Simak 8 Pilihan Investasi yang Tepat untuk Para Single Parent Buat Masa Depan

Membesarkan anak dan memenuhi kebutuhan keluarga sebagai seorang single parent memang tidak mudah. Banyak hal yang harus dilakukan sendiri, seperti mengurus anak, mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja sampai meningkatkan ekonomi keluarga.

Karena berbagai beban yang harus ditanggung sendiri, tidak jarang membuat para single parent harus pintar-pintar mengatur keuangan keluarga bahkan mencari uang tambahan agar setiap kebutuhan keluarga dan anak tidak ada yang kurang satupun.

Bicara soal kebutuhan anak, mempersiapkan masa depan anak juga merupakan tanggung jawab penting bagi setiap orang, termasuk single parent sekalipun. Tidak hanya masa depan anak, masa depan diri sendiri dan keluarga juga harus dipersiapkan sebaik mungkin demi bisa hidup tanpa rasa khawatir.

Nah, untuk para single parent yang menginginkan masa depan terbaik untuk anak dan keluarga selain menabung dan perbanyak kerja sampingan. Ini dia berbagai jenis produk investasi yang cocok untuk jadi penghasilan tambahan sampai jaminan untuk mempersiapkan masa depan terbaik:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Deposito

loader

Jenis investasi yang paling mudah dan anti ribet yang bisa dipilih adalah Deposito. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai tabungan untuk berbagai tujuan seperti pendidikan atau kebutuhan lain. Deposito juga bisa menjadi investasi yang paling aman dan stabil.

Lebih menguntungkan daripada sekedar tabungan konvesional. Sekarang banyak produk deposito yang memberikan bunga yang lebih tinggi dan berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga: 7 Investasi Terbaik saat PPKM Darurat, Cuan Berlimpah

2. Emas

loader

Tidak bisa dipungkiri emas adalah salah satu instrumen investasi yang paling tua dan tetap menjadi favorit sampai sekarang. Selain memiliki keuntungan yang lumayan, emas memiliki fleksibilitas yang masih banyak produk investasi lain belum miliki yaitu sebagai yang paling mudah dicairkan menjadi uang tunai.

Selain jadi media investasi, emas juga bisa dijadikan sebagai pegangan untuk keadaan darurat karena kemudahannya untuk diganti menjadi uang tunai. Emas juga merupakan instrument investasi yang bebas pajak ketika menjualnya dan kebal inflasi.

3. Reksadana

loader

Reksadana bukan lagi barang baru dalam kamus investasi. Salah satu instrumen investasi favorit anak muda, termasuk kaum milenial. Eits, tapi tidak hanya anak muda saja yang bisa manfaatkan reksa dana untuk cuan, para single parent juga bisa membeli produk reksa dana sebanyak apapun demi cuan yang semakin besar dimasa depan.

Ada 5 jenis reksa dana paling cuan yang bisa dipilih yaitu reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pasar uang, reksadana indek dan ETF dan reksada syariah.

Selain menguntungkan reksa dana juga dikenal sebagai investasi dengan modal minim dan juga paling stabil. Dikelola oleh manajer investasi, maka kamu tidak perlu khawatir dengan investasi mu setiap saat.

4. Investasi Valas/Investasi Uang Asing

loader

Investasi valuta asing (valas) bisa dikatakan paling cocok untuk kamu yang menyukai hal yang sederhana tapi dengan hasil yang maksimal. Khususnya untuk para single parent yang sudah terlalu sibuk untuk mengurus investasi hari ke hari.

Investasi valas bisa dilakukan dengan membuka tabungan uang asing atau langsung membuka deposito mata uang asing di bank pilihan. Investasi mata uang asing bisa sangat menguntungkan jika kamu melakukan beberapa hal dengan tepat termasuk tepat dalam memilih mata uang yang dijadikan instrumen investasi.

Baca Juga: 3 Pilihan Investasi yang Cocok untuk Beli Rumah Impian

5. P2P Lending

loader

Peer to Peer Lending (P2P Lending) ini merupakan platform yang menghubungkan antara orang yang mau meminjam dana (borrower) dan investor sebagai pemberi pinjaman (lender).

Dengan investasi P2P Lending, maka investor akan menerima pengembalian pokok pinjaman dan bunga atas pinjaman tersebut. Itu kenapa investasi P2P Lending menjadi instrument favorit terbaru karena kemudahan dan keuntungannya.

Investasi p2p lending bisa memberikan imbal hasil yang terbilang tinggi dibanding bunga deposito. Imbal hasil beragam, tapi kamu bisa mengantongi hingga 18% per tahun. Kalau dibagi 12, berarti 1,5% per bulan.

6. SBN Ritel

loader

SBN atau Surat Berharga Negara adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Individu Warga Negara Indonesia. SBN menjadi alternatif produk investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Ada 4 jenis SBN yang ditawarkan pemerintah yaitu SBR (saving bond retail), ORI (obligasi negara ritel), ST (sukuk tabungan) dan SR (sukuk ritel). Karena dijamin oleh pemerintah, investasi SBN ritel dijamin aman.

7. Saham

loader

Saham adalah insturmen investasi yang sudah lama jadi favorit banyak orang, kemungkinan keuntungan berkali-kali lipat bahkan bisa mencapai puluhan kali lipat, membuat banyak orang bahkan menjadikan investasi saham mereka menjadi salah satu aset paling berharga.

Nah, para single parent boleh nih mencoba investasi saham sebagai investasi masa depan. Apalagi di era dengan kecanggihan internet seperti sekarang, sekarang investasi saham semakin mudah dilakukan dengan sistem online. Bahkan sekarang banyak aplikasi online yang bisa memfasilitasi para investor ke pilihan pasar modal terbaik untuk menanamkan berinvestasi.

8. Tabungan Berjangka

loader

Tabungan berjangkan memang bukan sebuah produk investasi walaupun memiliki kemiripan dengan deposito. Tabungan berjangka sendiri adalah simpanan di mana nasabah harus menentukan jangka waktu yang diinginkan untuk menabung di bank.

Jadi, saat menggunakan jenis simpanan ini seorang nasabah boleh menentukan berapa lama ia akan menabung dan dana yang ada didalam tabungan tidak bisa diambil sebelum waktunya atau nanti akan dikenakan denda yang harus dibayarkan ke pihak bank.

Meskipun bukan sebuah produk investasi, tapi tabungan berjangka juga bisa dijadikan alternatif lain selain produk investasi lainnya untuk persiapan pembiayaan di masa depan nanti.

Kebutuhan tersebut bisa merupakan pendidikan anak atau tujuan lainnya karena bunga tabungan yang ditawarkan untuk produk tabungan berjangka lebih besar daripada tabungan konvesional pada umumnya.

 Umumnya bunga dari tabungan tersebut hanya 2,5% hingga 5% per tahunnya. Sementara itu, bunga dari deposito lebih tinggi yaitu sekitar 5,5% hingga 6,5% per tahunnya.

Pilih yang Sesuai Kebutuhan dan Keuangan

Meskipun berbagai produk investasi di atas menarik tapi, cobalah untuk lebih bijak dalam menggunakan penghasilan kamu dan pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kamu dan keluarga saat ini.

Jangan sampai keberadaan investasi bukannya untuk meningkatkan kualitas finansial tapi justru membuat kamu kalap dan lupa dengan prioritas lainnya. Ingat investasi hanyalah sebuah sumber penghasilan lain bukan utama. Jadi bijak-bijak dalam memperlakukan investasi.

Baca Juga: Investasi Ini Paling Pas Buat Generasi Sandwich, Dijamin Anti Stres