Trading Saham Harian: Cara Kerja Hingga Tips Tradingnya Biar Cuan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan atau menambah aset keuangan. Selain bekerja atau berbisnis, kamu juga bisa berinvestasi di berbagai instrumen. Salah satu instumen investasi yang kini digandrungi masyarakat adalah saham.

Tak pandang gender, hampir di semua kalangan mulai dari pengusaha besar, karyawan, orang dewasa, hingga anak muda sekalipun berlomba-lomba ingin menjadi investor saham yang sukses.

Trading saham harian menjadi cara popular yang banyak investor lakukan sebab bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar dengan jangka waktu singkat, bahkan bisa dalam hitungan menit atau detik.

Sakin cepatnya memperoleh keuntungan yang besar, tak sedikit investor trading saham yang rela melepaskan status kepegawaiannya dan fokus menjadi trader saham harian.

Jika kamu ingin terjun atau mencoba trading saham harian, sebaiknya simak ulasan berikut terlebih dahulu mengenai cara kerja trading, rekomendasi hingga tips trading bias mendapatkan cuan yang maksimal.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Cara Kerja Trading Saham Harian

loader
Trading saham harian

Sederhananya, trading saham harian adalah kegiatan jual beli surat kepemilikan atas perusahaan maupun perseroan terbatas di sebuah platform dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya.

Akan tetapi ada beberapa poin penting yang menjadi gambaran cara kerja trading saham harian, antara lain:

1. Waktu yang Singkat

Meski trading bagian dari investasi, tapi keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Jika investasi, seseorang yang menyetorkan dananya hari ini, hasil keuntungannya bisa didapatkan dalam jangka waktu menengah dan pajang. Mulai dari 3, 5, dan 10 tahun.

Sementara itu, hasil dari trading bisa kamu peroleh dalam waktu singkat, yaitu harian. Contihnya, kamu setor dana ke platform trading pagi, kemudian kamu beli saham yang memberikan peluang cuan. Setelah, harga saham berada di titik tertinggi pada siang atau sore hari, maka kamu bisa langsung menjualnya.

2. Trader Wajib Menganalisa

Trading memang bisa memperoleh keuntungan yang banyak dan singkat. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan trading ini, tentu kamu tak bisa sembarangan menyetorkan dana atau memilih saham.

Kamu wajib melakukan analisa pasar terlebih dahulu, mulai dari melihat saham-saham yang berpotensi menguntungkan, hingga kapan waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham. Jika kamu tidak bisa menganalisa saham dengan tepat, jangan heran jika kamu akan mengalami kerugian.

3. Gunakan Prinsip Buy and Sell

Jika investasi saham dan membeli hari ini, kamu tidak bisa jual di hari yang sama. Sebab keuntungan saham baru bisa terlihat pada jangka waktu yang panjang, seperti beberapa bulan atau 1 tahun ke depan.

Beda halnya dengan trading. Trader harus menggunakan prinsip buy and sell. Artinya kamu membeli diwaktu harga murah, kemudian bisa menjualnya di hari yang sama jika harga sudah tinggi.

Level Trader Saham

Trader adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan trading saham harian. Trader saham ini terbagi menjadi lima level yang dikutip dari mncsekuritas.id, antara lain:

Level Trader

Penjelasan

Growth Investor

Trader dilatih disiplin dalam berinvestasi dengan melakukan pembelian saham secara rutin dalam periode waktu tertentu. Nominal pembeliannya tetap, meski harga saham naik turun.

Trend Following

Trader mulai membeli saham saat harga sudah mulai bergerak. Panduan yang biasa trader gunakan yaitu chart harian dan indicator Moving Average.

Swing Trader

Trader memanfaatkan naik turunnya harga saham sebagai area jual beli.

Day Trader

Trader memanfaatkan euphoria market yang ditandai dengan lonjakan harga dan volume untuk jual beli

Intraday Trader

Trader memanfaatkan volatilitas harga atau swing harga naik turun dalam satu hari.

Baca Juga: Buat Kamu Calon Investor Andal, Kenalan Dulu Yuk sama Apa Itu Pasar Saham

Rekomendasi Saham Harian untuk Trading

Sekarang ini banyak media-media yang memberikan informasi mengenai rekomendasi saham untuk trading, sehingga kamu bisa menemukan saham yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Dikutip dari situs idxchannel.com, ada beberapa emiten di sejumlah sektor yang memiliki peluang cuan, yaitu:

Sektor pertambangan

  • PT Vale Indonesia Tbk (INCO)
  • PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)
  • PT Timah Tbk (TINS)
  • PT Bukit Asam Tbk (PTBA)
  • PT Adaro Energy Tbk (ADRO)
  • PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

Sektor keuangan, khususnya perbankan

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk , Bank BRI (BBRI)
  • PT Bank Negara Indonesia Tbk , Bank BNI (BBNI)
  • PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)
  • PT Bank Central Asia Tbk , Bank BCA (BBCA).

Sektor property

  • PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)
  • PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)
  • PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Sektor telekomunikasi

  • PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Baca Juga: Swing Trading Saham: Pengertian, Taktik, dan Cara Mengatasi Risikonya

Tips Trading Biar Cuan Maksimal

loader
Trading saham harian

Bagi kamu yang baru saja ingin mencoba trading saham harian, tentunya tidak dianjurkan untuk trading sembarangan. Hal ini tentunya akan membuat modal yang kamu setorkan berujung sia-sia.

Untuk itu, sangat penting bagi setiap trader khususnya pemula untuk mengetahui berbagai tips trading saham harian biar bisa mendapatkan cuan yang maksimal, seperti berikut ini:

1. Gunakan di Aplikasi Trading Terpercaya

Mengingat sekarang ini banyak anak muda yang tergiur trading saham, pastinya ada juga oknum yang memanfaatkan situasi ini untuk meraup keuntungan dengan menciptakan platform yang mengatasnamakan aplikasi trading.

Kamu harus berhati-hati dan jangan mudah tertipu dengan aplikasi-aplikasi trading yang memberikan tawaran tidak masuk akal. Sebaiknya, kamu langsung gunakan aplikasi trading yang sudah terpercaya.

Berikut beberapa aplikasi trading saham harian yang sudah berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu:

  • Stockbit
  • RTI Business
  • IpotUltima – Indopremier
  • New Hots Mobile – Mirae Asset
  • Trading Saham Most Mobile – Terbaik
  • BIONS BNISekuritas
  • MNC Trader New
  • Ajaib
  • IPOT
  • Bibit
  • Bareksa

2. Pilih Saham yang Tepat

Setelah memilih platform, kamu juga wajib memilih saham yang tepat, seperti:

  • Saham Likuiditas

Pilihlah saham yang likuid atau memiliki volume tinggi, sehingga kamu bisa transaksi dengan jumlah yang besar juga. Tenang, harga sahamnya tidak berubah signifikan.

  • Sham Volatilitas

Trading saham harian, artinya kamu bisa melakukan jual beli di hari yang sama. Maka, kamu butuh pergerakan harga saham yang bergerak cepat menghasilkan untung. Pilihlah saham yang pergerakannya 3% atau lebih per harinya dan juga konsisten. Mudahnya, kamu bisa pilih saham berdasarkan nilai beta lebih dari +1.

3. Lakukan Trading dengan Sabar

Trading saham harian memang bisa memberikan kamu pundi-pundi yang lumayan dengan cepat. Akan tetapi, ini tidak bisa instan, apalagi kamu baru saja sebagai trader pemula. Pastinya, kamu akan mengalami kebingungan dalam memilih saham, salah beli saham, hingga mengalami kerugian.

Akan tetapi, kamu perlu bersabar untuk mencapai keuntungan yang besar. Anggaplah kejadian itu sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga.

4. Mulai dengan Modal Kecil

Meski trading sangat menjanjikan, kamu sebagai trader pemula jangan langsung menyetorkan atau transaksi dengan modal yang besar. Sebab, trading juga memiliki risiko yang tinggi.

Ambil langkah aman, yaitu memulai trading dengan modal kecil. Tak mengapa jika keuntungan yang diperoleh juga kecil, yang terpenting lakukan trading dengan benar agar hasilnya membukit. Dengan modal kecil ini juga tidak akan membuat kamu menyesal jika mengalami kerugian.

5. Pelajari Analisa Saham dengan Baik

Namanya trading, kamu wajib menganalisa saham terlebih dahulu sebelum transaksi jual beli guna memperoleh keuntungan. Pelajari analisa saham dengan baik mulai dari membaca pergerakan harga saham, waktu terbaik untuk transaksi dan perhitungan lainnya.

Kamu bisa belajar menganalisa saham ini di berbagai media seperti Instagram, tiktok hingga youtube. Sebab, sekarang ini banyak trader sukses yang membagikan kisahnya hingga trik jitu dalam bermain saham.

Lakukan Trading Saham Harian dengan Cerdas

Jangan hanya karena tergiur dengan keutnungan yang besar, kemudian kamu langsung bermain trading dengan modal besar. Sebaiknya lakukan trading saham harian dengan cerdas agar trading bisa berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal untuk kamu dari hari ke hari dan menjadikan kamu sebagai trader sukses.

Baca Juga: Trading Saham Halal atau Haram? Begini Hukumnya Menurut Islam dan Tips Trading Syariah