Cara Memulai Bisnis Warung Makan dan Tips Suksesnya

Warung makan tentu bukan lagi sebuah bisnis yang baru, sebab bisnis yang satu ini sudah sejak lama digeluti banyak orang. Namun, sebagaimana bisnis kuliner lainnya, warung makan memang tak pernah sepi pembeli dan masih menjadi salah satu bisnis dengan prospek paling menjanjikan.

Makan merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi setiap harinya, inilah salah satu alasan mengapa bisnis warung makan masih selalu menggiurkan. Di luar sana, ada banyak orang yang setiap harinya mencari berbagai menu makanan, bahkan ini menjadi kebutuhan rutin.

Jika tertarik untuk membuka bisnis yang baru, tak ada salahnya untuk menjadikan bisnis warung makan ini sebagai pilihan. Selain prospeknya yang cerah, bisnis ini juga terbilang mudah untuk dijalankan, bahkan untuk pebisnis pemula sekalipun.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Rumah Makan, Dijamin Sukses!

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Cara Memulai Bisnis Warung Makan

loader

Warung Makan

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis warung makan ini juga harus direncanakan dengan matang. Hal ini penting, untuk memastikan bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik dan meminimalisir risiko kerugian sehingga kelak bisa mendatangkan keuntungan dalam keuangan.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis warung makan.

  1. Lakukan Riset Awal

    Saat akan memulai bisnis, riset adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis, termasuk bisnis warung makan. Lakukan sebuah riset kecil-kecilan untuk mengetahui bisnis ini secara lebih mendalam, agar kelak pengelolaannya menjadi lebih mudah.

    Riset ini bisa dimulai dengan cara mengumpulkan informasi tentang berbagai hal, seperti makanan apa saja yang sekiranya akan banyak diminati, bagaimana peluang keuntungan dari bisnis ini, bagaimana membuat layout warung makan yang nyaman dan kelihatan bersih, lokasi seperti apa yang cocok, dan yang lainnya.

    Jika sudah melakukan riset di atas, setidaknya akan jauh lebih mudah untuk menentukan target pasar dan juga hal lainnya. Ini akan membuat rencana dan proses pembangunan warung makan ini menjadi lebih jelas dari sebelumnya.

  2. Tentukan Target Pasar

    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar dari warung makan yang akan dibuka tersebut. Jangan lakukan hal ini dengan asal-asalan, sebab jika target pasar yang dijalankan dalam bisnis tidak tepat, maka bisa saja bisnis tersebut menjadi jalan di tempat.

    Penentuan target pasar ini akan menyesuaikan dengan beberapa hal lainnya, seperti pilihan menu, desain warung, dan bahkan lokasi warung makan itu sendiri. Jika menyasar anak muda, membuka warung makan dengan berbagai menu kekinian tentu bisa menjadi pertimbangan. Hal yang sama juga bisa dilakukan, jika ternyata target pasar yang disasar adalah orang kantoran.

    Target pasar ini juga akan menentukan harga jual yang bisa diterapkan pada berbagai menu makanan itu sendiri. Menjual makanan modern dengan berbagai menu mahal tentu tidak akan cocok untuk warung makan yang dibuka dekat sekolahan dan hanya menyasar anak sekolah sebagai pelanggan.

  3. Pilih Lokasi yang Tepat

    Masih berkaitan dengan poin di atas, pemilihan lokasi bisnis juga tak kalah pentingnya. Lokasi bisnis yang tepat akan membantu warung makan bisa mendapatkan pelanggan yang banyak sehingga bisnis ini bisa berkembang dengan pesat ke depannya.

    Pemilihan lokasi bisnis ini bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti target pasar yang dituju, kebersihan lingkungan sekitar, kondisi atau keramaian lingkungan sekitar, akses menuju lokasi warung, keamanan di sekitar warung, dan yang lainnya.

    Ada beberapa lokasi strategis yang bisa dijadikan pertimbangan, seperti lokasi sekitar kampus atau sekolah, daerah pemukiman yang ramai, lokasi sekitar pasar, daerah perkantoran atau pusat perbelanjaan, dan lainnya. Semakin ramai dan bagus lokasi bisnis, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan banyak juga akan makin besar.
  4. Tentukan Menu yang Dijual

    Setelah beberapa langkah di atas, maka gambaran tentang warung makan yang akan dibuka tentu sudah semakin jelas. Langkah selanjutnya adalah menentukan menu-menu apa saja yang akan dijual di warung tersebut, termasuk harganya juga.

    Pilihan menu ini tentu harus disesuaikan dengan target pasar yang disasar dalam bisnis ini sehingga berbagai makanan tersebut bisa laku terjual setiap harinya. Sediakan beberapa menu yang familiar dan biasanya disukai oleh banyak orang, sehingga siapa saja mau membelinya.

