Informasi Seputar PLN Call Center, Pusat Bantuan Saat Terjadi Kendala Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menyediakan layanan PLN call center untuk menanggapi pengaduan pelanggan yang mengalami masalah kelistrikan. Dilansir dari laman resmi PLN, call center atau layanan pengaduan merupakan upaya yang dilakukan PLN untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Layanan tersebut dapat diakses selama 24 jam sehingga bisa dengan cepat menangani dan melayani setiap masalah kelistrikan pada pelanggan. Dengan demikian, pelanggan PLN tidak perlu khawatir lagi saat mengalami kerusakan listrik di malam hari.

Pada artikel ini akan dijelaskan informasi seputar call center PLN serta pelayanannya. Yuk, simak informasi penting tentang PLN di artikel ini!

Baca Juga: PLN Pasang Baru, Ketahui Biaya hingga Syaratnya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Fungsi dan Peran PLN Call Center

loader PLN Call Center

Sama seperti call center pada umumnya, PLN call center menerima dan melayani pengaduan pelanggan terkait masalah kelistrikan, mulai dari korsleting, pemadaman, hingga tegangan turun atau naik secara tiba-tiba. Dengan adanya PLN call center, pelanggan bisa dengan cepat menyampaikan masalah kelistrikan yang dialami serta mendapatkan respons yang sigap dari pihak PLN. 

Pasalnya, masyarakat kini sangat bergantung dengan tenaga listrik untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa listrik, akan banyak aktivitas yang terhambat dan memberikan berbagai dampak lainnya. Oleh karena itu, fungsi serta peran PLN call center sangat membantu pelanggan PLN atau masyarakat Indonesia dalam mengatasi masalah listrik kapan pun.

Untuk mendapatkan pelayanan call center, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari, menghubungi via telepon sampai melalui PLN Mobile. Kamu bisa mendapatkan akses pengaduan dengan berbagai cara tersebut. Simak informasi lengkapnya!

Cara Menghubungi PLN Call Center

Setelah memahami fungsi dan peran PLN call center, kamu juga perlu mengetahui cara-cara menghubungi layanan tersebut. Ada beberapa cara menghubungi layanan PLN call center yang bisa kamu pilih.

  1. PLN Call Center via Telepon

    Cara pertama menghubungi layanan PLN call center adalah via telepon. Kamu bisa menelpon ke nomor 123 yang aktif dalam 24 jam. Kamu hanya perlu menghubungi nomor 123. Kemudian, akan ada operator PLN yang merespons. Kamu bisa menyampaikan keluhan gangguan kelistrikan yang dialami kepada petugas PLN.

    Mereka akan memberikan solusi sesuai dengan prosedur yang ada. Untuk diketahui, jika kamu menghubungi dengan ponsel, maka gunakan kode area. Misalnya, 021 untuk wilayah domisili Jakarta dan sekitarnya. 

    Sebagai informasi, layanan call center via telepon tidak bebas biaya. Pelanggan yang menelpon menggunakan ponsel akan dibebankan biaya pulsa. Besaran biaya tergantung lama waktu panggilan serta provider yang digunakan. Maka pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup.

    Sementara, untuk telepon rumah atau kantor dibebankan biaya lokal sehingga lebih hemat. Dengan demikian, sebaiknya gunakan telepon rumah saat menghubungi call center PLN.

  2. PLN Call Center via Virtual Assistant

    Layanan call center PLN kini juga tersedia dengan Virtual Assistant PLN 123. Layanan ini lebih mudah digunakan dan bebas biaya pulsa. Kamu hanya membutuhkan bantuan smartphone maupun personal computer (PC).

    Berikut langkah-langkah pengaduan melalui Virtual Assistant PLN 123.

    1. Kunjungi laman https://web.pln.co.id/.
    2. Pilih menu "Virtual Assistant PLN 123".
    3. Isi kolom data diri dengan lengkap dan benar.
    4. Isi keluhan yang ingin diadukan.
    5. Lakukan verifikasi yang diarahkan.
    6. Kemudian, kamu akan terhubung dengan operator PLN.

    Nah, setelah terhubung dengan operator kamu bisa menyampaikan pengaduan keluhan kelistrikan dan mendapat solusi.

  3. PLN Call Center via Media Sosial

    Cara terakhir adalah pengaduan melalui media sosial resmi PLN. Perlu diketahui, ada beberapa media sosial resmi PLN, yakni Twitter: @pln_123, Facebook: PLN 123, Instagram: @pln123_official, Email: pln123@pln.co.id, dan WhatsApp: 123.

    Masing-masing akun media sosial resmi PLN tersebut dikelola secara aktif sehingga cepat tanggap merespons keluhan pelanggan. Kamu bisa menyampaikan pengaduan melalui direct message yang tersedia pada setiap media sosial. Sampaikan keluhan pengaduan kamu dan tunggu balasan dari pihak PLN.

  4. PLN Call Center via PLN Mobile

    Saat ini PLN juga memiliki aplikasi, yaitu PLN Mobile yang dapat diunduh di smartphone. Aplikasi yang diluncurkan PLN ini menawarkan kemudahan dalam mengakses berbagai layanan hanya melalui smartphone. Contohnya, penambahan daya listrik, membeli token, serta mengajukan pengaduan gangguan listrik.

