Keuntungan, Fakta, dan Tips Investasi Berlian

Memulai berinvestasi sama halnya dengan menyiapkan kondisi finansial yang lebih baik lagi. Investasi mampu menjadi sumber penghasilan pasif jika dikelola dengan benar. Investasi pun menjadi satu hal yang sangat menjanjikan dan disarankan untuk dicoba.

Salah satunya, investasi berlian. Investasi berlian tak kalah menjanjikan dengan jenis investasi lainnya. Berlian merupakan jenis batu mulia paling mahal, langka, dan keras di dunia. Penyebabnya adalah batu ini termasuk salah satu batu langka serta memiliki kilau yang sangat memukau. Untuk itu, menjadikan berlian sebagai salah satu instrumen investasi bukan lagi hal yang asing.

Berikut ini adalah beragam keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi berlian.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Keuntungan Berinvestasi Berlian

loader

Keuntungan Investasi Berlian

1. Tahan terhadap Dampak Inflasi

Harga berlian relatif lebih konstan bahkan cenderung meningkat tiap tahunnya sehingga cukup aman dari pengaruh inflasi.

2. Harga Murni Ditentukan dari Kualitas Berlian Itu Sendiri

Berlian memiliki harga acuan yang cukup jelas sehingga tidak perlu bingung untuk menentukan harga jualnya kelak. Harga yang diterapkan pada berlian benar-benar murni dari penilaiannya yang diberikan kepada kualitas berlian itu sendiri dan hanya bisa diatur oleh pihak pembeli dan penjual tanpa ada standar tertentu.

3. Harga yang Makin Meningkat

Harga dari berlian bisa meningkat karena beberapa faktor, seperti kelangkaan jenisnya, tingginya permintaan, dan keindahannya. Ketika menjual berlian dalam bentuk perhiasan, bingkai berlian, atau rantai kalungnya yang terbuat dari emas atau perak juga bisa memengaruhi harga beli berlian.

4. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Selain mahal dan memiliki keindahan, berlian termasuk dalam kategori bebatuan yang sangat keras dan tidak mudah dihancurkan. Oleh karena itu, berlian memiliki karakteristik yang tahan lama.

Karena sifatnya yang tahan lama, berlian sama sekali tidak membutuhkan perlakukan khusus ketika merawat dan menyimpannya. Sebagai jenis batu paling tahan banting di bumi, jika diletakkan di tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama tidak akan merusak fisik dan memengaruhi harganya.

Jika terjatuh, berlian juga tidak mudah pecah atau bahkan tergores. Maka, kamu tidak perlu khawatir ketika hendak memakainya menjadi sebuah perhiasan. Jika berlian mudah pecah ketika terjatuh atau terkena benturan yang ringan, perlu diwaspadai berlian yang kamu miliki adalah palsu.

5. Tidak Memerlukan Ruang Penyimpanan yang Besar

Investasi dalam bentuk barang mewah biasanya memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar. Tapi tidak dengan berlian. Hal ini dikarenakan berlian memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mampu menghemat ruang penyimpanan.

Kamu bisa meletakannya di brankas kecil di tempat yang paling aman di rumah. Agar lebih aman lagi, kamu bisa menyimpannya di safe deposit box di bank.

6. Tidak Hanya Jadi Instrumen Investasi tapi Juga Perhiasan

Berlian sebagai pilihan investasi memiliki peran ganda, tidak hanya sebagai instrumen investasi tapi juga sebagai penunjang penampilan. Jadi untuk perempuan, pilihlah kalung atau cincin berlian sebagai instrumen investasi agar tidak hanya bisa untung di keuangan tapi juga di penampilan. Kamu dapat menikmati keindahannya selama berinvestasi sampai nanti tiba waktunya berlian itu dijual kembali.

7. Tidak Sulit untuk Memulainya bahkan untuk Pemula Sekalipun

Memulai investasi berlian sangatlah mudah. Kamu tidak perlu mendaftarkan identitas, seperti investasi saham, karena ini investasi yang bersifat sangat pribadi dan anominitas. Jadi, siapa saja bisa membeli, memiliki, dan menjual berlian. Selain itu, harga acuan dari berlian sangatlah jelas sehingga tidak susah untuk dipelajari dan dipraktikkan, rendah risiko, dan objeknya sangatlah digemari. Untuk menjualnya kembali, pun menjadi tidak susah.

