Seperti ini Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak Dasar dan Menengah

Seperti kita ketahui bahwa biaya pendidikan untuk anak saat ini semakin meningkat setiap tahunnya. Peningkatan yang terjadi bahkan bisa mencapai 20 persen.

Pendidikan masih dijadikan prioritas utama oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama untuk pendidikan dasar dan menengah. Para orangtua harus selalu memperhitungkan keuangan mereka untuk persiapan pendidikan tersebut.

Ada beberapa jenis keuangan yang menjadi kewajiban para siswa yang bersekolah di wilayah Indonesia. Uang pangkal sekolah biasanya dibebankan dalam jumlah yang cukup besar, tergantung dari kebijakan sekolah terkait.

Mengingat jumlahnya yang semakin meningkat, para orangtua tidak bisa hanya mengandalkan tabungan saja, namun harus mencari alternatif keuangan lainnya, seperti investasi. Berikut ini ada empat produk investasi yang tepat dan bisa dijadikan alternatif keuangan untuk biaya pendidikan dasar dan menengah anak Anda.

1. Coba Reksa Dana

Pernah mendengar tentang reksa dana? Pengertiannya adalah sebuah wadah investasi kolektif pada instrumen-instrumen pasar modal seperti saham, obligasi, atau pasar uang, namun diatur sepenuhnya oleh pihak ketiga yaitu manajer investasi.

Reksa dana ini biasanya dibedakan berdasarkan jangka waktu dan tingkat risikonya. Dalam hal pendidikan, untuk biaya pendidikan dasar dan menengah, jangka waktu yang digunakan adalah 3 tahun – 6 tahun. jika mencoba reksa dana, sebaiknya Anda memilih reksa dana yang risikonya rendah dan jangka waktu singkat.