Mengulik Pengertian NFT Artist dan Deretan Nama NFT Artist Ternama Saat Ini

Tak sedikit dari kamu mungkin tertarik dan ingin tahu lebih lanjut tentang NFT sebagai salah satu jenis aset digital yang banyak digandrungi oleh sejumlah kalangan belakangan ini. Tergantung dari tingkat kelangkaannya, NFT bisa menjadi suatu aset yang memiliki nilai jual selangit dan dicari oleh banyak orang.

Akan tetapi, tahukah kamu siapa orang yang berada di balik sebuah karya NFT yang saat ini cukup banyak dan mudah ditemui di sejumlah blockchain? Pada dasarnya, setiap karya NFT pasti terdapat yang namanya NFT Artist selaku pembuat atau kreator dari jenis aset digital tersebut. 

Umumnya, NFT Artist ini merupakan orang atau kelompok yang memiliki bakat serta kreativitas luar biasa tinggi. Tidak hanya itu, kebanyakan kreator NFT ini juga memahami tentang bagaimana cara membuat karya buatannya agar memiliki tingkat kelangkaan yang tinggi sehingga nilainya bisa begitu besar dan banyak dicari pada pasar aset digital tersebut. 

Yang menjadi pertanyaan adalah, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan NFT Artist itu? Di samping itu, siapa saja daftar kreator aset digital ini yang terpopuler di dunia ataupun di dalam negeri saat ini? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang pengertian NFT Artist, kreator terpopuler di dunia dan di Indonesia, simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian NFT Artist

loader

Pada dasarnya, karya NFT tidak jauh berbeda dengan karya seni di mana pasti ada sosok yang menjadi pembuat atau pencipta dari karya tersebut. Nah, dalam konteks NFT, pihak kreator atau pembuatnya biasa dikenal dengan sebutan NFT Artist. 

Seorang kreator NFT umumnya merupakan seorang seniman yang telah memiliki cukup banyak karya di dunia nyata. Lalu, seniman tersebut mengubah karyanya tersebut menjadi NFT atau non fungible token sehingga bisa dipasarkan pada marketplace NFT.

Bukan tanpa tujuan, seniman yang mengubah karya seni miliknya menjadi NFT adalah untuk menambahkan nilai rarity atau kelangkaan, serta keunikannya. Karya seni tersebut kemudian tidak bisa dipertukarkan dengan jenis karya yang lain dan memiliki ciri khas serta keunikannya tersendiri. Semakin tinggi skor kelangkaan dari sebuah karya NFT, hal tersebut bisa membuat nilai jualnya kian meroket dan semakin digandrungi oleh banyak orang.

Akan tetapi, NFT Artist ini juga bisa berasal dari kalangan orang ataupun pengguna biasa dan tak mempunyai profesi sebagai seniman di dunia nyata. Hal ini dikarenakan patokan dari keunikan jenis aset digital tersebut dengan produk karya seni mempunyai penilaian berbeda antara di dunia nyata dan pasar NFT.

Jadi, bukan tidak mungkin NFT yang tercipta dari orang biasa ini nilainya bisa jauh lebih tinggi ketimbang karya seni seorang seniman yang asli karena adanya faktor-faktor tertentu tersebut. 

Baca Juga:  NFT (Non-Fungible Token): Pengertian, Cara Buat Hingga Tips Cepat Laku

NFT Artist Terkenal dan Terpopuler 

loader

Dengan semakin banyak orang yang tertarik dengan NFT sebagai salah satu metode investasi dan trading, saat ini ada cukup banyak NFT Artist atau kreator yang telah dikenal publik. Di antara sederet kreator yang aktif menciptakan karya seni digital tersebut, berikut adalah 5 nama yang paling populer di kalangan para peminat NFT di dunia sekarang ini.  

  • Beeple

Beeple merupakan salah satu kreator NFT yang ternama karena salah satu karyanya yang berjudul “Everyday’s: The First 5000 Days” sempat dilelang dan laku terjual dengan harga fantastis. Diikutsertakan di lelang bersejarah pada rumah pelelangan Christie’s, karya dari kreator NFT dengan nama asli Mike Winkelmann ini terjual dengan harga 69.346.250 USD dan menjadi salah satu aset digital dengan nilai penjualan paling tinggi di dunia hingga saat ini. 

  • MATTDESL

Sama halnya dengan Beeple, kreator NFT ini juga dikenal karena karyanya yang berhasil terjual dengan harga tinggi. Memiliki nama asli Matt DesLauriers, MATTDESL menciptakan berbagai karya seni NFT berbentuk gambar bergerak dan 3D, serta bentuk geometris.

Kreator ini banyak dikenal oleh kalangan pegiat NFT semenjak salah satu karyanya yang berjudul Meridian laku terjual sangat mahal. Harga dari NFT yang memiliki tampilan menyerupai bentang alam yang terbentuk dari banyak sekali sapuan warna yang kecil ini terjual dengan harga lebih dari 33 ribu USD.

  • Mad Dog Jones

Berasal dari Kanada, NFT Artist ini menggabungkan seni visual dan musik pada karya NFT buatannya. Salah satu karya buatannya yang berjudul “Replicator” dengan konsep mesin fotokopi yang memiliki lampu pengatur waktu serta kucing mendengkur di atas lantas pada siklus harian dan terus berulang ini berhasil terjual dengan harga 4.144.000 USD pada bulan April 2021 lalu. 

  • Zeblocks

Merupakan nama perwakilan dari Sebastian dan Guillaume, Zeblocks merupakan kreator NFT yang sebenarnya adalah seniman animasi. NFT Artist ini berhasil melepas salah satu karyanya dengan harga lebih dari 14 ribu USD, dan sudah menjual sekitar lebih dari seribu karya NFT hingga saat ini. 

  • WhilsBe

Terakhir, WhilsBe merupakan kreator NFT yang belum diketahui identitasnya alias anonim dan membuat karya seni visual berkonsep “jalanan”, seperti seri vandal beruang atau Gummy Bear yang ikonik. Kreator ini telah berhasil menjual hampir 6 ribu karya NFT dengan harga jual rata-rata 2.836 USD per transaksi. Karya termahal buatan WhilsBe yang berjudul “Not Forgotten, But Gone” pernah laku terjual di harga 1 juta USD.

Baca Juga:  Cara Cek Kelangkaan NFT dengan Rarity Tools NFT, Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Daftar Kreator NFT Terkemuka di Indonesia

loader

Selain artis luar negeri, tidak sedikit pula seniman asal Indonesia yang menjajakan karya dengan bentuk NFT. Berikut adalah beberapa contoh NFT Artist asal Tanah Air terkemuka dan cukup populer di dunia aset digital tersebut. 

1. Karafuru

Karafuru adalah nama pengguna dari seniman ilustrasi NFT Willy WD. Kreator ini disebut sempat membuat heboh platform OpenSea dan menawarkan suatu konsep minting yang memiliki kejutan 12 karakter unik dari koleksinya.

2. SuperlativeSS

Kreator ini termasuk sebagai tim dari Witjk dan Pradiman. Karya NFT yang diciptakan oleh NFT Artist ini memiliki tema visual karakter unik serta penuh warna, juga tema serikat pekerja di abad pertengahan.

3. Diela Maharani

Memiliki pengalaman kerja yang panjang di sejumlah perusahaan besar dunia, seperti, Instagram, Apple, Adidas, dan lain sebagainya, Diela Maharani merupakan seorang seniman ilustrasi. Diela Maharani mulai bergelut pada dunia aset digital ini dengan berbekalkan 13 tahun pengalaman kerjanya di sejumlah brand pasar terbesar dunia tersebut.

4. Monica Imelda

Kreator NFT ini memadukan antara ilustrasi karakter dan paduan warna yang negatif. Dengan perpaduan tersebut, Monica Imelda mampu menciptakan karya yang terlihat unik serta terlihat begitu emosional.

5. Qiqi 3D

Merupakan nama panggung dari Muhammad Rizqi Ariffudin, Qiqi 3D merupakan kreator NFT dengan karya seni visual 3D. Pengguna ini mulai membuat serta memasarkan karya seninya pada pasar NFT semenjak masih menginjak kelas 1 SMA.

6. Adimas Bayu

Adimas Bayu adalah seorang ilustrator komik tipe strip yang sebenarnya sudah cukup terkenal di jagat maya Indonesia. Melalui akun Instagram bernama @masdimboy, kreator ini sering kali membagikan cerita yang menarik dengan bentuk komik 4 panel. Melalui blockchain Tezos, Adimas Bayu mulai mencoba terjun di dunia NFT dan memasarkan karyanya.

7. Ykha Amelz

Kreator NFT yang terakhir adalah Ykha Amelz yang memiliki akun Instagram dengan nama yang sama. Ykha Amelz adalah seorang ilustrator dalam negeri yang terjun di dunia NFT dan telah berhasil memasarkan cukup banyak karya. Beberapa contoh NFT karya kreator ini adalah Wide Awake dan Cyborg No.88 yang mempunyai ciri khas berupa perpaduan antara komik atau kartun dengan warna yang unik dan kuat.

Tertarik Menjadi NFT Artist dan Raup Cuan dari Hasil Karya Senimu?

NFT Artist pada dasarnya adalah kreator atau pencipta dari setiap aset NFT yang sekarang ini diperdagangkan di sejumlah blockchain. Umumnya, NFT dimanfaatkan oleh seniman dunia nyata agar bisa lebih mudah dan aman menjual karya seninya. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi orang awam untuk turut serta menjadi kreator aset digital ini asal mampu membuat karya yang memiliki nilai jual dan kelangkaan tinggi agar bisa meraup cuan menggiurkan. 

Baca Juga:  Manfaat dan Resiko yang Bisa Didapatkan dari NFT