Review, Spesifikasi, dan Harga Realme 5 Pro

Persaingan ponsel kelas menengah agaknya akan terus memanas di Indonesia. Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang tinggi dan juga vendor yang terus meluncurkan seri terbaru mereka.

Salah satu yang cukup menjadi perbincangan adalah Realme 5 Pro. Dibanderol dengan harga tidak sampai Rp 3 juta, ponsel ini sudah dibekali dengan jeroan mumpuni. Tidak hanya dapur pacu yang unggul, perangkat ini pun memiliki kamera yang bisa diandalkan.

Desain Elegan

loader

Seperti kebanyakan ponsel milik Realme sebelumnya, seri ini juga dihadirkan dengan menonjolkan gradasi warna memukau. Desain serupa potongan berlian yang disematkan terlihat halus dan menimbulkan kesan elegan.

Desain tersebut dipoleskan pada cover bodi polikarbonat yang dilapisi dengan kaca untuk menghasilkan efek berkilau. Kombinasi tersebut dilengkapi dengan polesan warna sparkling blue dan crystal grey yang tampak menawan.

Sentuhan akhir yang menawan tersebut juga dilengkapi dengan desain bodi yang cukup ergonomis. Ponsel pun terasa pas berada dalam genggaman berkat kehadiran desain 3D yang menghadirkan lengkungan ke belakang.

Penempatan port, tombol dan aksesoris lain di perangkat ini pun tidak berbeda dengan para pesaingnya yang lain. Bagian bawah terlihat paling penuh dengan keberadaan speaker, USB Type-C, dan jack audio 3,5 mm.

Bagian kanan gawai pun masih menjadi tempat untuk menempatkan tombol power. Sedangkan bagian kiri gawai tetap dihuni oleh slot untuk kartu SIM dan microSD serta tombol volume.

Bagian depan gawai tampak stylish dengan kehadiran poni berbentuk dew drop. Selain membuat tampilan lebih cantik, poni ini juga menjadi tempat untuk menempatkan kamera depan.

Beralih ke bagian belakang bodi gawai, pengguna akan mendapati empat buah kamera yang disusun vertikal pada sudut kanan gawai. Di sampingnya, sudah ada sebuah lampu flash LED dan juga sensor pemindai sidik jari yang menemani.

Layar yang Cukup Memuaskan

loader

Kehadiran panel IPS LCD pada perangkat ini memang cukup menjadi nilai minus di perangkat ini. Sebab, sudah cukup banyak pesaingnya yang hadir dengan layar OLED di rentang harga yang sama. 

Meski begitu, resolusi HD+ yang disajikan dalam layar 6,3 inch ini terasa sudah cukup memuaskan. Keberadaan poni dan juga bezel tipis menjadikan layar makin lebar. Aktivitas menonton video hingga bermain game bisa dinikmati dengan baik. 

Layar pun lebih terjamin keamanannya berkat keberadaan Corning Gorilla Glass 3+ yang disematkan. Tidak ada lagi kekhawatiran layar akan mudah tergores atau lecet karena benturan ringan.

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya

Performa Ciamik

loader

Jika membicarakan soal performa, tidak ada yang perlu diragukan dari kemampuan Realme 5 Pro ini. Dengan rentang harga di bawah Rp 3 juta, performa yang mampu dihasilkan sudah ngebut.

Hal ini berkat keberadaan SoC Snapdragon 712 AIE octa-core yang menjadi otak dari perangkat ini. Chipset besutan Qualcomm tersebut mampu berlari dengan kecepatan hingga 2,3 GHz. Kombinasi ini disebut mampu meningkatkan penggunaan energi secara lebih efisien 

Kinerja grafisnya pun meningkat hingga 35%. Perangkat ini sendiri mempercayakan GPU Adreno 616 untuk urusan grafis. Ada pula dukungan kecerdasan buatan generasi ketiga yang jauh lebih baik dibanding generasi kedua.

Skor yang didapat dari pengujian Benchmark menunjukkan hasil yang lumayan tinggi. Bahkan melebihi beberapa pesaingnya di kelas harga yang sama. Tidak mengherankan jika penggunaan untuk beragam aktivitas bisa berjalan lancar.

Pengguna tidak akan menemukan adanya hambatan saat menggunakan ponsel ini. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan bermain game perangkat ini sudah berjalan dengan sangat lancar. Game PUBG pun dapat dimainkan dengan mulus dalam pengaturan high.

Tidak hanya PUBG saja, beberapa game lain dengan kebutuhan grafis tinggi seperti Ragnarok M: Eternal Love juga mampu dilibas. Dengan pengaturan paling optimal, game tetap bisa dimainkan dengan memuaskan.

Kemampuan bermain game mumpuni ini ternyata diperoleh berkat adanya fitur Hyper Boost 2.0 dan juga Game Space. Kedua fitur tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa gawai saat digunakan untuk bermain game.

Kemampuan hardware yang mumpuni tersebut dilengkapi dengan antarmuka ColorOS 6.0 berbasis Android Pie 9. Antarmuka ini menghadirkan sajian yang cukup sederhana dan mudah untuk dioperasikan.

Di dalamnya juga disematkan beragam fitur yang memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Salah satunya adalah Kid Space yang membuat perangkat jadi lebih ramah untuk sang buah hati.

Fitur yang tidak kalah penting dan sudah menjadi hal wajib di ponsel saat ini adalah fitur keamanan biometrik. Seri ini pun sudah membekalinya dengan fitur keamanan pemindai sidik jari dan face unlock yang cukup responsif.

Dilengkapi dengan Empat Kamera

loader

Selain hadir dengan jeroan yang mumpuni, sektor fotografi dari perangkat berjuluk Quad Camera Speedmaster ini juga menggiurkan. Julukan ini pun muncul karena kemampuan kameranya yang cukup cepat untuk berbagai bidang.

Kamera depan perangkat ini dibekali dengan sensor 16 MP yang mengandalkan teknologi Sony IMX 471. Di dalamnya pun sudah disematkan fitur kecerdasan buatan yang membuat hasil jepretan semakin mempesona.

Di bagian belakang, Realme sudah membenamkan empat buah kamera sekaligus. Sebagai kamera utama, ada Sony IMX 586 beresolusi 48 MP yang diandalkan untuk memotret. Hasil jepretan kamera ini pun terlihat apik dengan noise yang nyaris tidak terlihat.

Selain itu, ada juga kamera ultrawide 8 MP yang mampu menangkap objek dengan sudut lebih luas. Lensa depth sensor 2 MP dapat digunakan untuk memotret dengan efek bokeh. Sementara kamera makro 2 MP mampu menangkap objek dengan jelas dalam jarak dekat.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Baterai yang Tahan Lama

loader

Untuk menunjang performa yang mumpuni, Realme membenamkan baterai 4035 mAh. Baterai ini dilengkapi dengan fitur yang mampu digunakan untuk menghemat daya. Hasilnya, baterai mampu bertahan lebih lama.

Meski baterai tidak terlalu besar, sudah ada fitur fast charging yang dibekalkan. Hal ini membuat proses pengisian daya menjadi lebih singkat.

Spesifikasi Realme 5 Pro

Tabel Spesifikasi Realme 5 Pro

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

ColorOS 6.0 (Android 9.0 Pie)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 AIE Octa-core

Kecepatan CPU

2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver

Storage

128GB

RAM

4/8GB

External Storage

up to 256 GB

Baterai

4.035 mAh, VOOC charging power

Ukuran Layar

6,3 inci

Resolusi Layar

FHD+ 2340 x 1080pixels

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM 850/900/1800/1900 Mhz

3G

WCDMA 850/900/2100

4G (LTE)

FDD-LTE/TD-LTE

Kamera Belakang

48MP + 8MP + 2MP + 2MP

Kamera Depan

16MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Quad Cameras, Water-Resistant

Dimensi dan Ukuran

157 x 74.2 x 8.9 mm

Berat

184 g


Harga Realme 5 Pro

Saat ini, harga Realme 5 Pro berada pada kisaran Rp 2-3 jutaan. Harga yang wajar jika dibandingkan dengan kualitas yang ditawarkan.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme 5

Dapatkan Kualitas Terbaik dari Realme 5 Pro

Kapasitas baterai besar, performa mumpuni, dan kemampuan kamera yang memukau membuat gawai ini menjadi sebuah paket komplit. Apalagi dengan harga jual yang hanya berada di kisaran angka Rp 2-3 juta saja.

Kapasitas baterainya pun cukup besar dan sudah dilengkapi fitur fast charging. Para penggemar game mobile rasanya wajib memiliki perangkat ini dalam genggamannya. Begitu juga para vlogger pemula yang sedang ingin memulai karir.