12 Perusahaan Besar ini Memiliki Tunjangan Karyawan Paling Menarik

Bekerja di sebuah perusahaan yang bonafit dengan gaji besar dan fasilitas yang lengkap tentu menjadi pertimbangan utama bagi calon pencari kerja. Karena pada hakikatnya, para pencari kerja tentu akan memilih perusahaan yang mampu memberikan kenyamanan kepada karyawannya, mampu mendorong pegawainya untuk berinovasi untuk kemajuan perusahaan dan tentunya bisa memberikan gaji dan fasilitas yang menarik.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dan cara mengembangkan diri yang berbeda-beda, ada perusahaan yang hanya berfokus bagaimana bisa mencetak keuntungan yang sebanyak-banyaknya, namun kurang memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Model perusahaan seperti ini ada yang berhasil, tetapi tidak banyak karyawannya yang merasa kurang puas dengan perlakuan manajemen perusahaan.

Di sisi lain, beberapa perusahaan besar dunia justru memberikan berbagai tunjangan menarik untuk bisa meningkatkan kualitas kerja para pegawainya. Bahkan untuk hal paling mendasar sekalipun, beberapa perusahaan yang berbasis teknologi mendesain kantornya seunik dan senyaman mungkin untuk bekerja, sehingga para karyawan mampu menghasilkan output yang baik untuk perusahaan. Berikut 12 perusahaan dunia yang memberikan tunjangan menarik bagi karyawannya tersebut.

Berikut beberapa perusahaan idaman dengan segala fasilitas yang ada bisa Anda perhatikan dalam ulasan lengkap berikut ini:

1. GOOGLE

kantor google
Kantor Google

Perusahaan mesin pencari ini memberikan banyak insentif kepada karyawannya, mulai dari menggratiskan makan dan camilan, diberikan layanan teknis selama 24 jam, diperbolehkan membawa binatang peliharaan, karyawan yang meninggal dunia pasangannya akan mendapatkan gaji sebesar 50% dari gaji pasangannya jika masih aktif bekerja selama 10 tahun, adanya fasilitas massage credits bagi karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik dan Google memberikan tunjangan kepada pekerja mereka yang sudah pensiun.

2. MICROSOFT

kantor microsoft
Kantor Microsoft

Perusahaan IT milik Bill Gates ini mempunyai banyak tunjangan menarik untuk karyawannya diantaranya diskon yang besar bagi karyawan yang membeli produk Microsoft, memberikan membership gratis untuk klub kesehatan, menyediakan pusat kesehatan dan lapangan olahraga yang berbagai cabang olahraga. Bagi karyawan yang ingin berbelanja, tidak perlu repot pergi ke supermarket, karena sudah disediakan shopping mall lengkap di kompleks perkantoran Microsoft. Selain itu ada berbagai sarana hiburan lain seperti billiard, arcade game, xbox dan lain-lain.

3. APPLE

kantor pusat apple
Kantor Pusat Apple

Perusahaan Apple yang terkenal dengan produk-produk Iphone -nya ini sangat memanjakan karyawannya, khususnya kaum hawa. Karyawan wanita yang baru melahirkan bisa mengambil jatah libur hingga 18 minggu atau 4,5 bulan, sedangkan karyawan pria bisa mengambil hingga 6 minggu. Apple juga menyediakan bantuan keuangan untuk anggota keluarga karyawan Apple yang meninggal dunia. Dan yang paling menyenangkan, dengan bekerja di Apple Anda bisa selalu mendapatkan diskon besar saat membeli produk-produk Apple terbaru.

Baca Juga: Ini Dia 12 Nasihat yang Berlaku di Dunia Kerja

4. MCDONALD

Tempat Makan Cepat Saji McDonald
Tempat Makan Cepat Saji McDonald

Perusahaan makanan dan salah satu franchise terbesar di dunia ini ternyata sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Hal ini terlihat dari berbagai tunjangan menarik yang diberikan pada karyawan McDonald. Pihak perusahaan akan memberikan reward berupa uang tunai berdasarkan prestasi tahunan. Mereka juga memberikan asuransi, perbaikan dan pemeliharaan kendaraan bagi karyawannya.

Program Anniversary Splash yakni bonus ekstra dimana karyawan bisa berlibur tetapi tetap mendapatkan gaji dan McDonald memiliki program bantuan untuk adopsi, dimana perusahaan membantu pendanaan untuk proses adopsi anak yang berusia di bawah 18 tahun.

5. STARBUCKS

starbucks coffe
Starbucks Coffee

Jika Anda pernah mencicipi nikmatnya racikan kopi di Starbucks mungkin sesekali ada diantara Anda yang membayangkan berapa gaji dan fasilitas apa saja yang diberikan Starbucks kepada karyawan-karyawannya. Pekerja Starbucks mendapatkan fasilitas pengembalian biaya pendidikan khusus untuk program studi di Universitas Arizona State selama 2 tahun.

Starbucks juga memberikan diskon khusus bagi karyawannya yang melakukan pembelian di gerai Starbucks dan mendapatkan gratis 0,5 kg kopi, K-cup packs atau teh. Memberikan rencana pensiun yang jelas dan terencana kepada karyawannya, seperti misalnya menawarkan 4 hingga 6 persen opsi tabungan untuk dana pensiun.

6. NESTLE

gedung nestle
Gedung Nestle

Siapa yang tidak mengenal Nestle, perusahaan multi corporate ini banyak memproduksi berbagai jenis makanan yang menjadi basis utama perusahaan mereka. Di Nestle, karyawan akan mendapatkan banyak diskon bagi mereka yang membeli produk Nestle, selain itu pihak perusahaan juga memberikan diskon untuk pembelian ponsel, diskon bagi karyawan yang ingin membeli komputer khusus dengan merk khusus.

