Nissan melalui PT. Nissan Motor Indonesia berhasil meluncurkan varian terbari dari mobil MPV milik mereka yaitu Nissan Grand Livina pada Juni 2014 silam. Sejarah perkembangan mobil MPV milik Nissan di Indonesia tergolong sangat pesat. Hal ini terlihat jelas bahwa pada generasi pertama dari Nissan Grand Livina yang diluncurkan pada tahun 2007 silam saja sudah mendapatkan respon positif di hati masyarakat. Terlebih lagi sekarang ini Nissan telah meluncurkan mobil MPV ini dengan konsep Innovation That Excites (IE) andalan mereka. Seperti apakah mobil MPV milik Nissan ini ? Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut.

Desain Nissan Grand Livina

 

Dilihat dari desain eksteriornya, Nissan Grand Livina hadir dengan pesona yang sangat menawan dengan tampilan yang lebih fresh dan elegan serta lebih sporty atau biasa di kenal dengan luxurious. Jika di lihat dari keseluruhan body, Nissan telah memberikan inovasi yang sangat tepat pada mobil MPV miliknya ini baik itu pada bagian grill, bumper, headlamp, body samping, handle door, mirror, rearlamp, stop lamp, garnish dan lain sebagainya.

  

Interior Nissan Grand Livina

Interior Nissan Grand Livina

Sejalan dengan desain eksterior, ruang kabin milik Nissan Grand Livina pun tergolong istimewa. Hal ini dapat dirasakan berkat penggunakan seat material yang berkualitas dengan perpaduan warna yang sangat elegan. Selain itu, penempatan berbagai panel – penel instrumen di setiap sisi ruang kabin pun sangat praktis dan tepat sehingga dapat di jangkau dan digunakan dengan mudah. Yang cukup menari juga terdapat ruang bagasi yang sangat luas sehingga pengguna dapat membawa barang bawaan dengan jumlah yang lebih banyak.

Interior Nissan Grand Livina

Warna Nissan Grand Livina

Warna Nissan Grand Livina

Pilihan warna untuk mobil MPV milik Nissan ini tersedia dalam 5 model yaitu :

  • Black
  • Jade
  • Red
  • Silver
  • White

Fitur Nissan Grand Livina

Fitur Nissan Grand Livina

Tak hanya memiliki desain tampilan eksterior yang mewah dan elegan dan ruang kabin yang super nyaman. Nissan menyediakan berbagai fitur pendukung yang di jamin dapat meningkatkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi pengguna. Seperti pada fitur keamanan dan keselamatan, Nissan menyematkan fitur ABS, EBD, SA, Dual SRS AirBags, Rearview Camera, Sensor Parking dan lain sebagainya yang siap menemani hari – hari para pengguna mobil MPV ini.

 

Tipe / Jenis Nissan Grand Livina

Sebagai salah satu mobil MPV yang di idamkan keluarga Indonesia, Nissan Grand Livina hadir dengan banyak tipe yang dapat di pilih. Secara garis besar, mobil MPV milik Nissan ini terbagi ke dalam 2 model utama yaitu Grand Livina 1.5 dan Grand Livina 1.5 X-Gear. Ke dua tipe utama ini sama – sama menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc. Untuk model Grand Livina 1.5 terdiri dari 6 tipe yaitu tipe SV M/T, SV CVT, XV M/T, XV CVT, HWS CVT, dan HWS CVT Autech. Tipe ini memiliki ciri khusus yaitu pada bagian interior yang memiliki 2 warna yaitu Beige & Black kecuali tipe HWS CVT Autech yang mengikuti warna pada model Grand Livina X-Gear. Model Grand Livina X-Gear terdiri dari 2 tipe yaitu X-Gear M/T dan X-Gear CVT. Ke dua tipe pada model ini di tambah dengan tipe HWS CVT Autech memiliki desain 1 warna pada interior nya yaitu warna Black.

Sebagai pabrikan mobil yang cukup memiliki nama besar di Indonesia, Nissan memang benar – benar tahu selera masyarakat Indonesia. Hal ini dapat di rasakan dari banyaknya tipe yang di tawarkan. Pada setiap tipe pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dari total ke 8 tipe, pertama – tama dapat kita lihat perbedaa pada desain eksterior yang mana tipe SV M/T, SV CVT, XV M/T, XV CVT, dan HWS CVT memiliki desain grille yanng di balut dengan warna chrome. Sedangkan tipe X-Gear M/T, dan X-Gear CVT menggunakan grill yang di balut dengan warna Black Chrome SUV-Look. Dan tipe HWS CVT Autech memiliki desain grill yang paling berbeda yaitu mengunakan New Chrome By Autech. Perbedaan selanjutnya terdapat pada bagian Bumper yang mana tipe SV M/T, SV CVT, XV M/T, dan XV CVT menggunakan bumper Full Body Color, sedangkan tipe HWS CVT menggunakan bumper Sporty Aero, tipe HWS CVT Autech menggunakan bumper Elegant by Autech dan yang terakhir tipe X-Gear M/T dan X-Gear CVT menggunakan bumper Sporty with Black Under Protector. Namun sangat di sayangkan tipe SV (M/T & CVT) tidak memiliki foglamp sedangkan tipe HWS CVT Autech memiliki Foglamp baru dengan Chrome Finisher by Autech. Dan untuk tipe lainnya hanya menggunakan foglamp standar.

