Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Indramayu

Masyarakat di Kabupaten Indramayu amat mengandalkan distribusi air bersih dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) atau PDAM Tirta Darma Ayu. Jika dilihat dari sejarahnya, PDAM Tirta Darma Ayu diawali pada masa pemerintahan Belanda pada 1932.

Saat itu, masyarakat mengandalkan sumber air baku dari saluran irigasi sindupraja yang mengalirkan 20 liter per detik untuk aktivitas mencuci hingga mandi. Barulah pada 1945, pemerintah Belanda menyerahkan pengelolaan sumber air pada Dinas Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Indramayu.

Pada 1978, perusahaan mendirikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 70 liter per detik. Pengelolaannya diawasi oleh Badan Pengelola Air Minum (BPAM) Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indramayu Nomor 80 Tahun 1985 tentang Perusahaan Air Minum Kabupaten Indramayu. Setelah pengelolaannya diserahkan kepada Bupati Kepala Daerah Tingkat II Indramayu, namanya berubah menjadi PDAM Daerah Tingkat II Indramayu atau PDAM Tirta Darma Ayu.

Sejak saat itu, PDAM Indramayu selalu membangun satu IPA setiap tahunnya. Hingga sekarang, cakupan distribusi air PDAM Indramayu telah mencapai 1.135 liter per detik dari 7 cabang dan 6 unit hingga Agustus 2017. Setidaknya sudah ada 104.427 rumah yang menerima distribusi air baku dari PDAM Indramayu.

Informasi lebih lengkap tentang PDAM Indramayu dapat diakses melaui https://www.pdamindramayu.co.id/. Di laman tersebut, pelanggan dapat memperoleh informasi terkait tagihan dan membuat laporan atau pengaduan jika mengalami masalah terkait distribusi air baku. 

Baca Juga: Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Kota Malang

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Mengecek Tagihan PDAM Indramayu

loader

Cek Tagihan PDAM Indramayu

Pengecekan tagihan merupakan hal yang harus dilakukan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat menyiapkan dana sesuai dengan besaran yang harus dibayarkan. 

Untuk warga Indramayu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan PDAM Indramayu. Berikut beberapa di antaranya. 

  1. Datang ke Kantor PDAM Indramayu

    Kamu bisa mendatangi langsung Kantor PDAM Indramayu yang berada di Jalan Letnan Jenderal Suprapto Nomor 25E, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Informasi yang diberikan petugas akan lebih jelas dan detail. Jangan lupa untuk mencatat nomor sambung atau nomor pelanggan.

  2. Melalui website PDAM Indramayu

    Mengecek tagihan juga bisa dilakukan melalui website PDAM Indramayu, https://www.pdamindramayu.co.id/ atau melalui tautan http://182.253.104.60:1818/info/info_tagihan_rekening.php. Masukan ID Pelanggan, lalu klik “Cari”, dan informasi terkait besaran tagihan akan keluar secara rinci. 

  3. PPOB Kantor Pos

    Pelanggan juga bisa mengecek tagihan PDAM Indramayu dengan mendatangi PPOB Kantor Pos. Loket di PPOB Kantor Pos buka selama 24 jam sehingga bisa didatangi kapan saja.

  4. PPOB BNI dan Bank BJB

    Loket PPOB BNI yang berada di beberapa titik di Kabupaten Indramayu juga menerima pengecekan tagihan pelanggan. Selain PPOB BNI, Loket PPOB Bank BJB juga bisa dikunjungi pelanggan untuk mengecek tagihan PDAM Indramayu. Kedua PPOB ini juga buka 24 jam.

  5. PPOB BPR Karya Remaja

    Terletak di Jalan Letnan Jenderal S Parman Nomor 20, Margadadi, PPOB BPR Karya Remaja melayani pengecekan tagihan PDAM Indramayu.

    Jika ingin mengecek tagihan ke sini, jangan lupa membawa nomor pelanggan atau nomor sambung. PPOB BPR Karya Remaja melayani pelanggan selama 24 jam setiap hari. 

  6. Lewat sambungan telepon

    PDAM Indramayu juga menyediakan layanan melalui sambungan telepon ke nomor 0234271311. Petugas akan memberikan informasi seputar tagihan pelanggan, termasuk jika ada tunggakan atau keterlambatan pembayaran. 

  7. Melalui WhatsApp dan email 

    Pengecekan tagihan PDAM Indramayu juga bisa melalui nomor WhatsApp 081222201440. Selain lewat WhatsApp, informasi tagihan juga bisa diketahui melalui email PDAM Indramayu di alamat info@pdamindramayu.co.id

  8. Lewat e-commerce

    Beberapa e-commerce memungkinkan pelanggan mengecek tagihan. Adapun e-commerce yang dapat digunakan untuk mengecek tagihan PDAM Indramayu seperti Tokopedia, Shopee, Lazada. 

    Umumnya, e-commerce menyediakan menu khusus untuk membayar tagihan, seperti “Top Up”, “Tagihan”, dan “Pulsa dan Tagihan”. Kamu tinggal memasukan nomor pelanggan dan pilih PDAM Indramayu untuk mengetahui tagihan yang harus dibayar. 

  9. Aplikasi PDAM Indramayu

    Pelanggan juga dapat mengecek tagihan melalui aplikasi PDAM Indramayu di Google Play Store.  Cukup masukan nomor pelanggan, lalu aplikasi ini akan menampilkan rincian tagihan secara detail, termasuk jumlah liter air yang dipakai serta status pembayaran pada bulan-bulan sebelumnya dan yang harus dibayarkan. 

    Itulah tujuh cara untuk mengecek tagihan PDAM Indramayu. Jika telah mengetahui tagihan PDAM Indramayu, jangan lupa untuk membayar tepat waktu agar layanan yang diberikan tetap optimal. 

    Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

Cara Bayar PDAM Indramayu 

loader

Bayar Tagihan PDAM Indramayu

Jika telah mengetahui besaran tagihan, pelanggan dapat segera melakukan pembayaran. Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk membayar tagihan PDAM Indramayu, mulai dari loket yang tersebar di beberapa titik hingga mengandalkan e-commerce. Berikut ulasannya. 

  1. Loket layanan Kantor Pusat PDAM Indramayu

    Pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung ke loket yang ada di Kantor Pusat PDAM Indramayu yang berada di Jalan Letnan Jenderal Suprapto Nomor 25 E. Petugas akan menginformasikan tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan. Setelah selesai, pelanggan akan menerima bukti atau struk pembayaran.

  2. Kantor Cabang PDAM Indramayu

    Pelanggan juga dapat mendatangi Kantor Cabang Kandanghaur yang berada di Jalan Raya Karangsinom, Karanganyar untuk melakukan pembayaran. Pelayanan dibuka mulai Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 14.30. 

    Beberapa kantor cabang lain yang juga bisa didatangi untuk melakukan pembayaran adalah
    1. Cabang Indramayu di Jalan Tanjungpura Nomor 197
    2. Cabang Sindang di Jalan Singalodra
    3. Cabang Lohbener di Jalan Simpang Tiga Celeng
    4. Cabang Juntinyuat di Jalan Raya Juntinyuat
    5. Cabang Kedokan Bunder di Jalan Raya Kedokan Bunder
    6. Cabang Jatibarang di Jalan Letnan Joni Nomor 69
    7. Cabang Patrol di Jalan Raya Limpas
    8. Unit Bangodoa di Jalan Raya Sukaperna
    9. Unit Losarang di Jalan Raya Puntang
    10. Unit Gabus Wetan di Jalan Raya PU Saradan
    11. Unit Balongan di Jalan Raya Sukaurip
    12. Unit Jatisawit di Jalan Raya Jatisawit
    13. Unit Arahan di Jalan Raya Arahan - Linggarjati

  3. PPOB Kantor Pos

    Pembayaran tagihan PDAM Indramayu juga bisa dilakukan di PPOB Kantor Pos yang tersebar di kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Indramayu. Jadi, pelanggan tinggal mencari PPOB Kantor Pos terdekat dari tempat tinggalnya. Jangan lupa untuk mencatat nomor pelanggan agar memudahkan proses pembayaran. 

  4. PPOB BNI dan Bank BJB

    Tagihan PDAM Indramayu bisa dilunasi melalui PPOB BNI dan Bank BJB. Sama seperti pembayaran PPOB lainya, pelanggan harus mencatat nomor pelanggan dengan benar agar proses pembayaran bisa selesai dan tidak keliru. 

  5. E-commerce 

    Membayar tagihan PDAM Indramayu juga bisa lewat e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Beberapa e-commerce akan meminta kamu untuk mendaftarkan nomor PDAM Indramayu dulu, tapi ada juga yang dapat dipilih melalui menu. 

    Itulah 5 cara yang dapat dipilih untuk membayar tagihan PDAM Indramayu. Kamu dapat memilih satu dari lima cara diatas untuk melunasi tagihan. Jangan sampai telat membayar tagihan, ya, agar tidak mengalami gangguan layanan dari PDAM Indramayu. 

Jenis Layanan PDAM Indramayu

PDAM Indramayu membuka layanan pengaduan online yang dapat diakses melalui website resmi https://www.pdamindramayu.co.id/. Jika mengalami gangguan, seperti masalah distribusi air, kebocoran pipa, dan masalah lainya, pelanggan dapat melaporkannya melalui Layanan Pengaduan Online. 

Caranya, cukup isi data yang terdapat pada laman, seperti nama, email, nomor telepon, judul pesan, dan laporan masalah. PDAM Indramayu akan segera menindaklanjuti laporan melalui departemen terkait. PDAM Indramayu juga menerima kritik, saran, dan penawaran yang juga dapat diinformasikan melalui website resmi. 

Ketahui Informasi PDAM Indramayu 

Nah, itulah informasi tentang PDAM Indramayu yang harus diketahui oleh pelanggan. Mulai dari cara mengecek tagihan, media yang dipergunakan untuk membayar, serta jenis layanan yang diberikan PDAM Indramayu. 

Informasi tersebut dapat ditemukan di laman resmi PDAM Indramayu, https://www.pdamindramayu.co.id/.  Khusus warga Indramayu, jangan ragu mengecek website PDAM Indramayu untuk mengetahui informasi terbaru.

Baca Juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi