10 Pelajaran Penting tentang Keuangan dari Itaewon Class

Itaewon Class menjadi salah satu drama Korea seru yang wajib kamu tonton. Banyaknya waktu luang selama masa pandemi, bisa kamu manfaatkan untuk menikmati drama populer yang satu ini. 

Selain akting Park Seo Joon dan juga Kim Da Mi yang menawan, kamu juga bisa memetik banyak pelajaran keuangan dari drama unik yang dikemas dalam 16 episode ini. 

Bukan hanya menghasilkan uang, Itaewon Class juga mengajarkan kita bagaimana pentingnya investasi di dalam keuangan. Pengelolaan uang dalam kurun waktu yang panjang, sehingga berbagai tujuan keuangan bisa dicapai dengan tepat sasaran. 

Drama yang dibalut dengan keseruan anak muda dan perjalanan kesuksesan bisnis yang menarik, pasti akan membuat kamu penasaran. Berikut ini adalah beberapa pelajaran penting tentang keuangan yang bisa kamu petik dari Itaewon Class:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Susun rencana keuangan jangka panjang dari awal

loader

Sama dengan serial lainnya yang mengusung cerita tentang pembalasan dendam dan juga bisnis, Itaewon Class juga disajikan dalam timeline yang terbilang panjang. 

Cerita ini dimulai dari Park Saeroyi yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA, namun sudah berambisi balas dendam kepada Chairman Jang yang menjadi pemilik Jangga Co. Secara gamblang dan lengkap, Saeroyi menyampaikan rencananya untuk mengalahkan orang tersebut dalam waktu 15 tahun ke depan. 

Saeroyi akan memulai rencana ini 7 tahun lagi dengan cara mendirikan pub kecil di kawasan Itaewon. Rencana tersebut hanya awal dan bagian kecil dari rencana balas dendamnya untuk 15 tahun ke depan. 

Hal yang sama juga perlu kamu lakukan di dalam keuangan. Kamu perlu merencanakan keuangan untuk jangka panjang, menentukan apa yang akan kamu capai dan bagaimana kelak kamu akan mencapainya dengan tepat sasaran.

2. Fokus pada kebutuhan, bukan keinginan

Itaewon Class juga mengajarkan kita untuk tampil dengan sederhana dan menggunakan uang hanya untuk kebutuhan yang penting saja. Dalam serial ini, kamu bisa melihat bagaimana para pemainnya tampil dengan pakaian yang simpel saja, termasuk Chairman Jang yang sudah memiliki banyak aset sekalipun. 

Saeroyi bahkan tidak memiliki kendaraan dalam perjuangannya mengumpulkan uang dan bepergian menggunakan bus saja. Dia lebih memilih menginvestasikan semua uangnya untuk mendapatkan keuntungan. Selalu dahulukan kebutuhan, bukan keinginan untuk membelanjakan uang pada hal-hal yang tidak penting. 

3. Beli asuransi jiwa saat sudah ada tanggungan

loader

Mr. Park telah menyediakan asuransi untuk tanggungannya, yakni Saeroyi. Ini hal yang patut dicontoh, sebab tak seorangpun bisa menebak apa yang akan terjadi esok. Uang pertanggungan inilah yang kelak membantu Saeroyi mencapai mimpinya untuk balas dendam, sekaligus mencapai kesuksesan di dalam hidupnya. 

Asuransi jiwa menjadi salah satu kebutuhan penting yang wajib diadakan di dalam keuangan, terutama jika kamu sudah memiliki tanggungan. Pilih asuransi jiwa murni dan sesuaikan nilai pertanggungannya dengan kebutuhan, agar kelak bisa memberikan manfaat maksimal. 

4. Tak ada yang instan

Kesuksesan investasi Saeroyi tak lepas dari tangan dingin Hu Jin yang bertransformasi menjadi seorang manajer investasi yang handal. Kesabaran Hu Jin membuat investasi tersebut sukses besar, bahkan hingga bisa mencapai hasil yang maksimal. 

Proses ini tentu tidak instan, sebab akan ada perputaran pasar saham yang memungkinkan harga naik-turun, sehingga untung dan rugi bisa terjadi kapan saja. Namun jika kamu sabar dan terus belajar dengan tekun seperti Hu Jin, maka investasi yang kamu kelola tentu akan bisa menghasilkan.

