Kenalan Dulu dengan Asuransi Rawat Jalan, Jaminan Perlindungan di Luar Rumah Sakit

Asuransi kesehatan rawat jalan merupakan salah satu bentuk perlindungan kesehatan yang kian mendapat perhatian di tengah tingginya pemenuhan kebutuhan kesehatan dalam sistem-sistem kesehatan modern. 

Untuk yang sedang mencari tahu apa itu asuransi kesehatan rawat jalan, dalam artikel ini Cermati.com akan membahasnya secara mendalam supaya kamu lebih paham.

Kenalan dengan Layanan Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

loader

Asuransi kesehatan rawat jalan adalah jenis asuransi kesehatan yang berdasarkan jenis perawatannnya dirancang untuk menanggung biaya perawatan kesehatan atau pengobatan di luar rumah sakit. 

Ini mencakup berbagai jenis layanan kesehatan, seperti kunjungan dokter, pemeriksaan kesehatan berkala, obat-obatan, dan terapi. Tujuan utama dari asuransi kesehatan rawat jalan adalah memberikan akses yang lebih luas kepada tertanggung terhadap fasilitas kesehatan tanpa harus mengalami rawat inap

Selain itu, asuransi ini juga bisa membantu tertanggung mencegah perkembangan penyakit dengan memberikan manfaat screening supaya deteksi bisa dilakukan sedini mungkin.

Cakupan Perlindungan dalam Asuransi Rawat Jalan dengan Berbagai Manfaat

Jenis asuransi ini secara umum menyediakan berbagai macam manfaat menarik yang bisa didapatkan oleh tertanggung ketika menerima perawatan di luar rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lain:

1. Manfaat Kunjungan Dokter

Asuransi kesehatan rawat jalan mencakup biaya kunjungan ke dokter umum atau spesialis. Ini memungkinkan tertanggung untuk mendapatkan pemeriksaan rutin atau konsultasi spesialis tanpa merasa terbebani secara finansial.

2. Manfaat Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Adanya manfaat asuransi yang mencakup biaya pemeriksaan kesehatan rutin. Manfaat rawat jalan ini sangat membantu tertanggung untuk mendapatkan ganti rugi terhadap biaya pemeriksaan kesehatan secara rutin, seperti tes darah, tes urine, pemeriksaan sinar-X atau MRI, serta pemeriksaan medis lain.

3. Manfaat Obat-Obatan

Biaya obat-obatan yang diresepkan oleh dokter juga termasuk dalam cakupan perlindungan dan manfaat rawat jalan. Ini mencakup obat resep yang diberikan, baik untuk penyakit kronis maupun perawatan sementara, secara berkala kepada tertanggung.

4. Manfaat Terapi dan Rehabilitasi

Beberapa polis mungkin mencakup biaya terapi fisik, okupasi, atau rehabilitasi lainnya yang diperlukan untuk pemulihan atau manajemen penyakit tertentu selama tertanggung menjalani perawatan di luar rumah sakit.

5. Manajemen Penyakit Kronis

Bagi yang memiliki kondisi kesehatan kronis, asuransi kesehatan rawat jalan dapat membantu dalam manajemen penyakit dengan memberikan akses terhadap obat-obatan dan perawatan yang diperlukan. Nantinya, tertanggung bisa terus menjalani perawatan secara rutin tanpa perlu pergi ke rumah sakit.

Memberikan Berbagai Keuntungan untuk Perawatan dan Pencegahan

loader

Perawatan dan pencegahan, asuransi ini memberikan keuntungan menarik untuk seluruh kebutuhan Tertanggung di luar rumah sakit:

No

Keuntungan yang Ditawarkan

Keterangan

1

Akses Terhadap Perawatan Kesehatan Preventif

Asuransi kesehatan rawat jalan dapat memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap perawatan kesehatan preventif. 

Tertanggung dapat mengunjungi dokter secara berkala untuk pemeriksaan rutin, vaksinasi, dan screening kesehatan tanpa harus khawatir tentang biaya yang tinggi. Maka, tertanggung bisa mendorong pencegahan penyakit serta deteksi dini kondisi kesehatan.

2

Manajemen Kondisi Kesehatan Kronis

Memberikan manfaat dan perlindungan dalam manajemen penyakit kronis. Tertanggung dapat mengakses perawatan, seperti konsultasi dokter, terapi, dan obat-obatan yang diperlukan, untuk menjaga stabilitas dan kondisi kesehatan. 

Kemudahan Akses ke Pelayanan Kesehatan

Kemudahan akses ke berbagai layanan kesehatan di luar rumah sakit. Tertanggung dapat dengan cepat mengakses dokter umum atau spesialis tanpa harus menunggu lama di fasilitas kesehatan. Ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan diagnosis cepat dan pengobatan yang tepat waktu.

