10 Rekomendasi Taman Wisata di Jakarta, Seru dan Berkesan

Sebagai ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang sangat sibuk. Jakarta yang menjadi pusat ekonomi pun menyimpan berbagai daya tariknya sendiri, baik bagi masyarakatnya maupun para pendatang.
 
Banyak orang yang beranggapan bahwa Jakarta memiliki segalanya. Area perkantoran yang mewah, mal-mal besar, kuliner yang menggiurkan, dan tempat wisata yang bermacam jenisnya. Tak heran jika Jakarta selalu menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi setiap sudutnya.

Tak hanya gedung pencakar langit dan jalanan beton, Jakarta juga memiliki hidden gem untuk tempat wisata. Tempat-tempat ini juga semacam gateway untuk menghilangkan suntuk dan melepas penat dari hiruk pikuk Jakarta yang seakan tidak ada habisnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun telah berbenah agar tempat wisata yang ada di kota ini tidak ketinggalan zaman. Tak hanya dari pemerintah, pengelola swasta juga turut menghadirkan tempat wisata yang modern dan bisa dinikmati semua orang.

Pada akhirnya, Jakarta bukan hanya tempat “mencari uang”, tapi juga sebagai lokasi wisata yang menjanjikan. Dengan segala kemodernan dan pembangunan kota, Jakarta bisa menjadi tujuan wisata yang layak dikunjungi, baik untuk wisatawan dari luar kota maupun untuk warganya sendiri. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

Meski areanya tidak terlalu luas, Jakarta menyimpan puluhan destinasi wisata yang menarik dan unik. Lokasinya juga mudah dijangkau dan termasuk strategis.

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi. Beberapa tempat menyajikan tempat wisata yang lengkap, bisa dinikmati semua umur, dan kental dengan nuansa budaya Betawi yang khas. Berikut ulasannya.

1. Taman Impian Jaya Ancol

loader
Taman Impian Jaya Ancol via disway.id

Kompleks wisata ini wajib dikunjungi bersama keluarga. Di dalamnya terdapat sejumlah  destinasi wisata dengan temanya masing-masing.

Kamu dapat melihat fauna laut di Seaworld dan Ocean Dream Samudra serta melihat hewan lainnya di Faunaland Ancol. Anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang lucu di tempat ini. Untuk tempat rekreasi, Dufan merupakan pilihan yang wajib kamu datangi. Nikmati seluruh wahana yang seru dan menegangkan. Kamu juga bisa bersantai di pinggir Pantai Ancol sambil makan di restoran-restoran yang ada di sana.

2. Kota Tua Jakarta

loader
Kota Tua Jakarta via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke Kota Tua. Beberapa kali diperbarui, Kota Tua kini semakin nyaman untuk didatangi wisatawan.
Kamu bisa berfoto di depan bangunan tua yang ikonik, dan wisata kuliner di Cafe Batavia. Lanjutkan dengan berkunjung ke Museum Fatahillah untuk mempelajari sejarah Jakarta di masa lampau.  

Aktivitas dapat dilanjutkan dengan berkeliling Taman Fatahillah untuk foto-foto dan mencoba naik sepeda ontel. Malamnya, kamu bisa menikmati suasana Kali Besar yang indah dengan lampu-lampu yang menghiasinya. 

3.  Museum Macan

loader
Museum Macan via museummacan.org

Museum Macan juga harus masuk list ketika berwisata ke Jakarta. Ada ratusan koleksi seni modern dan kontemporer yang bisa kamu lihat di sini.

Hal yang membuat Museum Macan semakin seru dan hype adalah karena kamu bisa berfoto dan “berinteraksi” dengan karya seni yang dipamerkan. Selain itu, pengunjung tidak akan bosan jika pernah ke sini karena karya yang dipamerkan selalu diganti sesuai tema.

Pengunjung juga berkesempatan untuk melihat karya seni karya seniman luar negeri tanpa harus ke negaranya. Selain pameran, Museum Macan juga mengagendakan kegiatan-kegiatan seru yang dapat diikuti oleh anak-anak.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole

4. Kebun Binatang Ragunan

loader

Satu-satunya kebun binatang outdoor di Jakarta ini memberikan pengalaman wisata yang cocok untuk didatangi bersama keluarga. Pengunjung bisa melihat ratusan hewan dari balik kandang yang terbuka.

Areanya juga sangat luas jadi kamu tidak akan cepat bosan. Selain dengan berjalan kaki, kamu juga bisa berkeliling dengan meminjam sepeda atau naik mobil yang disediakan pengelola. 
Sambil berkeliling, sempatkan untuk piknik di area hutan yang teduh. Jangan lupa membuang sampah ke tempatnya, ya.

5. Jakarta Aquarium

loader

Selain Seaworld, kamu bisa melihat keindahan biota laut di Jakarta Aquarium. Di sini, pengunjung disediakan berbagai wahana yang bisa dicoba. Misalnya, Touch Pool yang memungkinkan pengunjung, khususnya anak-anak, menyentuh hewan laut secara langsung. Untuk yang dewasa, kamu bisa mencoba Aqua Trekking yang dipandu oleh instruktur profesional.

