Cara Cek Kelangkaan NFT dengan Rarity Tools NFT, Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Semenjak viral beberapa waktu lalu, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan NFT sebagai salah satu jenis aset digital yang kerap diperdagangkan. Sama halnya dengan mata uang kripto atau cryptocurrency, nilai dari NFT secara garis besar dipengaruhi oleh tingkat kelangkaan atau rarity. Semakin langka, tentunya harga dari sebuah aset digital akan menjadi semakin mahal dan banyak dicari.

Tapi, bagaimana cara agar bisa mengetahui apakah suatu NFT ini memiliki tingkat kelangkaan yang tinggi atau tidak? Hal ini tentu saja penting untuk dicermati oleh investor atau trader aset digital ini jika berniat untuk memperoleh keuntungan dari aktivitas tersebut dan menjadi dasar pertimbangan sebelum membeli atau membuatnya. 

Nah, agar bisa mengetahui rarity sebuah NFT, kamu bisa menggunakan suatu jenis tools yang dapat mendukung proses tersebut dengan lebih mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap mengenai pengertian dari rarity tools NFT, fungsi, cara kerja, dan contohnya berikut ini. 

Kenapa Mengetahui Kelangkaan NFT Itu Penting?

loader

Sebelum membahas mengenai apa itu layanan rarity tools pada NFT, kamu perlu memahami dulu kenapa mengetahui kelangkaan dari aset digital itu penting, khususnya bagi yang ingin mendapatkan keuntungan. Secara umum, berikut adalah 3 faktor utama kenapa mencari tahu rarity NFT itu penting sebelum membelinya. 

1. Meningkatkan Harga Jual

Rarity atau kelangkaan NFT adalah faktor yang penting dan amat berpengaruh terhadap nilai dari jenis aset digital tersebut. Di samping itu, semakin langka suatu NFT, angka permintaannya sudah pasti juga akan menjadi lebih tinggi dan secara tidak langsung membuatnya kian likuid serta lebih mudah untuk dijual.

Seperti yang telah diketahui banyak orang, tinggi atau rendahnya nilai NFT bergantung secara penuh terhadap angka permintaannya. Karenanya, mencari tahu kelangkaan dari aset digital ini amat penting agar mampu meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan dengan lebih optimal.

2. Mendorong Diversifikasi

Jika berpatok pada konsep ekonomi, rarity atau kelangkaan terjadi sebab adanya ketimpangan antara angka permintaan dan penawaran.  Agar mampu meningkatkan angka permintaan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendorong diversifikasi. Strategi ini tentu juga bisa dilakukan dalam penawaran NFT.

Contohnya bisa dengan meningkatkan mutu, utilitas, ataupun sifat dari aset digital tersebut. Oleh sebab itu, memahami tentang kelangkaan NFT bisa mendukung pula ekosistem aset digital ini secara keseluruhan.

3. Menciptakan Kondisi Pasar yang “Menggugah”

Dengan semakin banyaknya produk yang dijual di suatu ekosistem pasar, tentu konsumen akan lebih tergugah dan tertarik untuk membelinya. Hal ini berlaku pula pada pasar NFT di mana semakin terdiversifikasi produknya, semakin bervariasi juga tingkat penawaran dan permintaan yang muncul. Secara tidak langsung hal tersebut dapat menjadi daya tarik bagi kolektor atau konsumen yang ingin mengumpulkan aset digital tersebut.

Baca Juga: Viral Sejak Ghozali Everyday Jadi Miliarder Dadakan, Apa Sih NFT Marketplace dan Cara Mengaksesnya?

Sekilas tentang Rarity Tools NFT

loader

Pada dasarnya, rarity tools NFT merupakan sebuah alat yang bisa digunakan kreator NFT guna mencari tahu tingkat kelangkaan sebuah aset digital tersebut. Rarity tools bisa dimanfaatkan untuk menentukan dan mengetahui peringkat kelangkaan atau rarity score dari sebuah NFT.

Dengan alat ini, kamu juga bisa membantu kreatornya dalam menyusun peringkat kelangkaan sesuai dengan harga, nama, koleksi owner, dan sederet spesifikasi lain. Tujuannya tidak lain agar mampu memperoleh angka rarity score yang lebih tinggi dan meningkatkan nilainya pada pasar.

Tujuan Menggunakan Rarity Tools NFT

Mengacu dari pengertiannya di atas, beragam fungsi dan tujuan dari menggunakan alat rarity tools NFT ini adalah sebagai berikut.

Tujuan

Keterangan

Menentukan Rarity Score

Tujuan utama dari menggunakan rarity tools ini sesuai namanya adalah untuk mengetahui tingkat kelangkaan NFT. Alat ini biasanya mempunyai algoritma yang bisa menghitung serta menentukan rarity score sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Kreator dari aset digital ini umumnya saling berlomba agar bisa membuat karya dengan peringkat kelangkaan yang tinggi. Hal ini disebabkan peringkat yang tinggi mampu meningkatkan pula harga dan nilai jual dari aset digital tersebut.

