Sebelum Nikah, Bahas 7 Hal Ini dengan Pasangan

Selalu ada awal untuk setiap hal, termasuk ketika berumah tangga. Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, bisa dipastikan Anda akan disibukkan berbagai macam persiapan terkait dengan hal tersebut. Berbagai rencana mungkin akan memenuhi benak Anda dan pasangan. Mengingat pernikahan akan menjadi awal yang baru bagi Anda dan pasangan. Adalah suatu hal yang wajar bila Anda menginginkan semua berjalan dengan sempurna. Sebab setiap orang pasti mengharapkan kebahagiaan di dalam pernikahannya.

Selain berbagai rencana mengenai pesta pernikahan, Anda dan pasangan juga wajib mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan berumah tangga itu sendiri. Tidak ada rumah tangga yang selalu berjalan mulus dan baik-baik saja. Semua pasangan pasti akan melalui banyak tantangan dalam menjalaninya. Entah itu tantangan yang menyenangkan ataupun yang sulit untuk dilalui. Namun, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi hal-hal tersebut nanti.

Melihat kenyataan di atas maka sangat wajar rasanya Anda dan pasangan mulai membicarakan berbagai hal terkait dengan pribadi masing-masing. Namanya juga akan membentuk keluarga yang baru sudah tentu Anda dan pasangan harus mengenal satu dengan yang lainnya lebih dalam. Berbagai kebiasaan, sifat buruk, atau bahkan kondisi keuangan sudah harus mulai dibicarakan sejak awal. Hal seperti ini akan membuat Anda dan pasangan semakin kenal satu dengan yang lainnya, sehingga hubungan semakin kuat dan lebih nyaman antara satu dan yang lainnya.

Jangan sampai Anda dan pasangan menjalani rumah tangga dengan sejuta teka-teki di dalam hati. Terlebih karena Anda dan pasangan memang tidak/belum begitu mengenal kepribadian masing-masing. Tidak perlu terlalu formal, Anda dan pasangan bisa berkomunikasi dan membahas berbagai hal ini dengan santai sehingga satu dengan yang lainnya dapat terbuka dan bercerita dengan nyaman. Simak beberapa hal berikut yang wajib Anda bahas bersama pasangan sebelum menikah.

Baca Juga: Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

1. Komitmen dan Tujuan Pernikahan

loader

Komitmen adalah yang Paling Utama dalam Pernikahan via shyamalakiru.com

 

Pernikahan tentu harus diawali dengan tujuan yang jelas sehingga sangat tepat bagi Anda dan pasangan untuk membahas hal ini sejak awal. Jangan sampai Anda merencanakan pernikahan tanpa adanya tujuan. Pernikahan seperti ini akan sangat rapuh dan tidak memiliki fondasi kuat yang akan menjadi tumpuan Anda dan pasangan pada masa-masa sulit nanti.

Pastikan juga bahwa Anda dan pasangan memiliki komitmen yang kuat untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Hal ini akan menjadi pilar penting di dalam membangun rumah tangga yang sedang coba Anda dirikan bersama dengan pasangan. Bicarakan hal ini dengan jelas sejak awal sehingga Anda dan pasangan bisa lebih yakin untuk menjalani kehidupan rumah tangga.

2. Cara Berkomunikasi

loader

Komunikasi Itu Penting dalam Menjalin Hubungan via fxgallery.com

 

Komunikasi menjadi poin penting di dalam hubungan, termasuk dalam pernikahan. Hal ini bisa saja menjadi hal yang membuat hubungan menjadi lebih kuat atau bahkan justru sebaliknya. Sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk memahami pola/cara berkomunikasi masing-masing sehingga Anda dan pasangan dapat saling mengenal kebiasaan ini dengan baik dan jelas. Jika ternyata Anda dan pasangan tidak dapat menemukan pola yang tepat dalam berkomunikasi, mungkin saja berbagai hambatan muncul di dalam pernikahan nanti.

Jangan sungkan untuk membahas ini sebagai salah satu hal yang serius di dalam hubungan Anda. Pada kenyataannya, komunikasi memang menjadi poin penting yang akan membantu Anda membangun keluarga yang bahagia. Beberapa kebiasaan buruk di dalam berkomunikasi masih mungkin diredam atau dihilangkan jika Anda dan pasangan mengupayakan hal tersebut sejak awal dengan baik.

3. Prioritas Pribadi Masing-Masing

loader

Saling Berbagi Prioritas Pribadi via focus7shot.com

 

Jangan salah, setiap orang tentu akan memiliki berbagai hal yang menjadi prioritas pribadi mereka di dalam kehidupannya. Sekalipun mereka telah memutuskan untuk merencanakan pernikahan. Hal seperti ini wajib Anda bahas dengan pasangan. Sebab bagaimana pun juga Anda dan pasangan tentu memiliki kehidupan pribadi masing-masing, termasuk berbagai prioritas di dalamnya. Mungkin saja berbagai prioritas ini masih tetap ingin dijalankan setelah menikah nanti. Jadi, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui prioritas masing-masing sejak awal.