    Selain itu, sediakan juga satu atau dua menu unggulan yang bisa menjadi ciri khas warung makan itu sendiri. Jangan lupa untuk membuat menu yang variatif sehingga pelanggan tidak bosan untuk selalu datang untuk menikmati makan siang atau bahkan malam mereka di sana.

    Lakukan juga perhitungan yang tepat untuk semua biaya yang dikeluarkan pada masing-masing menu makanan sehingga harga jual yang tepat bisa ditemukan. Pastikan harga jual tersebut sesuai dan sudah menghasilkan sejumlah keuntungan, agar kelak bisnis ini bisa berjalan dengan lancar dan berumur panjang.

  5. Pemilihan dan Penyediaan Bahan Baku

    Mulailah merencanakan pengadaan bahan baku dalam bisnis warung makan ini dengan baik. Makanan yang lezat dan sehat tentu harus dibuat dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas baik, pastikan warung makan ini bisa mendapatkan bahan baku seperti itu.

    Cek apa saja bahan baku yang akan dibutuhkan harian, mingguan atau bahkan bulanan. Berbagai bahan baku yang segar seperti sayuran, tentu saja akan lebih baik jika dibeli setiap hari. Namun, untuk bahan baku yang tahan lama, seperti teh dan yang lainnya, membeli mingguan tentu tidak ada masalah.

    Rencanakan bagaimana pengadaan bahan baku ini (frekuensi pembeliannya) dan di mana akan dibeli sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah. Selain itu, hitung juga biaya yang akan dibutuhkan untuk membeli berbagai bahan baku tersebut, baik itu pembelian harian maupun pembelian lainnya.

  6. Tentukan Sistem Pemasaran dan Promosi

    Jangan lupa untuk merencanakan sistem pemasaran yang akan diterapkan dalam bisnis warung makan ini. Pemasaran dan promosi melalui media sosial tentu wajib dilakukan, agar bisnis ini bisa lebih mudah untuk dikenali orang-orang, sehingga peluang mendapatkan banyak pelanggan menjadi lebih banyak.

    Selain itu, lakukan juga kegiatan promosi secara berkala untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan yang baru. Misalnya, membagikan voucher diskon di hari tertentu, memberikan gratis minuman es teh di hari Sabtu, dan yang lainnya. Jangan lupa manfaatkan juga layanan pengantaran makanan online untuk memaksimalkan penjualan.

  7. Hitung dan Siapkan Modalnya

    Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis warung makan ini adalah menghitung modal. Ini akan menjadi hal yang mudah, apalagi jika sudah melakukan beberapa langkah di atas dengan tepat. Cek semua biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan warung makan ini dengan cermat.

    Jika semua biaya sudah dihitung, maka buatlah perkiraan berapa kira-kira modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Jangan lupa untuk menyiapkan modal dalam jumlah yang tepat, agar bisnis ini bisa dimulai dan berjalan dengan baik ke depannya.

Baca juga: Ingin Bisnis Kuliner Makin Untung? Gabung Grabfood Aja! Begini Cara Daftarnya

Tips Sukses Memulai Bisnis Warung Makan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis warung makan dengan sukses.

  • Pilih lokasi bisnis yang strategis dan sesuai dengan target pasar yang dituju, agar warung makan selalu ramai pembeli.
  • Sajikan berbagai menu yang variatif dan berbeda dari menu-menu yang sangat umum lainnya. Hal ini akan membuat pembeli selalu puas dan tidak pernah bosan untuk datang kembali.
  • Tentukan harga jual yang masuk akal, di mana harganya tidak terlalu mahal, tetapi tetap bisa mendatangkan keuntungan bagi keuangan.
  • Gunakan bahan baku yang berkualitas baik, sehingga makanan yang disajikan lezat dan sehat.
  • Selalu jaga kebersihan warung makan, peralatan yang digunakan, dan juga lokasi di sekitar warung.
  • Lakukan promosi yang tepat dan manfaatkan media sosial, agar bisnis ini bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  • Lakukan pemasaran online dengan memanfaatkan layanan aplikasi pengantaran makan sehingga peluang mendapatkan pangsa pasar yang luas bisa menjadi lebih besar.
  • Terima pembayaran nontunai, seperti lewat e-wallet maupun fasilitas pembayaran lainnya.

Baca juga: Dijamin Sukses, Ini 8 Cara Cerdas Memulai Usaha Sendiri di Rumah

Rencanakan dan Mulai Bisnis Warung Makan dengan Benar

Bisnis warung makan masih menjadi salah satu yang paling menjanjikan hingga saat ini. Meski terbilang mudah untuk dijalankan, bisnis yang satu ini memiliki prospek yang cukup cerah. Rencanakan dan mulai bisnis warung makan dengan cara yang benar, agar bisnis tersebut bisa mendatangkan banyak keuntungan.