Keuntungan, Fakta, dan Tips Investasi Berlian yang Bisa Didapatkan

Pada dasarnya, investasi merupakan kegiatan yang sering dilakukan masyarakat, apalagi di jaman sekarang ini. Investasi beragam jenisnya, mulai dari surat-surat berharga ataupun barang mewah yang memiliki peningkatan nilai jual setiap tahunnya, contohnya seperti rumah, tanah, perhiasan, baik itu berupa emas ataupun berlian.

Memulai berinvestasi sama halnya sedang menyiapkan kondisi finansial yang lebih baik lagi. Investasi mampu menjadi sumber penghasilan pasif jika dikelola dengan baik. Investasi menjadi satu hal yang sangat menjanjikan dan disarankan untuk dicoba.

Misalnya, investasi berlian. Investasi ini tak kalah menjanjikan dengan jenis investasi lainnya. Berlian merupakan jenis batu mulia paling mahal, langka dan keras di dunia. Penyebabnya adalah batu ini termasuk salah satu batu langka serta memiliki kilau yang sangat memukau. Untuk itu, menjadikan berlian sebagai salah satu instrumen investasi bukan lagi hal yang asing.

Berikut ini adalah beragam keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi berlian.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Keuntungan Berinvestasi Berlian

loader

Investasi Berlian

Investasi batu mulia seperti emas, perak, dan berlian tentu saja memiliki banyak keuntungan jika diolah secara tepat. Namun, berlian memiliki jumlah kelebihan yang lebih banyak dibandingkan investasi batu mulia lain. Berikut merupakan berbagai keuntungan yang didapatkan ketika berinvestasi berlian.

  1. Aman dari Inflasi

    Tidak seperti harga emas yang bisa mengalami perubahan karena inflasi, harga dari berlian akan tetap sama. Dengan kata lain, harga berlian relatif lebih konstan ketimbang harga emas. Bahkan, harganya cenderung meningkat tiap tahunnya sehingga cukup aman dari pengaruh inflasi. Jadi, kamu tidak perlu was-was memilih waktu yang tepat untuk menjual berlian karena tidak akan ada penurunan harga seperti investasi properti.

  2. Harga Murni Ditentukan dari Kualitas Berlian itu Sendiri

    Tidak seperti investasi emas atau saham yang harga pembeliannya masih dikontrol oleh pemerintah. Berlian memiliki harga acuan yang cukup jelas sehingga tidak perlu bingung untuk menentukan harga jualnya kelak. Harga yang diterapkan pada berlian benar-benar murni dari penilaiannya yang diberikan kepada kualitas berlian itu sendiri dan hanya bisa diatur oleh pihak pembeli dan penjual tanpa ada standar tertentu.

    Harga berlian ditentukan oleh beberapa faktor yaitu ukuran, karat, kejernihan serta kandungan emas yang terdapat di dalamnya. Makin baik faktor-faktor tersebut, makin tinggi pula kualitas berlian. Maka, secara otomatis makin meningkat pula harga jual berlian.

  3. Nilainya yang Bisa Terus Meningkat

    Memang berlian kebal inflasi dan tidak akan mengalami perubahan atau penurunan harga ketika krisis ekonomi. Tapi, harga dari berlian bisa meningkat karena beberapa faktor, seperti kelangkaan jenisnya, tingginya permintaan, dan keindahannya. Ketika menjual berlian dalam bentuk perhiasan, bingkai berlian, atau rantai kalungnya yang terbuat dari emas atau perak juga bisa mempengaruhi harga beli berlian.

  4. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

    Selain mahal dan memiliki keindahan, berlian termasuk dalam kategori bebatuan yang sangat keras dan tidak mudah dihancurkan. Oleh karena itu, berlian memiliki karakteristik yang tahan lama.

    Karena sifatnya yang tahan lama, berlian sama sekali tidak membutuhkan perlakukan khusus ketika merawat dan menyimpannya. Sebagai jenis batu paling tahan banting di bumi, jika diletakkan di tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama tidak akan merusak fisik dan mempengaruhi harganya. Walaupun tempat itu terlalu panas, lembab ataupun kotor, karena berlian tidak mudah tergores, keras, dan susah hancur.

