Tips Menentukan Harga Jual Mobil Bekas

Mobil itu sama seperti gadget yang terus mengeluarkan modal dan tipe terbaru. Tidak melulu sebagai produk baru, penggantian tipe ini bisa jadi sebagai perbaikan dari tipe sebelumnya. Sebagai konsumen, kamu tentu ingin agar suatu hari nanti bisa menunggangi kendaraan baru dengan mesin yang tentunya lebih tangguh. 

Agar keinginan ini cepat terwujud, menjual kendaraan lama bisa menjadi opsi terbaik. Namun, berapakah harga jualnya supaya mobil cepat laku? Begini tips menentukan harga mobil bekas yang ingin dijual guna menarik perhatikan pembeli.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Tips Menentukan Harga Mobil Bekas yang Ingin Dijual

loader

  1. Kenali Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual

    Meski berasal dari merek dan jenis sama, harga jual mobil bekas bisa berbeda-beda. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi harga jual mobil itu sendiri. Sebut saja tahun pembuatan, tipe, tempat produksi, dan lokasi atau tempat menjual mobil.

    Agar harga jualnya pas, sebaiknya tanya harga jual mobil baru yang ingin dibeli nanti. Tanyakan apakah harga jualnya saat ini naik dari bulan sebelumnya atau malah turun. 

    Kalau memang turun, itu artinya harga jual mobil bekasnya tidak boleh ketinggian. Takutnya malah tidak laku. Lebih baik turunkan harganya sedikit supaya pembeli tertarik untuk melakukan negosiasi.

  2. Cek Kondisi Kendaraan Secara Menyeluruh

    Kondisi kendaraan sangat berpengaruh terhadap harga jualnya. Jika kondisinya baik atau bahkan mulus, kamu bisa menetapkan harga jual yang tinggi dan banyak pembeli mengantri untuk membelinya. Sebab, mobil tersebut tidak perlu “dipreteli” apa-apa, tinggal pakai saja.

    Sedangkan untuk mobil yang punya kekurangan, seperti bodi tergores, velg penyok, dan kaca pecah, harga jualnya sudah pasti lebih murah. Sebab, pembeli masih harus mengeluarkan uang tambahan untuk memperbaiki mobil sebelum akhirnya bisa dipakai untuk berkendara.

    Kalau memang mobil perlu perbaikan, segera bawa ke bengkel. Lakukan permak sedemikian rupa agar harga jualnya tinggi. 

  3. Cek harga pasaran mobil dengan tipe yang sama

    Tips menentukan harga jual mobil bekas selanjutnya adalah dengan mengecek harga pasaran mobil itu sendiri. Tentunya untuk mobil dengan jenis, tipe, dan tahun keluaran yang sama. Dari sini tentukan perkiraan harga untuk mobil bekas yang hendak dijual.

    Jangan lupa untuk cek harga competitor juga, ya! Karena yang menjual mobil dengan jenis, tipe, dan tahun keluaran sama itu ada banyak. Bahkan ada yang sampai buat promosi tertentu supaya mobilnya cepat laku.

    Bandingkan pula kondisi kendaraanmu dengan kompetitor. Kalau terbukti kondisi kendaraan milikmu lebih baik, maka bertahan dengan angka tinggi bukan menjadi persoalan. Pasti ada saja pembeli yang tertarik.

  4. Perhatikan Kondisi Perekonomian

    Seperti ombak yang mengalami pasang surut, begitu pula harga mobil. Ada kalanya harga jualnya naik, ada kalanya turun. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kondisi perekonomian di suatu negara dan banyaknya permintaan konsumen kala itu.

    Misalnya, menjelang libur hari raya atau libur sekolah, harga mobil biasanya jauh lebih mahal. Sedangkan harga mobil saat terjadi resesi perekonomian atau pandemi, umumnya jauh lebih murah karena permintaan atau kebutuhan akan transportasi menurun.

    Logikanya, siapa yang mau beli mobil saat pandemi seperti sekarang? Ada saja sebenarnya, tapi bisa dihitung pakai jari. Sebab, kebanyakan orang lebih mementingkan perut terlebih dulu daripada hal lain. 

  5. Aktif atau Tidaknya Pajak

    Mahal dan murahnya harga jual mobil bekas juga tidak lepas dari pengaruh keaktifan pajak. Harga jual mobil biasanya murah kalau pajaknya sudah mati dalam beberapa tahun. 

    Agar harga jualnya meningkat, ada baiknya perbarui pajak mobil setiap tahun. Memang, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, tapi setidaknya biaya ini akan tercover dengan harga jual mobil yang lebih tinggi. 

Butuh Kesabaran Saat Menjual Mobil Bekas

Menjual mobil bekas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Yang pasti, menjualnya butuh waktu yang lumayan lama karena tingginya tingkat persaingan. Akan lebih baik bila sabar saat menjual mobil bekas sampai akhirnya dipertemukan dengan pembeli yang pas.