Tips Memulai Bisnis Penyewaan Alat Fitness

KOMPAS.com - Bisnis penyewaan alat fitness dapat menjadi peluang bisnis yang menarik. Pasalnya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kebugaran tubuh.

Namun, sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Buat Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, simak ulasan menarik selengkapnya berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Tentukan Target Pasar

Pertama-tama, tentukan target pasar yang ingin dituju, caranya cari tahu konsumen potensial dari lini bisnis ini. Apakah bisnis ini ditujukan untuk orang yang sudah sering berolahraga atau untuk mereka yang baru memulai gaya hidup sehat? Apakah target pasar adalah perusahaan, kelompok fitness atau individu? Memahami target pasar akan membantu dalam menentukan jenis alat fitness yang harus disewakan.

2. Tetapkan Harga Sewa yang Kompetitif

Seperti yang sudah diketahui bersama, banyak konsumen yang pilih opsi sewa alat fitness karena harga beli alat fitness mahal. Per satu alat fitness harga belinya bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah, tergantung dari jenis dan merknya.

Orang-orang yang punya budget pas-pasan atau yang baru ingin belajar fitness di rumah tentunya tidak ingin mengeluarkan biaya sebesar itu. Nah, ini bisa jadi peluang baik untuk para pengusaha yang ingin menyewakan alat fitness.

Untuk menarik minat konsumen, coba tetapkan harga sewa yang pas. Jangan terlalu mahal, bagaimanapun pertimbangan utama konsumen ketika menyewa adalah biaya sewanya.

Jika biaya sewa beberapa kali saja sudah menyamai harga beli alat tersebut, otomatis banyak konsumen yang pilih membelinya. Untuk cari tahu harga sewa yang pas, tak ada salahnya untuk riset terlebih dahulu untuk cari tahu harga sewa rata-ratanya.

3. Pilih Jenis Alat Fitness yang Akan Disewakan

Pilihlah alat-alat fitness yang ingin disewakan dan pastikan alat-alat tersebut memiliki kualitas yang baik, tahan lama dan aman untuk digunakan. Jangan hanya memilih alat-alat yang populer tetapi pertimbangkan pula kebutuhan dari target pasar yang telah ditentukan.

Baca juga: Simak 5 Tips Peluang Usaha Studio Olahraga Berikut Ini

4. Prioritaskan Kepuasan Konsumen

Semurah, selengkap, dan berkualitas apapun alat yang disewakan semuanya akan sia-sia jika pelayanannya buruk. Cobalah untuk selalu ramah dan komunikatif pada setiap konsumen supaya mereka betah. Tak ada salahnya memberikan pelayanan extra seperti jasa pengiriman alat fitness ke rumah secara gratis.

Ingat, bukan hanya Anda yang membuka bisnis ini, ada banyak kompetitor lain di luar sana yang juga menyewakan alat fitness. Jangan sampai calon konsumen potensial lari ke tempat lain hanya karena pelayananya buruk ya!

5. Hitung Modal yang Diperlukan

Sebelum memulai Bisnis penyewaan alat fitness, perhitungkan biaya yang diperlukan, seperti biaya sewa tempat penyimpanan, biaya perawatan alat, dan sebagainya. Hal ini akan sangat membantu dalam menentukan harga sewa yang sesuai.

6. Penanganan Keluhan

Hal ini diperlukan mengingat terkadang ada beberapa hal yang tidak berjalan lancar. Contohnya saja keterlambatan pengiriman, alat fitness yang ternyata tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, dan sejenisnya.

Penanganan keluhan yang baik akan sangat penting supaya tidak mengecewakan konsumen. Tangani masalah yang tengah dialami konsumen secepat mungkin karena penanganan keluhan juga termasuk dalam bagian pelayanan.

7. Buat Kontrak Sewa yang Jelas

Buatlah kontrak sewa yang jelas dan transparan sebagai pengingat kedua belah pihak dan meminimalisir resiko. Kontrak ini harus mencakup harga sewa, masa sewa, jaminan, dan syarat-syarat lainnya. Kontrak tersebut harus disepakati oleh kedua belah pihak tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

8. Promosikan Tempat Rental Alat Fitness yang Dikelola

Terakhir promosikan bisnis tersebut agar dapat dikenal oleh masyarakat apalagi jika bisnis tersebut baru. Lakukan tahap launching dengan menggelar sebuah acara meriah guna menggaet konsumen baru, berikan promo menarik di masa awal-awal ini.

Gunakan media sosial, brosur, dan iklan online untuk mempromosikan bisnis. Berikan penawaran menarik dan diskon khusus untuk meningkatkan minat calon penyewa.

Di samping itu, rekomendasi alat fitness yang bisa disewakan yaitu treadmill, elliptical trainer, stationary bike, kettlebell, dan dumbbell. Bisnis penyewaan alat fitness merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan kebugaran. Untuk memulai bisnis ini, penting bagi Anda untuk memiliki keyakinan akan peluang yang ada. Kemudian pelajari tips dan rekomendasi alat yang tepat agar bisnis yang dikembangkan berjalan sesuai harapan.