Tentang Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan adalah sebuah jenis asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan selama Anda bepergian. Asuransi perjalanan memang tidak masuk kedalam jenis asuransi yang wajib dimiliki. Asuransi ini diutamakan untuk Anda yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang hanya melindungi ketika akan melakukan perjalanan saja.

Namun akhir-akhir ini produk asuransi perjalanan cukup populer dikalangan masyarakat dan sifatnya yang lebih fleksibel dibandingkan jenis asuransi lain membuat banyak masyarakat juga ikut memiliki produk asuransi perjalanan. Terutama yang hobi traveling dan yang pekerjaannya memang mewajibkan rutin melakukan perjalanan ke beberapa tempat. Berlibur memang merupakan kegiatan yang digemari setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jadwal kegiatan yang padat sehari-harinya. Bagi orang-orang sibuk, waktu berlibur haruslah digunakan secara eksklusif dan berkualitas. Beberapa orang memilih wisata ke luar negeri untuk mengisi waktu libur mereka.

Sebelum melakukan perjalanan liburan, biasanya kita akan mempersiapkan beberapa persiapan penting seperti izin cuti, booking tiket pesawat dan tempat penginapan, cek kesiapan paspor dan visa, serta mendaftar asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan digunakan untuk keperluan darurat apabila saat perjalanan keluar negeri tersebut, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda. Asuransi ini sifatnya amat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri supaya perjalanan Anda nyaman dan tidak merasa was-was.

Telah banyak negara yang mewajibkan kepada para turisnya untuk wajib memiliki asuransi perjalanan atau tidak diperbolehkan masuk apabila terbukti tidak terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.

Contohnya negara-negara di Amerika Eropa dan bahkan Asia yang sudah memberlakukan aturan wajib memiliki asuransi perjalanan ini ketika akan mengunjungi negaranya. Jadi jika ingin perjalanan Anda nyaman, lancar dan terlindungi maka terdaftar menjadi permilik asuransi perjalanan tentu sangat disarankan. Seperti layaknya pengajuan pinjaman online, Anda bisa mengajukan produk asuransi perjalanan lewat aplikasi cermati atau langsung melalui website cermati.

Asuransi perjalanan keluarga jika dilihat dari jenis termasuk dari group travel insurance. Asuransi perjalanan jenis ini akan melindungi perjalanan Anda dan Keluarga baik untuk perjalanan domestik atau internasional. Sama seperti asuransi perjalanan lainnya, asuransi perjalanan untuk keluarga ini juga menanggung biaya medis jika terjadi kecelakaan ketika melakukan perjalanan, kompensasi ketika perjalanan dibatalkan diluar kuasa, uang pengganti untuk barang yang hilang dan uang kematian.

Keuntungan lain membeli asuransi perjalanan sekaligus untuk keluarga adalah harganya lebih murah karena Anda hanya perlu membeli 1 polis asuransi tapi bisa melindungi seluruh anggota keluarga yang akan terlibat dalam perjalanan. Asuransi perjalanan untuk keluarga dapat dibeli oleh 2 orang dewasa dengan usia lebih dari 18 tahun atau untuk satu keluarga sekaligus yaitu terdiri ayah, ibu dan anak (maksimal anak yang dimiliki 3).

Visa schengen adalah visa yang di peruntukan untuk negara-negara di Eropa. Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa maka wajib memiliki visa schengen. Dengan memiliki visa schengen Anda akan dimudahkan untuk melakukan perjalanan ke beberapa negera di Eropa sekaligus.

Dengan memiliki visa schegen Anda tetap bisa melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa meskipun paspor Anda masih kosong tanpa ada history melakukan perjalanan keluar negeri sebelumnya. Asuransi Perjalanan untuk visa schengen wajib dimiliki untuk para pemilik visa schengen. Asuransi perjalanan visa schengen ini bisa melindungi Anda dari berbagai risiko perjalanan seperti biaya medis, kehilangan barang, keterlambatan penerbangan sampai ke isu teror dan kejahatan di negara yang dikunjungi.

Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan visa schengen:

  • Formulir Permohonan Visa Schengen: Formulir ini bisa didapatkan dari setiap loket kantor kedutaan yang negaranya menjadi tempat tujuan perjalanan. Bisa juga untuk langsung men-download dari website resmi kedutaan.
  • Pas Foto: Syarat ukuran pas foto untuk visa schengen adalah 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang putih, menggunakan pakaian formal, tidak memakai penutup kepala dan pastikan telinga Anda terlihat di foto.
  • Paspor: Siapkan paspor asli dan fotokopi yang ada stempelnya dengan batas waktu berlaku minimal selama 90 hari (3 bulan) setelah validitas visa yang diminta dengan sedikitnya 2 halaman visa kosong. Ini penting karena akan ditempeli stiker visa.
  • Asuransi Perjalanan: Memiliki visa schengen wajib memiliki asuransi perjalanan. Telah banyak asuransi perjalanan yang menyediakan jenis asuransi perjalanan untuk visa schengen.
  • Bukti Keuangan: Sertakan bukti keuangan, di mana bukti ini berupa rekening koran dengan jangka waktu selama 3 bulan terakhir. Anda dapat mencetaknya dan kemudian dilegalisir oleh pihak bank terkait. Saldo keuangan Anda harus sesuai dengan persyaratan saldo minimun yang ditetapkan oleh kantor kedutaan.
  • Bukti Reservasi Tiket Pesawat: Dalam melakukan perjalanan tentunya Anda memerlukan tiket. Reservasi tiket pesawat ini merupakan salah satu syarat untuk mengajukan visa schengen berbentuk lampiran. Reservasi tiket pesawat ini wajib sesuai dengan jadwal pulang-pergi.
  • Bukti Pemesanan Penginapan: Ini bisa didapatkan dari data pemesanan penginapan via online Anda. Selain bukti pemesanan penginapan, apabila selama di eropa akan menginap atau tinggal sementara di rumah saudara atau teman, wajib melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Wali Kota setempat, surat pernyataan dari pengundang yang mana isinya berapa lama akan tinggal di rumahnya mulai dari tanggal berapa akan menginap sampai dengan tanggal berapa akan meninggalkan tempat, surat jaminan kembali ke Indonesia dan fotokopi KTP serta bukti pembayaran pajak pengundang.
  • Surat Keterangan Kerja: Syarat ini dibutuhkan untuk membuktikan bahwa Anda terikat pekerjaan di negara asal dan tidak memiliki tujuan untuk kabur ke negara lain baik untuk alasan mencari kerja atau menjadi imigran gelap. Jika Anda seorang pengusaha wajib menyertakan SIUP atau surat izin profesi sesuai dengan bidang Anda.
  • Itinerary (Rencana Perjalanan): Ini untuk menunjukkan kemana saja negara yang akan Anda kunjungi, kota mana saja yang bakal Anda kunjungi, dari tanggal berapa sampai tanggal berapa Anda akan lama di negara apa, dan seterusnya. Rencana perjalanan wajib ditulis sedetail mungkin

Ikut program asuransi saat ini relatif gampang, apalagi dengan makin banyaknya broker asuransi secara online, namun demikian pemahaman terhadap manfaat asuransi yang seringkali belum begitu bagus. Jasa asuransi, sebagus apapun tentu saja memiliki pengecualian klaim asuransi pada suatu keadaan tertentu.

Misalnya saja, jika Anda mengalami kecelakaan yang mengharuskan Anda untuk dirawat di rumah sakit setempat, Anda mungkin merasa tenang karena Anda memiliki asuransi perjalanan, tetapi karena keadaan tertentu klaim asuransi tidak diterima oleh rumah sakit yang menangani Anda.

Jangan langsung menyalahkan perusahaan asuransi atau rumah sakit, karena bisa saja penyebabnya adalah keadaan saat Anda mengalami kecelakaan tersebut di luar cakupan polis asuransi. Beberapa hal umum yang menjadi pengecualian asuransi perjalanan akan dibahas berikut ini:

  • Musibah kecelakaan atau sakit yang dialami seseorang yang masuk dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan. Mabuk dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang memang termasuk dalam kategori sesuatu yang ilegal di beberapa Negara. Terlebih lagi jika Anda mabuk sambil mengendarai kendaraan atau melakukan hal yang berbahaya jika dilakukan dalam keadaan tidak sadar. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas saat Anda mengemudi dalam keadaan mabuk, kebanyakan rumah sakit tidak akan menerima klaim asuransi Anda. Pasalnya hal seperti ini dianggap sebagai kesalahan pribadi, jadi berpikirlah lagi jika Anda ingin minum-minum hingga mabuk.
  • Melakukan kecelakaan yang disengaja. Disengaja di sini maksudnya adalah jika Anda sengaja membuat diri Anda celaka untuk memperoleh uang asuransi perjalanan. Meski hal seperti ini jarang terjadi, tetapi sebaiknya tetap menjadi perhatian Anda dan jangan sekali-kali mencobanya.
  • Kondisi force majeure juga tidak akan membuat klaim asuransi Anda cair. Force majeure adalah kondisi di luar kemampuan Anda misalnya Anda terjebak dalam suatu huru-hara atau kerusuhan yang terjadi di Negara yang Anda datangi. Ada satu pengajuan yang bisa diambil, misalnya Anda sedang berlibur ke Thailand dan terjebak dalam kerusuhan kaus merah. Apabila Anda terluka dalam insiden tersebut, Anda tidak akan mendapatkan klaim asuransi meski Anda berada dalam situasi tersebut secara tidak sengaja. Untuk itu, sebisa mungkin jauhi berlibur ke daerah konflik dan jangan terlibat di segala bentuk kerusuhan yang terjadi di suatu Negara.
  • Apabila Anda sakit sebelum perjalanan dan Anda nekat dengan mengabaikan saran dokter, maka asuransi Anda juga tidak akan bisa cair. Alasannya jelas, mengabaikan anjuran dokter.
  • Selanjutnya adalah hamil dan keguguran. Meskipun Anda mengalami keguguran di Negara tujuan, Anda tetap tidak akan mendapat klaim asuransi karena dari awal melakukan perjalanan jauh saat sedang hamil memang sudah merupakan risiko besar. Pelajari dulu syarat-syarat dalam asuransi perjalanan agar Anda tetap terlindungi selama perjalanan ke luar negeri.
  • Jika Anda terlibat dalam olahraga profesional, misalnya balap mobil, sebaiknya Anda mencari asuransi tersendiri jika Anda ingin terlindungi ketika mengikuti olahraga professional saat di luar negeri. Terlibat dalam event olahraga dan dibayar ketika sedang berjalan-jalan adalah pengecualian untuk asuransi perjalanan.

