Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y12i

Persaingan ponsel di kelas entry level dan mid end semakin ketat pada 2020 ini. Kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat pandemi tampaknya membuat beberapa produsen lebih memilih meluncurkan seri-seri dengan budget terjangkau ke pasaran. Salah satunya adalah Vivo melalui Y12i.

Ponsel berbaterai jumbo ini hadir mengusung spesifikasi yang mirip dengan Y11. Penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya? Simak yuk ulasan tim Cermati.com yang dirangkum dari berbagai sumber berikut.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y11

Desain Berkelas

loader

Desain Vivo Y12i

Meski dibanderol dengan harga murah, para produsen smartphone tampaknya tidak ingin gawai mereka terlihat murahan. Pada Vivo Y12i yang hadir di kelas entry level, Vivo menghadirkan build body yang terkesan premium.

Material bodi polikarbonat yang digunakan pada seri ini mampu diolah Vivo dengan baik. Penggunaan warna gradasi pada cover bodi belakang dengan sentuhan akhir mengkilat mampu memberikan kesan premium.

Tidak hanya warna yang menarik, perangkat dengan dimensi 159,43 x 76,77 x 8.92 mm ini juga masih nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Gawai pun masih terasa solid dan tidak licin meskipun diberikan sentuhan akhir mengkilat.

Di bagian belakang, Vivo sudah menyematkan sensor pemindai sidik jari di bagian tengah. Selain itu, ada pula dual kamera yang telah dilengkapi dengan lampu flash LED. Terjadi pengurangan satu kamera jika dibandingkan dengan Y12.

Di bagian depan, ada desain poni tetesan air yang membuat layar jadi terlihat penuh. Di dalam poni, tersembunyi sebuah kamera swafoto yang siap untuk memanjakan para penggunanya.

Pada sisi kanan masih ditempati oleh tombol volume dan power sementara di sisi kiri terdapat slot yang bisa diisi SIMCard dan microSD sekaligus. Di bagian bawah, terdapat jack audio 3,5mm, speaker, micro-USB, dan mikrofon.

Layar Luas dan Berkualitas

loader

Layar Vivo Y12i

Dibanderol dengan harga di bawah Rp2 juta, layar 6,35 inci yang diusung Vivo masih menggunakan panel IPS LCD. Desain yang diterapkan pada layar seri ini adalah Ultra All Screen yang membuat tampilannya jadi lebih luas. 

Apalagi dengan penempatan bezel tipis di berbagai sisinya dan aspek rasio 19:9 yang dibekalkan. Layar yang dibenamkan terasa semakin memuaskan untuk menikmati gambar-gambar beresolusi HD+ di perangkat ini.

Dengan kerapatan hingga 268 piksel per inci, tampilan yang dihasilkan oleh layar sudah cukup cemerlang. Pengguna bisa bebas menikmati berbagai konten video streaming, bermain game, dan melihat foto dengan jelas.

Namun sayang untuk urusan perlindungan, Vivo tampaknya belum memasang anti gores sejenis Corning Gorilla Glass. Hanya ada screenguard bawaan yang terbuat dari mika untuk melindungi dari goresan. Agar lebih aman, disarankan untuk membeli pelindung layar tambahan sebelum menggunakan ponsel ini

Performa Ciamik

loader

Performa Vivo Y12i

Meski ditawarkan dengan harga murah performa yang dihasilkan oleh gawai ini tidak bisa diremehkan. Ada chipset Qualcomm Snapdragon 439 octa-core berkecepatan hingga 1,95 GHz yang dibuat dengan desain 12 nm menjadi motor dari Y12i.

Jeroan ini dilengkapi dengan unit pemrosesan grafis Adreno 505 yang siap digunakan untuk menunjang beragam aktivitas. Selain itu ada RAM 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB yang membantu performa jadi semakin baik.

Kombinasi ini mampu membuat gawai terasa lancar saat digunakan untuk menemani aktivitas harian. Mengakses sosial media, memutar video, bahkan melakukan multitasking bisa dilakukan dengan mulus.

