Ingin Hasilkan Cuan dari Google? Ikuti Cara Ini

Perkembangan dunia digital saat ini terjadi begitu pesat dan menghasilkan cuan dari internet bukan sekedar bualan semata. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menghasilkan cuan, salah satunya dengan Google. Penasaran bagaimana caranya agar bisa cuan dengan bantuan Google? Yuk, simak ulasan berikut selengkapnya.

Cara mudah menghasilkan cuan dari Google

Ternyata selain sebagai produsen produk internet, Google pun juga menyediakan beragam opsi monetisasi. Dimana pengguna bisa mendapatkan penghasilan melalui platform yang disediakan oleh Google. Berikut beberapa cara menghasilkan cuan yang bisa dipelajari sesuai kebutuhan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Google AdSense

loader

Ini merupakan satu dari sekian layanan untuk pemasangan iklan milik Google. Layanan iklan ini memanfaatkan ruang di situs yang kamu miliki untuk menayangkan iklan. Umumnya, penyedia iklan yang menawar dengan nominal tertinggi, maka merek yang akan memperoleh ruang beriklan di website tersebut.

Nantinya, pemilik website akan dibayar sesuai jumlah views dan klik iklan tersebut. Itu sebabnya tampilan iklan cukup beragam, dari yang hanya teks tulisan dan gambar saja, hingga video interaktif. Semuanya sengaja didesain supaya bisa menyasar target audiens dengan tepat.

Nah, untuk menghasilkan cuan melalui Google AdSense sebenarnya cukup mudah. Tinggal isi formulir pengajuan di situs Google AdSense dengan lengkap, seperti alamat situs dan email aktif agar mudah dihubungi.

Pihak Google selanjutnya akan melakukan review website yang kamu miliki. Jika semua persyaratan terpenuhi, dalam waktu kurang lebih satu minggu, kabar baik akan segera diterima.

Baca Juga: Miliki Penghasilan Tambahan dari 8 Pekerjaan Ini

2. YouTube

loader

Berikutnya, cara menghasilkan cuan dari Google yakni melalui YouTube. Semenjak diakuisisi oleh Google di tahun 2006 lalu, YouTube telah menjelma jadi salah satu platform berbagi video terbesar dan terpopuler di seluruh dunia. Semua kalangan bahkan menggunakannya untuk mendapatkan hiburan atau berita terkini, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Dengan tren ini, kesempatan untuk bisa menghasilkan cuan dari YouTube pun terbuka semakin lebar. Lantas bagaimana caranya?

Karena memang basisnya video, tentu saja kamu perlu membuat konten video yang unik dan menarik untuk di unggah ke platform ini. Tinggal tentukan saja target audiens yang ingin diraih. Lalu, garap konten video secara serius dan terkonsep dengan niche tersebut.

Memang awalnya perlu menentukan konsep, membuat naskah, mencari sudut yang bagus untuk merekam video, mengedit video hingga layak tayang dan siap diunggah untuk dinikmati pemirsa. Tetapi semua hal yang merepotkan semua itu akan berbuah manis, dan membawamu membuka banyak kesempatan baru agar menghasilkan cuan.

Misalnya saja dengan mendaftar layanan YouTube AdSense, kerjasama dengan suatu brand, ikut program afiliasi, hingga jadi seorang influencer

3. Google Bisnisku 

loader

Layanan Google Bisnisku atau My Google Business punya banyak manfaat bagi sebuah bisnis. Pasalnya keberadaan suatu bisnis di laman hasil pencarian di Google menjadi sangat penting. Sebab, saat ini banyak pengguna di internet yang menjadikan Google alat praktis untuk menemukan bengkel, restoran, toko kue, coffee shop, dan bisnis-bisnis lainnya.

Bisa dikatakan, ketika bisnis kamu sulit dicari di Google, bisa jadi bisnis tersebut tidak pernah ada bahkan mungkin sudah bangkrut. Melalui Google Bisnisku, kamu bisa menciptakan profil untuk bisnis yang dijalankan dengan keterangan yang lebih detail. Dari mulai nama bisnis tersebut, jam operasional, update menu atau layanan (jika ada), akun media sosial, website, foto terkait hingga ulasan dari pelanggan. 

Kesemua informasi tersebut akan ditampilkan  berbentuk snippet menarik di sisi kanan hasil pencarian. Sehingga, bisnis pun terlihat lebih profesional dan meningkatkan reputasi bisnis hingga eksposur. Cara menghasilkan cuan dari layanan Google yang satu ini memang tidak secara langsung. 

