5 Bisnis yang Selalu Eksis dan Tak Pernah Lekang oleh Waktu

loader

KOMPAS.com - Tahukah Anda jika dari banyaknya jenis bisnis yang bermunculan, hanya ada beberapa saja yang masih tetap berdiri dan tak lekang termakan waktu. Bisnis ini bahkan tetap eksis di tengah kemunculan tren yang datang silih berganti.

Jika diamati lebih teliti, banyak sekali jenis bisnis yang pada kemunculannya begitu heboh dan ramai dalam waktu singkat. Tapi tak lama berselang kemudian meredup dan akhirnya hilang bak ditelan bumi.

Ketika masanya sudah berlalu, bisnis yang semacam itu memang cenderung akan ditinggalkan pelanggannya. Tentu saja pelaku bisnis akan sangat terdampak dari kondisi semacam itu.

Dari keuntungan yang menurun drastis hingga mengalami kerugian yang berujung gulung tikar. Agar tidak tidak salah perhitungan dalam menjalankan bisnis, berikut ini beberapa jenis usaha yang selalu eksis dan tak lekang oleh waktu seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Produk Kuliner

Bisnis yang selalu eksis dan tak pernah lekang oleh waktu biasanya berkaitan dengan kebutuhan pokok. Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh semua orang hampir setiap hari.

Tidak peduli situasi sedang krisis sekalipun, orang-orang tetap butuh makan. Inilah mengapa bisnis di bidang kuliner memiliki potensi yang cukup besar untuk mendatangkan keuntungan terus-menerus. Karena memang, bisnis ini seolah tak mengenal tempat, waktu maupun tren dan tetap bisa menghasilkan keuntungan yang melebihi modal.

Namun sebelum memulai bisnis di bidang kuliner, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, perhatikan pemilihan jenis kuliner yang akan dijual. Jika perlu, bisa lakukan riset untuk mengetahui jenis kuliner apa yang disukai semua orang, termasuk kompetisinya.

2. Bisnis fashion

Semua pastinya bakal setuju jika fashion juga termasuk kebutuhan primer bagi semua orang dari berbagai kalangan. Dari pria wanita, anak-anak hingga lanjut usia semuanya perlu produk fashion.

Selain sebagai kebutuhan primer, fashion yang hampir selalu punya tren dan masa tersendiri. Terutama bagi wanita yang bahkan memiliki baju atau pakaian satu lemari pun rasanya tak akan cukup. Sehingga tak sedikit orang yang akan terus berdatangan untuk membeli produk fashion demi bisa tetap mengikuti tren yang tengah hype di masa tersebut.

Jika tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis ini, pastikan untuk menentukan jenis fashion yang ingin dijual dan fokus dengan lini produk tersebut. Misalnya baju khusus bayi dan balita, anak-anak, wanita atau pria. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dengan satu produk fashion yang akan diperjualbelikan.

3. Kebutuhan bayi

Selanjutnya, bisnis yang tak pernah lekang dimakan waktu adalah seputar produk kebutuhan bayi. Tingkat kelahiran yang terus mengalami peningkatan, membuat kebutuhan bayi hampir selalu dibutuhkan di segala kondisi tidak peduli musim ataupun sedang dalam situasi krisis sekalipun.

Contohnya saja pakaian dan popok bayi yang hampir selalu akan dibutuhkan, apalagi bayi baru lahir. Seiring pertumbuhan bayi, baju-baju dan popok tersebut pun tentu harus berganti ukuran.

Dari situlah letak cuan dari bisnis berjualan kebutuhan bayi yang tampaknya selalu hidup dan tak pernah terlihat sepi ini. Selain baju dan popok, bayi juga perlu banyak barang-barang lainnya untuk menunjang kenyamanannya. Seperti peralatan mandi, perlengkapan makan, skincare, gendongan bayi, stroller, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis 

4. Produk kesehatan

Setelah bisnis di bidang kuliner dan fashion, bisnis di ranah kesehatan pun bisa dibilang tak pernah lekang oleh waktu. Kebutuhan akan obat-obatan, baik herbal maupun obat medis semakin meningkat seiring kesadaran masyarakat yang semakin tinggi.

Terbukti dari volume pencarian di berbagai lapak toko online, produk kesehatan menjadi paling banyak dicari. Beberapa produk yang cukup laris manis diantaranya obat herbal tradisional, madu, suplemen, hingga minyak gosok.

Jika tertarik dan ingin menjalankan bisnis semacam ini, pastikan Anda sudah memiliki sertifikasi kelayakan baik dari BPOM maupun Departemen Kesehatan. Tujuannya, supaya keamanannya menjadi lebih terjamin dan jangan sampai menimbulkan keraguan, terutama bagi konsumen.

5. Bisnis properti

Selanjutnya, ada lagi satu jenis bisnis yang seolah tak pernah lekang oleh waktu, yakni bisnis properti. Bahkan harga properti dari hari ke hari hingga tahun berganti justru mengalami peningkatan dan nyaris tak pernah turun.

Akan tetapi, tantangannya ada pada modal yang Anda butuhkan terbilang cukup besar. Namun tak perlu khawatir, karena Anda tetap dapat berkecimpung di bisnis yang berkaitan dengan hunian tapi modalnya lebih kecil.

Misalnya dengan mulai membangun rumah kontrakan dengan lima pintu untuk disewakan ke penyewa. Atau bisa juga dengan membeli sebuah apartemen yang kemudian disewakan kembali.