11 Tabungan Pilihan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Salah satu produk perbankan yang paling lama dan tetap diminati banyak nasabah hingga saat ini adalah tabungan. Tabungan menjadi alternatif yang menarik karena terjamin keamanannya dan tidak ribet.

Faktor layanan dan kemudahan sering menjadi pertimbangan memilih produk tabungan. Sayangnya, sebagian orang tidak mengetahui jenis rekening apa yang paling bagus untuk menyimpan uang sesuai dengan tujuannya.

Salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah banyak nasabah dengan nominal transaksi yang kecil ikut produk tabungan dengan biaya administrasi yang relatif besar. Alhasil, mereka jadi pusing sendiri karena uang yang ada di rekening sedikit demi sedikit menyusut termakan biaya administrasi. Namun, terdapat jenis-jenis tabungan yang tidak memotong biaya administrasi. Di bawah ini akan diuraikan secara lengkap tentang tabungan tanpa biaya administrasi.

Baca Juga: ATM Anda Hilang? Ini 4 Langkah Mudah Mengurusnya

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

10 Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

loader
Rekening tabungan

1. Tabunganku

Dari berbagai macam produk tabungan yang ada di Indonesia, Tabunganku adalah satu-satunya tabungan yang memiliki syarat paling mudah dan batasan nominal setoran yang paling merakyat.

Meskipun sifatnya yang merakyat, tabungan ini dapat dimiliki siapa saja, baik yang punya nominal kecil maupun besar. Jadi, apabila punya dana besar yang bisa ditabung, tidak perlu malu untuk menabung di Tabunganku.

Tabunganku merupakan produk pemerintah yang diselenggarakan bank-bank yang ada di Indonesia dengan memakai aturan standardisasi yang telah ditetapkan Bank Indonesia (BI). Aturan tersebut termuat dalam fitur mandatory yang harus ditetapkan secara seragam oleh semua bank yang menyelenggarakan Tabunganku.

Aturan tersebut isinya memuat tentang minimal setoran awal, minimum setoran tunai, saldo minimum, dan sebagainya. Berikut ini adalah daftar fitur standar yang dimiliki Tabunganku yang diberlakukan secara seragam di semua bank.

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan.
  • Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp10.000 (BPR).
  • Minimal setoran tunai Rp10.000.
  • Saldo minimum Rp20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp10.000 (BPR).
  • Biaya penalti saldo dorman Rp2.000 per bulan (bank umum dan syariah) dan Rp1.000 per bulan (BPR). Saldo dorman merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal penarikan tunai di konter Rp100.000 (bank umum dan syariah) dan Rp50.000 (BPR).
  • Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp5.000 (BPR).
  • Ada bunga serta bonus wadiah.

Aturan di atas masuk dalam kategori fitur customized. Itu berarti yang aturan di atas terdapat pada setiap bank penyelenggara produk Tabunganku.

Namun, setiap bank penyelenggara Tabunganku bisa juga menambahkan fitur-fitur lainnya, seperti lembar statement ataupun layanan jasa perbankan lainnya. Itulah mengapa terkadang setiap bank yang menyelenggarakan program Tabunganku memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda-beda.

Baca juga: Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya

2. Maybank Tabungan Women One

Produk tabungan dari Maybank yang khusus menyasar segmen para wanita. Menawarkan gratis biaya administrasi rekening bulanan. 

Setoran awal membuka rekening tabungan Woman One sebesar Rp2.500.000. Setoran minimal selanjutnya Rp50.000. Saldo minimum sebesar Rp2.000.000 dan saldo ditahan sebesar Rp50.000.

Bila saldo tabungan di bawah minimum, baru dikenakan biaya administrasi sebesar Rp15.000. Tarif atau biaya lain pada rekening ini, antara lain biaya penutupan rekening Rp20.000, serta biaya dorman Rp50.000.

3. Tabungan OCTO Savers dari CIMB Niaga

Dengan setoran awal minimal Rp100.000, kamu sudah bisa membuka rekening tabungan Octo Savers. Produk ini memberi fasilitas bebas biaya administrasi bulanan.

Namun, jika saldo rata-rata tabungan di bawah Rp2.000.000, maka akan dikenakan biaya admin Rp17.500. Sementara, untuk saldo ditahan sebesar paling sedikit Rp50.000. Biaya dorman rekening yang tidak aktif selama 6 bulan sebesar Rp5.000.   