    Jika terjatuh, berlian juga tidak mudah pecah atau bahkan tergores. Maka, kamu tidak perlu khawatir ketika hendak memakainya menjadi sebuah perhiasan. Jika berlian mudah pecah ketika terjatuh atau terkena benturan yang ringan, perlu diwaspadai berlian yang kamu miliki adalah palsu.

  5. Tidak Memakan Ruang untuk Penyimpanannya

    Investasi dalam bentuk barang mewah biasanya juga memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar. Namun, Berlian tidak membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanannya. Hal ini dikarenakan berlian memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mampu menghemat ruang penyimpanan.

    Kamu bisa meletakannya di brankas kecil di tempat yang paling aman di rumah. Agar lebih aman lagi, langsung membuka safe deposit box  di bank.

  6. Tidak Hanya Jadi Alat Investasi tapi Juga Perhiasan

    Berlian sebagai pilihan investasi memiliki peran ganda, tidak hanya sebagai alat investasi tapi juga sebagai penunjang penampilan. Jadi untuk wanita, pilihlah kalung atau cincin berlian sebagai instrumen investasi agar tidak hanya bisa untung di keuangan tapi juga di penampilan. Kamu dapat menikmati keindahannya selama berinvestasi sampai nanti tiba waktunya berlian itu dijual kembali.

  7. Tidak Sulit untuk Memulainya bahkan untuk Pemula Sekalipun

    Memulai bisnis berlian sangatlah mudah, kamu tidak perlu mendaftarkan identitas, seperti investasi saham, karena ini investasi yang bersifat sangat pribadi dan anominitas. Jadi, siapa saja bisa membeli, memiliki, dan menjual berlian. Selain itu, harga acuan dari berlian sangatlah jelas sehingga tidak susah untuk dipelajari dan dipraktikkan, rendah risiko, dan objeknya sangatlah digemari. Untuk menjualnya kembali, pun menjadi tidak susah.

  8. Investasi yang Berupa Fisik

    Investasi berlian tidak sekadar memegang bukti kepemilikan, seperti saham, reksa dana ataupun obligasi. Tapi, kamu juga memegang secara fisik berlian yang telah dibeli. Bahkan, kamu juga dapat memakainya sebagai perhiasan.

  9. Berlian Memiliki Perlindungan

    Karena merupakan barang mewah, berlian memiliki perlindungan, yaitu berupa sertifikat dari GIA ketika membelinya. Tak hanya sebagai perlindungan, sertifikat itu juga dapat digunakan sebagai bukti keaslian dan kelayakan dari berlian yang telah dibeli.

Cara Menentukan Harga Berlian

Namun, sebagai pemula yang ingin berinvestasi ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis berlian dan hal-hal yang membuat sebuah berlian memiliki harga yang tinggi dan rendah. Ada beberapa syarat dari sebuah berlian yang membuat masing-masing berlian memiliki harga yang berbeda. Ini dia faktor-faktor yang dipakai untuk menetapkan sebuah harga berlian:

  1. Berat Berlian

    Makin berat sebuah berlian makin mahal pula harganya. Begitu juga dengan karatnya, makin tinggi karat dari berlian tersebut makan akan makin mahal harga berlian.

    Hitungan karat pada berlian berbeda dengan hitungan gram pada emas. Jika harga emas 1 gram adalah Rp700.000, 2 gram emas cukup didapatkan dengan harga Rp1.400.00. Hal ini tentu berbeda dengan berlian. Jika 1 karat pada berlian memiliki nilai Rp100 juta, belum tentu harga berlian yang didapatkan sebesar itu, tapi seringnya melebihi harga tersebut. Bahkan, bisa berbeda 2-3 kali lipatnya.

  2. Tampilan Berlian

    Kualitas berlian juga dilihat dari potongannya. Makin simetris potongan berlian tersebut, lalu proporsi crown yang tepat serta hasil polesan yang baik dapat meningkatkan harga berlian tersebut.