Bagi yang suka bermain game pun perangkat ini sudah bisa dipakai untuk memainkan beragam permainan kekinian. Mulai dari Call of Duty, Mobile Legend, hingga PUBG mobile masih bisa dimainkan dengan lumayan baik. 

Fitur Dual Turbo serta Ultra Game Mode yang dibekalkan juga menambah asyik pengalaman bermain game. Fitur tersebut akan membantu gawai menurunkan frame drop ketika digunakan untuk bermain game.

Sayangnya, meski hadir di tahun 2020 Vivo masih belum menggunakan antarmuka terbarunya. Antarmuka Funtouch 9.01 berbasis Android 9 lah yang dipilih vendor asal Tiongkok tersebut untuk seri ini.

Orang-orang yang memiliki akun media sosial lebih dari satu pun tidak perlu khawatir. Ada fitur App Clone yang bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi seperti WhatsApp dan lainnya.

Baca Juga: Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Dual Cameras

loader

Kamera Vivo Y12i

Jika dibandingkan dengan Vivo Y12, seri ini kehilangan 1 kamera belakang. Hanya ada dua kamera dengan konfigurasi 13MP dan depth sensor 2MP. Lensa 13MP berfungsi sebagai kamera utama sedangkan lensa 2MP digunakan untuk menghasilkan efek bokeh.

Dual kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lampu flash LED yang akan membantu pencahayaan saat lingkungan memotret gelap. Soal hasilnya, perangkat ini sepertinya tetap mempertahankan keunggulannya di sektor fotografi. 

Gambar yang dihasilkan oleh kamera belakangnya masih tetap apik dan memunculkan warna dan detail yang cukup tajam. Masih layak untuk dibagikan di berbagai media soal yang dimiliki.

Sementara untuk penggemar swafoto, kamera 8MP yang disembunyikan Vivo pada poni tetesan air bisa diandalkan. Apalagi dengan keberadaan teknologi AI Face Beauty yang memang dirancang untuk memperoleh hasil jepretan yang lebih baik.

Baterai yang Besar

loader

Baterai Vivo Y12i

Salah satu tren di kalangan ponsel kelas entry level saat ini tampaknya adalah baterai jumbo. Di seri ini pun, pengguna sudah dimanjakan oleh baterai sebesar 5.000 mAh.

Dipadukan dengan teknologi manajemen daya cerdas membuat daya tahan baterai ini jadi semakin lama. Pengguna bisa bebas melakukan berbagai aktivitas seharian tanpa khawatir kehabisan baterai.

Sayangnya, Vivo belum mampu membekalinya dengan fitur pengisian daya cepat. Pengguna harus sedikit bersabar menunggu hingga baterai kembali penuh.

Spesifikasi Vivo Y12i

Tabel Spesifikasi Vivo Y12i
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 9, Funtouch OS 9.1
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 Octa core
Kecepatan CPU 1.95 GHz
Storage 32GB
RAM 3GB
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,35 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1544 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B3/5/8
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Dual Cameras
Dimensi dan Ukuran 159.43 x 76.77 x 8.92 mm
Berat 190.5 g

Harga Vivo Y12i

Harga Vivo Y12i berada pada kisaran Rp1,5 jutaan. Harga tersebut pun dapat berubah sewaktu-waktu, jadi jika Anda tertarik jangan lupa untuk sisihkan uang dari sekarang.

Cocok untuk Teman Mencari Rezeki

Di kelas entry level, Vivo Y12i hadir sebagai salah satu pesaing ketat. Tidak hanya dibekali dengan jeroan mumpuni dan RAM 3GB, perangkat ini juga sudah mengusung baterai dengan kapasitas daya 5.000 mAh.

Dengan spesifikasi tersebut, gawai ini rasanya sangat cocok untuk mendukung pekerjaan para driver online. Para pelaku usaha online juga bisa memilih Y12i untuk membantu memasarkan barang dagangannya.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Vivo Y15