Pernah Gagal Perankan Thor, Begini Perjalanan Aktor Liam Hemsworth Mantan Suami Miley Cyrus

Liam Hemsworth menjadi aktor tampan Hollywood yang digilai banyak penggemar. Adik Chris Hemsworth ini paling dikenal lewat aktingnya yang menawan dalam The Hunger Games. Dalam serial blockbuster tersebut, ia memerankan tokoh Gale Hawthorne.

Selain itu, aktingnya dalam The Expendables 2 juga ikut melambungkan nama Liam Hemsworth. Film-film yang dibintangi pria bertinggi tubuh 190 cm ini memang kerap menjadi box office. Salah satunya ialah The Last Song.

Lewat performa aktingnya yang keren, Liam memenangkan rangkaian penghargaan bergengsi. Ia tak hanya berhasil memenangkan Teen Choice Awards Male Breakout. Trofi Young Hollywood Breakthrough of the Year serta Nickelodeon Australian Kids' Choice Awards Favourite Kiss pun telah berhasil dikantonginya.

Baca Juga: Makin Bergelimang Harta, 7 Selebriti Hollywood ini Melek Investasi

Suka Theater Sejak Remaja

Liam lahir di Melbourne pada 13 Januari 1990. Ia adalah bungsu dari tiga bersaudara. Sang ayah, Craig Hemsworth merupakan konselor jasa sosial, sedangkan ibunya, Leonie, bekerja sebagai guru Bahasa Inggris. 

Sedari remaja, ia sudah aktif berkontribusi dalam berbagai drama theater di sekolahnya. Tumbuh besar di Negeri Kangguru membuatnya sangat senang berselancar. Meski begitu, leluhur keluarga Hemsworth berasal dari Belanda, dengan blasteran darah Skotlandia, Inggris, dan Jerman.

Kecintaannya terhadap dunia akting telah membuatnya menguatkan niat untuk menjadi aktor. Di usianya yang menginjak 16 tahun, Liam mulai mengikuti berbagai casting dan audisi. Dengan tubuh tinggi, mata biru serta kemampuan aktingnya yang memikat, ia pun mengikuti jejak kedua kakaknya (Luke serta Chris) dan menekuni seni peran.

Memasuki tahun 2007, Liam berkesempatan tampil dalam McLeod's Daughters serta Home and Away. Kedua acara tersebut merupakan opera sabun yang populer TV. Setelahnya, nama Liam Hemsworth mulai menarik perhatian publik dan media massa.

Karier yang Kian Menanjak

Dalam peluang berikutnya, Liam berhasil melakoni Neighbours (2007-2008) dengan apik. Barulah setelahnya ia membintangi The Elephant Princess dan menjadi pemeran utama. Memasuki tahun 2009, ia kembali muncul dalam Satisfaction di televisi.

Masih di tahun 2009, Liam melebarkan sayapnya dan membintangi film layar lebar Inggris yang berjudul Triangle. Kiprahnya sebagai aktor kian diperhitungkan setelah kemunculannya dalam Knowing.

Menjemput The American Dream

Demi totalitasnya dalam bekerja, Liam pun meninggalkan negaranya dan pindah ke Amerika. Relasinya yang baik dengan aktor gaek Sylvester Stallone di tahun 2010 membuatnya mendapat peran dalam The Expendables 2 (2012).

Sebelumnya, ia sempat muncul dalam The Expendables, namun belakangan perannya dihapus dari movie script. Di tahun 2010, ia juga membintangi The Last Song yang semakin melambungkan namanya.

Film yang dilakoninya bersama Miley Cyrus tersebut berhasil meraup sukses dan mendatangkan income di angka fantastis. Berkat aktingnya dalam film box office itu, nama Liam Hemsworth berhasil masuk dalam berbagai nominasi dan meraih sejumlah apresiasi bergengsi.

Gagal Berperan Sebagai Thor

Tak banyak yang tahu jika Liam juga pernah mengikuti casting untuk film Thor. Saat itu, baik Liam maupun Chris sama-sama mengikuti audisi yang dihelat oleh Marvel Cinematic Universe. Namun sayangnya, ia tak berhasil mendapatkan peran superhero tersebut.

Seperti diketahui, peran Thor berhasil jatuh ke tangan Chris Hemsworth, kakaknya sendiri. Meski begitu, Chris juga sempat mengalami kegagalan di casting pertama yang digelar pada tahun 2009 tersebut. 

Peran Thor belakangan berhasil didapatkan setelah Chris kembali mengikuti audisi untuk yang kedua kalinya. No hard feeling, Hemsworth bersaudara tetap saling support dan bersaing secara sehat satu sama lain.

Baca Juga: Berikut Fakta Menarik Seputar Nominasi Oscar 2020 dan Daftar Lengkap Nominasinya

Sukses Jadi Aktor Papan Atas

Nyatanya, gagal mendapat peran utama dalam Thor tidak menghentikan langkahnya. Ia kemudian berhasil membintangi The Hunger Games dan meraih sukses besar yang digariskan untuk menjadi miliknya.

Dalam film yang diadaptasi dari novel best seller karya Suzanne Collins tersebut, ia memerankan tokoh bernama Gale Hawthorne. Film yang kemudian mulai tayang di tahun 2012 ini lantas dilakoni Liam selama tiga tahun lamanya.

