PLN Pasang Baru, Ketahui Biaya hingga Syaratnya

PLN Pasang baru merupakan layanan pemasangan saluran kelistrikan awal pada kategori rumah tangga maupun badan usaha. Saat ini, PT PLN (persero) juga telah memudahkan masyarakat yang ingin melakukan layanan pemasangan meteran baru.

Sebagai informasi, tenaga listrik merupakan sumber utama bagi masyarakat modern untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih bagi masyarakat perkotaan, berbagai aktivitas ditunjang dengan tenaga listrik yang disediakan PLN sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang kelistrikan di Indonesia.

Oleh sebab itu, layanan pemasangan meteran baru sudah menjadi layanan yang banyak dilakukan. Adapun berikut dalam artikel ini akan diberikan informasi seputar biaya, syarat, serta cara mengajukan layanan PLN pasang baru.

Beli pulsa murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Pulsa Termurah Sekarang!  

Biaya PLN Pasang Baru

loader

PLN memudahkan layanan pasang baru dengan membagi kategori berdasarkan besaran watt yang digunakan. Begitu pula untuk besaran biaya yang tergantung pada jumlah watt dan metode pembayaran, yakni prabayar dan pascabayar. Berikut merupakan biaya PLN pasang baru sambungan listrik berdasarkan watt dan metode pembayaran.

1. Biaya PLN Pasang Baru Prabayar

PLN Prabayar merupakan meteran yang memiliki metode pembayaran sebelum pemakaian. Jenis ini juga dikenal dengan sistem token, dimana pengguna membeli token listrik dengan jumlah yang tertentu dan dimasukkan ke meteran untuk mendapatkan sejumlah kWh yang bisa digunakan. 

Nah, berikut adalah biaya PLN pasang baru untuk listrik prabayar berdasarkan besaran daya dalam jumlah Volt Ampere (VA)

  1. Daya 450 VA Rp270.500
  2. Daya 900 VA Rp932.000
  3. Daya 1300 VA Rp1.333.000
  4. Daya 2200 VA Rp2.192.000
  5. Daya 3500 VA Rp3.516.000
  6. Daya 4400 VA Rp4.415.000
  7. Daya 5500 VA Rp5.524.000
  8. Daya 6600 VA Rp6.623.400
  9. Daya 7700 VA Rp7.722.300

Itulah biaya PLN pasang baru kategori prabayar berdasarkan jumlah watt yang ingin dipasang. Adapun, biaya sudah termasuk uang jaminan langganan (UJL), biaya materai, biaya guna penyambungan, serta pajak penerangan jalan.

2. Biaya PLN Pasang Baru Pascabayar

Jenis PLN pascabayar mungkin sudah jarang digunakan saat ini. Pasalnya, PLN menyosialisasikan kemudahan dan berbagai manfaat penggunaan PLN prabayar. Namun, PLN masih tetap mengeluarkan layanan daftar biaya pasang baru untuk jenis pascabayar. Berikut adalah biaya PLN pasang baru pascabayar.

  1. Daya 450 VA Rp282.900
  2. Daya 900 VA Rp967.800
  3. Daya 1300 VA Rp1.485.000
  4. Daya 2200 VA Rp2.482.000
  5. Daya 3500 VA Rp4.046.000
  6. Daya 4400 VA Rp5.096.400
  7. Daya 5500 VA Rp6.368.000
  8. Daya 6600 VA Rp7.527.400
  9. Daya 7700 VA Rp8.780.300

Demikian rincian daftar biaya PLN pasang baru untuk kategori meteran pascabayar. Biaya tersebut juga sudah termasuk lain-lain yang perlu dibayarkan pelanggan dalam prosedur pasang baru.

Baca Juga: Ada Masalah pada Listrik, Jangan Panik! Segera Hubungi Layanan PLN 123

Syarat untuk Layanan PLN Pasang Baru

Untuk melakukan layanan pemasangan meteran baru, PLN memberikan sejumlah syarat dokumen yang wajib dilengkapi. Syarat ini untuk menunjang dan melengkapi data-data pemasangan meteran kelistrikan, baik pada rumah tangga maupun badan usaha. Berikut adalah beberapa syarat PLN pasang baru yang harus dilengkapi.

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  2. Peta lokasi atau denah rumah untuk memudahkan petugas PLN melakukan survei.
  3. Surat kuasa jika pengajuan permohonan pasang baru diwakilkan.

Cara Melakukan PLN Pasang Baru

Ada tiga cara yang disediakan PLN untuk mengajukan layanan pemasangan meteran baru bagi masyarakat Indonesia. Kamu bisa memilih salah satu cara yang paling memungkinkan dan mudah dilakukan. Berikut cara PLN pasang baru yang perlu diketahui.

1. Daftar di Kantor PLN

Cara pertama untuk layanan pemasangan meteran listrik baru adalah mendaftar langsung di kantor PLN terdekat. Cara konvensional ini mungkin lebih aman dan jelas jika kamu membutuhkan informasi yang detail dari petugas PLN. berikut langkah-langkah mendaftar pemasangan meteran baru di kantor PLN.

  1. Kunjungi kantor PLN yang lokasinya paling dekat dengan tempat kamu.
  2. Temui petugas PLN dan sampaikan tujuan untuk melakukan pemasangan meteran baru.
  3. Isi formulir pendaftaran secara lengkap.
  4. Lakukan pembayaran biaya pasang. Pastikan kamu membayar sesuai dengan daya listrik yang dipilih.
  5. Kemudian, tunggu petugas PLN mendatangi tempat kamu untuk melakukan pemasangan meteran baru.

2. Daftar Online di Aplikasi PLN

Selain mendaftar secara konvensional dikantor PLN, kamu juga bisa memilih cara lebih modern. Cara ini adalah mendaftar online melalui aplikasi PLN Mobile melalui smartphone. Cara ini mungkin lebih mudah bagi kaum milenial. Sebab, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Berikut cara daftar PLN baru melalui aplikasi PLN Mobile.

  1. Unduh dan buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Klik menu “Pasang Baru”.
  3. Klik “Lokasi Pemasangan”.
  4. Isi “Detail Layanan” dan “Data SLO”.
  5. Pilih token untuk metode pemasangan listrik prabayar.
  6. Kemudian, lanjut kirim permohonan pemasangan baru.
  7. Lakukan pembayaran sesuai pilihan daya di bank BUMN yang telah dipilih.
  8. Tunggu petugas PLN datang ke tempat kamu untuk pemasangan meteran baru.

Itulah pilihan cara untuk melakukan pemasangan baru meteran listrik PLN. Adapun setelah melakukan permohonan pemasangan baru secara online, kamu bisa melacak status di aplikasi. Berikut cara mengecek status permohonan PLN pasang baru.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Pilih menu "Profile"
  3. Klik "Daftar Riwayat"
  4. Klik "Permohonan"
  5. Setelah tampil daftar permohonan, klik "Lihat"

Baca Juga: Biaya Pasang Listrik Terbaru: Rincian dan Cara Pendaftarannya

Tips Memilih Daya Listrik

loader

Saat memasang meteran baru berarti kamu memilih besaran daya listrik yang akan digunakan, baik untuk keperluan rumah tangga maupun bisnis. Untuk menghindari pemilihan daya yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi, kamu sebaiknya sudah memperkirakan terlebih dahulu.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan beberapa cara yang akan dijelaskan juga pada artikel ini. Berikut adalah tips memilih daya listrik pada PLN pasang baru.

1. Mengetahui Pilihan Daya PLN

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk pemasangan meteran baru adalah mengetahui jenis pilihan daya meteran yang disediakan PLN. Saat ini PLN menyediakan beberapa pilihan daya meteran, mulai dari 450 VA sampai dengan 7700 VA.

Semakin besar daya maka bisa semakin banyak menggunakan elektronik dan sebagainya. Namun, biaya pemasangan baru pun semakin mahal seiring besarnya daya. Informasi terkait biaya seperti yang sudah disampaikan sebelumnya pada artikel ini.

2. Memahami Hitungan Daya yang Dipilih

Setiap meteran listrik dilengkapi dengan miniature circuit breaker (MCB). Fungsinya adalah mengukur besaran arus listrik yang digunakan agar dapat menghitung tagihan listrik. Alat ini juga berfungsi untuk membatasi arus listrik yang digunakan dan pengaman dalam Instalasi Listrik.

PLN memasangkan kapasitas MCB  sesuai dengan daya listrik yang diminta oleh pelanggan. Informasi ini dapat kamu ketahui tulisan Ampere (Satuan Arus Listrik) yang tertera di MCB tersebut.   

Contohnya, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A dan lain sebagainya.  

Adapun saat menentukan besaran daya yang akan dipilih untuk pasang baru. Kamu perlu memahami hitungan yang dibutuhkan. Berikut rumus hitungan daya listrik yang bisa dipelajari.

Rumus Daya Listrik

  1. Daya Listrik  = Tegangan  x Arus
  2. Watt = Volt x Ampere

Maka dari itu, jika di MCB tertulis 10A umumnya tegangan yang dihasilkan adalah 220V. Jika dihitung, 220V x 10A = 2200VA

3. Menghitung Jumlah Daya Elektronik yang Digunakan

Selanjutnya, untuk menentukan daya listrik pasang baru. Kamu bisa menghitung jumlah daya elektronik yang akan digunakan. Pada listrik rumah tangga, misalnya, ada beberapa elektronik yang biasa digunakan untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Elektronik tersebut, di antaranya kulkas, mesin cuci, televisi, lampu, kipas angin, air conditioning (AC), rice cooker, dan lain sebagainya. Nah, kamu bisa menghitung masing-masing daya atau watt dari elektronik tersebut dan menjumlahkannya.

Dari hasil hitungan, maka kamu bisa mengetahui  besaran daya listrik yang dibutuhkan di rumah.

Lakukan PLN Pasang Baru secara Resmi

Demikianlah informasi seputar PLN pasang baru yang bisa kamu ketahui. Sebagai informasi, lakukan permohonan pemasangan secara resmi melalui pihak PLN. Kemudian, lakukan pemasangan meteran listrik baru oleh teknisi dari PLN.

Dengan begitu, kamu menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Contohnya, korsleting listrik, penggunaan alat-alat yang tidak direkomendasikan PLN, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit penjelasan pasang baru meteran. Semoga informasi PLN pasang baru pada artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca Juga: Biaya Pasang Listrik Terbaru: Rincian dan Cara Pendaftarannya