Baca Juga: Tips Investasi ala Drakor Ini Bisa Bikin Kamu Tajir Melintir

5. Mulai investasi dari yang kecil dulu

loader

Investasi tidak harus dilakukan dalam nilai besar sekaligus, hal inilah yang ditunjukkan Saeroyi ketika membangun DanBam untuk pertama kalinya. Pub kecil ini hanya berdiri di sebuah bangunan kecil pada awalnya. 

Namun seiring dengan berlalunya waktu, pub berkembang dan Saeroyi berani untuk membeli bangunan sendiri sebagai lokasi bisnisnya yang baru. Hal yang sama juga bisa kamu terapkan di dalam investasi, mulai saja dari nilai yang kecil terlebih dahulu.

6. Waktu terbaik memulai investasi saham adalah kemarin

Menunda investasi merupakan cara mudah untuk menghindari keuntungan. Jika kamu selalu menunggu hingga pintar, maka investasi akan selalu tertunda entah sampai kapan. Tentukan target dan strategi yang tepat, lalu mulai investasimu sekarang juga, itulah yang dilakukan Saeroyi saat bermain saham. 

Saat harga saham turun, maka kamu bisa melakukan lebih banyak pembelian. Sementara jika harganya mulai naik, maka kamu bisa melakukan pembelian dalam jumlah kecil dulu. Tetap fokus pada tujuan investasi, agar kamu tidak terburu-buru mengambil keputusan saat panik oleh kondisi pasar. 

7. Pelajari dan yakinlah pada fundamental perusahaan

loader

Memilih saham yang tepat memang sangat penting, inilah yang dilakukan Saeroyi ketika membeli saham Jangga Co. Meski sangat benci dengan pemiliknya, Saeroyi mengerti bahwa fundamental perusahaan tersebut kokoh dan sangat layak untuk dimiliki. 

Ini menjadi poin penting untuk kamu yang ingin melakukan investasi saham. Pelajari dan pilih saham dengan fundamental yang kuat, agar kamu bisa yakin untuk menyimpannya hingga kelak mendapatkan keuntungan maksimal. 

8. Orang gak perlu tahu berapa banyak uangmu

Itaewon Class juga menampilkan karakter nenek Soon Rie yang selalu ingin tahu urusan orang lain. Nenek yang jadi rentenir ini tampak lusuh dan hidup berantakan, meskipun pada kenyataannya justru jauh di luar dugaan. 

Penampilannya yang tidak meyakinkan pada akhirnya menipu banyak orang, sebab nenek Soon Rie pada akhirnya menjadi investor utama di perusahaan milik Saeroyi, IC co. Penampilan bukanlah yang utama, sebab pada kenyataannya orang-orang memang tak perlu tahu seberapa banyak uang yang kamu punya, bukan?

Baca Juga: Deretan Drama Korea yang Bisa Dijadikan Inspirasi Temukan Karir Impian

9. Reinvestasikan laba usaha secara konsisten

loader

Meski sudah memiliki uang yang banyak, Saeroyi baru membeli sebuah rumah dan mobil setelah mendirikan IC Co. Selama bertahun-tahun dia memilih untuk menginvestasikan kembali keuntungan investasinya. 

Hal ini membuatnya berhasil mengumpulkan lebih banyak uang. Reinvestasi memang bisa memberi banyak perbedaan di dalam keuangan, apalagi jika kamu memilih instrumen yang tepat. Biasakan untuk menginvestasikan kembali hasil investasimu, agar bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

10. Kesuksesan investasi tidak ditentukan usia

Saeroyi yang muda berhasil mengalahkan Chairman Jang yang sudah berumur dan memiliki pengalaman panjang di dunia bisnis. Pada kenyataannya, usia memang tidak menjadi jaminan kesuksesan dalam berinvestasi. Siapa saja bisa sukses, bahkan kapan saja. 

Hal ini sangat mungkin terjadi, jika sejak awal kamu sudah memiliki target dan strategi investasi yang tepat, lalu menerapkannya secara konsisten hingga menghasilkan keuntungan di dalam keuangan.

Belajar Sukses Mengelola Keuangan dari Itaewon Class

Drama Korea menyajikan banyak cerita seru, salah satunya Itaewon yang beberapa waktu lalu sempat populer. Bukan hanya karakter yang unik, kamu juga bisa memetik banyak pelajaran tentang keuangan dari drama ini. Nikmati waktu luang dengan menonton Itaewon, agar kamu bisa belajar tentang keuangan dan investasi saham dengan cara menyenangkan.

Baca Juga: 7 Ilmu Atur Uang Ini Inspirasi dari Drakor The World of The Married