8. Investasi yang Berupa Fisik

Investasi berlian tidak sekadar memegang bukti kepemilikan, seperti saham, reksa dana ataupun obligasi. Tapi, kamu juga memegang secara fisik berlian yang telah dibeli. Bahkan, kamu juga dapat memakainya sebagai perhiasan.

9. Berlian Memiliki Perlindungan

Karena merupakan barang mewah, berlian memiliki perlindungan, yaitu berupa sertifikat dari GIA ketika membelinya. Tak hanya sebagai perlindungan, sertifikat itu juga dapat digunakan sebagai bukti keaslian dan kelayakan dari berlian yang telah dibeli.

Cara Menentukan Harga Berlian

Namun, sebagai pemula yang ingin berinvestasi ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis berlian dan hal-hal yang membuat sebuah berlian memiliki harga yang tinggi dan rendah. Ada beberapa syarat dari sebuah berlian yang membuat masing-masing berlian memiliki harga yang berbeda. Ini dia faktor-faktor yang dipakai untuk menetapkan sebuah harga berlian.

1. Berat Berlian

Makin berat sebuah berlian makin mahal pula harganya. Begitu juga dengan karatnya, makin tinggi karat dari berlian maka akan makin mahal harga berlian.

Hitungan karat pada berlian berbeda dengan hitungan gram pada emas. Jika harga emas 1 gram adalah Rp700.000, 2 gram emas cukup didapatkan dengan harga Rp1.400.00. Hal ini tentu berbeda dengan berlian. Jika 1 karat pada berlian memiliki nilai Rp100 juta, belum tentu harga berlian yang didapatkan sebesar itu, tapi seringnya melebihi harga tersebut. Bahkan, bisa berbeda 2-3 kali lipatnya.

2. Tampilan Berlian

Kualitas berlian juga dilihat dari potongannya. Makin simetris potongan berlian tersebut, proporsi crown yang tepat, serta hasil polesan yang baik dapat meningkatkan harga berlian tersebut.

Cutting pada berlian akan berpengaruh pada nilai estetika dari berlian itu sendiri. Jika berlian tersebut dipoles sebagai bentuk perhiasan dengan tampilan yang menarik dan banyak digemari atau sedang tren, hal tersebut juga bisa memengaruhi harga dari berlian. Selain itu, cutting berlian juga akan memengaruhi permainan cahaya yang akan dipancarkan.

3. Tingkat Kejernihan (Clarity) Berlian

Tingkat kejernihan berlian juga memengaruhi harga dari berlian karena kejernihan berlian termasuk dari kategori syarat kualitas sebuah berlian. Berlian yang jernih berarti tidak ada cacat bawaan dan tidak ada mineral lain yang terbawa.

VVS merupakan kode untuk berlian yang memiliki tingkat kejernihan sangat tinggi. Kode tersebut diberikan pada berlian yang sangat jernih tanpa ada cacat atau flawless. Sudah bisa dipastikan jika semakin flawless berlian maka semakin tinggi pula harganya.

4. Tingkat Warna (Color) Berlian

Warna berlian adalah tingkat keputihan yang terdapat pada berlian. Semakin tinggi tingkat keputihannya, semakin mahal juga harga yang akan disematkan pada berlian.

Ukuran tingkat keputihan pada berlian dimulai dari kategori D-Z. Kategori D merupakan jenis berlian dengan tingkat keputihan yang sangat tinggi, sedangkan kategori Z adalah yang sebaliknya.

5. Memiliki Sertifikasi yang Diakui

Terdapat banyak lembaga khusus yang dapat mengeluarkan sertifikat atas berlian, seperti GIA (Gemological Institute of America) dan AGS (American Gem Society). Biasanya sertifikasi GIA adalah yang paling terpercaya dan dikenal di seluruh dunia.

Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

Berikut adalah cara untuk membedakan berlian asli dan palsu.

1. Diamplas atau Digosok ke Media yang Kasar

Sebagai batu paling keras di dunia, membuat berlian bukan hanya susah untuk dihancurkan tapi juga tidak bisa tergores, walaupun sudah sengaja digosok oleh amplas atau benda tajam lainnya. Berbeda dengan berlian palsu, karena kebanyakan berlian palsu mengandung bahan cubic zirconias yang mudah tergores bahkan habis jika diamplas secara kuat.