    Berikut adalah langkah-langkah pengaduan gangguan kelistrikan melalui PLN Mobile.

    1. Unduh aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store.
    2. Buka halaman aplikasi dan klik menu "Pengaduan".
    3. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
    4. Isi nomor ID pelanggan pada kolom yang tersedia.
    5. Tentukan lokasi, lalu klik "Konfirmasi".

    Demikian beberapa cara melakukan pengaduan gangguan kelistrikan PLN. Kamu bisa memilih salah satu cara yang paling mudah dilakukan, ya!

    Baca Juga: Ada Masalah pada Listrik, Jangan Panik! Segera Hubungi Layanan PLN 123

Jenis Pengaduan pada PLN Call Center

Hadirnya layanan PLN call center bertujuan memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan kelistrikan. Nah, ada beberapa pengaduan yang bisa kamu lakukan melalui call center PLN sebagai berikut.

  1. Listrik Padam

    Kondisi gangguan kelistrikan yang perlu dilaporkan kepada PLN adalah listrik padam. Kondisi ini juga disebut power failure. Akan tetapi, pastikan pemadaman bukan karena perbaikan listrik wilayah yang sudah diimbau PLN.

    Padam listrik yang terjadi pada sebagian atau satu rumah saja yang perlu segera dilaporkan untuk dilakukan pengecekan oleh teknisi PLN. Mungkin saja terjadi kerusakan pada meteran, MCB, dan lain sebagainya.

  2. Voltase Listrik Meningkat

    Voltase kelistrikan yang meningkat atau dikenal dengan power surge bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Gangguan listrik yang terjadi ketika voltase listrik secara tiba-tiba meningkat ini biasanya disebabkan oleh sambaran petir dan sejenisnya.

    Kondisi tersebut tentu berbahaya dan bisa menyebabkan korsleting listrik hingga kebakaran. Maka dari itu, segera hubungi pihak PLN untuk mendapatkan bantuan pengecekan serta perbaikan.

  3. Voltase Listrik Turun Drastis

    Power SAG atau gangguan listrik yang terjadi saat voltase mendadak turun hingga 80%. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunaan listrik yang melebihi daya terpasang.

    Kamu mungkin membutuhkan bantuan teknisi PLN segera untuk memperbaiki agar kondisi stabil. Kemudian, sebaiknya batasi penggunaan elektronik agar tidak melebihi daya atau menambah daya.

  4. Kenaikan atau Penurunan Daya Listrik

    Tanpa kita sadari, listrik di rumah atau kantor mungkin seringkali tiba-tiba mengalami kenaikan maupun penurunan daya. Biasanya, hal ini baru kita sadari ketika lampu atau elektronik lain melemah atau mati sebagian.

    Kondisi ini cukup berisiko merusak peralatan elektronik, lho! Pasalnya, daya yang melebihi atau kurang membuat elektronik tidak berfungsi secara optimal. Saat kondisi ini, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencabut dan mematikan semua elektronik. Kemudian, hubungi pihak PLN call center untuk mendapat bantuan.

  5. Frekuensi Listrik Tidak Stabil

    Gangguan listrik ketika frekuensi listrik naik turun dan tidak stabil juga disebut frequency variation. Hal ini juga berdampak pada alat elektronik. Sama dengan gangguan kelistrikan lain, masalah ini juga sangat risiko membuat elektronik mudah rusak. Bahkan, jika tidak segera diperbaiki bisa menyebabkan korsleting dan kebakaran.

  6. Gangguan Gelombang Listrik

    Masalah pada kelistrikan juga bisa terjadi pada gangguan gelombang listrik atau electrical line noise. Gangguan listrik ini umumnya disebabkan sambaran petir dan instalasi listrik yang kurang baik.

    Oleh sebab itu, masyarakat sangat diimbau untuk melakukan instalasi listrik secara resmi oleh PLN. Hal ini bertujuan menghindari terjadinya risiko kerusakan atau gangguan listrik semacam ini.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan kamu menghubungi PLN call center untuk pelayanan yang aman. Teknisi PLN akan melakukan pengecekan dan memperbaiki pusat korsleting.

Gunakan Layanan PLN Call Center

loader

PLN

Demikianlah informasi seputar PLN call center yang dijelaskan pada artikel ini. Kini pelanggan PLN sudah tidak repot lagi saat mengalami gangguan kelistrikan di rumah. Pasalnya, PLN terus memberikan pelayanan terbaiknya, termasuk melalui call center.

Untuk kamu yang mengalami jenis gangguan listrik yang disebutkan di atas, sebaiknya pastikan menghubungi PLN call center yang resmi dan aman untuk perbaikan kelistrikan. Sebab, perbaikan listrik yang tidak resmi justru berbahaya menimbulkan risiko yang lebih besar. 

Semoga informasi tentang PLN pada artikel ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Jangan Panik Saat Lupa, Ini Cara Cek ID Pelanggan PLN secara Online