4

Mengurangi Beban Perawatan di Luar Rumah Sakit

Asuransi kesehatan rawat jalan membantu mengendalikan pengeluaran keuangan terkait perawatan kesehatan di luar rumah sakit.

Dengan membayar premi yang terjangkau, tertanggung dapat mengurangi beban keuangan yang mungkin timbul akibat biaya perawatan di luar rumah sakit ketika diperlukan.

Asuransi Rawat Jalan Vs Rawat Inap

Walaupun sama-sama memiliki cakupan perlindungan yang bagus, ada perbedaan yang perlu dipahami antara rawat jalan dan rawat inap. Supaya lebih jelas, berikut beberapa indikatornya:

No

Indikator*

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi Kesehatan Rawat Inap

1

Cakupan Pelayanan

Menyediakan cakupan perlindungan untuk perawatan kesehatan di luar rumah sakit, seperti kunjungan dokter, pemeriksaan kesehatan berkala, dan terapi ambulator.

Memberikan cakupan khusus untuk perawatan yang memerlukan masa inap di rumah sakit, termasuk biaya kamar, perawatan medis, dan pelayanan di fasilitas kesehatan tersebut.

2

Besaran Biaya Premi

Biasanya, memiliki premi yang lebih terjangkau karena tidak termasuk biaya rawat inap yang cenderung lebih tinggi.

Premi cenderung lebih tinggi karena mencakup biaya rawat inap yang melibatkan pelayanan dan fasilitas rumah sakit.

Kemudahan Akses ke Pelayanan Kesehatan

Lebih fleksibel dalam memberikan akses ke berbagai layanan kesehatan di luar rumah sakit. Tertanggung dapat lebih leluasa memilih dokter atau spesialis tanpa perlu rujukan.

Umumnya, memerlukan rujukan atau persetujuan lebih ketat untuk mendapatkan layanan di rumah sakit. Fleksibilitas dalam memilih dokter atau fasilitas kesehatan mungkin lebih terbatas.

4

Ketentuan Prabayar/ Deductible

Prabayar atau deductible (jumlah uang yang harus dibayar oleh tertanggung sebelum asuransi memberikan manfaat) biasanya lebih rendah. Sebab, cakupan utamanya adalah perawatan di luar rumah sakit.

Prabayar atau deductible cenderung lebih tinggi karena mencakup biaya rawat inap yang umumnya lebih besar. Tertanggung mungkin harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu sebelum asuransi mengambil alih tanggung jawab pembayaran.

*Perbedaan ini hanya mencerminkan fokus dan ruang lingkup perlindungan yang berbeda antara asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap di Indonesia. Informasi dan indikator perbedaan akan selalu tergantung pada ketentuan polis dari masing-masing perusahaan asuransi.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Rawat Jalan yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk asuransi kesehatan rawat jalan dari Cermati.com*:

No

Nama Produk

Benefit dan Fitur

1

Aloproteksi - All Care/Outpatient

  • Memberikan perlindungan rawat jalan dan/atau rawat inap
  • Biaya penggantian perawatan di RS rekanan secara cashless
  • Perlindungan dengan Limit tahunan hingga 100 juta

2

CAR Smart Health Insurance Plan 200/750/1000

  • Manfaat konsultasi rawat jalan dokter umum mulai dari Rp60.000 s.d. Rp300.000 per 1x kunjungan
  • Manfaat konsultasi rawat jalan dokter spesialis mulai dari Rp100.000 s.d. Rp500.000 per 1x kunjungan
  • Manfaat biaya rawat jalan dan perawatan gigi darurat karena kecelakaan

*Informasi produk yang direkomendasikan bisa berubah sewaktu-waktu, cek halaman produk asuransi kesehatan terkait di Cermati.com untuk informasi lebih lengkap.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Punya Berbagai Manfaat yang Lengkap untuk Perawatan di Luar Fasilitas Kesehatan

Setelah mengenal asuransi kesehatan rawat jalan, kamu telah menjelajahi pentingnya perlindungan kesehatan di luar rumah sakit dan manfaat yang dapat diperoleh melalui asuransi ini. Dengan cakupan yang melibatkan kunjungan dokter, pembelian obat-obatan, dan pelayanan kesehatan lainnya di luar fasilitas rumah sakit, asuransi ini memberikan solusi yang lebih terjangkau dan fleksibel untuk menjaga kesehatan  sehari-hari.

Kamu diharapkan dapat membuat pilihan yang lebih cerdas sesuai dengan kebutuhan kesehatan. Asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap juga dapat saling melengkapi untuk memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif. Kesehatan adalah investasi berharga, dan asuransi kesehatan bisa memberikan langkah preventif untuk meraih kesejahteraan yang berkelanjutan.