Selanjutnya perbedaan terlihat jelas pada bagian body mobil yaitu tipe SV (M/T & CVT) tidak memiliki body side molding sedangkan tipe XV, HWS menggunakan BSM with body color dan tipe X-Gear (All) menggunakan BSM berwarna hitam. Pada bagian outside door handle akan terlihat perbedaan yang mana tipe SV dan X-Gear baik M/T maupun CVT di desain dengan warna hitam sedangkan tipe XV dan HWS (All) memiliki handle berwarna hitam. Pada bagian outside door mirror, tipe SV, XV dan X-Gear (All) memiliki outside door mirror electric yang mengikuti warna body mobil sedangkan pada tipe HWS (All) memiliki outside door mirror electric yang mengikuti warna body mobil dengan ditambahkan Turning Lamp. Dari ke seluruhan perbedaan yang terdapat pada bagian eksterior, terdapat 1 aksesoris yang hanya dimiliki oleh tipe XV M/T dan XV CVT yaitu Mud Guard.

Sekarang kita lihat perbedaan pada ruang kabin. Semua tipe Nissan Grand Livina memiliki suasana ruang kabin yang berbeda – beda. Hal ini dapat di rasakan pada seat material yang di gunakan yang mana tipe SV, XV (M/T & CVT), dan HWS CVT menggunakan bahan Soft Fabric (Beige), sedangkan tipe X-Gear (All) menggunakan bahan Suede (Black) dan yang paling berbeda adalah tipe HWS CVT Autech yang mana tipe ini menggunakan bahan berwarna hitam dengan stitch putih. Center Cluster Finisher pada tipe SV, XV, dan X-Gear (All) menggunakan Silver Decoration sedangkan tipe HWS CVT sedikit lebih cantik dengan ditambahkan Wooden Panel. Namun kesan berbeda kembali di hadirkan oleh tipe HWS CVT Autech yang mana tipe ini menggunakan Center Cluster Finisher berwarna hitam dengan wooden panel. Perbedaan selanjutnya dapat di lihat pada bagian Spokes Steering Wheel yang mana tipe SV, XV dan X-Gear (All) menggunakan 3 Spokes terbaru dengan Urethane dan memiliki dekorasi berwarna silver. Berbeda dengan tipe HWS CVT Autech yang menggunakan Leather terbaru dengan Wrapped & Switch Audio Control.

Tipe SV (M/T dan CVT) telah memiliki rear AC Vent dengan Cup Holder dengan desain ring standar, sedangkan tipe lainnya telah di baluti dengan desain ring ac vent berwarna silver. Sementara itu, untuk sisi hiburan, tipe SV dan XV (All) hanya menggunakan audio unit 1 DIN Wide DVD, DVD Player, AM/FM, USB, Aux-in, Video Ouput, Remote Control dengan 10" Roof Mounted Monitor sedangkan tipe HWS dan X-Gear (All) telah menggunakan audio unit 2DIN Touch Screen Wide, AM/FM, USB, Aux-in, MP3, Video Output, Bluetooth, SD Card, Rear View Camera Input, Control for iPod/iPhone, CD/VCD/DVD Player dengan 10" Roof Mounted Monitor.

Beralih kebagian fitur keamanan dan keselamatan. Pada dasarnya setiap tipe Nissan Grand Livina telah memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang sangat lengkap. Pada setiap tipe telah di sediakan Seat Belt 1st dengan 3-Point ELR (x2) with Pre-tensioner, Seat Belt 2nd Row dengan 3-Point ELR (x2) + CTR 2-Point (x1), Seat Belt 3rd Row dengan 3-Point ELR (x2), Airbag pada Driver dan Front Passenger, Zone Body Concept, Side Impact Beam, Collapsible Steering Column, dan Keyless Entry with Alarm. Namun perbedaan pada fitur keamanan dan keselamatan dapat kita temui pada fitur Power Door Lock dengan sensor kecepatan yang mana fitur ini hanya tersedia pada tipe XV, HWS, dan X-Gear (All) saja. Selain itu, pada tipe XV (All) telah di lengkapi dengan Parking Sensor. Fitur ini tidak di miliki oleh tipe SV (All) namun telah di optimalisasi pada tipe HWS dan X-Gear (All) dengan penambahan Rear Parking Camera.

