Pertama Kali, Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Bakal Tayang Virtual. Catat Tanggalnya!

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan kembali menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) untuk tahun ini (2020) setelah PKN tahun sebelumnya (2019) yang dilaksanakan di Kawasan Istora Senayan, Jakarta berhasil berlangsung dengan sukses.

Namun berbeda dengan PKN sebelumnya, PKN 2020 akan dilakukan secara daring/virtual karena situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia sampai saat ini. Tapi meskipun dilakukan secara virtual, Kemendikbud menjamin PKN 2020 akan tetap seru karena melibatkan lebih banyak seniman dan dengan pertunjukan yang lebih kreatif.

Sebanyak 4.791 seniman dan pekerja seni bakal terlibat dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020. Selain itu, festival kebudayaan ini juga akan menghadirkan 27 tema konferensi, 93 pergelaran, 1.477 lukisan yang dipamerkan secara virtual dalam 5 kategori pameran.

Perhelatan ini pun digandang-gandang akan menjadi acara kebudayaan yang diselenggarakan secara daring terbesar di dunia.

Dengan tema utama yaitu ‘Ruang Bersama untuk Indonesia Bahagia’. Kemendikbud ingin menjadikan kebudayaan sebagai pijakan dasar atau kekuatan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi.

Biar makin penasaran dengan kehebohan PKN 2020 nanti, berikut beberapa fakta menarik PKN 2020 yang harus kamu ketahui:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memiliki 4 Program Acara Seru

View this post on Instagram

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on 

Untuk PKN 2020, terdapat 4 program utama yang bisa dinikmati baikt tua dan muda secara virtual yaitu:

  1. Kompetisi, perlombaan atau pertandingan berbasis Objek Pemajuan Kebudayaan berdasarkan isu yang akan diangkat serta upaya pemajuan kebudayaan, khususnya permainan tradisional.
  2. Konferensi yang berbentuk seminar, kuliah umum, pidato, talkshow, workshop, dan/atau diskusi terpimpin tentang isu yang diangkat dan upaya pemajuan kebudayaan.
  3. Pameran, di mana Objek Pemajuan Kebudayaan dipamerkan secara visual dan audio visual.
  4. Pagelaran, yakni pertunjukan seni berbasis Objek Pemajuan Kebudayaan terkait dengan isu yang diangkat dan pertunjukan seni yang menggugah apresiasi seni dan budaya bagi generasi muda.

2. Ada 2 Pameran yang Bisa Disaksikan secara Langsung

View this post on Instagram

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on 

Untuk yang ingin sekali pameran kesenian secara langsung, tenang saja PKN tahun ini tetap menghadirkan acara pameran yang bisa disaksikan langsung secara fisik yaitu ameran Imersif Affandi di Galeri Nasional, Jakarta dan Pameran Pusakan Pangeran Diponegoro di Museum Nasional, Jakarta.

Tapi, jumlah pengunjung yang diperbolehkan terbatas dan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Jadi kalo beruntung untuk bisa menyaksikan pameran secara lansung di tempat jangan lupa pakai maskernya yah.

Baca Juga: Urus Akta Lahir Hingga Suket Kematian Bisa Online dan Cetak dari Rumah, Begini Caranya

3. Tua-Muda bisa Ikut Mendaftar Kompetisi Permainan Tradisional

View this post on Instagram

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on 

Walaupun virtual, kompetisi menarik yaitu perlombaan permainan tradisional pada PKN tahun ini tetap diadakan dan semuanya bisa mendaftar baik tua dan muda.

Terdapat 6 permainan tradisional yang bisa dipilih untuk diikuti kompetisinya yaitu:

  • Papancakan tertinggi
  • Gerak kreasi egrang
  • Lomba bakiak kreasi
  • Engrangnathlon halang rintang
  • Bolak balik balok
  • Congklak virtual

Yang tertarik bisa langsung klik link ini https://pkn.id/kompetisi/ untuk mendaftar secara langsung sebagai salah satu kandidat lomba permainan tradisional ini, ayo kapan lagi!

4. Diadakan 1 Bulan Penuh

View this post on Instagram

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on 

Penyelenggaraan pekan kebudayaan nasional 2020 akan diadakan mulai dari 31 Oktober sampai 31 November. Dengan puluhan acara menarik tentu saja periode yang panjang dibutuhkan untuk memaksimalkan pekan kebudayaan tahunan terbesar ini.

Jadwal tayang acara dan registrasi untuk setiap acara baik kompetisi, seminar, talk show, pameran, workshop dan lain sebagainya bisa mengunjungi website resmi pekan kebudayaan nasional dengan mengunjungi website resminya https://pkn.id/ .

Di website resmi kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai rangkaian acara dan pertunjukkan seni yang akan diadakan di PKN 2020.

Baca Juga: Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021, Mau Ke Mana Usai Corona Minggat?

Syarat Pendaftaran jadi Peserta Kompetisi PKN 2020

View this post on Instagram

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on 

Sebelum mendaftar, pastikan kamu, teman atau anggota keluarga yang tertarik ingin menjadi peserta dar PKN 2020 berikut syarat-syarat utama yang harus di ketahui:

  • WNI
  • Perwakilan tiap provinsi
  • Mengisi formular pendaftaran pada website resmi.
  • Memenuhi persyaratan khusus lain untuk setiap kategori kompetisi yang diikuti, dan bisa di cek langsung di website resmi PKN 2020.

Peserta yang berpartisipasi akan mendapatkan sertifikat dan uang tunai untuk pemenang.

Covid-19 Tidak Jadi Halangan untuk Dukung Kebudayaan Bangsa Sendiri

Kamu tidak tertarik jadi peserta? Kamu bisa tetap ikut berpartisipasi pada PKN 2020 dan ikut mendukung para seniman Indonesia dengan meng-registrasikan diri kamu untuk mengikuti berbagai acara yang digelar pada PKN 2020 ini.

Selain itu, mengikuti acara virtual PKN 2020 bisa jadi kegiatan yang positif kala pandemi. Kamu tidak hanya ikut terhibur dengan berbagai rangkaian acara seni yang menarik tapi juga menambah ilmu tentang kebudayaan bangsa sendiri.

Baca Juga: Cari Rumah Subsidi? Begini Cara dan Syarat Beli Rumah dari Aplikasi SiKasep