4. Kondisi Keuangan dan Pengelolaannya Setelah Pernikahan

loader

Mengatur Keuangan Rumah Tangga via easyweddings.com.au

 

Keuangan menjadi hal yang paling penting untuk tidak dilupakan dalam pembahasan ini, terutama mengenai kondisi keuangan masing-masing saat ini. Rencana pernikahan akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar. Salah satu solusi yang bisa Anda tempuh adalah dengan membuat anggaran dan menabung bersama pasangan untuk memenuhinya.

Hal ini tentu harus diawali dengan keterbukaan masing-masing tentang kondisi keuangan. Jangan sampai hal ini terlupakan. Sebelum melangsungkan pernikahan, Anda dan pasangan harus mengetahui kondisi keuangan masing-masing dan bagaimana mengelolanya selama ini.

Selain itu, Anda dan pasangan juga wajib membahas mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga Anda nanti setelah pernikahan. Jangan sampai Anda tidak memiliki gambaran keuangan rumah tangga Anda dan pasangan nantinya. Jika sampai begitu, Anda sama saja menjalaninya tanpa tujuan keuangan yang jelas.

5. Target Keuangan Setelah Pernikahan

loader

Tetapkan Target yang Ingin Dicapai via bankerandtradesman.com

 

Tidak perlu memikirkannya terlalu jauh dan panjang. Setidaknya, Anda juga perlu memiliki target keuangan selama lima tahun ke depan setelah pernikahan. Hal ini akan membantu Anda dan pasangan untuk membuat gambaran keuangan rumah tangga Anda berdua pada masa yang akan datang, termasuk mempermudah untuk mencapai berbagai tujuan keuangan keluarga. Sebagian orang beranggapan bahwa membicarakan hal seperti ini sebelum menikah adalah tindakan yang terlalu cepat. Namun di sisi lain, memulai pernikahan tanpa target dan tujuan keuangan merupakan risiko yang cukup besar, bukan?

Menyusun dan menentukan target keuangan sejak awal akan jauh lebih tepat daripada Anda melakukannya setelah pernikahan nanti. Bila sudah membahasnya sejak awal, Anda dan pasangan memiliki waktu yang jauh lebih panjang untuk mempersiapkannya. Atau Anda dan pasangan dapat memulainya sebelum pernikahan. Misalnya, dengan melakukan investasi bersama di dalam keuangan sejak awal.

6. Kondisi Keluarga Besar Masing-Masing

loader

Komunikasi yang Baik Antar Keluarga akan Mempererat Hubungan via squarespace.com

 

Menikah tentu akan mempersatukan Anda dan pasangan beserta keluarga besar masing-masing sekaligus. Hubungan ini akan menjadi kuat kalau Anda mengenal keluarga besar pasangan dan sebaliknya. Tidak perlu takut atau mengkhawatirkan banyak hal terkait dengan hal ini. Baik Anda maupun pasangan tentu memiliki riwayat keluarga masing-masing. Terbuka sejak awal akan jauh lebih baik. Bahkan, jika memiliki kesempatan untuk saling bertemu antara keluarga Anda dan keluarga pasangan tentu akan jauh lebih baik lagi.

Hubungan keluarga besar yang baik akan membuat hubungan Anda dan pasangan juga semakin kuat sehingga sangat penting untuk mulai saling mendekatkan diri antara satu dan yang lainnya. Jangan sampai Anda menikah tanpa mengenal atau bahkan mengetahui kondisi keluarga besar masing-masing. Hal seperti ini akan membuat hubungan menjadi kaku dan tidak hangat.

7. Pembagian Tugas Rumah Tangga

loader

Aturlah Pembagian Tugas dengan Pasangan via focusonthefamily.com

 

Bukan hanya istri saja, melainkan suami juga wajib ikut serta dalam mengurus rumah tangga. Ada banyak tugas rumah tangga yang harus diselesaikan. Itulah mengapa akan sangat dibutuhkan kerja sama antara Anda dan pasangan. Anda dan pasangan akan menjadi tim kerja dalam menyelesaikan berbagai tugas rumah tangga tersebut. Hal ini juga wajib Anda bahas sejak awal bersama dengan pasangan. Tentunya dengan mempertimbangkan kondisi pekerjaan utama dan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan Anda dan pasangan.

Baca Juga: Tata Cara dan Biaya Nikah di KUA

Biasakan Berkomunikasi dengan Tepat

Membangun rumah tangga tentu tidak akan semudah merencanakannya. Sebab Anda dan pasangan akan dihadapkan pada berbagai kondisi yang baru bagi Anda masing-masing. Antisipasi berbagai masalah di rumah tangga Anda dengan cara membahas berbagai hal penting terkait kebiasaan dan berbagai poin penting lainnya. Hal ini mungkin akan terasa sulit pada awalnya. Namun, jika dilakukan dengan komunikasi yang tepat, semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Biaya Nikah: 12 Cara Unik Untuk Menghematnya