10 Resolusi untuk Dilakukan di Tahun 2019 Agar Keluarga Semakin Harmonis

Setiap orang pastinya mendambakan sebuah keluarga yang selalu harmonis dan bahagia. Pernahkah Anda terpikir untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat keluarga Anda semakin harmonis?

Selagi masih berada di awal tahun 2018, Anda bisa membuat sebuah resolusi, namun kali ini bukan resolusi untuk karir, bisnis, perusahaan, atau pendidikan, melainkan resolusi untuk keluarga. Tujuan resolusi ini dibuat adalah supaya hubungan kekeluargaan masing-masing anggotanya semakin erat dan bahagia selalu. Apa saja resolusi tersebut? Berikut ini merupakan beberapa resolusi di tahun 2018 yang bisa mulai dilakukan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Berkumpul di Meja Makan

makan bersama keluarga  

Resolusi pertama, mulai lah dari hal yang paling mudah yaitu makan bersama. Jika mungkin pada tahun-tahun sebelumnya seluruh anggota keluarga jarang memiliki waktu untuk makan bersama di rumah karena aktivitas yang dimiliki masing-masing, maka untuk tahun ini usahakan sesering mungkin bisa melakukan makan bersama.

Seluruh anggota keluarga harus mau berkomitmen meluangkan waktu untuk makan bersama, baik di pagi hari, siang hari, atau malam hari. Pilih waktu yang paling tepat untuk semua anggota keluarga. Kebersamaan di meja makan dapat membuat perkembangan sosialisasi anak menjadi lebih baik.

2. Melaksanakan Ibadah

ibadah bersama

Anda juga bisa melakukan ibadah bersama dengan seluruh anggota keluarga. Misalnya, pergi ke gereja bersama pada hari Minggu bagi umat Kristen dan Katholik.

Bagi umat Islam, bisa melakukan shalat berjamaah bersama pada waktu yang memungkinkan. Waktu yang tepat biasanya shalat maghrib dan isya’ bersama, karena pada waktu tersebut kemungkinan seluruh anggota keluarga sudah berada di rumah. Selain meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan, ibadah bersama juga dapat meningkatkan keimanan.

3. Berkomitmen untuk Mengurangi Intensitas Penggunaan Gadget

mengurangi penggunaan gadget

Poin nomor 3 memang terkesan sedikit sepele. Padahal dampaknya juga besar bagi kebersamaan keluarga. Tidak bisa dipungkiri bahwa di era yang serba canggih seperti saat ini, kita lebih banyak berinteraksi dengan gadget daripada dengan orang di kehidupan nyata. Untuk mengurangi kebiasaan ini, sebaiknya buat sebuah komitmen untuk mengurangi intensitas pemakaian gadget.

Misalnya, di atas jam 7 malam seluruh anggota keluarga harus mematikan seluruh gadget-nya, atau mungkin yang sedikit lebih ringan, dilarang menggunakan gadget di atas meja makan. Kemudian waktu tersebut digunakan untuk berinteraksi satu sama lain, bermain bersama, atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Berlibur atau Berekreasi

liburan bersama keluarga

Setidaknya Anda harus berlibur bersama keluarga sekali dalam sebulan. Selain semakin mempererat hubungan satu sama lain, liburan juga dapat menghilangkan stres atau kejenuhan dari padatnya aktivitas sehari-hari. Liburan tidak harus pergi ke luar kota maupun ke luar negeri. Anda bisa menjadwalkan libur ke beberapa lokasi wisata yang ada di kota Anda. Bisa juga dengan makan malam bersama di luar rumah pada akhir pekan.

Baca Juga: 5 Kesepakatan Bersama Yang Menggoyahkan Kondisi Finansial Keluarga

5. Mengabadikan Momen ke Dalam Bentuk Foto

berfoto bersama keluarga

Jika Anda terbiasa melakukan selfie bersama teman-teman, Anda pun bisa melakukan hal seru tersebut bersama keluarga. Coba mengajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan foto bersama saat sedang santai di rumah atau saat pergi jalan-jalan di luar. Bisa juga dengan meluangkan waktu untuk pergi ke studio foto untuk membuat foto yang bisa dibingkai dan dipajang di rumah.

6. Melakukan Aktivitas Bersama

bermain bersama keluarga

Melakukan aktivitas bersama juga bisa membuat hubungan seluruh anggota keluarga semakin erat dan harmonis. Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak saja, namun orang tua juga tetap bisa ikut bermain bersama. Pilih permainan yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga, misalnya bermain kartu remi, dakon, kartu uno, dan masih banyak lainnya.

7. Menonton Film

menonton film bersama keluarga

Tidak hanya bersama dengan teman-teman kuliah atau kantor saja. Anda juga bisa menonton film bersama dengan keluarga, baik di bioskop atau pun di rumah. Jika ingin menghemat biaya, Anda bisa menonton DVD atau streaming film di rumah. Anda tidak harus menonton film terbaru saat ini.

Coba pilih beberapa film lama yang menawarkan cerita bagus yang cocok ditonton oleh semua anggota keluarga. Dengan menonton film bersama, Anda bisa tertawa atau merasakan suasana dan emosi pada film secara bersama-sama.

8. Merawat Tanaman

berkebun bersama

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan bersama ialah merawat tanaman yang ada di rumah bersama-sama. Selain membuat hubungan keluarga semakin erat, dengan merawat tanaman bersama akan membuat seluruh anggota keluarga mempunyai peran dan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa anggota keluarga bisa bertugas untuk memotong rumput, kemudian sisanya memberikan air di beberapa pot tanaman.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

9. Mencoba Resep Masakan

memasak bersama

Anda bisa mencoba membuat resep kue atau masakan yang selama ini belum sempat dicoba. Mulailah mencari beberapa resep tersebut di situs-situs memasak yang ada di internet. Setelah menentukan menu apa yang akan dibuat, Anda bisa membagi tugas pada masing-masing keluarga.

Misalnya, ada yang bertugas untuk mengocok telur, kemudian lainnya memotong daging, mengayak tepung, menyiapkan oven, dan lainnya. Setelah hidangan jadi, nikmati sambil menonton siaran televisi favorit.

10. Bermain Musik 

bermain musik bersama

Resolusi yang terakhir ialah bermain musik bersama-sama. Anggota keluarga yang bisa memainkan alat musik harus mengiringi anggota keluarga lainnya yang bernyanyi. Pilih lah lagu yang dimengerti dan disukai oleh hampir seluruh anggota keluarga. Hal ini akan memudahkan semuanya untuk bernyanyi bersama.

Komunikasi Terjalin dengan Baik

Sepuluh resolusi di atas bisa dicoba agar keluarga Anda bisa semakin harmonis dan selalu bahagia. Dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan di atas, komunikasi antar anggota keluarga akan terjalin dengan baik. Jadi tidak akan ada istilah rumah sebagai “tempat singgah” saja. Di mana anggota keluarganya hanya datang untuk makan dan tidur kemudian pergi lagi. Selamat mencoba!

Baca Juga: Mau Keluarga Harmonis? Ini 12 Tips untuk Dicoba