Sedekah Online: Simak Hukum dan Tips Aman Sedekah Lewat Aplikasi Ini

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Bagi umat islam tentunya akan menjalankan ibadah puasa satu hari penuh selama 30 hari kedepan. Selain berpuasa, umat islam juga diwajibkan melaksanakan ibadah lainnya untuk mendapatkan amalan ibadah lebih banyak. Misalnya saja dengan bersedekah kepada sesama.

Sebelum pandemi Covid-19 mewabah, biasanya banyak umat islam yang turun ke jalan atau berkumpul di masjid untuk berbagi makanan untuk berbuka puasa hingga membagikan amplop berisi uang kepada orang yang membutuhkan. Namun, saat ini tradisi Ramadhan tersebut jarang terlihat, mengingat pemerintah melarang adanya kerumunan.

Namun, tak perlu khawatir, sebab kamu masih bisa berbagi kepada sesama di bulan Ramadhan ini, yaitu dengan sedekah online melalui aplikasi atau situs amal. Hanya dengan smartphone, sedekah bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Tapi bagaimana dengan hukumnya sedekah online lewat aplikasi atau situs amal?

Agar sedekah lancar dan bisa menambah amalan ibadah, simak ulasan berikut ini menyoal penjabaran hukum sedekah online yang telah Cermati.com rangkum dari beberapa para ulama atau ustad di beberapa situs amal hingga aplikasi atau situ amal terpercaya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hukum Sedekah Online

sedekah
Hukum sedekah onlina

Dengan adanya aplikasi atau situs amal, tentunya memudahkan banyak orang dalam melakukan kebaikan kepada sesama. Bagi yang masih ragu dalam melaksanakan sedekan online, berikut penjabarannya!

1. Niat Sebagai Rukun Sedekah

Bersedekah bukan hanya memberikan sekian persen dari penghasilan kamu kepada orang yang membutuhkan saja. Akan tetapi, agar kamu dan penerima sedekah mendapatkan keberkahan dari amalan yang kamu lakukan, niatkan sedekah tersebut hanya karena Alla SWT. Sebab, niat sebagian dari rukun sedekah.

Bukan menjadi masalah jika kamu tidak berinteraksi secara langsung dengan penerima sedekah. Namun, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan lembaga atau aplikasi atau situs terpercaya karena penerima sedekah adalah amanah. Dengan begitu niat sedekah kamu akan tersampaikan dengan baik.

2. Tidak Mengurangi Nilai Sedekah

Bersedekah online memang kamu tidak dapat bertemu langsung oleh penerima sedekah. Dengan kondisi yang seperti ini, tentunya tidak akan mengurangi nilai sedekah yang kamu lakukan. Bahkan, ini lebih baik dan disukai Allah karena kamu menutupi diri sebagai pelaku sedekah.

Hal ini juga tertuang dalam firman Allah pada QS. Al Baqarah: 271:

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.

3. Sedekah Online Sangat Diperbolehkan

Melakukan sedekah bisa dilakukan dari mana saja, baik dilakukan dengan memberikan sedekah kepada penerimanya langsung atau melalui aplikasi atau situs. Artinya, sedekah online sangat diperbolehkan.

Perlu diketahui, online hanyalah sebagai transportasi yang kamu gunakan untuk menyampaikan sedekah, kemudian aplikasi atau situs sebagai media perantara kamu dengan penerima sedekah. Lagi-lagi yang terpenting dalam sedekah adalah niat kepada Allah SWT.

Baca Juga: Panduan Resmi Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021 dari Kementerian Agama

Daftar Aplikasi atau Situs Sedekah Online Terpercaya

sedekah
Daftar aplikasi atau situs sedekah online

Bagi kamu yang ingin berbagi kepada sesama khususnya orang yang membutuhkan melalui aplikasi atau situs online terpercaya, berikut daftarnya, antara lain:

  1. Dompet Dhuafa
  2. Sedekah Online
  3. Kitabisa
  4. Go-Give dari Gojek
  5. Rumah Zakat
  6. Badan Zakat Nasional (Baznas)
  7. Tokopedia (Zakat)
  8. BukaZakat (Zakat)
  9. AA Gym
  10. Cermati.com (Zakat)
  11. Beramaljariyah.org

Alat Pembayaran yang Digunakan Saat Sedekah Online

Bersedekah melalui aplikasi atau situs online sangat memudahkan, termasuk dalam pembayaran sedekah yang kamu lakukan. Ada beberapa alat pembayaran yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Bank Transfer
  2. Kartu Kredit
  3. Go-Pay
  4. Dana

Baca Juga: Jangan sia-siakan Bulan Ramadhan, Yuk Dulang Pahala dengan Amalan Ibadah dan Kebaikan ini!

Tips Sedekah Online Lewat Aplikasi

sadaqah
Sedeqah online lewat aplikasi

Agar kamu lebih aman saat bersedekah online, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Kenali aplikasi atau situs sedekah online dan pastikan kamu mendownload aplikasi yang asli di Google Play Store atau App Store.
  2. Perhatikan rekening penghimpun dana pada aplikasi tersebut, apakah atas nama pribadi atau lembaga. Pastikan sekali lagi kalau rekening atas nama lembaga lebih percaya
  3. Kamu berhak menanyakan tujuan penyaluran dana atas sedekah yang kamu lakukan

Sedekah Online Mudah Dilakukan

Majunya perkembangan teknologi membuat pengguna teknologi semakin mudah dan praktis dalam memenuhi kebutuhannya termasuk dalam bersedak. Kini banyak aplikasi atau situs amal terpercaya yang bisa dipilih. Cara penggunaan hingga pembayarannya pun sangat mudah dilakukan. Dengan kemudahaan ini tentunya, kamu akan lebih sering bersedekah sehingga akan menambah amalan ibadah kamu.

Baca Juga: Zakat Online: Cek Aplikasi dan Tips Menggunakannya Biar Berkah