Tak hanya berhasil menjadi box office, The Hunger Games ini juga menduduki peringkat kedua setelah Harry Potter di Amerika. Adapun keuntungan yang dihasilkan yakni sekitar 1,4 miliar Dollar AS (lebih dari Rp9,8 triliun).

Selain itu, ia membintangi deretan judul film keren lain dengan berbagai genre. Sebut saja seperti Love and Honor (2013), Empire State, serta Paranoia.

Ia juga bermain dalam The Dressmaker (2015) dan beradu akting bersama Kate Winslet. Kemudian di tahun 2016, ia kembali bermain dalam Independence Day: Resurgence yang merupakan kelanjutan dari film sebelumnya di tahun 1996.

Mencapai Banyak Prestasi dan Penghargaan

Berkat aktingnya yang memukau, Liam berhasil memboyong sejumlah penghargaan. Cetak banyak prestasi membanggakan, ia mendapat penghargaan Young Hollywood untuk kategori Pendatang Baru Terbaik Tahun Ini (2010).

Di tahun yang sama, ia juga menyabet Teen Choice Award kategori Film Pilihan: Pendatang Baru Pria 2010. Trofi tersebut ia raih berkat perannya dalam The Last Song.

Pada tahun 2012, ia kembali mendapat piala dari Teen Choice Award - Choice Movie Scene Stealer: Male (The Hunger Games). Tahun berikutnya, ia memenangkan People's Choice Award - Tim Terbaik di Dalam Layar (The Hunger Games).

Sementara itu, pada tahun 2015 ia membawa pulang Nickelodeon Kids Choice Awards untuk kategori Buttkicker Lelaki Favorit lewat penampilannya dalam The Hunger Games: Mockingjay Part 1.

Kisah Cinta dengan Miley Cyrus

Jalinan asmara di antara keduanya berawal dari ketika mereka bermain dalam film The Last Song (2009). Meski diwarnai putus-nyambung, namun pasangan ini kemudian mengumumkan pertunangan mereka pada tahun 2012.

Sempat putus lagi di akhir tahun 2013, keduanya kembali merajut tali kasih di awal 2016. Akhirnya, kedua insan ini menikah pada tanggal 23 Desember 2018.

Upacara pernikahan Liam-Miley hanya dihadiri oleh kerabat dekat dan berlangsung privat. Sayangnya, rumah tangga mereka hanya berlangsung selama delapan bulan.

Dalam proses perceraian yang terjadi, terungkap harta kekayaan Liam mencapai 26 juta Dollar AS (sekira Rp370 miliar) setelah berpisah dari Miley Cyrus.

Pernah Mencoba Banyak Bidang Pekerjaan

Sebelum akhirnya mengecap kesuksesan sebagai aktor, Liam tak segan mengambil pekerjaan dalam banyak bidang. Ia tak hanya pernah bekerja di tempat bowling, tapi juga di bakery lokal dekat tempat tinggalnya.

Selain itu, ia juga sempat mencari nafkah di lokasi konstruksi, bahkan tak sungkan jadi park ranger dalam Penguin Exhibition.

Namun kini semuanya berbanding kontras. Ia tak hanya berhasil bertahta di industri film Australia tapi juga berjaya di Hollywood. Seiring dengan tingkat popularitasnya yang kian meningkat, sejumlah brand kenamaan pun mempercayakan Liam untuk menjadi model bagi mereka.

Sehingga tak heran jika total kekayaan sang aktor telah menyentuh angka yang fantastis dan luar biasa.

Peduli Anak dan Menjadi Vegetarian

Di tengah kesibukannya meniti karier, Liam kini tercatat sebagai ambassador dari Australian Childhood Foundation. Ia mengaku terinspirasi dari kedua orang tuanya yang mengabdi selama dua dekade dalam pekerjaan yang berkenaan dengan child care. 

Ia menyebutkan, dirinya ingin memberikan teladan yang baik kepada anak-anak. Ia juga ingin menciptakan kondisi lingkungan yang ramah anak, sehingga mereka dapat merasa aman lagi.

Di samping itu, PETA juga telah menobatkannya dengan predikat Selebriti Vegetarian Terseksi pada tahun 2016. Seperti dituturkannya, tidak mengonsumsi daging telah membuat Liam merasa lebih positif jiwa raga.

Terus Berusaha Hingga Menang

Kini, Liam masih melakoni berbagai serial TV seperti Neighbours serta sejumlah thriller series. Ia memang pernah gagal dan kalah bersaing dari kakaknya sendiri. Namun hal itu tidak menghentikan upayanya untuk mencapai keberhasilan.

Karena terus maju, ia pun sukses menjadi pemeran utama dalam The Hunger Games dan mengecap keberhasilannya sendiri. Bersaing secara sehat, Liam dan kedua kakaknya senantiasa saling support satu sama lain sebagai sesama aktor Hollywood

Seperti perjalanan karier Liam, kegagalan memang tidak mengenakkan. Namun teruslah maju dan coba lagi. Yakinlah bahwa seluruh potensi dan kemampuan Anda pada akhirnya akan menemukan jalan untuk bersinar.

Baca Juga: 9 Tokoh Dunia Ini Berhasil Meraih Sukses di Usia 30-an, Sudah Tahu?