Persiapkan Sebelum Terlambat! Ini 10 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri kamu bersama keluarga tercinta. Salah satunya adalah dengan menyiapkan fasilitas asuransi kesehatan yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Berbicara soal asuransi kesehatan, kamu tentu perlu mempertimbangkan banyak hal terkait keunggulan serta kelebihan yang ditawarkan agar bisa mendapatkan produk yang paling optimal.

Beberapa hal yang perlu dicek saat menentukan produk asuransi kesehatan yang bakal dipilih meliputi luasnya jaringan rumah sakit yang menjadi rekanan atau mitra dan kesesuaian skema limit asuransi dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa ada tidaknya fasilitas klaim cashless dan juga durasi masa tunggu untuk bisa mengajukan klaim. Asuransi kesehatan yang terbaik adalah yang mampu memberikan seluruh fasilitas tersebut namun memberikan premi bersahabat. 

Asuransi kesehatan memang sudah seharusnya dipersiapkan sedini mungkin agar tak terlambat. Agar bisa mendapatkan asuransi yang terbaik, pastikan untuk membaca ulasan asuransi kesehatan. Jangan terburu-buru memilih asuransi kesehatan agar terhindar dari risiko layanan palsu yang memiliki pelayanan buruk serta proses pengajuan klaim ribet.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam memilih asuransi kesehatan yang terbaik, entah itu yang berbasis syariah atau konvensional. Berikut rekomendasinya. 

Baca Juga: Trik Mengajukan Asuransi Kesehatan

10 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik

  1. Asuransi MAG

    loader

    Rekomendasi produk asuransi kesehatan yang pertama adalah asuransi MAG. Nasabah asuransi MAG berhak mendapatkan penggantian biaya pengobatan dan juga perawatan di rumah sakit dengan besaran premi yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh MAG adalah Magna Sehat. 

    Sebagai rekomendasi asuransi kesehatan yang layak untuk dipilih, Magna Sehat memiliki daya tarik berupa masa tunggu polis 30 hari dan 12 bulan untuk pre existing condition. Proses klaim perlindungan produk asuransi ini juga hanya membutuhkan waktu 7 hari kerja saja dan memberlakukan sistem reimbursement serta cashless, tanpa ada batasan rumah sakit. Syarat usia untuk menjadi nasabah Magna Sehat adalah 21 tahun hingga 55 tahun, dan bisa diperpanjang hingga umur 70 tahun. 

  2. AXA Mandiri

    loader

    Rekomendasi asuransi kesehatan selanjutnya yang layak untuk dipilih adalah AXA Mandiri, sebuah perusahaan asuransi yang berasal dari perusahaan perbankan nasional. AXA Mandiri menawarkan beragam jenis produk asuransi dengan premi terjangkau, namun memberikan perlindungan yang melimpah. Dengan menjadi pengguna asuransi kesehatan ini, kamu bisa mendapatkan pertanggungan biaya rawat inap yang dilengkapi dengan fasilitas rawat jalan. 

    Batas usia untuk bisa menjadi nasabah AXA Mandiri pun bervariasi, tergantung dari produk perlindungan apa yang dipilih. Syarat pendukung lainnya seperti melampirkan hasil pemeriksaan medis (jika diperlukan).

  3. Sinarmas

    loader

    Asuransi Sinarmas atau ASM adalah asuransi yang sudah ada mulai tahun 1985 dan telah memiliki rating AA+ Insurer Financial Strength. Produk asuransi kesehatan Sinarmas yang layak dijadikan pilihan adalah Simas Sehat Gold karena cocok untuk perlindungan pada orang tua dengan proteksi kesehatan hingga umur 75 tahun. 

    Jenis perlindungan yang diberikan oleh asuransi kesehatan milik Sinarmas ini meliputi, rawat inap, rawat jalan (sebelum dan sesudah rawat inap), rawat jalan dan gigi darurat yang disebabkan oleh kecelakaan, evakuasi medis darurat di seluruh dunia, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

  4. PFI Mega Life

    loader

    PFI Mega Life adalah perusahaan asuransi yang berkomitmen menyediakan solusi tabungan, investasi, sekaligus proteksi asuransi kepada nasabah serta keluarga. Setiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini dirancang untuk memberikan manfaat serta kebutuhan nasabah yang beragam.

    Salah satu produk asuransi kesehatan PFI Mega Life adalah Mega Hospital Investa. Produk asuransi tersebut memberikan pertanggungan berupa santunan harian saat menjalani rawat inap non ICU dan ICU, serta santunan meninggal dunia. Selain itu, ada pula pengembalian premi sebesar 50 persen saat tak ada pengajuan klaim selama durasi 36 bulan. 

  5. Lippo Insurance

    loader

    Lippo Insurance menawarkan produk asuransi kesehatan yang mampu memberikan perlindungan kesehatan sekaligus kestabilan finansial. Sebagai nasabah produk asuransi ini, ada beragam jenis santunan serta manfaat yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah HealthPlus Family.

    Keunggulan dari produk asuransi Lippo Insurance adalah memberikan perlindungan yang tepat pada nasabah bersama keluarga dengan premi terjangkau. Beberapa perlindungan yang diberikan oleh HealthPlus Family adalah rawat inap dan rawat jalan, pembayaran klaim cashless dan dapat diajukan pada 500 lebih rumah sakit di seluruh Indonesia. 

