Mengenal Istilah Withdraw di Dunia Trading dan Strategi Terbaik Menerapkannya

Dalam dunia trading, aktivitas pembelian atau penjualan aset menjadi hal yang wajar dilakukan. Agar bisa mendapatkan peluang keuntungan, sudah pasti trader perlu menyetorkan dana pada platform trading yang dipilihnya. Dengan begitu, mereka bisa membeli aset untuk diperdagangkan dengan nominal yang diinginkan.

Lalu, agar bisa mendapatkan kembali modal atau dana yang telah dikeluarkannya, trader perlu melakukan penarikan, atau dalam istilahnya biasa disebut sebagai withdraw. Sebagai hal yang kerap dilakukan oleh trader ketika melakukan perdagangan, istilah withdraw ini tentu penting untuk dipahami.

Withdraw sendiri memiliki berbagai jenis dan tujuan, serta cara dan strategi yang wajib diketahui oleh para trader. Barulah dengan begitu mereka bisa mampu menjalani aktivitas trading dengan optimal dan mampu mengambil langkah perdagangan yang terbaik.

Lalu, seperti apa penjelasan lengkap tentang istilah withdraw di dunia trading ini? Berikut adalah ulasannya.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Withdraw di Dunia Trading

loader

Melakukan Withdraw

Sebenarnya, istilah withdraw di dunia trading tidak sulit untuk dipahami. Sederhananya, withdraw adalah istilah yang mengacu pada proses penarikan dana dari rekening atau akun trading sesuai dengan syarat serta ketentuan pihak broker. Dengan kata lain, proses withdraw yang dilakukan oleh trader harus melalui mekanisme yang sudah ditentukan oleh pihak broker.

Selain itu, withdraw juga bisa diartikan sebagai tindakan pembatalan pembelian saham. Pada tahap ini, pihak investor atau trader mencairkan dana atau modal yang sebelumnya telah dijadikan sebagai deposit. Setelah melakukan withdraw atau penarikan, nominal dana yang dicairkan akan dikirimkan pada rekening yang dituju.

Perlu diingat bahwa transaksi penarikan dana ini membutuhkan waktu dan umumnya tak bisa dilakukan secara cepat. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 hari kerja agar proses penarikan ini berhasil dilakukan. Oleh karena itu, pahami bahwa dana yang ditarik melalui proses withdraw ini tidak bisa langsung diterima atau sampai di rekening tujuan.

Jenis Withdraw saat Trading

Setelah memahami pengertiannya, kamu juga perlu mengerti jika withdraw memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Withdraw Modal

    Sesuai namanya, penarikan modal ini adalah kegiatan mencairkan dana modal dengan dasar tujuan tertentu. Umumnya, jenis withdraw modal dilakukan dengan mengendapkan modal lebih dulu pada akun trading. Lalu, saat jumlahnya telah melebihi nilai deposit di awal, trader bakal melakukan penarikan.

  • Withdraw Profit

    Sementara untuk withdraw profit adalah kegiatan penarikan keuntungan yang berhasil didapat dari proses trading. Sebagai contoh, kamu membeli sebuah saham sebesar 10 juta. Lalu, di kemudian hari, nilainya telah meningkat sebesar 2 juta.

    Jika melakukan penarikan keuntungan sebesar 2 juta tersebut, kegiatan ini disebut sebagai withdraw profit. Intinya, proses penarikan ini masih menyisakan modal awal pada akun trading dan hanya merealisasikan keuntungan atau imbal hasil yang berhasil didapatkan saja.

Cara Melakukan Proses Withdraw

Dibanding investasi, risiko trading bisa dibilang lebih besar meski menawarkan potensi keuntungan yang relatif lebih besar. Karena itu, trader jenis ini cocok dilakukan oleh orang yang suka tantangan dan memiliki keahlian menganalisis instrumen. Di samping itu, aktivitas seperti melakukan withdraw di waktu yang tepat juga menjadi hal krusial agar mampu meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Berikut adalah cara melakukan withdraw secara umum pada aplikasi trading atau investasi digital.

  • Cek apakah seluruh transaksi sudah ditutup sebelum melakukan withdraw. Tujuannya karena broker menutup proses penarikan pada akun yang terlibat floating atau trading.
  • Di laman utama platform, pilih opsi withdraw yang akan membawamu pada bagian limit saldo yang dapat ditarik.
  • Tergantung dari kebijakan penyedia platform, batas minimal atau maksimal penarikan biasanya sudah ditentukan dan harus dipatuhi.
  • Selanjutnya, pilih nominal dana penarikan sesuai dengan nilai yang diinginkan.
  • Setelah itu, laman validasi akan muncul untuk memastikan keputusan penarikan. Biasanya, langkah ini dilengkapi dengan proses pengamanan melalui kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor seluler terdaftar.
  • Kemudian, selesaikan pesanan penarikan, dan tunggu withdraw diproses yang biasanya memakan waktu beberapa hari hingga dana diterima di rekening tujuan.

Tujuan Dilakukannya Withdraw

Berbeda dengan investasi, trading umumnya dilakukan oleh trader dengan tujuan meraih keuntungan dalam jangka pendek. Karena itu, intensitas deposit dan withdraw di dalamnya cenderung lebih sering.

Selain agar bisa mendapatkan dan merealisasikan keuntungan trading, ada beberapa tujuan lain dari melakukan withdraw dana, antara lain:

  1. Langkah Exit Plan

    Alasan pertama kenapa seseorang melakukan withdraw adalah untuk dijadikan sebagai exit plan. Exit plan atau exit strategy sendiri adalah penarikan seluruh modal investasi atau trading yang sudah ditanam pada instrumen tertentu. Langkah tersebut umumnya ditempuh karena merasa telah mendapatkan keuntungan maksimal, maupun ingin menghentikan risiko kerugian yang lebih besar lagi.

  2. Atur Ulang Strategi Trading

    Selain itu, tujuan lain kenapa withdraw dilakukan adalah untuk mengganti strategi trading atau investasi yang selama ini sudah dilakukan. Trader biasanya melakukan penarikan dana agar bisa mengaplikasikan strategi baru yang dirasa lebih ideal dan optimal. Agar mampu menjalankan strategi baru dengan tepat, langkah withdraw ini umumnya perlu dilakukan.

Lama Waktu Proses Withdraw

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, transaksi withdraw tidak bisa dilakukan dengan cepat dan membutuhkan beberapa waktu agar prosesnya bisa diselesaikan. Berbeda dengan transfer bank biasa, penarikan dana trading atau investasi membutuhkan waktu sekitar 2 hari kerja.

Sesuai dengan kebijakan BEI atau Bursa Efek Indonesia, penarikan atau withdraw mempunyai sistem T+2 atau butuh waktu 2 hari. Jadi, misalkan order penarikan dilakukan di hari Selasa, dana akan diterima di rekening tujuan di hari kamis.

Strategi Penting saat Lakukan Withdraw

Ketika hendak melakukan penarikan atau withdraw, terdapat 3 strategi yang penting untuk kamu pahami. Berikut penjelasannya.

  1. Periode

    Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan melakukan penarikan dana adalah terkait periode atau waktunya. Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus terkait waktu penarikan dana yang ingin kamu lakukan. Dengan kata lain, kegiatan penarikan dana bisa dilakukan kapan saja dengan bebas sesuai keinginan.

    Akan tetapi, ada baiknya jika kamu tepat memilih waktu saat ingin melakukannya. Cara yang terbaik dalam melakukan withdraw dana adalah di waktu atau periode yang konsisten, contohnya tiap minggu atau tiap bulan. Hindari melakukan penumpukan dana hingga jumlahnya terlampau besar karena berisiko memicu kerugian.

  2. Porsi

    Hal lain yang tak kalah krusial diperhatikan ketika akan melakukan withdraw dana adalah terkait porsi atau nominalnya. Kamu bisa menentukan nominal atau porsi dana tertentu yang akan dilakukan penarikan. Strategi ini bisa membentuk kebiasaan bagi trader agar tetap tenang dan tidak terburu-buru saat melakukan penarikan dana.

    Sebagai contoh, kamu mempunyai target penarikan dana sebesar 40 persen dari keuntungan. Jadi, jika memperoleh keuntungan 10 juta, kamu hanya akan melakukan penarikan sebesar 4 juta, sedangkan sisanya tetap dijadikan sebagai modal trading atau investasi selanjutnya.

  3. Orientasi Keuntungan

    Strategi terakhir yang perlu diketahui seputar langkah withdraw saat trading adalah orientasi keuntungan. Tentunya, setiap orang memiliki orientasi keuntungan yang berbeda-beda ketika sedang bertransaksi. Hal ini bisa ditentukan dari kondisi keuangan dan keinginanmu sebagai trader.

    Sebagai contoh, kamu mempunyai target keuntungan tiap bulan sebesar 7 juta saat melakukan trading. Artinya, apabila target keuntungan tersebut telah tercapai, kamu bisa melakukan penarikan. Pun jika nominal imbal hasil melebihi orientasi tersebut, nilai penarikan tetap dilakukan di angka 7 juta sementara sisanya dijadikan sebagai modal selanjutnya.

Jadi Langkah Menarik Dana ke Rekening Tabungan, Withdraw Penting Dipahami Trader

Sejatinya, penarikan atau withdraw adalah aktivitas yang wajib dipahami dan pasti dilakukan oleh trader ketika melakukan trading. Sederhananya, withdraw mengacu pada proses penarikan dana dari akun trading menuju rekening tabungan dan biasa dilakukan untuk merealisasikan keuntungan, menjadi exit strategy, atau sebagainya. Tentunya, ada baiknya kamu menetapkan sejumlah strategi dan aturan terkait penarikan dana ini agar aktivitas trading tidak terganggu, contohnya menentukan waktu, porsi, serta orientasi keuntungan.