Baru Lahiran? Begini Cara Tubuh Cepat Pulih dari Pasca Operasi Caesar!

Umumnya, proses pemulihan pasca menjalani operasi caesar membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah menjalani operasi caesar, kamu perlu tinggal di rumah sakit sedikit lebih lama, sekitar 3 sampai 4 hari. Berbeda dengan proses persalinan normal yang sedikit lebih cepat dalam pemulihannya. 

Selain itu, bekas sayatan dari tindakan caesar juga akan menimbulkan rasa nyeri. Sehingga, tubuh akan sedikit kesulitan untuk bergerak, bangun dan duduk dari tempat tidur, berjalan hingga buang air kecil dan besar setelah operasi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tips Perawatan Pasca Caesar agar Pulih Lebih Cepat

Agar tubuh bisa pulih kembali seperti sediakala setelah menjalani operasi Caesar, rata-rata butuh waktu kurang lebih 6 minggu. Selain itu, tubuh juga perlu waktu istirahat setidaknya selama 2 bulan, hingga kamu beraktivitas kembali seperti sebelumnya.

Masa pemulihan pasca operasi caesar tidaklah sama antara wanita yang satu dengan yang lain. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya proses pemulihan menjadi lebih cepat. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Perhatikan perawatan luka jahitan bekas operasi

loader
Perawatan luka operasi

Setelah operasi selesai dan efek dari obat bius sudah mereda, pasti akan muncul rasa nyeri pada luka jahitan. Tapi tak perlu khawatir, karena nyeri tersebut akan mereda seiring waktu. Disampingnya itu, dokter juga akan meresepkan obat penghilang nyeri untuk meredakan rasa sakitnya.

Supaya tidak timbul iritasi atau infeksi pada luka bekas operasi caesar, ada baiknya lakukan perawatan dengan tepat. Untuk itu, selama proses pemulihan ini, sangat disarankan untuk memakai pakaian yang longgar dan tipis, agar tidak terjadi gesekan pada bekas luka.

Pada saat menyusui, coba tidurkan bayi di bantal menyusui agar tekanan di bagian perut menjadi berkurang. Namun, jika bekas luka jahitan terasa nyeri atau ada sesuatu yang tidak normal, maka hubungi dokter dan periksakan segera.

Baca Juga: Biar Gak Bingung, Ini Persiapan Ibu Hamil di Trimester Satu, Dua, dan Tiga

2. Berikan waktu beristirahat yang cukup pada tubuh

Merawat bayi yang baru lahir pasti akan membuat kualitas tidur berkurang, tetapi usahakanlah untuk tetap penuhi waktu istirahat. Carilah waktu untuk istirahat, misalnya ketika Si Kecil sedang tertidur, jangan sungkan untuk ikut tidur.

Jika tubuh terasa sangat lelah, mintalah bantuan suami, keluarga dekat ataupun asisten rumah tangga untuk mengambil alih dan mengurus semua kebutuhan Si Kecil. Di saat ini, akan lebih baik jika tubuh mendapatkan waktu istirahat dengan cukup, agar pemulihan pasca operasi jadi lebih cepat.

3. Bergerak dengan aktif

Istirahat yang cukup memang disarankan agar pemulihan kondisi fisik pasca operasi lebih cepat. Tetapi, bukan berarti kamu harus tidur dan tidak beraktivitas apapun sepanjang hari. Supaya kondisi cepat pulih, sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas ringan.

Misalnya saja dengan rutin berjalan kaki, dimulai dari area dalam rumah, jika sudah terbiasa bisa dilanjutkan di halaman rumah. Aktivitas ini dilakukan agar membantu tubuh lebih cepat beradaptasi dan memulihkan diri pasca operasi caesar. Jika, berjalan saja malas hanya karena alasan nyeri, sakit atau takut luka bekas jahitan terbuka, maka kapan tubuh bisa pulih?

Berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter, jika ingin melakukan aktivitas lain. Misalnya olahraga, bekerja atau kembali melakukan aktivitas seksual dengan pasangan. Karena kondisi tubuh setiap wanita berbeda-beda, selain itu juga agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Baca Juga: Bumil Ingin Melahirkan Secara Normal? Baca Dulu Tipsnya

4. Selalu berhati-hati saat bergerak 

loader
Hati-hati saat gerak

Setelah menjalani operasi caesar, sebaiknya jangan bergerak tiba-tiba. Lakukanlah pergerakan dengan hati-hati, hindari juga aktivitas berat lainnya, misalnya mengangkat benda berat, olahraga ataupun naik turun tangga. Paling tidak selama dua bulan pertama, supaya bekas jahitan operasi tidak mengalami luka robek. 

Dengarkan apa yang tubuh rasakan dan berhentilah jika aktivitas dirasa melebihi kemampuan. Akan lebih baik jika semua kebutuhan (baju, popok bayi, cemilan hingga air minum untuk ibu) diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. 

5. Cukupi kebutuhan nutrisi dengan makanan sehat

Supaya kondisi tubuh pulih lebih cepat, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat secara seimbang dan perbanyak minum air putih. Selain itu, sediakan selalu camilan yang sehat di antara jeda waktu makan. Selain mempercepat pemulihan, makanan dengan nutrisi yang sehat juga akan meningkatkan produksi ASI.

Jaga Diri dan Pikiran Positif Agar Cepat Sehat

Selain fisik, kondisi kesehatan mental setelah melalui persalinan caesar juga perlu diperhatikan. Persalinan caesar, memang kadang mendapatkan stigma negatif di masyarakat. Hal ini tentu bisa membuat mental menjadi down karena tak bisa menjadi seorang ibu yang seutuhnya.

Setiap wanita punya kondisi yang berbeda, jadi jangan menyalahkan diri sendiri atas kondisi yang tak bisa dikendalikan. Hentikan pikiran negatif yang hanya membuang-buang tenaga dan  waktu. Fokuslah dengan kondisi tubuh dan perawatan bayi yang baru dilahirkan.

Jika dilakukan dengan seksama, tips-tips di atas akan membantu proses pemulihan pasca operasi caesar lebih cepat. Tapi, jangan sampai lupa untuk rutin memeriksakan kondisi ke dokter agar kesehatan ibu dan bayi selalu terpantau.

Baca Juga: Dear Bumil, Pilih Bidan atau RS untuk Periksa Kehamilan dan Lahiran? Cek Dulu 6 Hal Ini