Wow! 9 Hal Tentang Kehamilan Ini Ternyata Hanya Mitos

Mitos seputar kehamilan

Ada banyak PR yang harus dilakukan wanita selama masa kehamilan. Selain menjaga gaya hidup, calon ibu harus tahu hal-hal apa saja yang dilarang dan tidak dilarang selama kehamilan untuk memastikan bahwa kondisi bayi selalu sehat. Ada banyak hal yang dipercaya tidak boleh dilakukan ibu hamil selama mengandung, seperti tidak boleh mengonsumsi sushi atau kafein.

Sebagai calon ibu, Anda perlu memilah-milah informasi yang disampaikan oleh masyarakat secara bijak. Sebagian besar informasi tersebut hanyalah mitos yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Adapun mitos kehamilan yang sering dipercaya di Indonesia, antara lain:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Diperbolehkan mengonsumsi anggur merah

Sebagian besar masyarakat percaya kalau anggur merah baik untuk kesehatan, terutama jika diminum dalam takaran yang pas. Hal ini tidak benar. Bagaimanapun juga, anggur merah mengandung alkohol yang dapat membahayakan kondisi janin, seperti memperbesar risiko terjadinya cacat fisik, gangguan mental, dan kerusakan sel-sel otak pada janin.

2. Dilarang mengecat rambut selama hamil

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh mengecat rambut? Mempercantik penampilan merupakan hal yang sangat lazim dilakukan oleh wanita, termasuk saat masa kehamilan. Hanya saja, wanita perlu memperhatikan bahan-bahan yang terdapat dalam produk kecantikan yang akan digunakan. Hindari bahan kimia yang mengandung merkuri, retinoid, dan zat berbahaya lainnya agar bayi dapat tumbuh sehat.

3. Mandi air tawas agar kulit bayi putih mulus

Sebagian orang percaya kalau air tawas dapat memutihkan dan menghaluskan kulit bayi, padahal tidak. Air tawas sangat berbahaya jika terkontaminasi dengan kulit bayi yang sangat tipis dan sensitif. Air tawas mengandung logam berat. Jika digunakan dalam jangka panjang dapat menimbulkan iritasi pada kulit, gangguan ginjal, hingga gangguan hati. Sebaiknya minta saran dari dokter terlebih dahulu sebelum Anda memandikan bayi dengan air tawas.

Baca Juga: Cara Gunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan

4. Tidak boleh memelihara kucing dan anjing

Mitos yang satu ini pasti sering Anda dengar. Bulu kucing dan anjing dianggap berbahaya, sehingga ibu hamil dilarang memelihara kucing dan anjing. Tidak dapat dipungkiri, kucing dan anjing memang membawa kuman penyakit yang membahayakan kesehatan, terutama jika kedua hewan mungil ini jarang dimandikan. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memelihara keduanya. Hanya saja, Anda perlu membuat jarak agar terhindar dari infeksi parasit.

5. Menambah porsi makan selama hamil

Banyak orang mengatakan kalau ibu hamil perlu menambah porsi makan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan calon bayi. Ini hanya mitos belaka. Anda tidak perlu makan terlalu banyak supaya kenyang. Namun, Anda perlu memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan tersebut mengandung gizi seimbang agar asupan gizi untuk diri sendiri dan bayi tercukupi dengan baik. Sesuaikan porsi makan dengan berat badan, tinggi badan, dan aktivitas sehari-hari.

6. Menghindari konsumsi makanan pedas

Jangan takut jika ingin mengonsumsi makanan pedas selama hamil. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan tingkat kepedasan makanan tersebut. Hindari makanan yang “terlalu” pedas karena dapat mengakibatkan heartburn dan diare berkepanjangan. Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi makanan pedas dan tidak terjadi efek apapun, Anda tidak perlu khawatir untuk menyantap makanan pedas.

7. Dilarang memeriksa gigi ke dokter gigi

Ibu hamil perlu memastikan kesehatan gigi dan mulut untuk menghindari pertumbuhan jamur yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Masalah gigi dan mulut juga menimbulkan potensi terjadinya serangan jantung dan menghambat aliran darah ke janin. Untuk itu, ibu perlu pay attention pada gigi dan mulut dengan cara rajin menyikat gigi dan menghindari penggunaan obat kumur agar rongga mulut terasa segar.

Baca Juga: 3 Tempat Melahirkan yang Nyaman dan Tepat

8. Meletakkan bawang putih atau peniti di tempat tidur

Bayi yang baru lahir rentan diganggu oleh jin dan makhluk halus. Agar tidak diganggu, ibu perlu menaruh bawang putih dan peniti di sekitar tempat tidur bayi. Hal yang satu ini hanyalah mitos yang tidak perlu dipercaya, terutama di era modern seperti sekarang. Bawang putih dan peniti sama sekali tidak bisa mengusir makhluk halus. Agar bayi tetap aman, Anda perlu standby 24 jam untuk memperhatikan kebutuhan bayi, terutama saat tidur.

9. Dilarang menggendong bayi di atas perut

Apakah benda yang diletakkan di atas perut membahayakan kondisi janin? Benar, tetapi Anda tidak perlu khawatir apalagi jika usia kehamilan masih di tri-semester pertama. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan cara menggendong bayi yang benar. Hindari membungkukkan pinggang dan punggung agar janin tidak merasa tertekan.

Jaga Calon Buah Hati dengan Cara yang Benar

Seiring berjalannya waktu, mitos-mitos tentang kehamilan sudah mulai diabaikan. Namun, beberapa ibu hamil masih saja percaya dan mengindahkan mitos tersebut. Padahal agar si buah hati tetap sehat, Anda perlu memastikan kondisi kesehatan diri sendiri terlebih dahulu, baik kesehatan jasmani maupun rohani.

Baca Juga: Ingin Periksa Kehamilan dan Bersalin dengan BPJS? Perhatikan Poin-Poin Ini