5 Cara Mengatasi Kantuk Saat Bekerja

Merasa lelah dan mengantuk sering dialami oleh para karyawan yang memiliki jam kerja selama 8 jam setiap harinya. Tidak hanya mengganggu pekerjaan yang sedang dikerjakan, rasa kantuk saat sedang bekerja juga bisa menimbulkan rasa malu kepada rekan kerja dan bos. Pasalnya, mengantuk saat jam kerja akan membuatmu merasa tidak profesional terhadap pekerjaan yang sedang dijalani saat ini.

Sebenarnya menurut YouGov, merasakan kantuk saat jam kerja merupakan hal biasa, apalagi dengan aktivitas padat yang sama setiap harinya. Penelitian YouGov menyebutkan bahwa 45% warga Amerika Serikat pernah merasakan kantuk saat sedang bekerja. Jadi sebenarnya, Anda tidak perlu malu ataupun takut dianggap orang lain tidak profesional hanya karena mengantuk saat sedang bekerja.

Tidak harus dengan tidur dan berbaring, ada cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengusir rasa kantuk saat sedang bekerja. Apa saja caranya? Simak pembahasannya di bawah ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mendengarkan Musik Kesukaan

mendengarkan musik

Rasa kantuk bisa muncul karena berbagai alasan. Tidak hanya karena kelelahan dan kurang tidur saja, kantuk juga bisa datang karena beberapa hal lainnya seperti pemacu konsentrasi. Penelitian Mindlab International menyebutkan bahwa musik bisa menjadi pemacu konsentrasi yang baik, setelah membasuh muka, mengkonsumsi makanan ringan atau air putih yang banyak.

Namun Anda juga harus pintar memilih musik karena tidak semua jenis musik dapat memacu konsentrasi dan menghilangkan kantuk. Misalnya saja musik klasik dimana jenis musik ini tidak bisa membuat konsentrasi seseorang meningkat. Bahkan musik klasik bisa membuat Anda tambah mengantuk. Pasalnya, musik klasik yang pelan dianggap membuat irama detak jantung ikut pelan dan pendengaran menjadi rileks sehingga semakin mengantuk. 

Baca Juga: Mau Sukses? Lakukan Ini Sejak Kamu Masih Umur 20an

2. Mengkonsumsi Cairan yang Banyak

minum air

Cara ampuh menghilangkan kantuk saat sedang bekerja selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi banyak cairan, misalnya saja air putih. Tidak hanya menghilangkan dehidrasi akibat lelah bekerja, mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak juga dapat mempertahankan ketajaman pikiran dan meningkatkan kadar oksigen tubuh.

Air putih menjadi pilihan terbaik karena air yang mengandung gula hanya akan meningkatkan energi dalam waktu singkat. Setelah itu Anda bisa kembali lelah dan merasa mengantuk lagi. Minum air putih yang banyak juga akan membuat Anda  semakin banyak bergerak karena harus ke kamar mandi sehingga bisa menghilangkan kantuk karena banyak melakukan gerakan.

3. Melakukan Peregangan Sebentar

peregangan

Hindari peregangan yang berlebihan, perlu sedikit saja peregangan untuk menghilangkan kantuk. Pasalnya, kantuk juga bisa disebakan oleh kumpulan otot yang pegal sehingga peregangan menjadi solusi terbaik dari masalah ini.

Universitas Georgia pernah melakukan penelitian yang menghasikan bahwa melakukan sedikit peregangan dalam waktu 10 menit ketik bekerja dapat menghilangkan kantuk dan meningkatkan energi yang dimiliki. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa jenis peregangan terbaik untuk menghilangkan kantuk adalah berlari.

Setelah melakukan peregangan sedikit, ada baiknya mengkonsumsi paling tidak segelas air. Sebab, peregangan yang Anda lakukan dapat membuat peredaran darah sedikit terganggu. Jadi untuk melancarkan lagi peredaran darah maka dibutuhkan asupan cairan melalui air putih yang diminum.

4. Makan Makanan Ringan

makan makanan ringan

Selain yang telah disebutkan di atas, rasa kantuk ternyata juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat atau kandungan gula yang tinggi. Percaya atau tidak, semakin banyak mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat atau gula yang tinggi maka rasa kantuk yang Anda alami juga semakin cepat datangnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi makanan ringan. Kenapa seperti itu? Pasalnya, makanan ringan yang Anda konsumsi bisa mengembalikan fokus yang hilang akibat rasa kantuk yang datang. Makanan ringan yang bisa dipilih salah satunya yaitu kacang-kacangan. Tidak hanya bisa menambah energi, kacang-kacangan juga bisa menambah sedikit asupan kalori untuk tubuh. 

Bukan hanya makanan ringan saja, mengonsumsi buah-buahan juga bisa menghilangkan kantuk. Buah terbaik yang bisa Anda konsumsi salah satunya adalah jeruk. Jeruk yang memiliki banyak kandungan air dapat memenuhi kebutuhan cairan serta membuat mata tetap segar dan tidak merasa mengantuk.

Baca Juga:  7 Cara menjaga Profesionalisme saat Menggunakan Media Sosial

5. Menghirup Udara Segar

menghirup udara segar

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantuk adalah mencari tempat yang memiliki udara baik. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seorang karyawan yang kurang mendapatkan udara yang baik memiliki potensi lebih kecil untuk merasa mengantuk atau tidur di tempat kerja.

Menghirup udara segar di tempat yang memiliki peredaran udara baik sangat penting untuk karyawan. Pasalnya, udara segar tersebut bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus sehingga hasil pekerjaan akan jauh lebih maksimal.

Hilangkan Kantuk Saat Sedang Bekerja Agar Pekerjaan Cepat Selesai

Itulah 5 cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan kantuk saat sedang bekerja. Menghilangkan kantuk saat sedang bekerja wajib Anda lakukan agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan maksimal. Semoga tips di atas bisa berguna untuk yang sedang berusaha mengembalikan fokus dan konsentrasi yang hilang akibat kantuk.

Baca Juga: Ingin jadi Sosok Tegas Namun Tetap Ramah di Kantor? Ini Tipsnya