Selain perbedaan yang tersebut di atas, tipe – tipe Nissan Grand Livina juga memiliki perbedaan lainnya pada sektor mesin & transmisi, dan kaki – kaki. Pada sektor mesin & transmisi hanya terdapat perbedaan pada tipe trans misi yang di gunakan. Tipe SV CVT, XV CVT, HWS CVT, HWS CVT Autech, dan X-Gear CVT menggunakan transmisi tipe CVT sedangkan tipe SV M/T, XVM/T dan X-Gear M/T menggunakan transmisi tipe manual 5 percepatan. Untuk ukurannya, tipe SV (All) memiliki ukuran yang sama yaitu 1220 x 4485 x 1695 mm. Sedangkan untuk tipe XV (All) dan HWS (All) juga memiliki ukuran yang sama namun lebih lebar 50 mm daripada tipe SV yaitu 4485 x 1700 x 1595 mm. Dan yang terakhir adalah tipe X-Gear (All). Kedua tipe ini memiliki ukuran yang berbeda secara keseluruhan dari pada tipe – tipe lainnya. Untuk X-Gear M/T memiliki dimensi 4540 x 1730 x 1650 mm. Sedangkan tipe X-Gear CVT lebih lebar 5 mm dari pada tipe X-Gear M/T yaitu berdimensi 4540 x 1735 x 1650 mm. Tak hanya memiliki dimensi yang berbeda, bobot setiap mobil MPV ini pun berbeda – beda pula. Tipe XV CVT, HWS CVT, dan HWS CVT Autech memiliki bobot yang sama yaitu 1250 kg, sedangkan tipe SV M/T dan XV M/T 1220 kg, tipe SV CVT 1250 kg, tipe X-Gear M/T 1240 kg, dan tipe X-Gear CVT 1260 kg. Perbedaan selanjutnya terdapat pada ukuran ban yang mana tipe SV (All), XV (All) dan HWS CVT menggunakan ban berukuran 185/65 R 15 sedangkan tipe HWS CVT Autech, dan X-Gear (All) menggunakan ban berukuran 195/55 R 16.

Jika perhatian ulasan tersebut di atas, mungkin agak sulit melihat perbedaan setiap tipe – tipe Nissan Grand Livina. Oleh karena itu, kami telah menyusun perbedaan tipe – tipe Nissan Grand Livina tersebut pada tabel di bawah ini. Mari simak lebih lanjut.

Perbedaan Tipe – tipe Nissan Grand Livina

Pembeda

Tipe

SV M/T

SV CVT

XV M/T

XV CVT

HWS CVT

HWS CVT Autech

X-Gear M/T

X-Gear CVT

Eksterior

Grille Design

Chrome

New Chrome By Autech

Black Chrome SUV-Look

Bumper

Full Body Color

Sporty Aero

Elegant by Autech

Sporty with Black Under Protector

Foglamp

-

Ya

New with Chrome Finisher by Autech

Ya

Body Side Molding

-

Ya, with Body Color

Ya, With-Black Color Door Molding

Mud Guard

-

Ya

-

Outside Door Handle

Black

Body Color

Black

Outside Door Mirror

Electric, Body Color

Electric, Body Color + Turning Lamp

Electric, Body Color

Interior

Seat Material

Soft Fabric (Beige)

New Leather (Black + with White Stitch)

Suede (Black)

Center Cluster Finisher

Silver Decoration

Silver Decoration + Wooden Panel

New Black Wooden Panel

Silver Decoration

Spokes Steering Wheel

New 3 Spokes Urethane + Silver Decoration

New leather Wrapped & Switch Audio Control

New 3 Spokes Urethane + Silver Decoration

Rear AC Vent

Ya, with Cup Holder

Ya, with Cup Holder (Silver Ring AC Vent)

Headrest

Ya, 2nd Row

Ya, 2nd & 3rd Row

Ya, 2nd Row

Audio Unit

1 DIN Wide DVD, DVD Player, AM/FM, USB, Aux-in, Video Ouput, Remote Control

2DIN Touch Screen Wide, AM/FM, USB, Aux-in, MP3, Video Output, Bluetooth, SD Card, Rear View Camera Input, Control for iPod/iPhone, CD/VCD/DVD Player

Video System

10" Roof Mounted Monitor

Safety & Security

Seat Belt 1st Row

3-Point ELR (x2) with Pre-tensioner

Seat Belt 2nd Row

3-Point ELR (x2) + CTR 2-Point (x1)

