Siapa Bilang Bekerja Sambil Berbisnis itu Sulit? Ikuti Cara ini

Mengandalkan gaji dari kantor saja rasanya sangat berat bila biaya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja terasa sulit. Apalagi jika harga kebutuhan pokok itu semakin melambung tinggi.

Maka dari itu, banyak orang yang pilih membuka bisnis sampingan demi menambah pemasukan. Namun, waktu yang terbatas membuat pengelolaan bisnis kurang maksimal, karena Anda harus tetap fokus pada pekerjaan kantor.

But, nothing’s impossible. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, karena Anda bisa membuka bisnis tanpa harus mengganggu pekerjaan di kantor asal mau menerapkan tips-tips berikut ini.

1. Catat Semua Waktu Luang yang Ada

Tak sedikit orang yang memilih mundur setelah satu atau dua bulan menjalankan bisnis. Bukan tanpa alasan, karena mereka merasa tak punya waktu untuk mengurus bisnisnya.

Padahal mereka bisa memanfaatkan sisa waktu setelah bekerja atau weekend untuk berbisnis. Agar hal seperti ini tidak menimpa Anda, sebaiknya catat semua waktu luang secara detil.

Tidak harus lama, 2-3 jam per hari saja sudah cukup untuk mengawasi perkembangan bisnis milik Anda. Selebihnya, Anda bisa meminta bantuan orang tua atau saudara untuk mengurus bisnis, terutama masih terikat pekerjaan di kantor.