11 Beragam Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Menangkal Virus

Minyak kelapa dara atau virgin coconut oil (VCO) kian ramai dicari di pasaran. Pasalnya, manfaat minyak virgin coconut oil ini sudah banyak terbukti. VCO yang merupakan minyak kelapa murni ini sering diserbu lantaran sejumlah riset mengklaimnya sebagai produk makanan paling menyehatkan di dunia.

Tak hanya mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Kegunaan minyak virgin coconut oil juga amat beragam untuk menunjang kecantikan. Selain untuk mengurangi bintik hitam di wajah, VCO juga bisa mencerahkan warna kulit yang tak merata.

Soal rasa, VCO yang kini dijual dalam beragam kemasan ini seringkali lebih manis dan juga pedas bila dibandingkan dengan minyak kelapa biasa. VCO yang mengandung asam lemak rantai menengah, vitamin, kalsium, magnesium dan kolesterol baik ini terasa lebih lezat, lebih encer dan tropical.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Lebih Bermutu dari Minyak Kelapa Biasa

loader

Berbeda dengan minyak kelapa biasa, virgin coconut oil adalah minyak kelapa dara yang murni diekstrak pertama kali. Ia disebut ‘extra virgin’ atau ‘virgin’ lantaran proses ekstrasinya masih alami dan kaya akan fatty acid (asam lemak baik) yang bermanfaat. 

Alhasil, VCO tidak mengandung senyawa yang sifatnya karsinogenik. Karsinogenik sendiri adalah zat penyebab kanker yang kerap mengganggu proses biologis dalam tubuh.

Seperti diketahui, minyak kelapa biasa dibuat dari kopra atau sari kelapa yang kering. Sedangkan VCO diekstrak dari santan yang masih segar. Prosesnya pun khusus sehingga virgin coconut oil terjaga seluruh unsur alaminya, termasuk kandungan antioksidan hingga aromanya yang tetap natural.

Banyak orang yang kini beralih menggunakan VCO sebagai minyak goreng. Virgin coconut oil lebih menyehatkan ketimbang minyak goreng biasa untuk sehari-hari. Karena rendah lemak jenuh dan bebas lemak trans, VCO sangat baik untuk menjaga metabolisme. 

Baca Juga: 9 Rahasia Cara Hidup Sehat dan Awet Muda secara Alami

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

loader

VCO dikenal kaya akan vitamin K, zat besi serta mikronutrien yang menjadikannya lebih berkualitas dari minyak kelapa biasa. Dapat mengobati dan mencegah keracunan makanan, VCO bisa mengatasi penyakit jantung, diabetes, tukak lambung hingga gigi berlubang dan penangkal virus. 

Berikut selengkapnya kegunaan minyak virgin coconut oil untuk kesehatan:

1. Penangkal Sejumlah Virus dan Bakteri

Sejumlah patogen seperti virus, kuman, jamur dan bakteri tertentu dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Namun ternyata, virgin coconut oil dapat menangkal dan melindungi tubuh dari berbagai ancaman tersebut. 

Dengan kandungan asam laurat tinggi yang mencapai 50 persen yang dimilikinya, VCO menjadi anti-virus, anti-bakteri, anti-inflamasi dan membantu imun tubuh melawan beraneka macam penyakit yang mematikan.

2. Ampuh Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit serius yang menyerang otak. Kerap diderita oleh para lansia, penyakit ini mengakibatkan daya ingat penderitanya menurun. Alzheimer juga menyebabkan kemampuan berbicara dan berpikir penderitanya ikut menurun, yang disertai dengan sejumlah perubahan pada perilaku. 

Agar tak mengalami alzheimer di hari tua, Kamu bisa mencegahnya dengan menjaga gaya hidup sehat serta pola makan yang kaya gizi dan nutrisi tinggi, termasuk mengonsumsi VCO. VCO mengandung katon—sumber energi alternatif untuk menyokong fungsi otak tetap maksimal.

3. Bikin Jantung Lebih Sehat

Sejumlah riset kesehatan telah membuktikan, orang yang rajin mengonsumsi VCO lebih panjang umur dengan jantung yang tetap sehat. Penelitian dilakukan dengan sampel sejumlah responden yang menjadikan VCO sebagai bagian dari asupan makanan sehari-hari mereka. 

VCO dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Plak lemak yang menumpuk di dinding pembuluh darah (aterosklerosis) bisa dicegah dengan polifenol yang terkandung dalam VCO. Dengan sering mengonsumsinya, jantung pun lebih terjaga kesehatannya.

4. Ramah Bagi Penderita Diabetes

Minyak virgin coconut sangat baik untuk mencegah diabetes. Bagi penderita diabetes, konsumsi VCO akan sangat berkhasiat dalam menjaga stamina dan kesehatannya.

Kegunaan minyak virgin coconut oil lainnya ialah memperbaiki toleransi glukosa di badan, lantaran memiliki rantai asam lemak. Virgin coconut oil pun berfungsi untuk memperbaiki sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kolesterol Tinggi

Gangguan tekanan darah dan penyakit jantung kerap terjadi akibat menumpuknya lemak jahat penyebab kolesterol. Dengan mengonsumsi VCO, lemak dapat diubah menjadi energi.