4. Danamon LEBIH

Produk tabungan dari Bank Danamon dengan keuntungan bebas biaya administrasi bulanan. Selain itu, gratis biaya transaksi cek saldo, tarik tunai, dan transfer online antar bank khusus jaringan ATM Bersama, PRIMA, atau ALTO sebanyak 10 kali per bulan asal tetap menjaga saldo sebelum transaksi sebesar Rp1.000.000

Bukan hanya itu, bisa dapat gratis asuransi jiwa senilai Rp10.000.000 untuk 6 bulan pertama. Setoran awal Danamon LEBIH paling sedikit Rp250.000. Saldo ditahan Rp50.000.

Tetapi ingat ya tetap jaga saldo minimal untuk menghindari penalti adalah sebesar Rp500.000. Biaya penalti yang ditetapkan sebesar Rp17.000.

Baca Juga: 7 Manfaat Memiliki Tabungan Bisnis

5. BSI Tabungan Easy Wadi’ah

Membuka rekening tabungan Easy Wadi’ah dari Bank Syariah Indonesia (BSI), tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Setoran awalnya sebesar Rp100.000, saldo minimal di rekening Rp50.000. Biaya yang dikenakan, antara lain biaya penutupan rekening sebesar Rp20.000, serta biaya dorman Rp 5.000.

6. Tabungan BTN Cermat Ponsel

Tabungan berbasis ponsel dan terhubung dengan produk Tabungan Cermat. Menyasar segmen masyarakat berpenghasilan rendah dan belum tersentuh layanan perbankan.

Untuk itu, tabungan ini memiliki fasilitas bebas biaya administrasi dengan setoran awal Rp3.000.000. Saldo minimal sendiri bebas, tidak ada batasan.

Setoran minimal selanjutnya pun demikian, bebas asal tidak melebihi saldo maksimum. Maksimal tarik tunai, transfer, dan pemindahbukuan Rp5.000.000 per bulan.

7. Saving Plus dari Standard Chartered

Rekening tabungan Saving Plus memberi gratis biaya administrasi bulanan asalkan memenuhi ketentuan minimum total relationship balance. Total relationship balance untuk perorangan Rp5 juta sampai Rp50 juta. Di samping itu, gratis biaya tarik tunai, cek saldo, dan transfer di jaringan ATM Bersama seluruh Indonesia.

8. PermataME

Produk tabungan dari Bank Permata yang memiliki fasilitas bebas biaya adminstrasi bulanan, biaya kartu per bulan, dan biaya transfer online. Sedangkan biaya tarik tunai di jaringan ALTO, ATM Bersama, Prima, Visa atau Plus juga gratis apabila saldo sebelum transaksi minimal Rp1 juta.

Selain itu, PermataMe tidak ada minimal setoran awal, tidak ada dana mengendap atau saldo ditahan. Pembukaan rekening dilakukan secara online. 

Baca Juga: Apa Perbedaan Deposito dan Tabungan?

9. Indie Account dari CIMB Niaga

Tabungan buat anak muda usia 12 sampai kurang dari 17 tahun yang punya sederet keuntungan. Terutama bebas biaya administrasi bulanan dan administrasi kartu ATM. Serta biaya penutupan rekening.

Minimal setoran awal untuk membuka rekening tabungan ini sebesar Rp100.000, baik tabungan konvensional maupun syariah. Minimal saldo ditahan Rp50.000, biaya dorman Rp5.000, biaya di bawah saldo minimum Rp5.000.

10. Tabungan Bank Jago

Mau menabung yang beda? Coba di Bank Jago. Salah satu bank digital di Indonesia ini tidak mengenakan hampir semua biaya pada produk tabungannya.

Gratis biaya administrasi bulanan, pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal saat buka rekening, sampai biaya akun dorman juga dibebaskan. Suku bunga tabungan di Bank Jago sebesar 3,5% sampai 4% per tahun. Yuk, menabung online di bank digital.

11. bluSaving blu by BCA Digital

bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount. Dengan 20 jenis tabungan berbeda yang memungkinkan nasabah menabung sambil mengatur pos keuangan, agar pengeluaran bisa lebih hemat dan teratur.

Tidak ada minimal setoran awal untuk membuka bluSaving ini dan juga bebas biaya admin. Adapun suku bunga tahunannya sebesar 3%.

Pilih yang Sesuai Tujuan Keuangan

Tabungan yang sesuai tujuan keuangan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi nasabah. Karena itu, kamu rencanakan terlebih dahulu tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Persiapkan sematang mungkin rencana tersebut. Lalu, cari tahu sebanyak mungkin tabungan-tabungan yang dirasa pas untuk tujuan keuangan.

Buat daftarnya, kemudian pilih yang sekiranya memungkinkan tujuan keuanganmu tercapai. Pilihan yang sesuai membawa hasil yang maksimal.

Baca Juga: Tabungan Pensiun, Seberapa Pentingkah Bagi Kamu?