4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas

kredit online
Kredit online bisa dimanfaatkan untuk mencicil HP idaman 

Akhir 2017 lalu, Apple baru saja meluncurkan beberapa smartphone seri terbarunya, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Setelah resmi dijual di Indonesia, smartphone ini langsung menjadi buruan banyak orang, tak terkecuali oleh Denny, seorang fotografer asal Jakarta. Dengan kamera canggih yang disematkan dalam iPhone 8, Denny berencana menjadikan iPhone 8 sebagai kamera tambahan untuk mendukung pekerjaannya. Menurut perhitungan Denny, dengan harga barang yang lumayan tinggi, ia bisa memiliki iPhone 8 setelah 6 bulan menabung. Denny pun mulai menabung untuk membeli iPhone 8 sejak peluncurannya pertama kali diumumkan.

Bulan pertama dan kedua, rencana tabungan berjalan dengan lancar. Bulan ketiga, jumlah tabungan pun terus bertambah. Bulan keempat, mulai datang beberapa pengeluaran tidak terduga. Laptop Denny rusak, sehingga mau tak mau ia harus membobol tabungannya untuk biaya servis. Bulan kelima, keluarga dari kampung halaman Denny datang berkunjung, dan Denny harus kembali menggunakan uang simpanannya untuk mengajak keluarga besar berkeliling Jakarta selama beberapa hari. Di bulan keenam, nominal tabungan Denny bahkan tak mencapai setengah harga dari sebuah iPhone 8. Pada akhirnya, ia pun gagal untuk memiliki sebuah iPhone 8.

Apakah Anda merasa familiar melihat cerita di atas? Tentunya kasus di atas tidak hanya dialami oleh Denny saja, bahkan ada banyak Denny lainnya di Indonesia yang bernasib sama. Lalu bagaimana solusinya? Sebenarnya, Anda tidak perlu lagi kesulitan memiliki barang impian. Jika Anda mengalami kasus seperti Denny, ada banyak fasilitas kredit HP yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang merasa lebih nyaman untuk membeli HP secara tunai karena takut terbebani dengan cicilan yang harus dibayar nantinya. Padahal, di zaman now sudah banyak aplikasi pinjaman online yang memberi kemudahan untuk membeli HP secara kredit. Cicilan HP Online juga bisa jadi jauh lebih menguntungkan ketimbang membelinya dengan tunai, berikut 4 alasannya.

1. Bisa menambah perputaran modal jika digunakan untuk tujuan produktif

Bukan hanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi semata, sebagian orang membeli sebuah smartphone canggih dengan harga tinggi untuk mendukung kebutuhan usaha. Seperti hal-nya cerita Denny di atas, ia berencana untuk membeli iPhone 8 untuk mendukung pekerjaannya sebagai fotografer. Dalam kondisi seperti itu, kredit HP bisa menjadi jalan terbaik. Misalnya Denny memilih untuk memanfaatkan fasilitas kredit HP tanpa DP, maka ia sudah bisa mengantongi sebuah iPhone 8 sekarang dan menggunakannya untuk kebutuhan pekerjaan tanpa harus menunggu tabungannya cukup.

Dengan memanfaatkan iPhone 8 tersebut saat bekerja, Denny bisa lebih produktif dan mendapatkan uang melalui hasil jepretannya. Uang yang dihasilkan pun bukan hanya bisa membayar angsuran, tapi juga bisa menambah tabungan. Menguntungkan, bukan? Bayangkan jika Denny harus menabung, ketika barang dibeli, nilainya sudah terdepresiasi. Padahal dengan mencicil, Denny tetap bisa menyisihkan uang sedikit-sedikit untuk membayar per bulannya, sama seperti menabung. Bagi sebagian orang, adanya komitmen justru dapat memotivasi untuk berusaha lebih keras dan berdisiplin dalam mengatur keuangan.  

2. Membantu Anda mengatur cash flow

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa fasilitas kredit HP di luar sana baik kartu kredit, maupun kredit tanpa kartu kredit merupakan suatu hal yang menakutkan. Mulai dari bunga hingga biaya keterlambatan yang besar, banyak hal yang membuat Anda ragu untuk mengajukan kredit, sekalipun tanpa dikenakan DP. Padahal nyatanya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari fasilitas kredit tersebut, seperti cicilan bunga rendah, diskon tambahan, dan banyak promo lainnya.

