Tips Mendaftar Asuransi Kesehatan bagi yang Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu

Asuransi kesehatan menjadi salah satu produk asuransi yang paling banyak digunakan. Layanan yang satu ini diharapkan bisa memberikan perlindungan terhadap kesehatan,  sehingga berbagai resiko kesehatan bisa diatasi dengan baik.  

Semakin tingginya risiko terhadap kesehatan juga menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan produk ini juga begitu tinggi dan semakin meningkat setiap tahunnya. Idealnya, penggunaan asuransi kesehatan ini dilakukan sedini mungkin, bahkan meski calon nasabah masih dalam kondisi yang sehat sekalipun. 

Namun pada kenyataannya, seringkali seseorang baru mencari asuransi ketika telah memiliki kondisi kesehatan tertentu. Hal ini patut disayangkan, mengingat kondisi kesehatan tertentu seperti ini seringkali dianggap sebagai resiko yang lebih tinggi bagi perusahaan asuransi. 

Lalu, apakah seseorang dengan kondisi kesehatan yang seperti ini masih bisa mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi kesehatan? 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tetap Berpeluang Mendapatkan Layanan Asuransi 

Perusahaan asuransi sangat mungkin menerima pendaftaran calon nasabah yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti ini,  namun hal ini biasanya dibarengi dengan beberapa persyaratan khusus. 

Persyaratan ini bisa saja dibuat dalam bentuk penambahan jumlah  premi yang harus dibayarkan oleh yang bersangkutan,  di mana yang bersangkutan harus membayar  jumlah premi yang lebih besar dari nilai premi untuk layanan reguler asuransi kesehatan.  

Atau, perusahaan asuransi juga bisa saja menerapkan biaya penyakit pre-existing condition, di mana perusahaan asuransi tidak menanggung sejumlah resiko terhadap penyakit tertentu hingga waktu yang ditentukan (masa tunggu).  

Dalam hal ini perusahaan asuransi akan menentukan periode masa tunggu hingga perlindungan asuransi tersebut berlaku. Jika terjadi resiko dan pengajuan klaim dilakukan sebelum masa tunggu ini berakhir,  maka perusahaan asuransi akan menolak  klaim tersebut.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk memudahkan  pendaftaran asuransi kesehatan bagi yang telah memiliki riwayat kesehatan tertentu: 

1. Kumpulkan Informasi yang Lengkap dari Beberapa Perusahaan Asuransi

loader

Pada dasarnya,  tidak semua perusahaan asuransi mau menerima pendaftaran untuk calon nasabah yang telah memiliki riwayat penyakit tertentu.  Namun meski begitu,  selalu ada kemungkinan perusahaan asuransi memiliki ketentuan khusus terkait dengan kondisi kesehatan tertentu seperti ini. 

Cobalah untuk mengumpulkan informasi terkait layanan asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan asuransi yang berbeda sekaligus  dan jangan hanya fokus pada satu perusahaan asuransi saja. 

Baca dan pahami semua ketentuan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi,  terutama terkait  aturan mengenai kondisi kesehatan tertentu dan juga persyaratan yang diterapkan oleh masing-masing perusahaan asuransi tersebut.  

Jika ada poin-poin yang kurang jelas,  tidak ada salahnya bertanya langsung kepada customer service atau bahkan staff perusahaan asuransi di cabang terdekat. 

Langkah ini juga akan sekaligus memberikan kesempatan yang luas untuk melihat produk asuransi mana yang lebih baik dan layak dijadikan sebagai pertimbangan.

 Lakukan perbandingan antara satu produk asuransi kesehatan dengan yang lainnya,  sebelum akhirnya menentukan salah satunya sebagai pilihan. Pilih produk asuransi yang paling tepat dan kedepannya bisa memberikan manfaat maksimal.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Penyakit Kritis

2. Sampaikan Informasi dengan Jujur

loader

Kejujuran menjadi salah satu poin penting dalam tahap pendaftaran asuransi kesehatan. Penting untuk selalu memberikan informasi data diri dan hal lainnya dengan benar dan jujur kepada pihak perusahaan.  

Hal ini akan mencegah terjadinya kesalah pahaman atau bahkan masalah-masalah rumit lainnya di kemudian hari.  Meski memiliki riwayat penyakit tertentu,  akan jauh lebih baik untuk berterus terang dalam menyampaikan hal tersebut saat melakukan pendaftaran asuransi kesehatan.

Kejujuran seperti ini akan memberikan rasa nyaman pada kedua belah pihak,  sehingga kelak pengajuan klaim bisa berjalan dengan lancar. Namun sebaliknya,  jika ada riwayat penyakit tertentu yang disembunyikan dari agen atau pihak perusahaan asuransi,  maka bukan tidak mungkin di kemudian hari resiko yang terkait dengan penyakit tersebut akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Penolakan klaim seperti ini tentu akan berakhir dengan kerugian, bahkan bisa saja dalam jumlah yang besar. 

Saat melakukan pendaftaran asuransi kesehatan,  sampaikan dengan terbuka kepada agen asuransi kondisi kesehatan secara detail. Hal ini akan mempermudah agen untuk membantu dan mengajukan layanan asuransi yang tepat dan benar-benar sesuai untuk kondisi kesehatan. 

Jika mendapatkan produk asuransi kesehatan yang tepat,  maka mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal tentu akan lebih mudah. 

Baca Juga: Mau Cari Asuransi Kesehatan yang Tepat? Perhatikan Ciri-cirinya

Berikan Informasi dengan Jujur dan Dapatkan Produk Asuransi Terbaik

Bagi yang memiliki kondisi kesehatan tertentu,  mendapatkan layanan asuransi bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Lakukan pendaftaran dengan cara yang tepat,  yakni dengan memberikan informasi yang benar sejak awal. Hal ini akan jauh lebih baik dan membuat proses pendaftaran asuransi menjadi mudah dan lancar. 

Baca Juga: Solusi Aktifkan BPJS Kesehatan yang Terblokir dan Menunggak