Namun melalui jangkauan layanan Google Bisnisku, bisnis yang kamu jalankan setidaknya berpeluang besar menarik minat para calon pelanggan. Hal tersebut membuat konversi penjualan maupun datangnya pelanggan meningkat lebih besar, hingga cuan pun datang dengan sendirinya.

Baca Juga: Mau Dapat Uang Meski Hanya di Rumah? Ini Caranya!

4. Google PlayStore

loader

Cara berikutnya untuk menghasilkan cuan dari Google bisa dilakukan melalui toko aplikasi atau Play Store. Melihat tren yang berkembang saat ini, kesempatan untuk mendapatkan cuan dengan membuat aplikasi lalu dipasarkan melalui layanan Play Store milik Google masih terbilang besar. 

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kemampuan untuk pengembangan aplikasi dan semacamnya, maka cara ini tak boleh sampai dilewatkan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui Google Play, berikut diantaranya.

  • Pertama yakni dengan menjual sebuah aplikasi, langkah ini menjadi cara termudah untuk menghasilkan uang dari Google. Meskipun dalam prosesnya cukup banyak yang harus dipersiapkan. Seperti desain aplikasi, melengkapinya dengan fitur terbaik dan memiliki tampilan apik sehingga pengguna dengan senang hati merogoh koceknya untuk membeli aplikasi tersebut.
  • Berikutnya ada in-app purchases, dimana skema ini tidak menghasilkan cuan dengan direct selling. Sebab, pengguna aplikasi tetap bisa mendapatkan sekaligus menggunakan aplikasi tersebut secara gratis. Namun, kamu tetap bisa menjual berbagai elemen atau fitur tambahan di aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya ada in-app advertising, dimana skema satu ini menggratiskan aplikasinya untuk digunakan para penggunanya sesuka hati. Tapi jika ingin mendapatkan bonus maupun fitur tambahan lainnya, maka pengguna harus mau jika layar ponselnya penuh banner iklan atau nonton tayangan iklan sampai selesai.
  • Ditambah lagi ada skema subscription yang mengharuskan pengguna untuk membayar dengan biaya tertentu jika ingin menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka waktu tertentu. 
  • Terakhir adalah skema sponsorship, dimana pembiayaan dilakukan pihak ketiga yang berkepentingan penuh dengan aplikasi tersebut. 

5. Google Maps

loader

Meski tak dapat digolongkan cara menghasilkan cuan dari Google, namun insentif yang diperoleh tetap menarik bagi beberapa orang. Terlebih jika kamu salah seorang yang suka berwisata atau traveling.

Google Maps memberikan kesempatan bagi seluruh pengguna Google, siapapun, untuk berkontribusi untuk turut membuat platform geo-location yang dimilikinya berkembang. Kontribusi tersebut diwujudkan dengan mengisi konten di dalam peta digital tersebut. Misalnya, dengan menambahkan foto dari suatu lokasi, melakukan review tentang lokasi tersebut, memberi penilaian lokasi, menjawab pertanyaan seputar lokasi tertentu, hingga mengubah informasi keliru. 

Selain melengkapi konten mengenai sebuah tempat atau lokasi kamu juga dapat menambahkan keterangan atau lokasi baru dalam peta. Misalnya menambahkan informasi tentang makanan (jika temoay yang dimaksud ini sebuah restoran). Tidak lupa, kamu juga dapat mengecek fakta dari suatu lokasi, apakah benar atau hoax.

Setiap kontribusi yang kamu lakukan, akan ada poin imbalan berbeda. Nantinya, dari poin yang terkumpul kamu akan mendapatkan insentif yang berbeda. Seperti voucher menginap di hotel, potongan untuk tiket penerbangan atau kereta, bonus storage di Google Drive sampai 1TB, hingga kesempatan menjajal fitur paling anyar dari Google.

Cara Mudah Hasilkan Cuan dari Google, Pilih Platform yang Sesuai dan Tekuni dengan Serius

Demikian tadi beberapa layanan dari Google yang bisa membantu kamu untuk menghasilkan cuan. Jika memang serius, hal pertama adalah pilih platform yang sesuai. Lalu siapkan semua hal, mulai dari akun dengan nama yang unik, target audiens, konsep dan eksekusi yang matang. Mungkin di awal agak berat, namun jika kamu konsisten dan terus berkarya, maka jalan akan selalu ada.

Baca Juga: Mau Bisnis dengan Teman Kantor? Coba 7 Ide Bisnis Ini