    Cutting pada berlian akan berakibat pada nilai estetika dari berlian itu sendiri. Jika berlian tersebut dipoles sebagai bentuk perhiasan dengan tampilan yang menarik dan banyak digemari atau sedang tren, hal tersebut juga bisa mempengaruhi harga dari berlian. Selain itu, cutting berlian juga akan mempengaruhi permainan cahaya yang akan dipancarkan.

  3. Tingkat Kejernihan (Clarity) Berlian

    Tingkat kejernihan berlian juga mempengaruhi harga dari berlian karena kejernihan berlian termasuk dari kategori syarat kualitas sebuah berlian. Berlian yang jernih berarti tidak ada cacat bawaan dan tidak ada mineral lain yang terbawa.

    VVS merupakan kode untuk berlian yang memiliki tingkat kejernihan sangat tinggi. Kode tersebut diberikan pada berlian yang sangat jernih tanpa ada cacat atau flawless. Sudah bisa dipastikan jika semakin flawless berlian maka semakin tinggi pula harganya.

  4. Tingkat Warna (Colour)

    Warna berlian adalah tingkat keputihan yang terdapat pada berlian. Semakin tinggi tingkat keputihannya, semakin mahal juga harga yang akan disematkan pada berlian.

    Ukuran tingkat keputihan pada berlian dimulai dari kategori D-Z. Kategori D merupakan jenis berlian dengan tingkat keputihan yang sangat tinggi, sedangkan kategori Z adalah yang sebaliknya.

  5. Memiliki Sertifikasi yang Diakui

    Terdapat banyak lembaga khusus yang dapat mengeluarkan sertifikat atas berlian, seperti GIA (Gemological Institute of America) dan AGS (American Gem Society). Biasanya sertifikasi GIA adalah yang paling terpercaya dan dikenal di seluruh dunia.

Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu

Tapi harus diingat, makin populer sebuah bisnis maka makin tinggi juga risiko modus penipuannya. Terlebih lagi untuk orang-orang yang baru memulai bisnis ini. Jadi, sebagai salah satu tindakan pencegahan ada baiknya mempelajari dulu ciri-ciri berlian asli untuk mengetahui perbedaannya dengan berlian yang abal-abal.Berikut adalah cara untuk membedakan berlian asli dan palsu.

  1. Diamplas atau Digosok ke Media yang Kasar

    Sebagai batu paling keras di dunia, membuat berlian bukan hanya susah untuk dihancurkan tapi juga tidak bisa tergores, walaupun sudah sengaja digosok oleh amplas atau benda tajam lainnya. Berbeda dengan berlian palsu, karena kebanyakan berlian palsu mengandung bahan cubic zirconias yang mudah tergores bahkan habis jika diamplas secara kuat.

  2. Fog Test

    Berlian memiliki konduktivitas panas yang tinggi di dalamnya, karena itu berlian tidak akan berembun jika kamu menghembuskan nafas kamu ke berlian tersebut. Embun yang dihasilkan oleh hembusan nafas tersebut akan hilang seketika di berlian bahkan kurang dari 1 detik. Tidak seperti berlian palsu yang akan berembun beberapa detik jika dilakukan aksi yang sama.

  3. Test Transparasi

    Untuk membedakan apakah berlian itu asli atau tidak, kamu bisa memposisikan di atas sebuah koran atau buku. Berlian yang asli akan menutupi cahaya dan benar-benar padat sehingga walaupun terlihat bening, kamu tetap tidak akan bisa melihat objek seperti huruf atau angka yang ditutupi berlian. Berbeda dengan berlian palsu yang masih bisa memberikan bayangan walaupun samar untuk objek yang ditutupi.

  4. Dibakar

    Berlian asli tidak akan panas walaupun sudah dibakar atau dipanaskan dengan suhu tinggi karena berlian asli akan cepat menghilangkan/menyerap panas dengan cepat.