Khusus smartphone high-end seperti iPhone keluaran terbaru, akan lebih bijak jika Anda memanfaatkan fasilitas kredit, karena dengan kredit HP tanpa DP, Anda bisa mengatur dana yang dimiliki dan mengelompokkan sisa dana untuk pos-pos pengeluaran lain. Arus keuangan Anda pun menjadi lebih sehat dan terkendali. Anda tidak perlu kebingungan akan kondisi keuangan yang menipis setelah melakukan pengeluaran besar dalam sekali waktu.

Misalnya saat ini Anda memiliki uang sebesar Rp 15 juta dan membeli iPhone 8 dengan harga Rp 12 juta, maka uang Anda hanya tersisa sedikit. Dengan kredit HP tanpa DP, biaya yang dibayarkan hanya angsuran bulanan sekaligus bunga yang telah ditetapkan, dana simpanan masih bisa digunakan untuk membiayai keperluan lainnya atau sebagai dana darurat ketika ada hal-hal tak terduga. Cara ini tentunya lebih ringan dan aman dibandingkan harus menghabiskan seluruh tabungan untuk membeli sebuah smartphone sedangkan ada kebutuhan lain yang harus dicukupi.

3. Membangun skor kredit positif

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatur cash flow dan memantau pengeluaran, kredit HP juga bisa membantu Anda membangun skor kredit. Skor kredit atau penilaian kredit merupakan sistem yang digunakan oleh bank maupun lembaga pembiayaan untuk menentukan kelayakan Anda dalam mendapatkan pinjaman. Seperti namanya, skor kredit mampu menilai data-data riwayat transaksi pinjaman Anda, seperti ketepatan waktu Anda dalam membayar tagihan, atau berapa banyak kredit yang masih dimiliki.  Skor kredit ini merupakan salah satu pertimbangan penting bagi kreditur jika Anda mengajukan pinjaman lain yang lebih besar nantinya. Dengan mengambil kredit HP dan membayar tagihannya tepat waktu, riwayat kredit Anda akan tercatat dan skor kredit pun akan meningkat.

4. Fasilitas kredit bisa memudahkan hidup Anda

Selain untung secara finansial, Anda juga diuntungkan secara psikologis apabila membeli smartphone dengan fasilitas kredit HP. Secara tidak langsung, beban cicilan yang Anda tanggung menjadi lebih ringan dibandingkan membayar langsung secara tunai. Apalagi untuk smartphone yang harganya mahal seperti iPhone 8, tentu bukan jumlah yang kecil untuk mengeluarkan dana belasan juta dalam satu waktu sekaligus. Tak hanya itu, kamu juga bisa lebih mudah dalam memantau pengeluaran dan mengevaluasi kondisi finansialmu dengan memanfaatkan fasilitas kredit karena seluruh rincian transaksi terekam dalam tagihan. Jadi Anda tak perlu lagi kerepotan membuat atau mengumpulkan catatan transaksi untuk mengevaluasi kondisi keuangan beberapa periode ke belakang.

Jika Anda sudah yakin untuk membeli smartphone secara kredit, maka jangan lupa untuk memilih layanan pemberi kredit yang terpecaya. Kredivo adalah salah satu perusahaan terpecaya yang menyediakan fasilitas tersebut dan telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce yang kredibel. Mengusung tagline “beli sekarang, bayar nanti” Kredivo menyediakan opsi bayar tunai dalam 30 hari dengan bunga 0% bagi Anda yang tak ingin berlama-lama mencicil, dan “cicilan” bunga paling rendah dibandingkan perusahaan sejenis lainnya yaitu sebesar 2,95% dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Menariknya lagi, Anda tidak perlu membayar uang muka, biaya admin, dan biaya tambahan apa pun.

Apabila Anda mau membeli iPhone 8 seperti Denny, maka opsi “cicilan” merupakan pilihan yang terbaik. Anda tidak perlu melalui cara yang rumit untuk mendaftar cicilan karena pendaftarannya hanya membutuhkan tiga langkah mudah, cukup unggah KTP, sambungkan satu akun e-commerce, sambungkan internet banking, dan Anda sudah bisa belanja smartphone pilihan. Jangan lupa untuk memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Pastikan juga Anda mampu membayar cicilan smartphone yang dibeli setiap bulan plus bunganya, ya!

 

(Adv)