Youtuber Pemula, Begini 7 Tips Buat Video Biar Banyak yang Tonton

Menjadi seorang Youtuber merupakan cita-cita kebanyakan generasi milenial. Selain menyenangkan, memiliki waktu yang fleksibel,  profesi ini juga menjanjikan dari segi gaji lumayan besar

Bayangkan satu video saja bisa mendatangkan jutaan rupiah bahkan lebih kalau ternyata video tersebut ditonton oleh banyak orang. Sayangnya, mendapat penonton bukan hal yang mudah, terutama untuk Anda yang baru bergabung di platform ini. 

Tenang, nothing is impossible! Asal dibarengi dengan kerja keras dan beberapa tips-tips buat video di Youtube biar banyak orang yang menontonnya pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan tema yang menarik

tema
Tentukan tema yang menarik

Hal penting yang perlu dilakukan adalah menentukan tema video. Mulai seputar lifestyle, kecantikan, traveling, atau sekedar video tentang rutinitas harian. Tema penting untuk dijadikan sebagai acuan agar Channel Youtube Anda memiliki pembahasan yang terarah dengan baik.

Tak perlu bingung dalam menentukan tema untuk Youtube, Anda bisa memilih tema dari hal yang disuka selama ini. Contoh, bagi Anda yang memiliki hobi di dunia kecantikan, Anda bisa mencoba tema itu dan membahas ragam kosmetik, skincare, make up dan lainnya.

2. Video yang bermanfaat

Sebenarnya sah-sah saja bila ingin membuat dan mengunggah video seputar kehidupan atau rutinitas sehari-hari, tapi jangan terlalu sering. Sesekali buatlah konten yang bermanfaat bagi penonton, yang secara tidak langsung dapat memotivasi dan menginspirasi mereka untuk melakukan suatu hal.

Sebagai contoh, video masak-memasak, tips dekorasi rumah, tips hidup sehat, dan lain sebagainya. Intinya, Anda dapat menguasai konten tersebut dengan baik, sehingga informasinya dapat tersampaikan secara maksimal. 

Baca Juga: 10 Pekerjaan ‘Hip’ Ini Cocok Jadi Sampingan yang Menjanjikan

3. Buat judul yang bikin penasaran

judul
Judul yang bikin penasaran

Selain menarik, judul yang dibuat di Youtube harus mengundang rasa penasaran penonton. Kalau sudah penasaran, maka penonton manapun pasti ingin menonton video karena mereka ingin tahu isi video dari awal sampai akhir. Bila perlu, gunakan tombol capslock dan tanda baca seperti seru, tanya dan lainnya pada judul video, sehingga video semakin mengundang rasa penasaran.

Hindari judul yang terlalu panjang karena membacanya saja dapat menghabiskan waktu penonton. Apalagi Anda tahu kalau tidak semua orang suka membaca. Benar, kan? Lebih baik buat judul yang ringkas, tapi padat dan tentunya bikin penasaran

4. Jangan terlalu serius dan kaku

Seorang Youtuber itu tidak boleh terlalu serius apalagi kaku, karena ini dapat membuat jalannya video tegang dan membosankan. Akibatnya, tidak ada satu orang pun yang tertarik untuk menonton video, meskipun judul dan thumbnail dikemas secara menarik. 

Topik yang dibahas serius boleh-boleh saja, tapi usahakan untuk rileks dan santai selama proses perekaman. Dengan begitu, video yang dibuat enak ditonton. Kalau perlu, tambahkan backsound pada beberapa adegan yang dianggap unik dan lucu untuk mengundang tawa dari penonton.

5. Tambahkan link di video baru

link
Tambahkan link di video baru

Apabila jumlah penonton pada video-video sebelumnya masih sedikit, tidak ada salahnya untuk menambahkan link dari beberapa video tersebut pada video terbaru. Link bisa disisipkan pada kolom description, atau disematkan di bagian atas video yang sedang berjalan. Dengan mengklik link, maka penonton bisa langsung diarahkan menuju halaman video lama. 

Link yang dibagikan sebaiknya masih berhubungan dengan video yang baru diunggah, sehingga tercipta suatu kesinambungan. Dengan ini, penonton pun bisa mendapatkan ilmu atau informasi yang maksimal tentang tema yang dibagikan. 

Baca Juga: Kasus Youtuber Prank Ojol, Viral! ini Aturan Youtube yang Seharusnya Ditaati

6. Sertakan hashtag

Terkadang, mengetik judul video secara lengkap bukan jaminan kalau penonton bisa menemukan video yang dicari. Namun dengan penambahan hashtag, maka proses pencarian video menjadi lebih mudah. Sebab, penonton langsung disuguhkan dengan video yang menggunakan hashtag tersebut.

Apabila topik dari video yang diunggah sifatnya spesifik, tambahkan hashtag untuk memudahkan pencarian video. Anda bisa menambahkan 30-40 hashtag sekaligus pada setiap video di Youtube.

Manfaatkan tools Youtube, seperti Keywordtool.io, SEOChat, VidIQ, dan lain sebagainya untuk mengetahui hashtag yang paling sering digunakan atau lagi trending. Dengan demikian, video Anda bisa menjangkau jumlah penonton yang lebih banyak.

7. Bagikan atau promosikan video di sosial media

sosial media
Promosikan di sosial media

Jangan hanya menunggu sampai video ditonton oleh pengguna Youtube, ya! Apa salahnya untuk take the action dengan cara membagikan video tersebut ke sosial media agar jumlah penontonnya bertambah banyak. 

Membagikan video sangatlah mudah. Cukup dengan menekan tombol share di bagian bawah deskripsi, maka video akan langsung terpampang pada sosial media.

Satu lagi, jangan ragu meminta bantuan teman atau keluarga untuk membagikan video Anda ke akun sosial media miliknya. Ini terbukti sangat menguntungkan, terutama bila teman atau keluargamu mempunyai pengikut yang lumayan banyak.

Tingkatkan Kreativitas

Jangan hanya menunggu sampai keajaiban itu datang. Mulai berkarya membuat video untuk di posting di Channel Youtube dari sekarang. Selain itu, terus tingkatkan kreativitas Anda dalam menemukan topik-topik kekinian, yang dicari banyak orang dan jangan lupa kreatif dalam mengedit video. Dengan begitu, hasil video akan lebih menarik dan akan banyak orang yang menonton Youtube Anda.

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber