Single Parent Wajib Punya Asuransi Ini Biar Keuangan Aman, Hidup juga Tenang

Melindungi dan memenuhi kebutuhan keluarga seorang diri sebagai seorang single parent memang tidak mudah. Selain tidak ada yang bisa diajak berdiskusi mengenai berbagai hal, single parent juga dituntut harus bisa memiliki kemampuan dalam memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh keluarga sebaik mereka yang masih memiliki pasangan.

Sulit? Tentu saja tapi bukan berarti tidak bisa. Sekarang segala kebutuhan bahkan sampai persiapan untuk masa depan sudah bisa dengan mudah di penuhi. Salah satu nya adalah dengan memiliki asuransi.

Nah, apakah Anda yang juga single parent sudah punya?

Kenapa sih punya asuransi itu wajib untuk single parent? Jawabannya asuransi penting untuk semua orang, termasuk single parent. Karena asuransi dapat membantu para single mom/dad dalam meng-cover biaya untuk beberapa kebutuhan seperti biaya pendidikan anak juga termasuk situasi darurat seperti pengobatan dan rawat inap ketika sakit dan juga santunan untuk anak ketika meninggal dunia.

Lebih jelasnya, ini dia jenis-jenis asuransi apa saja yang harus dimiliki para single parent untuk melindungi finansial pribadi dan keluarga:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Asuransi Jiwa

loader

Secara sederhana asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung seseorang atau keluarga terhadap kerugian finansial yang tidak terduga lantaran tertanggung meninggal dunia. Selain itu, ada beberapa produk asuransi jiwa yang bahkan bisa meng-cover utang yang ditanggung nasabahnya agar anggota keluarga yang ditinggalkan tida perlu menanggungnya.

Karena manfaat asuransi jiwa sendiri yang paling utama adalah dapat melindungi tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya kepala keluarga meninggal dunia akibat kecelakaan atau sebab apapun yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian.

Para single mom/dad bisa menganggap membeli asuransi jiwa adalah alternatif lain dalam menabung untuk bisa diwariskan ke anak atau cucu nantinya.

Baca Juga: 7 Langkah Penting Keuangan setelah Suami Meninggal Dunia

2. Asuransi Kesehatan

loader

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para nasabah asuransi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Jadi dengan adanya asuransi kesehatan, Anda para single parent tidak perlu lagi dikhawatirkan dengan biaya dadakan untuk pengobatan dan perawatan inap di rumah sakit jika ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami kecelakaan. Karena semua biaya sudah di-cover oleh asuransi.

Anda hanya cukup mencari produk asuransi yang pas dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Jangan lupa pilih produk asuransi kesehatan dengan sistem cashless agar Anda bisa langsung dilayani tanpa harus menyiapkan dana terlebih dahulu.

3. Asuransi Pendidikan

loader

Selain kesehatan hal yang persiapannya juga harus baik terutama dalam urusan biaya adalah pendidikan anak.

Menurut riset, rata-rata kenaikan (inflasi) biaya pendidikan 10-15% per tahun di Indonesia. Dengan tingginya kenaikkan ini, tentu saja orang tua diwajibkan untuk mampu mempersiapkannya secara matang agar cita-cita buah hati bisa tercapai dengan baik karena kebutuhan pendidikannya terpenuhi secara baik.

Untuk itu lah, agar kendala pada persiapan biaya pendidikan bisa diminimalisir sekecil mungkin asuransi pendidikan menjadi elemen penting yang wajib ada dalam perencanaan persiapan biaya pendidikan setiap orang tua.

Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi atas pendidikan anak di masa depan yang disertai investasi. Alasan lain kenapa penting memiliki asuransi pendidikan adalah karena biaya pendidikan yang terus meningkat.

Manfaat utama asuransi pendidikan adalah bisa membuat orang tua memiliki simpanan yang cukup untuk membayar iuran ketika anak masuk sekolah. Selain itu ada perusahaan asuransi yang melanjutkan pemberian nafkah jika terjadi risiko seperti PHK, kecelakaan hingga cacat sampai meninggal dunia.

Baca Juga: Simak 8 Pilihan Investasi yang Tepat untuk Para Single Parent Buat Masa Depan

4. Asuransi Kendaraan

loader

Untuk single mom/dad yang memiliki kendaraan pribadi tentu wajib punya asuransi kendaraan. Gunanya tentu untuk melindungi keuangan dari kejadian tidak terduga yang bisa terjadi pada kendaraan Anda. Apalagi jika kendaraan tersebut digunakan secara aktif misalnya bekerja dan mengantar anak sekolah.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan untuk membuat pos pengeluaran atau dana darurat untuk biaya perbaikan kendaraan ketika rusak karena biayanya sudah ditanggung oleh asuransi.

Miliki Asuransinya, Sempurnakan Perencanaan Keuangannya

Keuangan yang sehat adalah keuangan yang memiliki elemen asuransi didalamnya. Mungkin sekarang biaya premi bulanan asuransi seakan menjadi beban dalam pos pengeluaran Anda saat ini.

Tapi hal itu bisa berubah seketika saat risiko terjadi, dimana asuransi justru menjadi alat utama dalam melindungi keuangan dari kebangkrutan dan pemborosan untuk meng-cover biaya yang harusnya keluar ketika risiko terjadi.

Jadi jangan ditunda-tunda yah untuk membeli asuransinya.

Baca Juga: Begini Strategi Atur Uang untuk Single Parent