Dibandingkan asuransi lainnya, mendaftar asuransi perjalanan lebih mudah dan cepat. Saat ini telah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan mendaftar asuransi perjalanan melalui internet. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengunjungi kantor asuransi bahkan sampai mencari-cari agent asuransi. Langkahnya cukup mudah seperti ini:

  • Kunjungi website perusahaan asuransi yang Anda pilih
  • Isi data diri secara lengkap
  • Pilih tempat tujuan perjalanan (domestik atau internasional)
  • Pilih tujuan dari perjalanan (wisata atau bisnis)
  • Pilih lamanya perjalanan (sekali perjalanan atau perjalanan rutin)
  • Lalu tinggal memilih jenis asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan (via transfer atau via kartu kredit)

Asuransi perjalanan tidak bisa dibeli ketika Anda telah berada di luar negeri. Karena sebelum melakukan perjalanan, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.

Cermati.com juga bisa menjadi tempat Anda untuk mengajukan asuransi perjalanan. Dengan mendaftar produk asuransi perjalanan di Cermati.com. Anda akan diberikan kemudahan untuk melihat dan membandingkan produk asuransi perjalanan apa yang cocok dan bahkan terbaik untuk Anda lengkap dengan info harga dan biaya preminya.

Cermati.com sendiri telah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asuransi perjalanan terbaik yang bisa Anda ajukan lengkap dengan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh website cermati.com. Cara mengajukannya pun mudah, karena proses berikutnya setelah pengisian data diri, pemilihan jenis, tujuan dan lama perjalanan sampai ke metode pembayaran akan dibantu oleh pihak cermati.com.

Pengetahuan tentang asuransi perjalanan mutlak diperlukan, sebelum Anda memilih produk asuransi perjalanan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan seperti uraian berikut ini:

  • Paham Besarnya Perlindungan yang Diberikan oleh Asuransi Perjalanan: Sebagai nasabah asuransi perjalanan, Anda harus meneliti secara detil hal apa saja yang ditanggung. Seringkali terjadi kondisi tumpang tindih alias dobel proteksi dari beberapa asuransi yang Anda miliki, sedangkan tertanggungnya sama. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki.

    Kami ambil contoh, Anda cukup membeli asuransi perjalanan yang menanggung kehilangan barang karena sudah memiliki asuransi jiwa sebelumnya daripada membeli 2 produk dengan proteksi yang sama.
  • Pahami Waktu Perlindungan Asuransi Perjalanan Anda: Idealnya Anda harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan mengingat Asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Jangan sampai Anda rugi kelebihan membayar premi akibat sudah pulang perjalanan tapi premi yang Anda bayarkan ternyata untuk masa asuransi melebihi masa perjalanan.
  • Luas Perlindungan: Wisata dengan risiko tinggi biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan. Misalnya saja olahraga ekstrem, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.
  • Kondisi Kesehatan Tertanggung: Pahami bahwa setiap tertanggung punya riwayat sakit dan pada umumnya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya Anda jujur, walau sekilas nampak menguntungkan menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya, saat terjadi klaim, bisa saja Anda ditolak.

    Perusahaan asuransi biasanya akan meminta rincian riwayat kesehatan yang justru mengakibatkan klaim ditolak, jika ketahuan Anda berbohong. Untuk menghindari hal ini maka sangat dianjurkan untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan pada tahap awal dengan sebenarnya sehingga kasus klaim ditolak tidak Anda alami.