Yuk Kenalan dengan Rose Gold, Warna Perhiasan yang Populer di Indonesia

Selayaknya produk fashion pada umumnya, perhiasan juga mempunyai trennya tersendiri yang pasang surut seiring berjalannya waktu. Mulai dari bentuk, jenis, hingga warna, ada berbagai macam tren dari produk perhiasan yang tengah populer di kalangan masyarakat. Untuk saat ini, salah satu warna yang sedang naik daun di kalangan pecinta perhiasan adalah rose gold.

Karena masih termasuk sebagai logam mulia berupa emas, tentu perhiasan yang memiliki warna dan model yang menarik pasti digandrungi serta memiliki harga jual lebih tinggi. Nah, warna rose gold pada perhiasan ini bisa menjadi salah satu faktor yang mampu memengaruhi harga serta likuiditasnya. 

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan perhiasan berwarna rose gold ini? Selain itu, bagaimana tren warna tersebut di Indonesia, keunggulan, serta kekurangannya sebagai salah satu karakteristik pada suatu produk perhiasan? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut, simak penjelasan tentang apa itu rose gold pada perhiasan dan tips memilih produknya berikut ini.

Baca Juga: Investasi Emas: Pilih Fisik atau Derivatif? Ini Perbedaannya

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Apa Itu Emas Rose Gold?

loader

Rose Gold

Semua orang pasti setuju jika emas masih menjadi salah satu produk atau instrumen investasi dengan peluang imbal hasil yang menjanjikan. Selain nilainya yang cenderung naik seiring berjalannya waktu, emas juga memiliki tingkat likuiditas yang tinggi karena terbilang mudah untuk dijual ataupun dibeli. Selain itu, emas juga dianggap sebagai instrumen yang kebal dari laju inflasi dan relatif berisiko rendah. 

Di lain sisi, emas memberi keuntungan lain pada pemiliknya karena bisa juga dijadikan sebagai perhiasan sebagai penunjuk tingkat sosial yang lebih tinggi. Saat dijadikan sebagai perhiasan, logam mulia tersebut bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, seperti emas kuning atau yellow gold, emas putih atau white gold, dan emas merah muda atau emas pink alias rose gold.

Emas rose gold sendiri adalah jenis emas yang beberapa waktu belakangan ini mulai menjadi tren di masyarakat. Jika melihat dari warnanya, jenis perhiasan tersebut mempunyai warna sedikit kemerahan pada emasnya. Meski warnanya tak terlihat kuning selayaknya emas secara umum, tapi perhiasan dengan warna ini tetap memiliki campuran emas di dalamnya. 

Pada dasarnya, emas murni saat dijadikan perhiasan memiliki sifat yang terlalu lentur. Karenanya, emas murni bakal dicampur dengan sejumlah logam mulia lainnya saat dijadikan sebagai perhiasan, misalnya, tembaga, perak, nikel, maupun seng agar menjadi lebih kokoh dan awet. 

Pada jenis emas rose gold, kandungan emasnya telah dicampur dengan perunggu ataupun perak. Biasanya, komposisinya adalah sekitar 75 persen emas kuning, dan 25 persen berupa emas perunggu. Melalui komposisi tersebut warna emas rose gold muncul dan terlihat begitu cantik dan banyak digandrungi. 

Warna kemerahan pada jenis emas ini akan semakin kentara seiring dengan semakin banyaknya persentase perunggu di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu dapat melihat ada perhiasan emas rose gold yang terlihat memiliki warna merah lebih dominan, murni, maupun sedikit merah muda yang dijual di pasaran.

Trend Rose Gold pada Kalangan Masyarakat Indonesia

Hal yang menarik seputar emas rose gold ini adalah jenis komposisi tersebut baru populer di era modern. Semenjak abad ke 19, jenis emas tersebut pada dasarnya telah dikenal cukup luas di Rusia dan tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai ‘Emas Rusia’. Akan tetapi, pasca Perang Dunia Kedua, tren dari produk emas tersebut sempat meredup. 

Akhir-akhir ini, jenis emas rose gold mampu menarik para pecinta perhiasan dari logam mulia tersebut karena memiliki warna yang memikat dan terlihat manis. Saat ini, jenis perhiasan ini sering kali dijadikan sebagai cincin pernikahan, gelang, maupun kalung. Tak hanya dijadikan sebagai jenis perhiasan tersebut, rose gold juga kerap ditemui pada produk jam tangan, ataupun aksesoris pada sepatu dan tas, bahkan menjadi inspirasi warna pada pakaian dan gadget. 

Kelebihan Rose Gold pada Perhiasan

loader

Perhiasan Rose Gold

Tidak hanya memiliki tampilan warna yang menarik dan memanjakan mata, rose gold juga mempunyai sejumlah keunggulan ketimbang jenis emas lainnya, antara lain:

  1. Memiliki Daya Tahan Lebih Tinggi

    Rose gold tak mempunyai campuran rhodium selayaknya jenis white gold. Karenanya daya tahan dari jenis emas ini lebih tinggi dan lebih lama. Jenis emas tersebut pun cenderung lebih tangguh ketimbang emas kuning sebab mempunyai campuran tembaga yang tergolong sebagai logam yang kokoh.

  2. Menunjukkan Kesan Feminin

    Keunggulan lainnya adalah warna dari jenis emas ini memiliki kesan yang hangat, feminin, serta lembut ketika dikenakan. Penggunaan emas dengan warna rose gold ini juga dapat lebih mudah disesuaikan pada beragam warna kulit. Bahkan, warna emas ini dapat dibagi kembali menjadi 3 jenis berbeda menyesuaikan keinginan pembeli.

  3. Harga Lebih Bervariasi

    Keuntungan yang terakhir dari emas jenis rose gold adalah perhiasan tersebut umumnya hadir dengan variasi harga yang beragam sehingga lebih mudah disesuaikan dengan isi kantong. Bahkan, terdapat sejumlah perhiasan dari jenis emas ini dijajakan dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang produk emas lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Beli Perhiasan Emas untuk Investasi Biar Tak Rugi

Kekurangan Rose Gold pada Perhiasan

Walaupun memiliki sederet keunggulan di atas, rose gold mempunyai kekurangannya tersendiri. Misalnya, bagi yang alergi terhadap kandungan logam tembaga, jenis emas tersebut tentu tidak bisa dijadikan sebagai pilihan, khususnya bagi yang mempunyai kulit sensitif. 

Tidak hanya masalah kulit, kelemahan lain dari jenis emas ini adalah warnanya yang terlihat tidak awet dan menyerupai warna fashion. Warna rose gold dianggap lekang oleh waktu serta trennya cenderung memudar seiring pergantian tahun. Walaupun begitu, hal tersebut tak menurunkan kandungan emas yang ada di dalamnya. 

Tips Memilih Perhiasan Rose Gold

Dengan sederet keunggulan dan kelemahannya di atas, membeli perhiasan rose gold tentu perlu dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Agar bisa mendapatkan produk perhiasan yang berkualitas, berikut adalah sejumlah tips memilih emas rose gold yang perlu kamu ketahui. 

  1. Cari Tahu Kadar Karat Emas

    Bagi yang belum tahu, karat emas mengindikasikan persentase dari emas yang tercampur pada sebuah perhiasan. Misalnya, pada emas 14 karat berarti perhiasan tersebut mempunyai 58,5% emas murni serta campuran logam lain sebesar 41,5 persen. Sementara untuk 18 karat, artinya kandungan emasnya adalah 75 persen, dan 25 persen sisanya merupakan logam lain.

    Karena memiliki persentase yang berbeda, tentu harga perhiasan bisa jauh berbeda tergantung dari kadar karat emasnya. Karenanya, sebelum membeli perhiasan emas, baik itu yang berjenis rose gold, tanyakan dulu ke pihak penjual terkait kadar karatnya. Umumnya, emas dengan 18 karat memiliki daya tahan lebih tinggi ketimbang yang 14 karat. 

  2. Pastikan Toko Emas Terpercaya dan Resmi

    Tidak sedikit orang yang membeli emas kurang memahami tentang pentingnya memilih toko atau penjual terpercaya. Padahal, risiko tertipu oleh tindakan penjual nakal pada transaksi perhiasan emas jenis rose gold bisa dibilang cukup tinggi. Contoh aksi penipuan yang kerap terjadi pada jenis transaksi emas adalah memberi harga lebih tinggi pada jenis emas dengan kadar karat yang rendah. 

    Misalnya, emas yang sebenarnya 14 karat disebut merupakan 18 karat. Karena memang kadar karat tersebut tak bisa diketahui secara kasat mata, pembeli sering kali menjadi pihak yang dirugikan oleh tindakan tersebut. Karenanya, kamu perlu memastikan jika toko emas yang menjadi tempat membeli produk perhiasan ini terpercaya dan resmi guna meminimalkan risiko menjadi korban penipuan tersebut.

  3. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Budget

    Tips yang terakhir, jangan pernah memaksakan diri untuk membeli perhiasan rose gold melebihi kemampuan dan kondisi keuangan. Walaupun bisa menunjukkan kasta sosial, tapi hindari membeli perhiasan ini hanya untuk gengsi ataupun mengikuti tren belaka. 

    Idealnya, emas merupakan suatu sarana investasi dan bukan menjadi penunjuk gaya hidup. Untuk itu, beli perhiasan ini dengan menyesuaikan kebutuhan dan budget agar nantinya bisa memberi manfaat yang lebih optimal. Terlebih, dengan variasi harga emas rose gold yang beragam, tips ini tentu tidak akan terlalu sulit untuk bisa kamu aplikasikan. 

Jangan Hanya Warna, Pertimbangkan Pula Sederet Hal Penting Lain Sebelum Membeli Emas

Itulah penjelasan seputar emas rose gold, keunggulan, kekurangan, sampai tips memilihnya. Terlepas dari penjelasan tersebut, membeli emas perlu dilakukan dengan berbagai pertimbangan lain, seperti, harga, keawetan, preferensi, reputasi penjual, serta beragam faktor lainnya. Hanya dengan melakukan pertimbangan tersebut kamu bisa mendapatkan produk emas terbaik dan paling pas dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Teknik Investasi Emas Antam Batangan untuk Pemula