Seat Belt 3rd Row

3-Point ELR (x2)

Airbag

Ya, (Driver, Front Passenger)

Zone Body Concept

Ya

Side Impact Beam

Ya

Collapsible Steering Column

Ya

Keyless Entry

Ya, with Alarm

Power Door Lock

-

Ya, with (Speed Sensor)

Parking Sensor

-

Ya

Ya, with Parking Camera

Transmision

Transmission

M/T 5-Speed

CVT

M/T 5-Speed

CVT

M/T 5-Speed

CVT

Dimention & Capacities

Turning radius (m)

5.5

Fuel Capacity (litres)

52.4

Curb Weight (kg)

1220

1250

1220

1250

1240

1260

Overall Length (mm)

4485

4540

Overall Width (mm)

1695

1700

1730

1735

Overall Height (mm)

1595

1650

Tyres

Tire Size

185/65 R15

195/55 R16

Brakes

System Brakes

Standard

ABS, EBD, dan BA

 

Spesifikasi Nissan Grand Livina

Untuk lebih jelasnya mengenai kemampuan mobil MPV milik Nissan ini, mari simak daftar Spesifikasi Nissan Grand Livina dibawah ini :

Spesifikasi Nissan Grand Livina

Mesin

 

  • Kode : New HR15DE
  • Tipe : 4 Cylinder Inline, 16 valve, DOHC and Twin VTC
  • Isi silinder : 1.498cc
  • Bore x Stroke : 78.0 x 78.4 mm
  • Daya Maksimum : 109 PS / 5600 rpm
  • Torsi Maksimum : 14.4 kgm / 4000 rpm
  • Fuel System : ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System)
  • Kapasitas Tangki : 52,4 L
  • Transmisi : HWS CVT

 

Dimensi

 

  • Jenis Rangka : Monocoque
  • P X L X T : 4485 x 1700 x 1650 mm
  • Jarak Poros Roda : 2600 mm
  • Berat : 1250 kg
  • Jarak Terendah : 175 mm
  • Radius Putar Minimum : 5.5 m

 

Suspensi / Kaki-Kaki

 

  • Sistem Kemudi : Rack & pinion with electric power steering
  • Suspensi Depan : MacPherson strut with stabilizer
  • Suspensi Belakang : Torsion Beam with stabilizer
  • Rem Depan : Ventilated disc
  • Rem Belakang : Drum
  • Ukuran Ban : 185/65 R15

 

Eksterior

 

  • Grille : Chrome Grille Design
  • Full Body : Color Bumper Design
  • High Mounted Stop Lamp : With (LED)
  • Rear Wiper : Ya
  • Outside Door Handle : Black
  • Outside Door Mirror : Electric, Body Color

 

Interior

 

  • Combi Meter : Analog New Design 2 Gauge Meter + Drive Computer (With Tachometer)
  • Seat Material : Soft Fabric (Beige)
  • Center Cluster Finisher : Silver Decoration
  • 3 Spokes Steering Wheel : New 3 Spokes Urethane + Silver Decoration
  • Power Window : Ya
  • Rear AC Vent : Cup Holder
  • Front Cup : Holder without Lid
  • 2nd Row Armrest with Cup Holder
  • 2nd Row Headrest
  • 3rd Row Seat Foldable Quick System

 

Fitur Keselamatan

  • Power Door Lock with (Speed Sensor)
  • Seat Belt 1st Row 3-Point ELR (x2) with Pre-tensioner
  • Seat Belt 2nd Row 3-Point ELR (x2) + 2-point ELR (x1)
  • Seat Belt 3rd Row 3-Point ELR (x2)
  • Airbag Driver
  • Airbag Front Passenger
  • Zone Body Concept
  • Side Impact Beam
  • Collapsible Steering Column
  • Keyless Entry with Alarm
  • Shock Sensor

 

Teknologi Mesin Nissan Grand Livina

Tak lengkap rasanya jika kita membahas suatu mobil tanpa mengetahui lebih jauh mengenai teknologi mesinnya. Nissan menggunakan mesin dengan tipe HR15DE berkapasitas 1498 cc dengan 16 katup pada 4 silinder berteknologi DOHC pada mobil MPV miliknya ini. Mesin ini telah mendukung teknologi Twin Dual Injector dan VTC sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 109 PS/5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 14.6 Kg-m/4.000 rpm. Selain itu, teknologi Twin Dual Injector dan VTC mampu menghemat konsumsi BBM lebih dari 13% dibandingkan generasi pertamanya.

 

 Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit nissan grand livina : 

Syarat Kredit Nissan Grand Livina

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil grand livina, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.