Ada juga Pearl of The South Sea yang menampilkan cerita tentang dunia bawah laut. Jangan lupa untuk mampir beli oleh-oleh di Ocean Wonders untuk keluarga dan kerabat. 

6. Taman Mini Indonesia Indah

loader

Salah satu tempat wisata legendaris di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga wajib didatangi. Di sini, pengunjung dapat melihat kebudayaan daerah dari seluruh Indonesia di satu tempat.

Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan tayana di Keong Emas, berkunjung ke Taman Budaya Tionghoa, dan naik Monorel Titan Samirono atau Kereta Gantung untuk menikmati pemandangan tanpa harus berjalan kaki.

TMII juga memiliki wahana kolam renang Snow Bay dan Teater 4D Motion yang cocok untuk anak-anak. Jadi, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana dan tempat rekreasi di satu tempat. Seru sekali, ya!

7. Hutan Kota GBK

loader
Hutan Kota GBK via photo.sindonews.com

Tak hanya sebagai tempat olahraga, Gelora Bung Karno (GBK) juga memiliki tempat wisata yang belakang sedang hype, yaitu Hutan Kota GBK. Pengunjung dapat piknik dan bercengkrama bersama keluarga dan teman sambil menikmati hutan yang bersanding dengan gedung pencakar langit.

Untuk piknik di sini, pengunjung diperbolehkan membawa karpet dan makanan sendiri. Pengunjung dapat melihat ikan di kolam atau sambil jogging di sini.  Waktu terbaik untuk mengunjungi Hutan Kota GBK adalah pagi hari dan sore hari agar cuaca tidak terlalu panas. Jika datang ke sini, pastikan untuk menggunakan baju yang nyaman dan jangan lupa jaga kebersihan.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Hits di Malang dan Biayanya

8. Hutan Mangrove PIK

loader
Hutan Mangrove PIK via jakartamangrove.co.id

Hutan Mangrove identik dengan suasana pesisir pantai yang luas dan asri. Ada beberapa hutan mangrove yang bisa dikunjungi, salahs atunya di Pantai Indah Kapuk (PIK).

Di sini, pengunjung bisa berfoto-foto di tengah rimbunnya hutan mangrove, menaiki perahu dan melihat biota alamnya lebih dekat, dan menjelajah wilayah perairan. Selain itu, Hutan Mangrove PIK juga menyediakan tempat bermalam yang recommended.

Pengunjung dapat menikmati sunset dari atas menara, menanam mangrove, dan mendapatkan informasi tentang manfaat pohon yang satu ini bagi kelestarian alam. Jika dilihat dari fasilitasnya, Hutan Mangrove PIK menawarkan wisata edukasi yang cukup lengkap untuk keluarga. 

9. Bounce Street Trampoline Park

Bounce Street Trampoline Park via traveloka.com loader
Bounce Street Trampoline Park via traveloka.com

Jika mencari tempat wisata indoor, lokasi ini sangat tepat. Menawarkan keseruan bermain trampoline, Bounce Street Trampoline Park cocok didatangi jika kamu ingin berwisata sekaligus olahraga.

Ada berbagai ukuran trampoline dan permainan yang bisa dicoba. Misalnya, Basketball Trampoline, Dodgeball Trampoline, dan Ninja Course. Meski mengutamakan aktivitas fisik, Bounce Street Trampoline Park bisa dinikmati semua umur. Jika suka dengan kegiatan yang seru, tempat ini wajib kamu kunjungi akhir pekan nanti.

10. Setu Babakan

loader
Setu Babakan via travel.detik.com

Jika ingin mengenal budaya Betawi lebih dalam, Setu Babakan dapat menjadi pilihan. Tempat ini sangat kental dengan budaya Betawi, mulai dari pintu masuk hingga ornamen yang ada di seluruh area Setu Babakan.

Begitu datang, pengunjung dapat mendengar alunan musik khas Betawi. Pengunjung bisa menikmati kuliner khas Betawi, seperti kerak telor, bir pletok, selendang mayang, dan masih banyak lagi

Selain itu, pengunjung bisa menjajal pakaian adat dan merasakan kehidupan otentik masyarakat Betawi. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukkan lenong yang menghibur di waktu-waktu tertentu.

Wisata Terlengkap Ada di Jakarta

Itu dia 10 rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Setiap tempat wisata memberikan keunikan tersendiri yang akan memberikan pengalaman seru.

Destinasi wisata tersebut juga dapat diakses dengan mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Sebelum datang, cek kembali jam operasional dan tarif masuk per orang.  Hindari waktu-waktu ramai agar kamu puas menikmati seluruh wahana  yang ada di sana. Sesuaikan juga outfit yang akan kamu pakai dengan destinasi yang akan dikunjungi.

Jadi, mana yang akan kamu kunjungi akhir pekan nanti?

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi di Akhir Tahu