10 Tabungan Pilihan Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Salah satu produk perbankan yang paling lama dan tetap diminati banyak nasabah hingga saat ini adalah tabungan. Tabungan menjadi alternatif yang menarik karena terjamin keamanannya dan tidak ribet. Faktor layanan dan kemudahan sering menjadi pertimbangan memilih produk tabungan. Sayangnya, sebagian orang tidak mengetahui jenis rekening apa yang paling bagus untuk menyimpan uang sesuai dengan tujuannya. Salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah banyak nasabah dengan nominal transaksi yang kecil ikut produk tabungan dengan biaya administrasi yang relatif besar. Alhasil, mereka jadi pusing sendiri karena uang yang ada di rekening sedikit demi sedikit menyusut termakan biaya administrasi.

Memang sebagian dari kita masih menganggap bahwa tabungan memiliki fungsi yang sama. Nyatanya, berbagai macam produk tabungan yang ditawarkan berbagai macam, baik bank umum maupun syariah di Indonesia, memiliki fitur, keunggulan, dan kegunaan yang berbeda-beda. Di bawah ini akan diuraikan secara lengkap tentang tabungan yang paling cocok untuk nasabah yang sesuai dengan tujuan keuangannya.

Baca Juga: Apa Perbedaan Deposito dan Tabungan?

Tabungan yang Sesuai Rencana Keuangan Memberikan Hasil yang Maksimal

Jika memiliki tujuan keuangan untuk orientasi jangka panjang, Anda sebaiknya jeli dalam memilih tabungan. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah besarnya biaya administrasi bulanan yang ditetapkan bank. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan program simpanan yang bernama Tabunganku yang diselenggarakan hampir kebanyakan bank di Indonesia, baik bank konvensional, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), maupun bank syariah. Program ini penting untuk diketahui karena beberapa kelebihannya sebagai tabungan. Namun, masih banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui program tabungan ini.

Selain Tabunganku, masih banyak produk tabungan menarik lainnya yang membebaskan nasabahnya dari biaya administrasi bulanan. Berikut ini adalah daftar 10 tabungan tanpa biaya administrasi bulanan.

1. Tabunganku

Tabunganku

Kampanye Tabunganku via gajahkreatif.com

 

Dari berbagai macam produk tabungan yang ada di Indonesia, Tabunganku adalah satu-satunya tabungan yang memiliki syarat paling mudah dan batasan nominal setoran yang paling merakyat. Meskipun sifatnya yang merakyat, tabungan ini dapat dimiliki siapa saja, baik Anda yang punya nominal kecil maupun besar. Jadi, apabila Anda punya dana besar yang bisa ditabung, tidak perlu malu untuk menabung di Tabunganku.

Dana Tunai Gadai Mobil dan Rumah

Tabunganku merupakan produk Pemerintah yang diselenggarakan bank-bank yang ada di Indonesia dengan memakai aturan standardisasi yang telah ditetapkan Bank Indonesia. Aturan tersebut termuat dalam fitur mandatory yang harus ditetapkan secara seragam oleh semua bank yang menyelenggarakan Tabunganku. Aturan tersebut isinya memuat tentang minimal setoran awal, minimum setoran tunai, saldo minimum, dan sebagainya.

Berikut ini adalah daftar fitur standar yang dimiliki Tabunganku yang diberlakukan secara seragam di semua bank.

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan.
  • Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah).
  • Minimal setoran tunai Rp10.000.
  • Saldo minimum Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah).
  • Biaya penalti saldo dorman Rp2.000 per bulan (bank umum) dan Rp1.000 per bulan (BPR/syariah). Saldo dorman merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal penarikan tunai di konter Rp100.000 (bank umum) dan Rp50.000 (BPR/syariah).
  • Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp20.000 (bank umum) dan Rp5.000 (BPR/syariah).
  • Ada bunga serta bonus wadiah.