  5. Floating/Water Test

    Berlian memiliki sifat yang sama dengan batu mulia lain, yaitu tidak akan terapung jika diletakkan di dalam air. Sebab, massa dari berlian asli pasti akan lebih berat daripada zat cair, berbeda dengan berlian palsu yang terdiri dari batu mineral lain.

  6. Refleksi Cahaya

    Perlu diketahui, berlian asli tidak akan memberikan warna refleksi selain warna abu-abu. Jadi, jika kamu ragu dengan keaslian berlian, letakkan berlian di tempat yang memiliki cahaya atau sorotkan cahaya langsung ke berlian, seperti senter. Jika refleksi cahaya yang ditimbulkan adalah warna selain abu-abu, itu artinya ada kemungkinan berlian tersebut palsu, dicampur, atau berkualitas rendah.

  7. Cek Menggunakan Mesin Pendeteksi Berlian

    Seperti emas, berlian pun memiliki mesin pendeteksi khusus untuk mengecek apakah berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah. Jika bingung membelinya dimana atau ragu ketika menggunakannya, kamu bisa mendatangi toko berlian terdekat dan meminta tolong untuk mengecek keaslian dan kualitas dari berlian tersebut menggunakan mesin mereka. Biasanya, mesin pendeteksi yang digunakan sebuah toko perhiasan akan lebih akurat dan lebih canggih daripada mesin pendeteksi yang portabel yang biasa dijual untuk digunakan pribadi.

    Jika mesin pendeteksi mengeluarkan cahaya merah dan mengeluarkan bunyi, artinya berlian tersebut asli. Sebaliknya, jika mengeluarkan cahaya hijau atau kuning, artinya ada kemungkinan batu berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah.

Tips Investasi Berlian

  1. Pilih Berlian Utuh

    Jika memilih cincin berlian sebagai instrumen investasi keuangan dan penampilan, seperti yang sudah dibahas di atas, pilihlah berlian utuh. Mengapa? Meskipun memiliki harga beli yang lebih mahal, tetapi nilai jual berlian utuh akan jauh lebih tinggi dan menguntungkanmu.

  2. Pilih Model Klasik

    Pilihlah cincin berlian model klasik jika ingin menjadikannya sebagai instrumen investasi keuangan dan penampilan. Hal ini dilakukan guna menjaga "nilai jual" dari cincin berlian asli yang kamu miliki. Model klasik yang selalu diminati dan tidak pernah habis tergerus zaman adalah berlian utuh dengan tambahan berlian kecil di sekelilingnya.

  3. Perhatikan 4C

    Apa itu 4C? 4C adalah Cut, Clarity, Carat, dan Color. Empat syarat yang menjadi jaminan dari kualitas sebuah berlian. Minimal, pilihlah berlian 0,5 karat yang dijual di toko terpercaya. Hal ini wajib dilakukan agar tidak tertipu dan terkecoh dengan berlian pabrikan yang rupanya sangat mirip dengan berlian alami dan tujuan investasimu tetap tercapai.

Berlian, Instrumen Investasi yang Tak Kalah Menguntungkan

Investasi bisa berupa apa saja. Investasi yang marak berupa surat-surat berharga yang beredar di bursa efek. Tapi, pilihan berinvestasi tidak hanya terbatas pada pembelian saham dan surat berharga lainnya.

Investasi berupa fisik pun patut untuk dicoba. Misalnya, investasi dalam bentuk berlian. Investasi berlian memiliki beragam keuntungan, salah satunya adalah harga berlian yang dipastikan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Berinvestasi dalam berlian, memiliki risiko yang rendah. Meskipun demikian, tetap saja memiliki risiko. Tentu saja, sekecil apapun risiko yang ada, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati dalam mengolahnya. Termasuk dari investasi berlian, selain risiko penipuan, cari tahu lagi risiko apa saja yang bisa menghampiri ketika menjalankan investasi berlian. Cari tahu informasi selengkap-lengkapnya baik di internet atau bertanya langsung ke yang sudah berpengalaman.