Warna Cat Rumah yang Dapat Membuat Tidur Jadi Nyenyak

Selain melapisi dinding, penambahan cat juga bagus untuk menambah nilai estetika rumah.

Tapi, tahukah kamu kalau warna cat rumah dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang? Ya, warna cat rumah yang pas dapat membuatmu tidur lebih pulas di siang maupun malam hari.

Berikut beberapa rekomendasi warna cat rumah yang dapat dipertimbangkan.

Baca Juga: 5 Langkah Renovasi Kamar Tidur ala Korea dengan Budget Rp800 ribuan

Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Bisa Membuat Tidur Lebih Pulas

loader

Warna Cat

1. Putih

Putih adalah warna interior rumah yang paling banyak diminati. Warna ini memberikan efek tenang dan membuat mood yang tadinya jelek jadi sedikit lebih baik. Ketika mood membaik, kualitas tidur pun akan terjaga.

Kamu bisa memilih warna putih sebagai warna mayoritas di dalam kamar. Tambahkan sedikit sentuhan warna krem atau cokelat untuk ciptakan kesan yang lebih hangat.

2. Biru Muda

Mau kamar tidurmu kelihatan lebih klasik? Mudah saja, kamu bisa ganti warna cat dindingnya menjadi biru muda. Warna ini akan mengingatkanmu pada puluhan tahun sebelumnya, di mana warna biru menjadi warna favorit sebagian besar orang. 

Kamu bisa mengecat dinding kamar menjadi warna biru, sedangkan atapnya berwarna putih. Jadi, warnanya tidak monoton, tapi lebih bervariasi dan enak dipandang. 

Tidak hanya wanita, warna biru juga cocok untuk kamar tidur pria. Dengan penambahan sedikit warna abu-abu atau hitam untuk beberapa hiasan, seperti bingkai foto, maka kamarmu akan terlihat makin indah.

3. Cokelat Kayu Muda

Pemilihan warna cokelat pun tak kalah bagus untuk melapisi warna dinding kamarmu yang sudah mulai kusam. Warna cokelat dipercaya memberi efek sejuk, calming, dan homey, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidurmu.

Untuk mengetahui seperti apa jelasnya warna ini, kamu bisa lihat warna batang kayu setelah dipotong. Netral, tapi cukup bagus, kan?

Agar makin menarik, coba padukan warna ini dengan lantai kayu vinyl.

4. Abu Rokok

Warna ini terinspirasi dari warna awan saat langit mendung, dengan cuacanya yang dingin, tapi terkesan romantis. Tak heran warna ini masuk dalam referensi warna cat rumah yang membuat tidurmu jadi pulas.

Mengingat kontras warnanya tidak terang maupun gelap, kamu harus lebih hati-hati saat memilih atau memadukan warna ini dengan barang-barang lain. Sebab, warna ini cukup tricky. Kalau salah, maka kesan estetiknya akan hilang.

Untuk menghindari kesalahan, sebaiknya perbanyak referensi warna interior kamar tidur dari Pinterest atau Instagram.

5. Merah Muda

Banyak yang bilang kalau warna merah muda terlalu manis dan kewanitaan, tapi kenyataannya tidak selalu demikian. Warna ini justru sangat menenangkan saat dipandang, terutama sesaat sebelum tidur. Kamu pun jadi cepat terlelap.

Jangan biarkan warna ini mendominasi seisi kamar, ya! Cukup untuk melapisi dinding saja, sisanya kamu bisa padukan dengan warna lain agar kesannya lebih hidup. Misalnya dengan warna putih, abu-abu, atau hitam. 

Satu lagi, warna ini tak kalah tricky dengan warna abu rokok. Jadi, jangan asal memilih perpaduan warnanya. Lebih baik perbanyak referensi sambil bayangkan, jadi hasilnya tidak zonk.

6. Beige

Salah satu warna yang saat ini tengah diminati oleh banyak orang adalah beige. Penambahan warna beige menciptakan efek calming, nyaman, homey, dan diakhiri dengan sentuhan modern nan elegan. 

Warna ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan konsep kamar minimalis. Padukan dengan warna putih atau cokelat kayu muda agar semakin cantik!

Agar nilai estetikanya semakin maksimal, coba tambahkan lampu LED atau vintage di sudut kamar. Dengan begini, istirahatmu akan jadi lebih berkualitas.

7. Lavender

Jujur saja, warna ungu kurang diminati oleh orang mengingat kontras warnanya yang cukup terang. Namun, berbeda dengan ungu lavender. Warnanya masih masuk hitungan warna kalem, yang memberikan kesan tenang saat kamu tidur.

Selain menenangkan, warna ini kerap kali dikaitkan dengan jiwa seseorang yang misterius. Orangnya akrab, tapi agak menyembunyikan sesuatu.

Warna lavender ini bagus bila dipadukan dengan warna putih susu yang didapat dari warna kasur, poster, bingkai foto, atau furniture di dalam kamar.

Baca Juga: Rumah Tusuk Sate, Antara Mitos atau Fakta

Pilihlah Warna Sesuai Karaktermu

Itu dia beberapa pilihan warna cat dinding yang akan membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak atau pulas. Sebaiknya pilih warna yang sesuai dengan karaktermu, jadi warna tersebut terasa seperti menyatu denganmu setiap kali kamu melihatnya. 

Baca Juga: Estimasi Biaya Bikin Dapur Minimalis Modern Mewah, Intip Yuk!