Aturan di atas masuk dalam kategori fitur customized. Itu berarti yang aturan di atas terdapat pada setiap bank penyelenggara produk Tabunganku. Namun, setiap bank penyelenggara Tabunganku bisa juga menambahkan fitur-fitur lainnya, seperti lembar statement ataupun layanan jasa perbankan lainnya. Itulah mengapa terkadang setiap bank yang menyelenggarakan program Tabunganku memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda-beda.

Selain banyaknya kelebihan yang dimiliki program Tabunganku, ada juga kekurangan yang perlu untuk dipahami. Tabunganku biasanya tidak memberikan fasilitas ATM dan layanan e-Banking. Jadi, setor tunai ataupun tarik tunai harus dilakukan di  bank tempat Anda membuat rekening tersebut.

Kalau Anda menginginkan tabungan yang bebas dari biaya administrasi bulanan dan memiliki fitur dan layanan, seperti kartu ATM dan e-Banking, masih ada produk lain yang bisa Anda pilih, seperti yang selanjutnya dijelaskan di bawah ini.

Ruang Edukasi

2. BII Tabungan Gold Maybank

Jika Anda memiliki uang lebih yang ingin ditabung, BII Tabungan Gold Maybank bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Untuk membuka rekening di BII Tabungan Gold Maybank, Anda harus menyiapkan setoran awal untuk pembukaan rekening sebesar Rp10.000.000. Buka rekening di BII Tabungan Gold sangat mudah. Syaratnya hanya mengisi formulir dan bukti identitas diri. Banyak kelebihan yang ditawarkan, di antaranya:

  • Bebas biaya kartu debit/ATM.
  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Bebas biaya transfer melalui teller.
  • Bebas tarik tunai di banyak ATM.
  • Produk tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah.
  • Internet banking dan SMS banking.

3. CIMB Niaga AirAsia Savers

CIMB Niaga AirAsia Savers

Promo CIMB Niaga AirAsia Savers via blogspot.com

 

Produk tabungan dari CIMB Niaga ini juga memiliki fitur kemudahan untuk menabung tanpa biaya administrasi bulanan. Setoran awal untuk pembukaan rekening juga sangat ringan, yaitu sebesar Rp100.000. Saldo minimum yang ditetapkan juga sangat ringan, yaitu Rp50.000. Fasilitas yang didapatkan berupa Kartu ATM, SMS banking, dan internet banking.

4. Danamon Syariah iB

Produk Bank Danamon yang terbilang populer adalah tabungan Danamon Lebih dan Danamon Syariah iB. Bila Anda menabung di Danamon Lebih, setoran awal yang dibutuhkan adalah Rp250.000. Sementara Danamon Syariah iB hanya mensyaratkan setoran awal sebesar Rp100.000. Fitur yang ditawarkan keduanya hampir sama dan tentu saja bebas dari biaya administrasi bulanan. Keduanya juga memberikan fasilitas Kartu ATM. Bedanya adalah Danamon iB Syariah tidak memiliki SMS banking dan internet banking.

5. Tabungan Faedah BRISyariah iB

Tabungan Faedah BRISyariah iB

Tabungan Faedah BRISyariah iB via twitter.com

 

Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah dikenal sebagai bank yang sangat merakyat, termasuk di dalamnya BRI Syariah. Di Bank BRI Syariah Anda juga bisa menabung sejumlah uang tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan. Tabungan tersebut diberi nama Tabungan Faedah BRISyariah iB. Setoran awal untuk tabungan tersebut cukup ringan, yaitu sebesar Rp100.000 dengan saldo minimal Rp50.000. Fasilitas yang didapatkan berupa gratis biaya penggantian buku, Kartu ATM, SMS banking, dan internet banking.

6. Tabungan BTN e’Batarapos

Bank Tabungan Negara (BTN) mungkin kurang menjadi tren di khalayak umum kalau dilihat dari sisi produk tabungan. Sebab selama ini BTN memang lebih banyak dikenal sebagai bank pemberi Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebenarnya, ada produk tabungan yang sangat menarik yang bisa dimanfaatkan, yaitu Tabungan BTN e’Batarapos. Dengan menggunakan tabungan ini, Anda bisa menabung tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan. Setoran awal untuk pembukaan rekening tabungan ini hanya Rp50.000. Selain itu, Anda juga mendapatkan kartu ATM untuk mempermudah penarikan uang.

7. Tabungan Bank Mega Berbagi

Tabungan Bank Mega Berbagi

Tabungan Bank Mega Berbagi, Salah Satu Produk dari Bank Mega via uangteman.com

 

Sedikit berbeda dengan bank lainnya, Tabungan Bank Mega Berbagi membebaskan biaya administrasi bila saldo di dalam rekening lebih dari Rp1.000.000. Untuk membuka rekening Tabungan Bank Mega Berbagi sangat mudah, Anda hanya melakukan setoran awal minimal Rp100.000 dan saldo minimal Rp100.000. Fasilitas yang diberikan terbilang komplet, yaitu ada Kartu ATM, internet banking, dan mobile banking untuk segala urusan transaksi keuangan.

8. PermataTabungan iB Optima

Untuk menabung di PermataTabungan iB Optima milik Bank Permata, setoran awal minimal yang disetorkan sebesar Rp5.000.000 dengan saldo minimal Rp1.000.000. Fasilitas yang diberikan meliputi mobile banking, ATM, dan internet banking. Tabungan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki dana yang lumayan longgar untuk disisihkan.

9. Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah

Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah

CIMB Niaga Syariah via cirebontrust.com

 

Bagi Anda yang ingin menabung dengan sistem syariah Islam, bisa memilih Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan, termasuk bebas biaya administrasi bulanan. Selain itu, Anda bisa memilih keuntungan menabung melalui dua cara, yaitu wadiah (“titipan murni”) atau mudharabah (bagi hasil). Nominal setoran awal yang dibutuhkan sebesar Rp200.000 dan selanjutnya bisa dilakukan dengan hanya Rp10.000. Saldo minimum sekitar Rp50.000. Tabungan ini sangat cocok bagi semua kalangan, termasuk pelajar dan mahasiswa.

10. Tabungan BNI Syariah iB Hasanah

Tabungan BNI Syariah iB Hasanah juga menawarkan sistem menabung dengan akad atau perjanjian wadiah dan mudharabah. Fasilitas yang Anda dapatkan berupa BNI Syariah Silver Card yang memiliki jaringan ATM yang banyak. Fitur lainnya berupa e-Banking dan phone banking.

Untuk Tabungan BNI Syariah iB Hasanah dengan sistem mudharabah, terdapat biaya bulanan untuk pengelolaan rekening. Sementara untuk sistem akad Wadiah, dibebaskan dari biaya administrasi bulanan, gratis biaya pembuatan ATM, dan gratis biaya saldo minimum. Untuk setoran awal yang dibutuhkan adalah Rp100.000. Tabungan BNI Syariah iB Hasanah menarik biaya administrasi untuk penutupan rekening sebesar Rp20.000.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Pilih yang Sesuai Tujuan Keuangan

Tabungan yang sesuai tujuan keuangan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi nasabah. Karena itu, Anda rencanakan terlebih dahulu tujuan keuangan yang ingin dicapai. Persiapkan sematang mungkin rencana tersebut. Lalu, cari tahu sebanyak mungkin tabungan-tabungan yang dirasa pas untuk tujuan keuangan. Buat daftarnya kemudian pilih yang sekiranya memungkinkan tujuan keuangan Anda tercapai. Pilihan yang sesuai membawa hasil yang maksimal.

Baca Juga: Inilah Perbedaan antara Giro dan Tabungan

Mau cari kredit motor murah? Cermati bisa bantu