    Syarat usia kepesertaan 0 sampai 60 tahun dan bisa diperpanjang hingga 65 tahun. Periode masa tunggu pada produk asuransi ini juga terbilang singkat, yakni 15 hari pasca tanggal efektif kepesertaan, dan 270 hari untuk perlindungan pada jenis penyakit tertentu.

    Baca Juga: BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik?

  6. CAR

    loader

    Sumber: aaji.or.id

    CAR atau Central Asia Raya adalah rekomendasi asuransi kesehatan terpercaya lainnya yang perlu masuk ke dalam daftar pertimbanganmu. CAR menawarkan berbagai macam asuransi kesehatan yang bisa dipilih, salah satu yang menarik perhatian adalah Family Prevensia CARe. Pada produk ini, kamu akan diberikan jaminan pada biaya pembedahan, rawat inap, juga rawat jalan terhadap pihak tertanggung serta keluarga. 

    Beberapa kelebihan dari produk asuransi CAR tersebut antara lain bonus no claim sejumlah 20 persen jika tak ada pengajuan klaim selama 12 bulan secara berturut-turut. Selain itu, perlindungan yang diberikan berlaku 24 jam, 365 hari akibat kecelakaan ataupun sakit. 

  7. Prudential

    loader

    Prudential adalah perusahaan asuransi yang telah aktif beroperasi di Indonesia mulai tahun 1995. Sejak awal berdirinya tersebut, Prudential melayani produk asuransi jiwa dan kesehatan. Perusahaan ini mempunyai beberapa produk asuransi kesehatan yang bisa dipilih oleh masyarakat, salah satunya adalah PRUprime Healthcare. 

    Pada produk PRUprime Healthcare, nasabah bisa mendapatkan perlindungan berupa biaya pertanggungan rawat inap mencapai 8 juta setiap harinya, hingga usia maksimal 85 tahun. Perlindungan asuransi kesehatan Prudential juga berlaku di seluruh negara. Selain itu, ada pula asuransi tambahan berupa asuransi jiwa dari Prudential yang bernama PRUlink Generasi Baru. 

    Untuk mendapatkannya, nasabah perlu membeli produk asuransi jiwa terlebih dulu. Terkait biaya preminya, Prudential perlu melihat dulu usia nasabah serta pilihan produk asuransi yang dipilihnya. 

  8. Allianz

    loader

    Allianz juga menjadi salah satu rekomendasi produk asuransi kesehatan yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Perusahaan asuransi ini menawarkan asuransi kesehatan yang unggul dalam berbagai aspek, yaitu, SmartHealth Maxi Violet. Pada produk asuransi tersebut, kamu dapat menikmati benefit no claim bonus, yakni, premi asuransi kesehatan yang sudah dibayar akan dikembalikan sebesar 20 persen apabila tak ada pengajuan klaim. 

    Lebih dari itu, produk asuransi SmartHealth Maxi Violet menawarkan juga 8 jenis rencana pertanggungan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan fasilitas rawat inap mencapai 1 juta per harinya, dan mencakup sejumlah pertanggungan biaya perawatan lainnya. 

  9. Manulife

    loader

    Manulife adalah perusahaan asuransi recommended yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1989. Hingga kini, Manulife telah memberikan perlindungan terhadap 2,5 juta nasabah dengan sejumlah asuransi kesehatan cashlessnya. Sebagai contoh, MiUltimate Healthcare atau MiUHC. Produk asuransi ini menanggung biaya rawat inap, bedah, perawatan gigi, konsultasi psikologis, hingga melahirkan, dan bisa diklaim di dalam maupun luar negeri. 

    Dengan beragam pilihan rencana pertanggungan, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pertanggungan asuransi Manulife dengan budget. Kamu bisa mendapatkan perlindungan dewasa hingga usia 70 tahun, dan perlindungan anak hingga usia 17 tahun. 

  10. AIA

    loader

    AIA adalah perusahaan asuransi yang berasal dari Hongkong dan sudah ada di Indonesia dari tahun 1983. Salah satu rekomendasi produk asuransi kesehatan terbaik AIA adalah Hospital and Surgical Protection yang menjamin pertanggungan biaya perawatan kesehatan rumah sakit. Nominal premi asuransi kesehatan AIA ini tergantung pada usia pihak tertanggung, jenis pekerjaan, jumlah peserta, riwayat kesehatan, plafon, gaya hidup, manfaat tambahan, serta masa waktu pertanggungan. 

    Polis yang diberikan oleh asuransi kesehatan AIA ini meliputi pertanggungan pada biaya rawat inap serta rawat jalan, biaya medis dan tindakan bedah, penggantian biaya as charged atau sesuai tagihan, rawat inap darurat, garansi kamar perawatan, dan tak ada batasan tagihan. Semua fasilitas tersebut bisa didapatkan oleh nasabah dengan usia minimal 0 bulan, dan maksimal 65/70 tahun (tergantung dari produk yang dipilih). 

Sudah Tentukan Perlindungan Kesehatan Terbaik untuk Dipilih?

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, asuransi kesehatan sudah seharusnya masuk ke dalam anggaran bulanan namun seringkali dilewatkan. Melalui asuransi kesehatan, kamu bisa mendapatkan perlindungan finansial terhadap biaya perawatan medis di rumah sakit, baik akibat sakit ataupun kecelakaan. Nah, setelah membaca rekomendasi asuransi kesehatan di atas, apakah kamu sudah menentukan perlindungan mana yang terbaik untuk dipilih?

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan