Yuk, Cari Tahu Apa Itu Google Forms, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Siapa yang tidak kenal dengan Google, salah satu perusahaan raksasa dunia yang tawarkan tak terhitung jasa dan produk internet bermanfaat bagi peradaban modern sekarang ini. Selain menyediakan mesin pencari situs di internet, Google juga memiliki beragam layanan lain yang tak kalah menariknya. Salah satunya adalah Google Forms yang juga sudah cukup banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk perusahaan besar.

Google Forms sendiri merupakan layanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei kuesioner, formulir, atau semacamnya dengan basis online atau digital. Dengan fungsinya tersebut, tak mengherankan jika banyak individu maupun perusahaan yang memanfaatkan layanan ini untuk berbagai keperluan. Seperti, membangun hubungan dan relasi bersama pelanggan, hingga mendapatkan hasil survei tentang suatu topik tertentu. 

Akan tetapi, bagi orang yang belum pernah menggunakan layanan Google Forms tentu akan merasa bingung dan tidak mengerti cara tepat memanfaatkannya secara efektif. Nah, buat kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Google Form, manfaat, dan cara membuatnya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Kenalan dengan Google Suite dan Segala Manfaat yang Diberikannya

Apa Itu Google Form?

loader

Apa Itu Google Form?

Secara umum, yang dimaksud dengan Google Form adalah sebuah layanan yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei, formulir berbasis online berisi pertanyaan, atau kuesioner, yang dapat dicustom oleh pembuatnya. 

Menggunakan layanan tersebut, kamu bisa dengan mudah mendapatkan jawaban atau data dari publik atau audiens yang mengisi survei tersebut secara langsung. Karena dilakukan secara online dan bisa diakses oleh siapa pun sesuai kehendak pembuatnya, Google Form merupakan layanan yang efektif dan praktis untuk memperoleh informasi tertentu. Cara membuat Google Form pun terbilang sangat sederhana dan pasti bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali asal memahami cara kerja komputer dan internet. 

Fungsi Google Form

Google Form adalah layanan yang menawarkan beragam manfaat dan kegunaan kepada penggunanya untuk berbagai keperluan, baik, bisnis, pekerjaan, atau perusahaan. Oleh karena itu, ketahui beberapa fungsi Google Form berikut ini.

  1. Membuat Kuesioner

    Salah satu fungsi utama dari layanan Google Form adalah untuk membuat kuesioner dalam bentuk formulir. Dalam formulir tersebut, kamu bisa mengisinya dengan kritik, ulasan, saran, umpan balik atau feedback, data evaluasi, sampai kebutuhan form untuk penelitian. Fungsi kuesioner dari Google Form ini sering kali digunakan pada bidang bisnis, pendidikan, dan juga penelitian ilmiah.

  2. Formulir Pendaftaran Kerja

    Fungsi kedua dari Google Form adalah untuk membuat formulir pendaftaran kerja. Akibat banyaknya perusahaan atau kantor yang menerapkan ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi sekarang ini, tak sedikit bidang pekerjaan saat ini yang menjalankan aktivitasnya secara online dan remote. 

    Hal tersebut membuat tak sedikit pula perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online dengan memanfaatkan layanan ini.

    Selain lebih praktis, cepat, fungsi dari Google Form tersebut juga mampu menjangkau lebih banyak pelamar dengan kualifikasi yang lebih mumpuni. Dengan begitu, perusahaan mampu mendapatkan sumber daya yang lebih berkualitas dan memaksimalkan operasional bisnisnya untuk meraih tujuan atau keuntungan.

  3. Lembar Kerja

    Google Form juga bisa dimanfaatkan untuk membuat formulir pengisian mengenai lembar kerja. Informasi atau data yang dipakai dalam formulir tersebut biasanya terkait form untuk mengunggah dokumen, pengerjaan tugas sekolah, baik dalam bentuk esai atau pilihan ganda, dan lainnya. 

  4. Pembelian Produk

    Terakhir, Google Form juga dapat digunakan untuk membuat formulir pembelian layanan atau produk. Dengan begitu, pengguna tak lagi harus mencatat hasil penjualan produk melalui media konvensional secara manual. Hal tersebut menjadikan pula seluruh informasi dari formulir tersebut bisa terekam dengan lebih baik, serta mudah untuk diakses. 

