Ingin Membangun Kekayaan? Ini Pelajaran Penting dari Para Miliarder

Membangun kekayaan tentu bukan pekerjaan mudah yang bisa dicapai dalam beberapa malam. Kamu membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang, bahkan disiplin yang tinggi dalam mengelola uang. Meski tak ada formula khusus untuk bisa membangun kekayaan secara maksimal, namun pada kenyataannya masing-masing orang tentu akan memiliki jurus tersendiri. 

Bukan hanya mengumpulkan uang semata, membangun kekayaan juga harus melibatkan aktivitas investasi di dalamnya. Beberapa pelajaran dasar terkait pengelolaan uang bahkan menjadi sangat penting. Belajar dari kesuksesan para miliarder menjadi salah satu cara untuk sukses membangun kekayaan. Tidak akan sulit, apalagi jika sejak awal kamu sudah berkomitmen dan memiliki tujuan yang jelas.

Simak beberapa pelajaran penting dari para miliarder berikut ini, yang bisa kamu terapkan dalam membangun kekayaan.

Baca Juga: Menabung dan Investasi Itu Penting! Ini Faktanya

5 Pelajaran Penting dari Para Miliarder

loader

Pelajaran Penting dari Para Miliarder

1. Kembali ke Investasi Dasar

Investasi menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam membangun kekayaan. Berdasarkan survei yang dilakukan Trust Insights on Wealth and Worth® AS di tahun 2016 silam, terlihat bahwa sekitar 89% investor paling kaya menghasilkan keuntungan besar dari investasi dasar yang mereka jalankan, yakni saham dan juga obligasi. Sekitar 83% investor sukses ini bahkan mengatakan jika mereka bisa mendapatkan keuntungan besar serta membangun kekayaan dari strategi pembelian serta penyimpanan investasi dalam jangka panjang. 

Sebagian besar investor sukses memperoleh kekayaan mereka dengan mengandalkan prinsip dasar dalam pengelolaan uang. Salah satunya adalah dengan tidak selalu mengambil risiko tinggi dalam berinvestasi. Bukan hanya itu saja, sebagian besar lainnya bahkan berpendapat bahwa memperkecil risiko merupakan prioritas paling penting, jika dibandingkan dengan hasil investasi yang lebih tinggi itu sendiri. 

2. Pengaruh Orang Tua dan Lingkungan Keluarga

Nilai-nilai yang ditanamkan orang tua di dalam keluarga juga akan memengaruhi banyak hal, termasuk dalam mengelola keuangan. Nilai ini juga akan membangun dasar yang kuat bagi investor dalam mengelola keuangan dan juga investasinya. Investor yang sukses pada umumnya memiliki lingkungan keluarga positif yang memiliki kedisiplinan tinggi dalam mengelola keuangan. 

Sebagian miliarder bahkan mengatakan jika mereka tumbuh dalam pendampingan orang tua yang baik di tengah-tengah lingkungan keluarga yang aktif. Ada banyak pelajaran penting yang didapatkan di rumah, termasuk kedisiplinan dan juga keuangan. Kedua pelajaran penting ini akan menjadi fondasi kuat untuk mendapatkan kesuksesan dalam keuangan. 

3. Mulai Menabung sejak Dini

Menabung sejak dini merupakan salah satu cara untuk membiasakan diri mengelola keuangan secara mandiri. Kebiasaan ini bahkan sudah dijalankan secara aktif oleh para miliarder di saat usia mereka belum menginjak 14 tahun. Bukan hanya uang saku yang diberikan orang tua saja, mereka bahkan mulai memperbanyak tabungan dengan cara menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil ketika berumur 15 tahun. Semakin banyak uang yang ditabungkan, maka akan semakin banyak juga hal yang kelak bisa diwujudkan. 

Kebiasaan menabung seperti ini membuat para miliarder bisa memulai investasi pertama mereka dengan lebih cepat. Sebagian besar dari mereka bahkan sudah memulai investasi saham di usia remaja. Hal ini memungkinkan mereka memiliki cukup banyak pengalaman di usia muda, bahkan ketika masih di bawah 25 tahun. Pengalaman yang panjang seperti ini tentu akan memberikan peluang sukses yang lebih besar di dalam investasi.

4. Prioritaskan Masa Depan

Penting untuk selalu menjadikan masa depan keuangan sebagai prioritas. Jangan hanya fokus pada kebutuhan saat ini saja, sementara tujuan masa depan terabaikan. Pemikiran seperti ini harus ditanamkan sejak dini, sebab karakter akan terbentuk seiring dengan berjalannya waktu. 81% miliarder bahkan lebih memprioritaskan hal ini, daripada kebutuhan mereka saat ini. Orang-orang ini akan sangat fokus dengan tujuan keuangan untuk jangka panjang, yang meliputi, keamanan finansial, gaya hidup di masa pensiun, dan masih banyak lagi. 

5. Cermati Pajak

Sekitar 55% miliarder berpendapat bahwa meminimalkan pajak ketika berinvestasi akan jauh lebih bijak, daripada sekadar mengejar keuntungan besar dengan mengabaikan pajak tersebut di dalamnya. Mempelajari dan menguasai sistem pajak secara detail merupakan kebutuhan tersendiri bagi investor. Kemampuan ini akan sangat membantumu mengambil keputusan investasi yang menguntungkan, termasuk alokasi aset-aset di kemudian hari.

Baca Juga: Menghindari Utang di Usia 20 Tahun, ini Cara Efektifnya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Bangun Kekayaanmu dengan Cara yang Tepat

Membangun kekayaan bisa kamu lakukan dengan banyak cara, termasuk dengan belajar dari kesuksesan para miliarder. Jangan lakukan kesalahan-kesalahan dalam mengelola keuangan, terutama yang bisa membuat keuanganmu menjadi memburuk. Bangun kekayaanmu dengan langkah yang tepat sejak awal, agar kelak kamu bisa mencapai titik kemapanan finansial.

Baca Juga: Mau Beli Barang Impian, Cicil atau Nabung Dulu? Ini Untung Ruginya