Rekan Kerja Iri? Coba Hadapi dengan Cara ini

Bekerja di sebuah perusahaan pasti dihadapkan dengan berbagai karakter rekan kerja yang bermacam-macam. Tak sedikit diwarnai dengan drama yang tak berkesudahan, salah satunya rasa iri dari rekan kerja atas kinerja kita.

Asal tahu saja, rekan kerja yang merasa iri dengan kesuksesan orang lain biasanya ada karena dia tidak mampu mendapatkannya. Jika Anda kebetulan sedang menghadapi rekan kerja yang seperti itu, maka jangan buru-buru memusuhinya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Meskipun dia melakukan cara-cara buruk untuk membuat Anda tidak disukai, namun hadapi dengan cara baik dan elegan. Cobalah hadapi rekan kerja yang iri itu dengan cara berikut ini.

1. Jangan Hiraukan dan Fokuslah Bekerja

Fokus Bekerja
Ilustrasi fokus dalam bekerja

Semua usaha yang kamu lakukan untuk mendekati rekan kerja iri itu tidak akan selalu berhasil. Jika rasa irinya sudah terlalu tinggi, biasanya dia akan enggan untuk berteman dekat denganmu.

Apabila hal tersebut terjadi, kamu tidak boleh terlalu membawanya ke hati. Fokus saja dengan pekerjaan dan rekan kerja yang tidak membencimu.

Baca Juga: Bete Masih Kerja di Libur Panjang Akhir Tahun? Bangkitkan Semangatmu dengan 6 Cara Ini

2. Jangan Berlebihan Berbagi Prestasi hingga Terkesan Pamer

Posting di Media Sosial
Ilustrasi prosting di media sosial

Membagikan kebahagiaan atas prestasi dan kesuksesan bukanlah hal yang salah. Apalagi di era yang serba digital ini, membagikan keberhasilan dianggap hal biasa.

Meskipun begitu, ada baiknya jika kamu tidak berlebihan dalam membagikan keberhasilanmu agar rekan kerja tidak merasa iri. Tulislah kata-kata sederhana dan tidak terkesan sombong di media sosial.

Selain itu, kamu bisa bagikan prestasi tersebut hanya satu atau dua kali saja di sosial media. Hal tersebut juga berlaku selama kamu berada di kantor. Jangan terlalu sering membicarakan keberhasilan agar rekan kerja tidak merasa iri.

3. Jangan Mengolok Rekan Kerja yang Belum Berhasil

Bekerja
Pandailah dalam bersikap

Memiliki rekan kerja yang iri dan tidak menyukai hasil kinerja kita memang menyebalkan. Terkadang hal tersebut juga bisa mengganggu pekerjaan yang dikerjakan di kantor. Namun, jangan sekali-kali mengejek atau ikut membenci dia yang iri kepadamu atau saat ini belum berhasil.

Dibandingkan mengolok atau membenci, akan lebih baik jika kamu memberikan bantuan terhadap pekerjaannya. Atau jika dia bertanya maka jawablah dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Bisa saja teman yang iri menjadi baik karena merasa tidak pantas membenci dan ternyata Anda bisa diajak bekerja sama.

4. Selalu Adil dan Objektif dalam Bertindak

Pekerja Kantor
Ilustrasi pekerja kantor

Karena prestasimu di tempat kerja baik, bukan tidak mungkin atasanmu akan memberikan kepercayaan lebih dalam sebuah project. Maka kamu harus tetap bersikap profesional meskipun rekan kerja yang iri adalah bawahanmu.

Jangan jadikan hal tersebut sebagai ajang balas dendam lantaran rekan kerja yang iri bisa semakin tidak menyukaimu. Bersikaplah secara adil dan objektif demi keberhasilan proyek yang sedang dijalankan.

Namun kamu tetap boleh menegur rekan kerjamu jika dia tidak melakukan pekerjaan dengan baik karena alasan tidak menyukaimu. Buatlah dia bekerja dengan profesional juga meskipun kamu adalah pemimpin project yang sedang dijalankan.

5. Dekati dan Ajak Bicara Langsung

Malas Kerja
Ilustrasi malas kerja

Jika teman kerja yang iri kepadamu sudah berlebihan rasa irinya, dia biasanya mau melakukan hal apapun demi menjatuhkanmu. Contohnya, menyabotase pekerjaan milikmu, menjelekkan di belakang, atau perbuatan merugikan lainnya.

Jika hal tersebut terjadi maka segera ajak dia untuk berbicara langsung berdua. Tanyakan secara baik-baik mengapa dia melakukan hal yang merugikanmu tersebut.

6. Jadikan Sebagai Rekan Kerja Terdekat

Kerja Tim
llustrasi kerja sama dengan tim

Jika kamu sudah tahu apa hal yang membuatnya iri, jangan lantas malah menjauhinya. Sebaliknya, ajaklah dia berteman dan jadikan sebagai salah satu teman kerja terdekat.

Ajaklah dia berteman dengan beberapa pendekatan, seperti makan siang bersama atau mengerjakan project yang sama baik di dalam kantor maupun di luar kantor.

7. Jaga Jarak dan Bertemanlah dengan Mereka yang Menyukaimu

Rekan Kerja
Ilustrasi rekan kerja

Karena rasa tidak suka dan rasa iri yang terlanjur berlebihan, terkadang dia tetap merasa iri meskipun kamu sudah melakukan banyak hal baik. Jika perlakuannya sudah mulai membuatmu tidak nyaman maka cara terbaik adalah dengan menjauh. 

Jangan buang-buang waktumu untuk rekan kerja iri yang tidak bisa menghilangkan rasa irinya. Masih banyak rekan kerja lain yang menyukaimu jadi fokuslah untuk berteman dengan mereka saja.

Rekan kerja yang menyukaimu lebih baik karena bisa membuatmu berkembang dan biasanya memberikan kritikan membangun. Sebaliknya, rekan kerja yang iri akan memberikan kritik yang berusaha menjatuhkanmu dari posisi saat ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Terlalu Baik Hati Bukan Prioritas di Tempat Kerja

Hadapi dengan Hal yang Positif

Bisa dibilang rasa iri muncul di luar kendali diri. Tapi bukan berarti rasa iri itu terus dipupuk dalam diri. Namun tak semua orang mampu mengelola rasa itu menjadi hal positif untuk bersaing secara sehat guna meningkatkan karier di suatu perusahaan.

Tak sedikit pula yang justru terjerumus ke dalam lembah iri dan dengki yang menggerogoti kesehatan jiwa. Jika saat ini kamu menghadapi rekan kerja yang iri, anggap saja itu semua merupakan hal yang wajar di dunia kerja. Jangan goyah dengan sikap iri itu. Hadapi dengan hal positif dan elegan sehingga tidak membuat pekerjaan  kamu berantakan.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Mudah Ini Agar Bisa Memiliki Reputasi Baik di Kantor