Memberikan diskon hingga 35 persen untuk tiket bioskop, dan berbagai diskon menarik lainnya seperti diskon tiket pesawat, hotel, sewa mobil untuk liburan hingga diskon makan di restoran. Yang terakhir, Nestle mengadakan progam pembelian mobil karyawan dalam bentuk cicilan.

7. MARRIOTT

hotel marriott
Hotel Marriott

Perusahaan yang mendunia karena bisnis dan jaringan perhotelannya ini memberikan banyak tunjangan menarik bagi karyawan-karyawannya. Tunjangan yang diberikan mulai dari layanan kesehatan untuk karyawan yang tidak tetap bekerja lebih dari 30 jam selama 1 minggu. Memberikan diskon kamar, makanan, minuman di hotel-hotel mereka bagi karyawan yang ingin menginap di beberapa lokasi tertentu di seluruh dunia.

Adanya program yang disebut Quarter Century Club yang mana memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bisa menginap gratis selama seumur hidup di akhir pekan. Memberikan penghargaan kepada karyawan-karyawan mereka yang berprestasi dan diberikan jenjang karir yang jelas, sehingga karyawan tidak takut untuk bersaing dan mendapatkan hasil dari usaha kerasnya.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Tempat Kerja

8. SOUTHWEST.COM

Gedung Soutwest.com
Gedung Southwest.com ripbangstudios.com

Southwest.com merupakan perusahaan maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan dengan tarif yang rendah. Perusahaan yang berbasis di kota Dallas, Texas Amerika Serikat ini memberikan beberapa tunjangan menarik untuk karyawannya, mulai dari tiket penerbangan gratis, diskon besar-besaran di maskapai-maskapai partner. Perusahaan ini juga mengadakan event tahunan untuk karyawan mereka dan program pengembangan skill untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawannya.

9. DISNEY

disney store
Disney Store di Disneyland

Perusahaan media yang besar karena tokoh-tokoh kartun dan Disneyland nya ini memberikan banyak tunjangan menarik bagi mereka yang bekerja di Disney, mulai dari memberikan banyak diskon seperti diskon hotel Disney hingga tempat makan di lokasi disney.karyawan bisa mendapatkan akses untuk beristirahat apabila lelah dalam bekerja di tempat peristirahatan Disney. Para karyawan diberikan kesempatan untuk menghadiri berbagai acara talk show yang dilakukan oleh Disney serta diberikan kesempatan untuk bisa berbelanja di gerai Company D, dimana barang-barang eksklusif Disney yang tidak dijual di tempat lain.

10. 3M

gedung 3m
Gedung 3M

3M adalah perusahaan yang menjalankan bisnis di bidang kimia atau bahan-bahan kimia. Perusahaan yang bermarkas di Maplewood, Minnesota, Amerika Serikat ini memberikan aneka tunjangan menarik bagi karyawannya, mulai dari memberikan kelas kesehatan secara online, memberikan pengembalian biaya program penurunan berat badan, memberikan layanan konsultasi hukum untuk anak dan lansia, serta layanan finansial kepada karyawan-karyawannya. Dan khusus untuk karyawan yang merupakan pecandu rokok dan kesulitan untuk berhenti, maka diberikan penawaran program dan bantuan agar bisa berhenti merokok secara total.

11. CISCO

gedung cisco
Gedung Cisco

Perusahaan yang berbasis teknologi ini didirikan oleh Sandy Lemer dan Leonard Bosack pada tahun 1984. Sebagai salah satu perusahaan besar yang telah berhasil bertahan dan berkembang di tengah kerasnya persaingan perusahaan teknologi, CISCO sangat mengutamakan kesejahteraan karyawannya.  

Terlihat dari beberapa kebijakan untuk memberikan tunjangan kepada karyawannya mulai dari program kesehatan gratis kepada karyawan yang memiliki masalah kesehatan serius, memberikan program baby gift bagi karyawan yang baru mendapatkan momongan, memberikan fun funds bagi karyawan atau tim yang memperoleh keberhasilan dan memberikan program kebugaran bagi karyawan dan pasangannya.

 

12. MATTEL

gedung mattel
Gedung Mattel

Perusahaan mainan terbesar di dunia ini mempunyai banyak program demi kesejahteraan karyawannya. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1945 ini memberikan diskon berupa setengah hari kerja pada hari jumat, tetap memberikan gaji pada karyawan yang libur karena menghadiri acara-acara pendidikan untuk anak-anak mereka. Karyawan yang libur karena  menjadi relawan di Yayasan Mattel akan tetap mendapatkan gaji dan memberikan diskon bagi karyawan yang ingin membeli produk mainan dari Mattel.

Karyawan sebagai Ujung Tombak Perusahaan

Ditengah derasnya arus persaingan perusahaan dalam meraup laba dan berbagai usaha-usaha yang dilakukan untuk mengalahkan perusahaan pesaing. Karyawan menjadi faktor terbesar sebuah perusahaan bisa maju atau malah tidak berkembang. Itu mengapa telah banyak perusahaan-perusahaan yang memberikan porsi besar terhadap peningkatan kualitas dan kesejahteraan karyawan telah mengambil langkah yang tepat guna bisa bersaing di tengah sengitnya persaingan perusahaan global.

Langkah-langkah seperti ini bisa dijadikan contoh bagi perusahaan-perusahaan nasional dan internasional yang ingin menghasilkan lebih banyak keuntungan tanpa meninggalkan kewajiban mereka dalam mensejahterakan karyawannya.

Baca Juga: Atasi Stres Kamu Ditempat Kerja Dengan Cara Ini