Mengidentifikasi Tren

Tak hanya mengetahui rarity score, alat ini juga bisa membantu kreator untuk mengidentifikasi trend yang sedang populer pada pasar aset digital tersebut. Tahapan identifikasi tren sangat penting untuk kreator karena menentukan seberapa tinggi minat market terhadap aset digital yang akan dipasarkannya.

Tidak hanya itu, mengikuti tren juga bisa meningkatkan kemungkinan dalam mendapatkan kesuksesan. Alasannya karena proses promosi akan menjadi lebih mudah dan tak harus menggebrak pasar dengan tren baru yang tentunya jauh lebih rumit untuk dilakukan, khususnya bagi kreator yang masih pemula.

Melakukan Diversifikasi

Terakhir, tujuan dari menggunakan rarity tools ini adalah untuk memudahkan kreator melakukan diversifikasi dari jenis karya yang bakal dipublikasikan. Semakin unik dan menarik karya yang dihasilkan melalui proses diversifikasi, tingkat kelangkaan NFT juga akan menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Resiko yang Bisa Didapatkan dari NFT

Cara Kerja dari Rarity Tools NFT

Secara umum, terdapat sejumlah metode yang dipakai dalam menghitung kelangkaan NFT. Perhitungan tersebut mencakup penilaian berdasarkan sifat yang paling langka, rerata sifat, maupun menilai kelangkaan menggunakan data statistik. Akan tetapi, penilaian ini umumnya berfokus terhadap keseluruhan dari sifat NFT.

Platform rarity tools NFT menilai total skor kelangkaan berdasarkan dari seluruh angka sifatnya dengan rumus sebagai berikut.

Rarity Score for Trait Value = 1/(total item dengan ciri khas tertentu x (1/total item pada koleksi NFT))

Rumus tersebut tak hanya memperhitungkan dari sifat tunggal aset digital, melainkan juga kelangkaan sifatnya secara keseluruhan. Karena itu, rumus tersebut menjadi acuan dari peringkat kelangkaan di sejumlah situs rarity tools NFT.

Contoh Platform Rarity Tools NFT Populer

Ada cukup banyak contoh dari rarity tools NFT yang kerap digunakan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Rarity.Tools

Platform ini merupakan rarity tools yang cukup sering digunakan oleh para kreator aset digital NFT. Alat tersebut mampu memberi peringkat rarity atau kelangkaan berdasarkan dari kelangkaan sifatnya secara real time. Jadi, informasi terkait kelangkaan tersebut akan menjadi semakin akurat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan filter sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan, seperti, harga rerata, jumlah volume penjualan, koleksi teratas, dan jumlah pemilik. Rarity.Tools ini bisa pula memberi informasi terkait sejumlah koleksi teratas NFT, misalnya CryptoPunks dan BAYC, beserta beragam proyek mendatang. Keunggulan utamanya, seluruh fitur dan layanan tersebut bisa digunakan dengan mudah dan tanpa biaya. 

HowRare.is

Contoh lainnya dari rarity tools NFT yang juga cukup populer digunakan oleh kolektor atau kreator aset digital tersebut adalah HowRare.is. Platform ini merupakan rarity tool Solana NFT dan sudah mencantumkan hingga 255 koleksi dari Solana NFT berdasarkan dari jumlah item serta pemegang, floor price, status penjualannya, dan juga informasi yang tak kalah penting lainnya.

Sama halnya dengan platform lainnya, kamu bisa menemukan NFT sesuai dengan skor, peringkat, maupun detail dari atribut kelangkaannya di setiap koleksi. Alat ini bahkan menunjukkan pula riwayat penjualan guna mengetahui detail informasi penjualan terbaru dan juga koleksi Solana mendatang.

Rarity Sniper

Apabila kamu lebih tertarik dengan rarity tools NFT yang memiliki interface menarik serta user friendly, mungkin Rarity Sniper ini bisa dijadikan pilihan. Dengan alat ini, kamu bisa menemukan skor kelangkaan NFT, peringkat, dan berbagai atribut lain dari keseluruhan 774 koleksi pada Ethereum, Solana, maupun blockchain lainnya.

Bagi yang masih pemula atau awam dengan cara kerja dari rarity tools NFT, tentu platform Rarity Sniper ini layak untuk dipilih karena kelebihan pada interface yang terlihat user friendly.

Lebih Mudah Dapatkan NFT Langka dan Bernilai Tinggi dengan Rarity Tool NFT

Rarity tool pada dasarnya adalah sebuah alat yang berguna bagi kreator NFT agar mengetahui seberapa langka suatu aset digital tersebut. Jika mampu memiliki aset yang langka, nilainya tentu akan menjadi lebih tinggi dan mampu memberi peluang keuntungan yang lebih menjanjikan. Karenanya, pastikan untuk memanfaatkan layanan ini agar lebih mudah mendapatkan NFT langka dan bernilai tinggi.

Baca Juga:  NFT: Cara Bayar Pajak dan Cara Lapornya di SPT Tahunan