Perlu Tahu, Ini 8 Filosofi Warna Cat Rumah Beserta Artinya

Pemilihan warna rumah tidak dilakukan secara asal. Sebab di balik warna, tersirat berbagai maksud dan tujuan tertentu yang ingin disampaikan oleh pemilik rumah kepada tamu yang berkunjung. Sayangnya, beberapa orang justru tidak menyadari ini dan berasumsi kalau pemilihan warna rumah hanya suatu kebetulan saja.

Di sisi lain, cat rumah hanya untuk mempercantik tampilan luar dan dalam rumah saja sehingga tidak terkesan pucat. Padahal warna-warna itu memiliki filosofi tersendiri yang konon harus kamu ketahui maknanya, sehingga kamu tak asal memilih warna saja. Simak beberapa filosofi warna beserta artinya berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Warna Cokelat Berarti Kehangatan dan Damai

rumah dengan cat warna cokelat

Cokelat merupakan salah satu warna favorit yang biasa ditemukan pada bangunan lama, tapi tidak sedikit yang memoles warna ini pada rumahnya. Sentuhan warna cokelat otomatis mengisyaratkan kedamaian dan kedamaian, yang membuat penghuni merasa save saat berada di dalam rumah.

Rumah dengan gaya Skandinavia sangat cocok disandingkan dengan warna cokelat. Rumah akan terlihat sangat homey, apalagi dengan tambahan drawer dengan warna yang sama dan tanaman hias untuk menambah efek modern.

2. Warna Pink Mengisyaratkan Rumah Penuh Cinta

rumah dengan cat warna pink

Sejak dulu, warna pink dijadikan sebagai lambang penuh cinta. Tak heran kalau beberapa orang menambahkan sentuhan warna pink untuk interior rumah, seperti bantal kursi, lukisan, alas kaki, lampu atau vas bunga. Rumah dengan model bangunan yang tidak terlalu luas sangat pas mendapat sentuhan warna pink.

Agar semakin menarik, sebaiknya padukan dengan warna-warna kalem yang tidak terlalu menyilaukan mata. Sebut saja warna biru, abu misty, putih, dan kuning muda.

3. Warna Merah Berarti Semangat dan Berani

rumah dengan cat warna merah

Untuk urusan cat rumah, warna merah bisa dikatakan sebagai warna yang sering dihindari karena warnanya yang terlalu kontras. Tapi jangan salah, warna ini justru cocok untuk menghiasi area tertentu seperti taman, ruang belajar, maupun halaman belakang rumah.

Warnanya yang terang mengisyaratkan keberanian dan penuh semangat. Jadi setiap kali memasuki ruangan berwarna merah, muncul rasa antusias tinggi yang membuat penghuninya semangat untuk mengerjaan sesuatu saat berada di ruangan ini.

Baca Juga:  5 Model Rumah Kayu yang Simpel Namun Tetap Terlihat Mewah

4. Warna Biru Mengisyaratkan Ketenangan

rumah dengan cat warna biru  

Warna lembut seperti biru juga patut dipertimbangkan, terutama bila kamu ingin rumah yang penuh ketenangan. Sentuhan warna biru membuat siapapun betah untuk berlama-lama tinggal di dalam rumah. Sebab hanya dengan melihat warnanya saja, penghuninya langsung tunduk.

Warna biru sangat cocok disematkan untuk dinding kamar anak atau ruangan bermainnya. Tambahkan pula warna lain seperti pink, kuning atau orange mudah untuk dapatkan kesan full colour, tapi tidak menyakiti pandangan mata anak.

5. Warna Kuning Menggambarkan Sukacita dan Semangat Baru

rumah dengan cat warna kuning

Kuning merupakan warna yang kurang diminati untuk cat rumah, apalagi bila aplikasi catnya secara menyeluruh. Warnanya yang terang dinilai norak dan menyakiti indra penglihatan. Padahal kalau perpaduan warnanya tepat, warna kuning dapat memperindah tampilan luar dan dalam rumah. 

Mengingat kontras warna kuning itu terbagi-bagi jenisnya, lebih baik pilih yang kontrasnya paling rendah, yaitu kuning muda. Warna ini menggambarkan semangat baru dan suasana penuh sukacita, sangat pas bila diaplikasikan pada ruang favorit keluarga.

6. Warna Hijau Berarti Suasana yang Adem

rumah dengan cat warna hijau

Warna hijau juga bisa jadi referensi untuk cat dinding rumah. Warnanya tidak terlalu menyolok, tidak pula terlalu pucat, jadi pas untuk mendapatkan kesan alami layaknya tumbuh-tumbuhan di alam terbuka. Selain dinding, warna hijau juga bisa didapat dari tanaman hias yang dipajang di ruang tamu. 

Sentuhan warna hijau membuat rumah terkesan sangat alami. Jadi sewaktu melihatnya, mata, hati, dan pikiran terasa lebih adem. Sentuhan warna yang sangat pas sebagai dope dikala pulang kerja karena akan mengubah mood menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Ruang Keluarga Makin Nyaman dengan 5 Desain Minimalis Gaya Lesehan

7. Warna Ungu Menandakan Aura Positif

rumah dengan cat warna ungu

Beberapa orang menganggap kalau ungu adalah salah satu warna yang norak dan terkesan tua. Padahal kalau diaplikasikan pada rumah, hasilnya cukup memuaskan. Ibarat kebun lavender yang lagi berbunga, seperti itulah suasana rumahmu ketika mendapat sentuhan berwarna ungu.

Pilihlah warna ungu muda, lalu aplikasikan pada dinding di bagian tertentu saja. Tambahkan pula beberapa pernak pernik berwarna ungu untuk menyamakan kontras warna di dalam ruangan. Misalnya keset kaki, vas bunga, atau sofa.

8. Warna Putih Menandakan Kebersihan

rumah dengan cat warna putih

Dan terakhir adalah putih, warna yang sangat pas untuk tipikal orang pembersih. Jika ingin diaplikasikan, sebaiknya di bagian interior rumah saja karena bila di luar dapat merusak nilai estetika rumah. Apalagi warna ini sangat gampang kotor, bahkan terkena debu saja sudah meninggalkan bercak hitam.

Aplikasi warna putih cocok untuk semua tipe rumah. Namun, akhir-akhir ini rumah bergaya minimalis banyak memakai warna ini sebagai cat dinding yang dipadukan dengan warna abu-abu dan sedikit sentuhan warna hitam.

Pilih Warna yang Tepat untuk Rumah Kesayanganmu

Ada banyak pilihan warna untuk rumah kesayangan, tapi hanya dua atau tiga warna sajalah yang nantinya akan mendominasi. Jadi pilihlah warna yang menurutmu paling sesuai agar rumahmu nampak lebih estetik dan nyaman.

Baca Juga:  8 Tips Sulap Dapur Rumah yang Sempit Jadi Terlihat Luas