10 Cara Berpikir Positif di Kantor Agar Pekerjaan Selesai dengan Lancar

Setiap orang dalam menekuni pekerjaannya, mungkin saja tidak selalu berjalan dengan lancar. Sesekali Anda akan dihadapi kondisi yang tidak sesuai dengan rencana atau bahkan prediksi. Meski begitu, tetaplah berpikir positif dan tanggapi setiap kondisinya dengan cara yang tepat, sehingga Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap berpikir positif ketika bekerja di kantor yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Banyak Tersenyum

 

senyum
Banyak tersenyum

Menangani banyak pekerjaan setiap harinya, memang terkadang membuat kita menjadi bosan atau jenuh, apalagi pekerjaan yang dilakukan terlalu monoton. Rasa bosan enggan bekerja, lesu dan lainnya ini akan sangat terlihat jelas di wajah Anda. 

Agar energi positif datang menghampiri, awali hari dengan lebih ceria dan banyak tersenyum, sehingga aura positif bisa terpancar dari dalam diri Anda. Hal ini akan membuat lingkungan kerja terasa menjadi lebih menyenangkan dan jauh lebih nyaman. Dengan begitu pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

2. Jalin relasi yang baik dengan rekan kerja

Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja bukan hanya untuk memperluas jaringan saja, tapi juga bisa meningkatkan produktivitas kerja Anda di kantor. Biasakan diri bersikap terbuka atau berbaur, sehingga  kerjasama dengan mereka jadi lebih mudah terjalin. 

3. Pelajari Hal Baru

Rasa bosan menjadi salah satu tantangan terbesar dalam pekerjaan, apalagi jika Anda sudah ada di bidang tersebut untuk kurun waktu yang panjang. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan, mulailah mencari dan mempelajari berbagai hal baru di dalam hidup. Ini akan sangat berguna dan membuat Anda memiliki gairah kerja yang baru. 

4. Libatkan diri di setiap kegiatan kantor

 

gathering
Libatkan diri di setiap kegiatan di kantor

Jika selama ini Anda lebih banyak menutup diri dan menghindari berbagai kegiatan yang bersifat non-formal di dalam perusahaan, maka sudah saatnya berubah. 

Membuka diri kepada lingkungan dan orang-orang sekitar akan memberikan Anda pikiran yang lebih positif. Dampaknya Anda akan merasa lebih nyaman dan tenang selama bekerja.

5. Ciptakan meja kerja yang baru dan nyaman

Tampilan meja kerja yang membosankan dan berantakan juga bisa membuat Anda tidak semangat kerja. Pada dasarnya, tata letak meja kerja yang tidak pernah berubah memang membuat hari-hari menjadi monoton dan tampak begitu membosankan, apalagi jika meja kerja tidak rapi sama sekali. 

Ubah tampilan meja kerja dan tata kembali berbagai barang Anda dengan rapi. Jika perlu, singkirkan atau buang berbagai barang-barang yang sudah tidak diperlukan dan menggantinya dengan beberapa benda kecil baru yang akan memberikan semangat kerja. 

6. Tetap fokus dan atur pekerjaan dengan porsi tepat

Selama perusahaan berjalan, maka pekerjaan akan terus berdatangan. Namun, Anda tentu tidak bisa bekerja selama 24 jam. Biasakan untuk mengatur pekerjaan dengan tepat, di mana menyelesaikannya pekerjaan secara bertahap. 

Mulailah dengan pekerjaan yang paling penting dan harus segera diselesaikan, agar bisa fokus dan tidak mencampur-adukkannya dengan kerjaan yang lain. Cara ini akan membuat Anda lebih maksimal dalam bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu.

7. Tetap produktif dan kreatif

produktif
Tetap produktif dan kreatif

Tidak semua pekerjaan membutuhkan otot dan juga tenaga, sebab sebagian pekerjaan justru lebih mudah jika diselesaikan dengan cara yang simpel. Biasakan untuk mengasah kemampuan terbaik Anda di meja kerja, termasuk dengan menggunakan imajinasi dalam menghasilkan berbagai kreativitas yang baru. Hal ini akan membawa banyak ide cemerlang yang bisa bermanfaat untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan kantor.

8. Terus berproses menjadi lebih baik lagi

Meski sudah direncanakan dan dieksekusi dengan baik, hasil kerja bisa saja tidak sesuai dengan harapan. Kesalahan, kekeliruan, keterlambatan, dan berbagai hal lainnya selalu mungkin terjadi. 

Jangan biasakan untuk menyalahkan diri sendiri. Sebaiknya, belajar dari kesalahan dan memperbaiki diri di masa yang akan datang merupakan cara positif untuk berproses di dalam pekerjaan.

9. Jangan bawa pulang pekerjaan

Pekerjaan kantor bukanlah PR yang harus dibawa pulang dan diselesaikan sepanjang malam. Jangan pernah membawa pulang pekerjaan kantor Anda, apalagi jika Anda sudah berumah tangga. Selain mengganggu aktivitas bersama dengan keluarga, hal seperti ini juga akan membuat Anda tidak produktif keesokan harinya di kantor.

10. Nikmati cuti dengan maksimal

liburan
Nikmati cuti dengan maksimal

Jangan lupa untuk selalu mengambil cuti, sebab ini merupakan momen yang tepat untuk rehat sejenak dari rutinitas kantor. Anda bisa merencanakan liburan ke luar kota selama beberapa hari atau bahkan sekedar berkumpul dan menikmati waktu yang berkualitas bersama keluarga. Semua ini akan membuat energi positif Anda kembali penuh dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan baru dalam pekerjaan.

Bekerja Harus Dinikmati Sepenuh Hati

Beban kerja mungkin saja membuat Anda lelah dan merasa tidak menikmati hari dengan bahagia. Jangan biarkan hal seperti ini terus terjadi, sebab kondisi ini bisa membuat Anda menjadi tidak produktif bahkan bisa stres dengan pekerjaan. Alhasil pekerjaan terhambat dan tidak selesai tepat waktu.

Segera atasi semua tantangan kerja Anda dengan baik tentunya juga pikiran positif dan mulailah menikmati apapun pekerjaan yang dijalani sekarang, tapi usahakan pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini