Patut Dicoba, Ini 10 Cara Hilangkan Stres Setelah Kerja Seharian

Bekerja seharian selama kurang lebih delapan jam membuat tubuh dan juga pikiran menjadi lelah. Jika kelelahan ini dibiarkan begitu saja, maka cepat atau lambat kamu bisa menjadi stres. 

Alhasil, mood kerja menurun di keesokan harinya. Ini tentunya bisa berakibat fatal pada profesi yang kamu jalani saat ini, yaitu performa kerja menurun, pekerjaan menjadi berantakan, hingga berujung pada penilaian kamu di mata atasan menjadi jelek. 

Tentunya, tak ada satupun pekerja yang mau hal buruk tersebut terjadi hanya gara-gara stres yang berkepanjangan, termasuk kamu. Untuk itu, sangat penting kamu lakukan beberapa cara hilangkan stres setelah bekerja seharian pada ulasan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Dengarkan Lagu atau Musik Favorit

mendengarkan musik
Mendengarkan lagu atau musik 

Cara ini terbilang sederhana tapi mendengarkan lagu favorit terbilang sangat ampuh. Selain, bisa menghibur, lagu dapat meningkatkan mood sehingga rasa lelah setelah selesai bekerja bisa terobati.

Tidak hanya lagu favorit saja, mendengarkan alunan sebuah musik yang menenangkan suasana hati dan pikiran seperti musik bernuansa alam dan klasik juga bisa sesekali kamu coba dengarkan ketika lelah. Dijamin, rasa stres bisa langsung hilang seketika.

Melakukan Olahraga Ringan

Banyak orang yang enggan berolahraga setelah selesai bekerja. Lantaran kegiatan olahraga bisa menambah kelelahan yang sudah mereka rasakan. 

Padahal nyatanya adalah sebaliknya, badan yang bugar dan segar setelah berolahraga dipercaya dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres. Namun, alangkah baiknya lakukan olahraga ringan saja seperti yoga, lari, bersepeda, zumba, atau renang dan lainnya.

Menonton Film Favorit

menonton film favorit

Menonton film menjadi cara penghilang stres yang paling banyak dilakukan. Datang ke bioskop untuk melihat film favorit terbaru bisa membantumu melepas penat. Apalagi jika cerita yang disajikan menghibur dan bagus.

Kamu juga bisa menonton film di rumah sambil tidur-tiduran di tempat tidur atau duduk santai di sofa. Saat ini sudah banyak situs streaming yang menyediakan film-film terbaru maupun acara televisi lengkap.

Berkumpul dengan Keluarga atau Teman

Berkumpul dengan orang terkasih memang hal yang sangat menyenangkan. Oleh sebab itu, tidak jarang orang yang selesai bekerja memilih untuk berkumpul bersama keluarga atau teman.

Bukan hanya di mall atau di café saja, tapi berkumpul keluarga atau teman juga bisa dilakukan di rumah. Bahas obrolan yang menarik dan jangan lupa sediakan cemilan untuk melengkapi keseruan saat berkumpul.

Baca Juga: Hindari Stress yang Bisa Ganggu Kesehatan dengan 5 Pola Makan Ini

Mandi Air Hangat

shower
Mandi air hangat

Setelah seharian bekerja, sesampainya di rumah pasti kamu akan membersihkan badan atau mandi terlebih dahulu. Menggunakan air biasa tidak menjadi masalah, tapi agar tubuh menjadi lebih rileks dan rasa stres karena pekerjaan menjadi hilang, sebaiknya gunakan air hangat saat mandi. 

Air hangat dipercaya mampu menghilangkan stres karena memberikan efek yang menenangkan. Disamping itu, air hangat juga bermanfaat dalam memperlancar peredaran darah sehingga tubuh bisa menjadi lebih fit dan sehat untuk beraktifitas kembali di keesokan harinya.

Membaca Buku Favorit

Buat kamu yang hobi membaca buku, kegiatan ini bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan stres setelah aktivitas kerja yang padat. Namun, hindari membaca buku yang genrenya terlalu berat. Sebab, ini hanya membuat menambah pikiran.

Pilihlah jenis buku yang genrenya sangat ringan seperti novel, komedi, komik dan sebagainya. Ini tentunya akan membuat pikiran menjadi lebih fresh dan stres hilang. Ingat, ketika membaca buku, posisikan diri dengan nyaman, jangan sambil tiduran di tempat tidur yang membuat mata menjadi rusak.

Baca Juga: Kerja di Rumah Lama-Lama Bikin Jenuh dan Stress? Ini Dia Cara Menghilangkannya

Minum Teh atau Coklat Hangat

coklat
Minum coklat hangat

Ternyata, banyak yang merasa bahwa dengan meminum teh hangat mampu menurunkan tingkat stres akibat aktivitas pekerjaan yang padat. Teh yang kamu minum dapat menurunkan level hormon stres yang ada di tubuh. 

Selain teh, secangkir coklat hangat juga bisa kamu coba. Sebab coklat ini bisa menjadi mood booster paling ampuh.

Menyalakan Lilin Aromaterapi

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa aromaterapi mampu menghilangkan penat dan stres setelah bekerja. Kamu bisa menggunakan aromaterapi yang menggunakan lilin. Jika lilin dibakar, maka akan menghasilkan aroma-aroma khas. Jika aroma ini dihirup, diri dan pikiran akan lebih tenang, lelah dan stres juga akan hilang.

Me Time

salon
Me time

Me Time adalah istilah untuk waktu dimana kamu sendiri dan melakukan hal-hal yang diinginkan seorang diri. Me Time ini perlu dilakukan sesekali karena kamu juga butuh hiburan tanpa perlu adanya orang lain. 

Waktu sendiri ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan misalnya seperti, bermain game online, jalan-jalan sendiri di mall, menikmati hidangan atau kopi di di café, hingga melakukan perawatan diri di salon atau di rumah seperti maskeran.

Tidur yang Cukup

Tidur merupakan cara menghilangkan stres terbaik agar tubuhmu bisa kembali prima di esok harinya. Kurang tidur akibat lelah bekerja akan membuat tingkat stres meningkat sehingga bisa bertambah lelah untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi pastikan tidur kamu berkualitas, mulai dari posisi tidur hingga waktu tidur yang cukup.

Bekerjalah Sesuai Kapasitas Diri

Agar semua cara di atas mampu berjalan dengan baik dan sesuai harapan, kamu juga perlu mengenal seberapa besar kapasitas diri dalam bekerja. Artinya, berhentilah bekerja jika dirasa tubuh dan pikiran sudah mulai lelah. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus. Jika pekerjaan tersebut punya batas akhir yang panjang, tak ada salahnya lanjutkan di esok harinya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Anda Sedang Mengalami Stres Keuangan