Tips Mendongkrak Pengembangan Bisnis Kerajinan Kayu

KOMPAS.com - Kerajinan dari bahan kayu menjadi produk yang sangat diminati masyarakat. Bahkan, kini banyak perajin yang mulai mengembangkan bisnisnya ke pasar mancanegara karena peluangnya yang terbuka lebar dan menjanjikan.

Inilah mengapa Anda harus bisa melihat dan menangkap peluang yang ada agar bisa tetap produktif dan semakin berkembang di masa depan.

Sebagai pelaku bisnis, tentunya banyak yang paham jika mempertahankan bisnis dan mengembangkannya bukan sesuatu yang mudah, terlebih untuk bisnis ekspor kerajinan kayu.

Agar operasional bisnis tetap berjalan optimal, Anda harus punya kemampuan dan pengalaman yang mumpuni. Untuk itulah, Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya dilakukan dalam pengembangan bisnis.

Sebagaimana diketahui, bisnis kerajinan kayu punya target market-nya sendiri, sehingga menyusun strategi menjadi hal terpenting. Hal ini demi mengembangkan bisnis dan membuat penjualan terus mengalami peningkatan.

Dirangkum dari Cermati.com, berikut ini beberapa tips mengembangkan bisnis kerajinan kayu yang bisa Anda coba terapkan :

1. Buat Perencanaan Bisnis

Dalam pengembangan bisnis kerajinan kayu, membuat perencanaan bisnis secara terperinci dan jelas menjadi hal yang penting. Perencanaan tersebut bisa dibuat dalam bentuk model bisnis atau proposal bisnis.

Agar nantinya bisa lebih memahami apa yang jadi visi - misi, target pasar, budget, dan lainnya. Selain itu, perencanaan bisnis juga bisa dijadikan sebagai media untuk memberikan informasi mengenai bisnis yang akan dikembangkan pada pihak-pihak terkait.

2. Riset pasar

Selain perencanaan, riset pasar juga termasuk bagian terpenting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan bisnis kerajinan kayu. Riset ini dapat dilakukan dengan membuat segmentasi pasar agar bisa mengetahui minat dan juga target konsumen.

Dengan begitu, produksi kerajinan kayu bisa dengan mudah mengikuti selera dari target konsumen di pasaran. Keberhasilan pemasaran produk ini tentunya tak lepas dari riset pasar yang telah dilakukan secara mendalam. Untuk itulah, setiap pelaku usaha dianjurkan agar jangan sampai melewatkan langkah ini.

3. Cari pemasok terpercaya

Langkah selanjutnya yang penting dilakukan dalam mengembangkan bisnis kerajinan kayu adalah mencari supplier terpercaya. Terpercaya dalam hal pengadaan bahan baku berkualitas, ketersediaan barang hingga soal harga yang bersahabat dan terjangkau.

Tanpa supplier terpercaya, akan sangat sulit menjaga ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan. Jika demikian, ini tentu akan membuat bisnis sulit berkembang di masa mendatang.

Meski sulit menemukan supplier terpercaya, namun bukan berarti tidak ada. Anda hanya perlu menemukannya dengan sungguh-sungguh.

Jika perlu, Anda bisa minta rekomendasi dari rekan atau orang lain yang memang bisa dipercaya untuk mendapatkan supplier yang cocok dan terpercaya.

4. Atur langkah promosi yang tepat

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting dilakukan dalam pengembangan bisnis kerajinan kayu adalah mengatur strategi promosi bisnis dengan tepat. Dalam hal ini, mempelajari seluk-beluk produk juga menjadi hal yang penting.

Termasuk mengetahui apa saja kelebihan maupun kekurangan produk tersebut. Strategi promosi bisa dilakukan baik melalui media offline maupun online, contoh dengan menggunakan platform media sosial. Ini dilakukan agar jangkauan bisnis bisa semakin luas.

Terlebih perkembangan teknologi digital saat ini sudah semakin pesat, dan media sosial menjadi jembatan yang mudah untuk menjangkau target market. Untuk itulah, jangan lewatkan kesempatan untuk promosi bisnis kerajinan kayu di sosial media.

5. Bangun branding

Dalam pengembangan bisnis, branding menjadi bagian yang tak boleh dilewatkan. Hal ini pun juga berlaku untuk bisnis kerajinan kayu.

Tentunya, Anda menginginkan produk bisa dikenal masyarakat luas dan meningkatkan jumlah penjualan, bukan? Oleh sebab itu, penting untuk membangun branding bisnis dengan kuat.

Ini menjadi salah satu strategi marketing yang bisa membantu masyarakat lebih mudah mengingat dan mengenal bisnis Anda. Terutama, untuk kalangan konsumen yang ditargetkan.

Branding membantu bisnis menjadi lebih mudah dikenal dan diingat target konsumen. Jadi, pastikan untuk melakukan branding bisnis tepat sasaran.

Baca juga: 10 Ide Bisnis yang Menguntungkan dan Ramah Lingkungan

6. Terus mengembangkan inovasi

Inovasi menjadi salah satu cara agar bisnis tetap berkembang mengikuti permintaan dan tren di masyarakat. Di bisnis kerajinan kayu, inovasi termasuk salah satu kunci dalam pengembangan bisnis.

Mengembangkan inovasi bisa dilakukan dengan melihat tren yang sedang booming di pasaran saat ini.

Selain tren, inovasi juga perlu didasari dari kebutuhan masyarakat akan produk yang punya nilai jual tinggi sekaligus menarik. Dengan begitu, bisnis tetap akan bisa mengikuti perkembangan yang ada.

7. Tonjolkan keunggulan produk

Sebagaimana diketahui, sekarang ini ada begitu banyak sekali jenis produk kerajinan kayu dengan berbagai bentuk dan jenis yang menarik. Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri dan persaingan produk di pasaran yang cukup ketat.

Agar produk kerajinan kayu yang diproduksi bisa bersaing di pasaran, maka penting untuk menonjolkan keunggulannya. Ini dinamakan unique selling point atau USP.

Produk yang memiliki USP akan dengan mudah menarik perhatian dari calon konsumen karena ciri khas yang dimiliki mampu membedakannya dengan produk kompetitor.

8. Kembangkan relasi bisnis

Dalam mengembangkan bisnis kerajinan kayu, relasi juga jadi bagian penting yang juga harus diperhatikan. Memiliki relasi bisnis yang luas bisa sangat membantu pengembangan bisnis.

Contohnya saja kemudahan mendapatkan supplier, informasi pengembangan bisnis, dan banyak lagi. Anda juga dapat dengan mudah memperoleh kesempatan lainnya yang lebih menguntungkan. Contohnya ikut pelatihan, berkumpul dengan komunitas, dan masih banyak lagi.

9. Atur pengelolaan keuangan

Langkah yang paling penting dan tak boleh dianggap sepele dalam pengembangan bisnis adalah mengelola keuangannya. Ini harus dilakukan dengan cermat dan teliti, demi keberlangsungan bisnis di masa mendatang.

Pasalnya, pengelolaan keuangan secara sehat menjadi salah satu poin penting yang mendukung kesuksesan bisnis. Jadi pastikan, keuangan bisnis benar-benar dikelola dengan maksimal.