Pentingnya Memilih Asuransi Kesehatan yang Meng-cover Rawat Jalan

Makin membaiknya perekonomian seseorang maka kebutuhan akan asuransi bisa terpenuhi. Jika suatu saat, Anda terkena musibah seperti kecelakaan atau sakit yang membutuhkan rawat inap mungkin Anda sudah tidak bingung karena program asuransi yang diikuti sudah menanggung biaya pengobatan.

Sayangnya, sering kali program asuransi kesehatan yang diikuti hanya melindungi peserta program untuk risiko rawat inap saja. Bagaimana jika yang Anda butuhkan hanya rawat jalan? Karena biayanya tidak terlalu besar, sebagian orang menganggap bahwa asuransi untuk rawat jalan tidak terlalu penting sehingga mereka tidak mengambilnya. Padahal, rawat jalan maupun rawat inap keduanya membutuhkan porsi penanganan dan pelayanan yang sama baiknya.

Baca Juga: Tips Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Orang Tua

Asuransi Rawat Jalan Juga Menanggung Perawatan Setelah Kecelakaan

  Asuransi Kesehatan Terbaik
Sudahkah Memberi Diri Proteksi dengan Asuransi? via shutterstock.com

Jika Anda sudah terbiasa dengan produk asuransi kesehatan, mulai sekarang tidak ada salahnya  memikirkan untuk ikut program asuransi yang meng-cover rawat jalan. Sebab asuransi tersebut bukan hanya menanggung rawat jalan yang berbiaya tidak terlalu besar, seperti biaya perawatan gigi, kacamata, atau periksa dokter umum. Tapi, juga bisa menanggung biaya rawat jalan untuk perawatan setelah kecelakaan bila Anda membutuhkan rawat jalan.

Kita tidak akan pernah tahu kapan musibah akan datang. Namun, akan lebih baik kalau kita selalu waspada dan mempunyai perlindungan asuransi yang dapat diandalkan saat membutuhkannya, bukan?

Sebelum menentukan jenis asuransi kesehatan rawat jalan apa yang ingin didapatkan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kriteria-kriteria ideal asuransi kesehatan seperti apa yang paling baik dan nantinya akan menguntungkan.

Perhatikan Kriteria-Kriteria Asuransi Kesehatan yang Baik Berikut Ini

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik
Pilih Asuransi Berdasarkan Kriteria-Kriteria yang Ada via shutterstock.com

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah sejumlah kriterianya.

1. Tidak Perlu Membayar Tunai

Asuransi kesehatan ini sangat memudahkan Anda karena tidak perlu membayar untuk kamar, obat-obatan, atau kebutuhan lainnya jika berobat ke rumah sakit rekanan dari asuransi yang Anda miliki. Anda cukup menunjukan kartu asuransi dan nantinya akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan rencana asuransi yang sudah Anda miliki.

2. Seberapa Banyak Jumlah Rumah Sakit Rekanan

Jika menggunakan asuransi untuk berobat, Anda hanya dapat menggunakannya di rumah sakit yang menjadi rekanan dari perusahaan asuransi. Untuk itu, pastikan asuransi kesehatan yang Anda pilih memiliki rekanan rumah sakit yang banyak, menyebar, dan mudah ditemukan.

3. Pastikan Premi dan Plafon Asuransi Sesuai

Anda harus benar-benar bijak dalam menentukan plafon dan premi karena keduanya berbanding lurus. Semakin baik kelas yang Anda pilih, semakin besar biaya yang dibutuhkan.

4. Pilih Asuransi Kesehatan Murni

Jenis asuransi ini sangat penting karena akan berpengaruh besar terhadap jumlah dana yang akan Anda keluarkan untuk asuransi kesehatan. Apabila Anda kurang teliti dan malah mendaftar asuransi di unit link, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar. Jadi, pastikan mendaftar asuransi kesehatan murni dan bukan unit link.

5. Perawatan Tanpa Limit

Akan lebih baik bila Anda mendaftar di asuransi kesehatan yang menawarkan limit gabungan semua perawatan. Dengan begitu, biaya perawatan tidak terbatas per perawatan saja. Tentunya pelayanan yang akan Anda dapatkan lebih baik.

6. Masa Tunggu Penyakit

Anda perlu memerhatikan masa tunggu penyakit sebelum mengambil produk asuransi. Maksudnya adalah waktu yang diperlukan untuk bisa klaim asuransi. Rentang waktu yang diperlukan biasanya bervariasi tergantung penyakit dan jasa penyedia asuransi kesehatan yang dipilih.

Baca Juga: BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta, Siapa yang Terbaik?

Pastikan Mendapatkan yang Terbaik

Semua penyedia asuransi rawat jalan rata-rata menyediakan pelayanan yang hampir sama. Sebaiknya, jika Anda belum memiliki asuransi dan berkeinginan untuk mendapatkan asuransi rawat jalan, kriteria-kriteria yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan.

Jangan ragu untuk menanyakan secara detail bila Anda mengunjungi penyedia jasa asuransi kesehatan rawat jalan. Bila perlu, minta waktu terlebih dahulu untuk mempertimbangkannya. Pastikan Anda mendapatkan layanan-layanan pokok yang diinginkan serta sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan : Berbagai Hal yang Mesti Anda Ketahui