2. Fog Test

Berlian memiliki konduktivitas panas yang tinggi di dalamnya, karena itu berlian tidak akan berembun jika kamu menghembuskan napas ke berlian tersebut. Embun yang dihasilkan oleh hembusan napas tersebut akan hilang seketika di berlian bahkan kurang dari 1 detik. Tidak seperti berlian palsu yang akan berembun beberapa detik jika dilakukan aksi yang sama.

3. Tes Transparasi

Untuk membedakan apakah berlian itu asli atau tidak, kamu bisa memposisikan di atas sebuah koran atau buku. Berlian yang asli akan menutupi cahaya dan benar-benar padat sehingga walaupun terlihat bening, kamu tetap tidak akan bisa melihat objek seperti huruf atau angka yang ditutupi berlian. Berbeda dengan berlian palsu yang masih bisa memberikan bayangan walaupun samar untuk objek yang ditutupi.

4. Dibakar

Berlian asli tidak akan panas walaupun sudah dibakar atau dipanaskan dengan suhu tinggi karena berlian asli akan menghilangkan/menyerap panas dengan cepat.

5. Floating/Water Test

Berlian memiliki sifat yang sama dengan batu mulia lain, yaitu tidak akan terapung jika diletakkan di dalam air. Sebab, massa dari berlian asli pasti akan lebih berat daripada zat cair, berbeda dengan berlian palsu yang terdiri dari batu mineral lain.

6. Refleksi Cahaya

Perlu diketahui, berlian asli tidak akan memberikan warna refleksi selain warna abu-abu. Jadi, jika kamu ragu dengan keaslian berlian, letakkan berlian di tempat yang memiliki cahaya atau sorotkan cahaya langsung ke berlian, misalnya dengan menggunakan senter. Jika refleksi cahaya yang ditimbulkan adalah warna selain abu-abu, itu artinya ada kemungkinan berlian tersebut palsu, dicampur, atau berkualitas rendah.

7. Cek Menggunakan Mesin Pendeteksi Berlian

Seperti emas, berlian pun memiliki mesin pendeteksi khusus untuk mengecek apakah berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah. Jika bingung membelinya di mana atau ragu ketika menggunakannya, kamu bisa mendatangi toko berlian terdekat dan meminta tolong untuk mengecek keaslian dan kualitas dari berlian tersebut menggunakan mesin mereka. Biasanya, mesin pendeteksi yang digunakan sebuah toko perhiasan akan lebih akurat dan lebih canggih daripada mesin pendeteksi yang portabel yang biasa dijual untuk penggunaan pribadi.

Jika mesin pendeteksi mengeluarkan cahaya merah dan mengeluarkan bunyi, artinya berlian tersebut asli. Sebaliknya, jika mengeluarkan cahaya hijau atau kuning, artinya ada kemungkinan berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah.

Tips Investasi Berlian

1. Pilih Berlian Utuh

Jika memilih cincin berlian sebagai instrumen investasi keuangan dan penampilan, pilihlah berlian utuh. Mengapa? Meskipun memiliki harga beli yang lebih mahal, tetapi nilai jual berlian utuh akan jauh lebih tinggi dan menguntungkanmu.

2. Pilih Model Klasik

Pilihlah cincin berlian model klasik jika ingin menjadikannya sebagai instrumen investasi keuangan dan penampilan. Hal ini dilakukan guna menjaga "nilai jual" dari cincin berlian asli yang kamu miliki. Model klasik yang selalu diminati dan tidak pernah habis tergerus zaman adalah berlian utuh dengan tambahan berlian kecil di sekelilingnya.

3. Perhatikan 4C

Apa itu 4C? 4C adalah Cut, Clarity, Carat, dan Color. Empat syarat yang menjadi jaminan dari kualitas sebuah berlian. Minimal, pilihlah berlian 0,5 karat yang dijual di toko terpercaya. Hal ini wajib dilakukan agar tidak tertipu dan terkecoh dengan berlian pabrikan yang rupanya sangat mirip dengan berlian asli serta tujuan investasimu tetap tercapai.

Berlian, Instrumen Investasi yang Tak Kalah Menguntungkan

Investasi berlian memiliki beragam keuntungan. Di antaranya, harga berlian yang dipastikan akan terus meningkat setiap tahunnya dan memiliki risiko yang rendah. Meskipun demikian, tetap saja memiliki risiko. Sekecil apapun risiko yang ada, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati.