10 Tabungan Pilihan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Salah satu produk perbankan yang paling lama dan tetap diminati banyak nasabah hingga saat ini adalah tabungan. Tabungan menjadi alternatif yang menarik karena terjamin keamanannya dan tidak ribet.

Faktor layanan dan kemudahan sering menjadi pertimbangan memilih produk tabungan. Sayangnya, sebagian orang tidak mengetahui jenis rekening apa yang paling bagus untuk menyimpan uang sesuai dengan tujuannya.

Salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah banyak nasabah dengan nominal transaksi yang kecil ikut produk tabungan dengan biaya administrasi yang relatif besar. Alhasil, mereka jadi pusing sendiri karena uang yang ada di rekening sedikit demi sedikit menyusut termakan biaya administrasi.

Memang sebagian dari kita masih menganggap bahwa tabungan memiliki fungsi yang sama. Nyatanya, berbagai macam produk tabungan yang ditawarkan berbagai macam, baik bank umum maupun syariah di Indonesia, memiliki fitur, keunggulan, dan kegunaan yang berbeda-beda.

Di bawah ini akan diuraikan secara lengkap tentang tabungan yang paling cocok untuk nasabah yang sesuai dengan tujuan keuangannya.

Baca Juga: ATM Anda Hilang? Ini 4 Langkah Mudah Mengurusnya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

loader
Rekening tabungan

Tabungan yang Sesuai Rencana Keuangan Memberikan Hasil yang Maksimal

Jika memiliki tujuan keuangan untuk orientasi jangka panjang, kamu sebaiknya jeli dalam memilih tabungan. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah besarnya biaya administrasi bulanan yang ditetapkan bank.

Saat ini, pemerintah telah mengeluarkan program simpanan yang bernama Tabunganku yang diselenggarakan hampir kebanyakan bank di Indonesia, baik bank konvensional, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), maupun bank syariah.

Program ini penting untuk diketahui karena beberapa kelebihannya sebagai tabungan. Namun, masih banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui program tabungan ini.

Selain Tabunganku, masih banyak produk tabungan menarik lainnya yang membebaskan nasabahnya dari biaya administrasi bulanan. Berikut ini adalah daftar 10 tabungan tanpa biaya administrasi bulanan.

1. Tabunganku

loader
Kampanye Tabunganku via gajahkreatif.com

Dari berbagai macam produk tabungan yang ada di Indonesia, Tabunganku adalah satu-satunya tabungan yang memiliki syarat paling mudah dan batasan nominal setoran yang paling merakyat.

Meskipun sifatnya yang merakyat, tabungan ini dapat dimiliki siapa saja, baik kamu yang punya nominal kecil maupun besar. Jadi, apabila kamu punya dana besar yang bisa ditabung, tidak perlu malu untuk menabung di Tabunganku.

Tabunganku merupakan produk pemerintah yang diselenggarakan bank-bank yang ada di Indonesia dengan memakai aturan standardisasi yang telah ditetapkan Bank Indonesia (BI). Aturan tersebut termuat dalam fitur mandatory yang harus ditetapkan secara seragam oleh semua bank yang menyelenggarakan Tabunganku.

Aturan tersebut isinya memuat tentang minimal setoran awal, minimum setoran tunai, saldo minimum, dan sebagainya. Berikut ini adalah daftar fitur standar yang dimiliki Tabunganku yang diberlakukan secara seragam di semua bank.

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan.
  • Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp10.000 (BPR).
  • Minimal setoran tunai Rp10.000.
  • Saldo minimum Rp20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp10.000 (BPR).
  • Biaya penalti saldo dorman Rp2.000 per bulan (bank umum dan syariah) dan Rp1.000 per bulan (BPR). Saldo dorman merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal penarikan tunai di konter Rp100.000 (bank umum dan syariah) dan Rp50.000 (BPR).
  • Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp5.000 (BPR).
  • Ada bunga serta bonus wadiah.

Aturan di atas masuk dalam kategori fitur customized. Itu berarti yang aturan di atas terdapat pada setiap bank penyelenggara produk Tabunganku.

Namun, setiap bank penyelenggara Tabunganku bisa juga menambahkan fitur-fitur lainnya, seperti lembar statement ataupun layanan jasa perbankan lainnya. Itulah mengapa terkadang setiap bank yang menyelenggarakan program Tabunganku memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda-beda.

2. BII Tabungan Woman One/Woman One iB

Produk tabungan dari BII yang khusus menyasar segmen para wanita. Menawarkan gratis biaya administrasi rekening bulanan. 

Setoran awal membuka rekening tabungan BII Woman One/Women iB sebesar Rp 2,5 juta. Setoran minimal selanjutnya Rp 50 ribu. Saldo minimum sebesar Rp 2 juta dan saldo ditahan sebesar Rp 50 ribu.

Bila saldo tabungan di bawah minimum, baru dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 15 ribu. Tarif atau biaya lain pada rekening ini, antara lain biaya penutupan rekening Rp 20 ribu, serta biaya dorman Rp 50 ribu.

3. Tabungan OCTO Savers dari CIMB Niaga

Dengan setoran awal minimal Rp 100 ribu, kamu sudah bisa membuka rekening tabungan Octo Savers. Produk ini memberi fasilitas bebas biaya administrasi bulanan.

Namun jika saldo rata-rata tabungan di bawah Rp 2 juta, maka akan dikenakan biaya admin Rp 17.500. Sementara untuk saldo ditahan sebesar paling sedikit Rp 50 ribu. Biaya dorman rekening yang tidak aktif selama 6 bulan sebesar Rp 5 ribu per bulan.   

4. Danamon LEBIH

Produk tabungan dari Bank Danamon dengan keuntungan bebas biaya administrasi bulanan. Selain itu, gratis biaya transaksi cek saldo, tarik tunai, dan transfer online antar bank khusus jaringan ATM Bersama, PRIMA, atau ALTO sebanyak 10 kali per bulan asal tetap menjaga saldo sebelum transaksi sebesar Rp 1 juta.

Bukan hanya itu, bisa dapat gratis asuransi jiwa senilai Rp 10 juta untuk 6 bulan pertama. Setoran awal Danamon LEBIH paling sedikit Rp 250 ribu. Saldo ditahan Rp 50 ribu.

Tetapi ingat ya tetap jaga saldo minimal untuk menghindari penalti adalah sebesar Rp 500 ribu. Biaya penalti yang ditetapkan sebesar Rp 17 ribu.

Baca Juga: Ayo menabung, Simak Cara Buka Rekening Tabungan Online di Bank BCA

5. BSI Tabungan Easy Wadi’ah

Membuka rekening tabungan Easy Wadi’ah dari Bank Syariah Indonesia (BSI), tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Setoran awalnya sebesar Rp 100 ribu, saldo minimal di rekening Rp 50 ribu.

Biaya yang dikenakan, antara lain biaya penutupan rekening sebesar Rp 20 ribu, serta biaya dorman Rp 5 ribu per bulan. Tabungan Easy terdiri dari beberapa jenis kartu, seperti GPN Silver, GPN Gold, GPN Platinum, Visa Silver, Visa Gold, Visa Platinum.

6. Tabungan BTN Cermat Ponsel

Tabungan berbasis ponsel dan terhubung dengan produk Tabungan Cermat. Menyasar segmen masyarakat berpenghasilan rendah dan belum tersentuh layanan perbankan.

Untuk itu, tabungan ini memiliki fasilitas bebas biaya administrasi dengan setoran awal Rp 3 juta. Saldo minimal sendiri bebas, tidak ada batasan.

Setoran minimal selanjutnya pun demikian, bebas asal tidak melebihi saldo maksimum. Maksimal tarik tunai, transfer, dan pemindahbukuan Rp 5 juta per bulan.

loader
Rekening tabungan

7. Saving Plus dari Standard Chartered

Rekening tabungan Saving Plus memberi gratis biaya administrasi bulanan asalkan memenuhi ketentuan minimum total relationship balance. Total relationship balance untuk perorangan Rp 5 juta sampai Rp 50 juta. Di samping itu, gratis biaya tarik tunai, cek saldo, dan transfer di jaringan ATM Bersama seluruh Indonesia.

8. PermataME

Produk tabungan dari Bank Permata yang memiliki fasilitas bebas biaya adminstrasi bulanan, biaya kartu per bulan, dan biaya transfer online. Sedangkan biaya tarik tunai di jaringan ALTO, ATM Bersama, Prima, Visa atau Plus juga gratis apabila saldo sebelum transaksi minimal Rp 1 juta.

Selain itu, PermataMe tidak ada minimal setoran awal, tidak ada dana mengendap atau saldo ditahan. Pembukaan rekening dilakukan secara online. 

Baca Juga: Modal Receh Mulai Rp 5.000, Pelajar Bisa Punya Rekening Tabungan di Bank, Apa saja Banknya?

9. Indie Account dari CIMB Niaga

Tabungan buat anak muda usia 12 sampai kurang dari 17 tahun yang punya sederet keuntungan. Terutama bebas biaya administrasi bulanan dan administrasi kartu ATM. Serta biaya penutupan rekening.

Minimal setoran awal untuk membuka rekening tabungan ini sebesar Rp 100 ribu, baik tabungan konvensional maupun syariah. Minimal saldo ditahan Rp 50 ribu, biaya dorman Rp 5 ribu, biaya di bawah saldo minimum Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu.

10. Tabungan Bank Jago

Mau menabung yang beda? Coba di Bank Jago. Salah satu bank digital di Indonesia ini tidak mengenakan hampir semua biaya pada produk tabungannya.

Gratis biaya administrasi bulanan, pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal saat buka rekening, sampai biaya akun dorman juga dibebaskan. Suku bunga tabungan di Bank Jago sebesar 3,5% sampai 4% per tahun. Yuk, menabung online di bank digital.

Pilih yang Sesuai Tujuan Keuangan

Tabungan yang sesuai tujuan keuangan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi nasabah. Karena itu, kamu rencanakan terlebih dahulu tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Persiapkan sematang mungkin rencana tersebut. Lalu, cari tahu sebanyak mungkin tabungan-tabungan yang dirasa pas untuk tujuan keuangan.

Buat daftarnya, kemudian pilih yang sekiranya memungkinkan tujuan keuanganmu tercapai. Pilihan yang sesuai membawa hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Online di BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri. Mudah dan Cepat!