemua dokumen tersebut harus terkumpul dalam bentuk fotokopi dan khusus untuk buku tabungan, yang digandakan hanyalah bagian covernya saja. 

Setelah syarat berkas terkumpul seluruhnya, calon pemilik rekening efek MNC Sekuritas dapat membuka situs resminya. Lalu Anda dapat melakukan tahapan berikut: 

  1. Pilih menu yang bertuliskan Become Investor.
  2. Setelah muncul halaman yang berisi formulir pendaftaran serta Persetujuan Pembukaan Rekening Efek untuk Perorangan. Isi semua kolom dalam formulir tersebut sesuai dengan informasi pada dokumen resmi yang dimiliki. 
  3. Jika formulir telah terisi dengan lengkap, Anda dapat mencetaknya dan membubuhkan paraf atau tanda tangan di atas selembar materai pada setiap lembarnya. 
  4. Kemudian, calon nasabah akan diarahkan untuk memilih salah satu nama bank yang menjadi Rekening Dana Investor atau RDI nantinya, seperti Bank BRI, Bank Mandiri, BCA, dan lain sebagainya. 
  5. Langkah terakhir dalam pendaftaran rekening efek ini adalah mengirimkan seluruh berkas yang menjadi prasyarat pendaftaran rekening efek ke alamat MNC Financial Center, Jalan Kebon Sirih No. 21-27, Jakarta Pusat. Pastikan bahwa semua berkas, seperti fotokopi KTP, NPWP, cover buku tabungan, dan dokumen pendaftaran telah dimasukkan dalam amplop yang akan dikirim ke alamat tersebut. 
  6. Atau Anda bisa menghubungi call center secara langsung ke nomor 1500 899.

Setelah beberapa hari berselang, Anda akan diberikan Single Investor Identification atau biasa disingkat SID serta Rekening Dana Nasabah oleh pihak MNC Sekuritas. Jika kedua berkas tersebut telah diterima, nasabah hanya perlu mengisi saldo sejumlah deposit awal sesuai dengan profesi. Saat deposit awal telah dilakukan, rekening efek MNC Sekuritas siap untuk digunakan sebagai trading saham.

Baca Juga: Milenial, ini 4 Manfaat Investasi Sejak Muda dengan Pilihan Jenis Investasi yang Tepat

Deposit Awal Rekening Efek Amat Terjangkau

Berdasarkan kebijakan yang dimiliki oleh MNC Sekuritas, terdapat dua jenis deposit awal yang wajib dilakukan oleh nasabah. Jenis deposit awal tersebut dipengaruhi oleh profesi nasabah, yakni sebagai mahasiswa atau masyarakat umum.

1. Mahasiswa

Untuk nasabah yang masih berprofesi sebagai mahasiswa, nilai minimum deposit awal adalah sebesar 100 ribu Rupiah. 

2. Profesi Umum

Sedangkan, untuk nasabah dengan profesi umum diwajibkan melakukan deposit pertama sebesar 2 juta Rupiah. 

Jadi, pahami profesi Anda sebelum mendaftar rekening efek di MNC Sekuritas agar nilai deposit awalnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Rendahnya Fee Transaksi di MNC Sekuritas

Setiap perusahaan sekuritas tentu mematok fee atau biaya transaksi yang beragam. Patokan biaya transaksi inilah yang biasa dijadikan alasan oleh investor untuk menggunakan layanan perusahaan sekuritas tersebut atau tidak. 

Nah, untuk fee jual beli saham di MNC Sekuritas sekuritas saat ini terbilang sangat kecil. Saat nasabah melakukan pembelian saham, biaya transaksi yang dibebankan hanyalah 0,18%. Sedangkan untuk penjualan saham, nasabah wajib membayar fee transaksi, sebesar 0,28%.

Perlu dipahami jika biaya transaksi di setiap perusahaan sekuritas dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh sebab itu, pemilik rekening efek disarankan untuk senantiasa memantau update biaya transaksi yang dibebankan oleh perusahaan sekuritas.

Baca Juga: Tips Hindari Investasi Bodong

Investasi Saham untuk Siapa Saja dengan Rekening Efek MNC Sekuritas

loader

Sebagian besar orang Indonesia masih beranggapan bahwa investasi saham hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki pendapatan yang tinggi. Namun, melihat syarat pendaftaran yang dicanangkan oleh MNC Sekuritas, menjadi investor saham di pasar modal serasa dapat dilakukan oleh siapa saja. 

Asal mampu mengatur kondisi keuangan dengan cermat, seseorang yang berpendapatan kecil pun bisa menjadi investor saham yang andal. Untuk itu, bagi Anda yang masih ragu untuk terjun ke dunia pasar modal, tak ada salahnya untuk mulai terlebih dahulu dengan modal sedikit sembari membiasakan diri dengan praktik trading sahamnya.