    Intinya, Google Form merupakan layanan yang berguna untuk memudahkan penggunanya dalam membuat serta mengoleksi maupun mengumpulkan data yang ingin didapatkan. Selain mudah dan praktis untuk dilakukan, penyimpanan data menggunakan layanan ini juga bersifat real time dan bisa diakses oleh siapa pun secara online. Jadi, kamu pun tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga, juga materi hanya untuk keperluan penyimpanan data, seperti, mencetak dokumen atau berkas, dan sebagainya.

Baca Juga: Enggak Ribet, Lapor Kejadian Apa Saja Bisa Lewat ‘Google Maps’

Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Praktis

loader

Cara Membuat Google Form

Adanya layanan Google Form di era modern dan serba digital seperti ini tentu amat penting dan mampu memudahkan berbagai aspek kehidupan. Tapi, bagaimana cara membuat Google Form ini dengan mudah dan praktis? 

Yang utama, kamu harus lebih dulu memiliki akun gmail agar bisa memanfaatkan layanan tersebut. Berikut adalah penjelasannya. 

  • Cara Membuat Kuesioner melalui Google Form

    1. Membuka layanan Google Forms, lalu tentukan template. Kamu bisa menyesuaikan template dengan keinginan atau selera, atau memilih template dasar atau blank dengan latar belakang putih polos. 
    2. Kemudian, isi judul. Kamu bisa melihat kotak dialog dengan tulisan “Untitled Form” yang mempunyai ukuran huruf cukup besar. Pilih kolom tersebut untuk menuliskan judul kuesionernya.
    3. Selesai mengisi judul, kamu bisa mengisi deskripsi pada kolom “form description” untuk menjelaskan tentang maksud dibuatnya kuesioner tersebut. Usahakan untuk mengisi kolom deskripsi tersebut dengan jelas dan rinci agar orang yang menerima kuesioner lebih mudah memahami tujuan dari formulir tersebut. 
    4. Lalu, kamu bisa mulai mengisi formulir kuesioner tersebut dengan pertanyaan di kolom “question” yang berada di bawah kolom deskripsi. Pengguna juga dapat menentukan jenis pertanyaan seperti apa yang bakal dibuatnya, apakah pilihan ganda atau esai pendek. Ada pula pilihan jawaban paragraph yang membuat pertanyaan bisa dijawab dengan jawaban yang lebih panjang.
    5. Terakhir, setelah mengisi seluruh pertanyaan yang ingin dimasukkan, kamu perlu mengirim kuesioner tersebut ke audiens yang telah ditentukan. 
  • Cara Membuat Formulir Pendaftaran melalui Google Form

    Membuat formulir pendaftaran via Google Form sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuesioner. 

    1. Menentukan template. 
    2. Kemudian, isi judul serta deskripsi formulir pendaftaran, dan susun pertanyaan yang ingin dimasukkan. 
    3. Namun, formulir pendaftaran dari Google Form ini biasanya tak memiliki opsi pilihan ganda selayaknya kuesioner, hanya esai pendek dan paragraf saja. Walaupun begitu, kalau memang diperlukan, kamu tetap bisa mengisi formulir tersebut dengan multiple choice. 
    4. Langkah terakhir, kirimkan formulir pendaftaran tersebut ke alamat e-mail yang dituju. Kamu juga bisa membagikan link atau tautan Google Form tersebut dengan cara copy link ke media sosial atau platform lainnya sesuai kebutuhan. 

Mudah, Praktis, dan Terkesan Modern, Sekarang Zamannya Buat Formulir Pakai Google Form

Itulah penjelasan mengenai apa itu Google Form, fungsi, dan cara membuatnya. Mudah dan praktis, membuat formulir menggunakan layanan tersebut juga bisa menjadikan perusahaan atau lembaga terlihat lebih modern dan melek teknologi. Jadi, sudah bukan zamannya lagi membuat formulir dengan cara konvensional yang mahal biaya karena sudah ada layanan dari Google ini 

Baca Juga: Ingin Hasilkan Cuan dari Google? Ikuti Cara Ini