Faktanya, VCO mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh serta membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat). Agar kadar kolesterol selalu stabil, mulailah dengan membiasakan diri mengonsumsi virgin coconut oil. Dengan begitu, penumpukan kolesterol dan keberadaan lemak jahat pun bisa dicegah. 

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi VCO. Seperti diungkapkan dalam beberapa penelitian, wanita yang rajin mengonsumsi virgin coconut oil terbukti mengalami penurunan lemak di bagian abdomennya. 

VCO dapat mencegah naiknya berat badan secara berlebih karena kaya akan lemak baik dan rendah kalori. Jaringan asam lemak medium di dalamnya dapat dengan cepat mengubah lemak menjadi energi. Alhasil, metabolisme tubuh pun langsung meningkat secara drastis.

7. Baik untuk Sistem Pencernaan

Mencegah konstipasi, VCO punya khasiat lain yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain dapat membantu proses penyerapan nutrisi di dalam badan, VCO dapat membantu membuang racun dan menangkal radikal bebas karena antioksidan.

Terlebih, minyak virgin coconut ampuh melawan kuman dan bakteri yang tak sehat yang bisa jadi bercokol di dalam sistem pencernaan.

8. Menyehatkan Kulit Kepala dan Rambut

Jika rambut terlihat kusam, berguguran, rusak dan lainnya, atasi saja dengan VCO. Penggunaan minyak virgin coconut dapat mencegah rambut dari kehilangan protein secara berlebih, melembabkan kulit kepala dan rambut, menguatkan akarnya, serta membuat rambut jadi berkilau. 

Untuk membuat rambut cepat tumbuh, tuang sesendok teh VCO dan pijatkan 10 menit ke kulit kepala. Diamkan selama dua jam lalu keramas dengan shampoo. Lakukan tiga kali seminggu.

Agar bebas ketombe, campur VCO dengan minyak esensial, balurkan ke kulit kepala. Pijat perlahan, diamkan setengah jam, lalu keramas seperti biasa. 

Penangkal rambut kering dan rontok, usapkan VCO secukupnya dari kulit kepala, akar hingga ujung rambut. Diamkan selama satu jam lalu cuci seperti biasa.

9. Kurangi Risiko Kanker dan Atasi Infeksi Saluran Kencing

Berbagai studi menyebutkan VCO bisa mencegah sel kanker berkembang dan membunuh bakteri yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker (helicobacter pylori). Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang memicu kanker.

VCO yang termasuk makanan ketogenik (lemak sehat tinggi) ini juga membantu penderita kanker lebih cepat pulih. Ini dikarenakan sel kanker tak bisa mengakses energi di keton dan bergantung pada glukosa. 

Minyak coconut oil bersifat sebagai antibiotik yang alami karena mengandung chain fatty acid. Dengan begitu, lapisan lipid pada bakteri dapat dengan cepat ditumpas oleh minyak virgin coconut ini.

10. Menguatkan Gigi dan Tulang

Kaya antioksidan membuat VCO menghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan pengapuran tulang (osteoporosis). Agar tulang sehat dan tidak mudah keropos, konsumsi minyak virgin coconut secara rutin. Demikian juga untuk menjaga agar gigi tak mudah berlubang. 

11. Membantu Kurangi Kejang

Perawatan terapeutik dengan diet ketogenik menggunakan VCO dapat mengurangi kejang pada penderita epilepsi. Mengurangi karbohidrat dan menambah lemak sehat adalah bagian dari perawatan tersebut. 

Karena VCO mengandung MCT, keton dalam tubuh pun dapat ditingkatkan sehingga dapat mengurangi kejang-kejang.

12. Membuat Kulit Lebih Indah

VCO bisa meningkatkan kadar air di dalam tubuh sehingga kelembaban kulit dapat terjaga. Konsumsi virgin coconut oil secara rutin sebanyak tiga sendok makan setiap pagi, saat perut kosong. Atau masukkan VCO ke dalam berbagai resep ketika mengolah makanan dan buktikan sendiri manfaatnya. 

Jika dioleskan pada kulit, VCO dapat menjaga kelembaban agar tampak tetap muda. VCO juga berfungsi untuk mengatasi berbagai keluhan seperti menyembuhkan luka, jerawat, ruam, keriput, dermatitis, eczema, stretch mark, dan psoriasis.

Baca Juga: 7 Tips Memenuhi Asupan Gizi dengan Budget Minim

Tingkatkan Stamina dan Jaga Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi VCO

Demikianlah sejumlah manfaat dan kegunaan minyak virgin coconut oil. VCO dapat menjaga kekebalan tubuh serta meningkatkan stamina. 

Selain mudah diserap, berbagai kandungan yang dimilikinya membantu tubuh menghasilkan energi lebih banyak. Alhasil, stamina pun dapat lebih ditingkatkan, lelah dan letih berlebih bisa dihindari karena tubuh mempunyai lebih banyak pasokan energi. 

Daya tahan tubuh pun bisa dijaga lantaran asam laurat dalam VCO dapat memerangi bakteri, virus, jamur dan patogen lainnya penyebab penyakit. Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, mengonsumsi VCO dapat dijadikan pilihan sebagai bentuk ikhtiar untuk menjaga kesehatan dan keselamatan.

Baca Juga:  Baru Lahiran? Begini Cara Tubuh Cepat Pulih dari Pasca Operasi Caesar!